contoh segmenting targeting positioning perusahaan jasa

Cara Menentukan Segmenting, Targeting, dan Positioning

Siapa yang suka penasaran kenapa kita (sebagai konsumen) gampang banget tergoda buat membeli produk yang menarik perhatian kita? Apalagi kalau belinya bisa dilakukan secara online … wah, tinggal sat set aja, terus selesai!

Ternyata, sampai ke tahap konsumen tertarik dengan brand atau produk dari suatu perusahaan tuh berkaitan sama yang namanya segmenting, targeting, dan positioning (SAP), lho! Materi ini bakal kalian temukan di mata pelajaran Ekonomi jurusan IPS Kelas 10.

Kenapa ya kita perlu mempelajari materi ini? Memangnya, apa pentingnya segmenting, targeting, dan positioning dalam pemasaran? Nah, SAP ini penting banget dilakukan supaya perusahaan bisa memenangkan persaingan di pasar.

Nggak cuma itu aja, tapi SAP juga penting untuk merebut hati konsumen, supaya konsumen bisa memprioritaskan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut nantinya!

Jadi penasaran nggak sih sama segmentasi, targeting, dan positioning ini? Lalu, bagaimana cara menentukannya?

Langsung aja kita bahas bareng-bareng, yuk!

Apa Itu Segmenting, Targeting, dan Positioning dalam Pemasaran?

Nah, tadi kan udah dapat gambaran sedikit nih tentang materi yang mau kita bahas di artikel kali ini, sekarang saatnya gue ajak elo buat mengerti dulu pengertiannya masing-masing, ya!

Pengertian Segmenting (Riset Pasar)

Kalau ngomongin jualan suatu produk, penting banget buat elo menentukan dulu, nih, kira-kira mau menargetkan konsumen yang seperti apa?

Buat menentukan hal itu, hadirlah yang namanya . Menurut buku Dasar-Dasar Pemasaran (1994) yang ditulis oleh Gary Amstrong, pengertian segmenting (atau segmentasi pasar) adalah pembagian pembeli berdasarkan kelompok-kelompok yang berbeda.

Biasanya dalam penentuan segmentasi pasar ini dilakukan ketika elo melakukan yang namanya riset pasar. Latar belakang pentingnya segmenting bagi perusahaan yaitu sebelum menjual sebuah produk, elo wajib melakukan riset, supaya penjualannya bisa mulus nantinya!

Segmenting ini kenapa penting untuk kita menentukan tipe-tipe pelanggan yang ingin diraih? Karena pada dasarnya sulit buat sebuah produk mengungguli semua kelompok segmentasi tersebut. Ya … mungkin ada produk yang cocok buat semua tipe segmentasi, tapi nggak banyak!

Baca Juga: Manajemen Pemasaran – Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Targeting (Analisis Permintaan)

Setelah segmenting, kita lanjut membahas pengertian targeting. Kira-kira, kebayang nggak apa yang dimaksud sama targeting di sini?

Apa maksudnya sama kayak kalau kita panahan dan berusaha menembak ke titik di tengah-tengah papan panahnya? Yup, kurang lebih maksudnya sama kayak gitu! Tapi, penentuan target perusahaan di sini punya makna yang lebih luas lagi.

Targeting ini dilakukan setelah elo udah punya data-data mengenai segmentasi pasar sebelumnya. Jadi, sebelum menentukan target, elo harus khatam dulu tentang siapa aja konsumen atau pelanggan yang mau elo raih.

Menurut buku Marketing Plan dalam Bisnis (2017) yang ditulis oleh Titik Wijayanti, pengertian targeting adalah kegiatan yang dilakukan untuk menilai dan memilih segmentasi pasar yang bakal disasar atau dimasuki oleh perusahaan.

Maksudnya gimana, tuh? Jadi, setelah elo udah menentukan siapa aja yang cocok memenuhi syarat sebagai calon konsumen dalam segmentasi pasar, ini saatnya elo melakukan yang namanya analisis permintaan buat menargetkan ukuran pasar, perbedaan calon konsumen itu dengan yang lain, dan akses untuk mendekati calon konsumen tersebut.

Targeting ini penting banget dalam pemasaran, karena biasanya beda konsumen akan beda juga cara akses pendekatannya. Makanya itu, setiap elemen dalam targeting ini harus saling berkaitan satu sama lain.

Lalu, penasaran nggak sih mengapa target pemasaran merupakan hal paling penting dalam suatu usaha? Bisa dibilang, target pemasaran merupakan hal yang penting dalam melakukan suatu usaha karena ini juga yang menentukan arah bisnis yang elo jalankan.

Bayangin kalau elo membuat bisnis tanpa punya target, siapa yang bakal membeli produk yang elo tawarkan? Makanya sebelum menjalankan bisnis, pikiran dengan matang dulu targetnya mau seperti apa, ya!

Baca Juga: Manajemen Pengendalian Mutu, Inventori, dan Fungsinya – Materi Ekonomi Kelas 10

Pengertian Positioning (Analisis Kompetitor)

Setelah segmenting udah oke datanya, terus targeting juga udah mencapai titik terang, ini saatnya kita mencari positioning perusahaan di marketplace atau pasar.

Apa itu positioning? Apa manfaatnya bagi perusahaan kalau kita bahas dari segi pemasaran?

Pengertian positioning perusahaan menurut buku Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positioning (2007) yang ditulis oleh Rhenald Kasali yaitu sebuah strategi komunikasi yang dilakukan untuk mempengaruhi persepsi konsumen terhadap brand dan mencerminkan keunggulan produk.

Gimana cara menentukan positioning perusahaan? Yaitu dengan menentukan ciri khas dan juga keunikan yang membuat perusahaan, brand, ataupun produk kita supaya bisa lebih stand out dibandingkan kompetitor dengan produk serupa. Ya … intinya kita coba jadi lebih bersinar dibandingkan yang lain gitu, deh!

Baca Juga: Perbedaan Merger dan Akuisisi Beserta Tujuannya – Materi Ekonomi Kelas 10

Cara Menentukan Segmenting, Targeting, dan Positioning

Pengertiannya udah kita bahas semua, nih. Sekarang, gimana cara menentukan segmenting, targeting, dan positioning?

Supaya lebih kebayang, gue mau jelasin pakai contoh aja, ya. Jadi, kira-kira begini contoh segmentasi targeting positioning perusahaan jasa.

Misalnya elo punya perusahaan jasa laundry. Nah, penting banget buat elo menentukan segmentasi konsumen yang mau disasar seperti apa, apakah menyasar anak kuliahan atau pekerja kantoran.

Setelah segmentasi pasarnya udah oke, berlanjut ke menentukan targetingnya, nih. Misalnya seorang calon konsumen lebih suka di-approach secara offline atau secara langsung, maka akses pendekatannya lebih baik dilakukan secara tatap muka dan sebaliknya.

Kalau targetingnya udah oke juga, sekarang saatnya cara menentukan positioning di pasar. Elo bisa highlight keunggulan yang membuat layanan laundry yang elo punya berbeda sama kompetitor lainnya.

Misalnya, jasa laundry elo juga menawarkan jasa antar jemput pakaian laundry, ini tentu bisa jadi nilai plus tersendiri untuk mendapatkan ‘posisi’ di hati konsumen.

Setelah itu, elo tinggal melancarkan strategi marketing, nih. Marketing di sini bertujuan untuk memasarkan jasa yang elo tawarkan dan mengenalkan brand kepada target konsumen secara lebih luas.

Baca Juga: Mengenal Strategi Bauran Pemasaran Beserta Contohnya

Contoh Soal Segmenting, Targeting, dan Positioning

Setelah membaca penjelasan materi di atas, sekarang gue mau ajak elo buat latihan soal sejenak supaya apa yang dibaca tadi tetap nempel di otak, nih! Udah siap, belum? Cekidot!

Soal 1

Pengelompokan konsumen berdasarkan demografi, gaya hidup, perilaku termasuk kedalam manajemen pemasaran dalam hal ….

  1. segmenting
  2. targeting
  3. positioning
  4. promosi
  5. pengendalian mutu

Jawaban yang benar adalah a. segmenting. Segmenting bagian dari manajemen pemasaran dimana dalam tahap ini produsen melakukan pengelompokan konsumen berdasarkan demografi, gaya hidup, perilaku dan lain-lain.

Contoh: seorang produsen jam tangan mewah menjual produknya di kawasan Pondok Indah karena daerah tersebut dihuni oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi.

Soal 2

Pak Joko memiliki usaha bakso, dalam menunya baksonya Pak Joko membuat bakso rasa keju yang sangat enak dan besar. Hal tersebut membuat Sebagian besar konsumen menjuluki bakso Pak Joko sebagai jagonya bakso keju. Hal yang dilakukan oleh bakso Pak Joko termasuk bagian ….

  1. segmenting
  2. targeting
  3. positioning
  4. promotion
  5. price

Jawaban yang benar adalah c. positioning. Positioning adalah tindakan perusahaan dalam merancang produk dan strategi pemasaran agar dapat menciptakan kesan tertentu yang diingat di benak konsumen.

Bakso keju Pak Joko menciptakan kesan tertentu yang diingat di benak konsumen sebagai jagonya bakso keju.

***

Gimana, Sobat Zenius? Ternyata seru banget, kan, materi mengenai Segmenting, Targeting, dan Positioning (SAP) ini?

Supaya elo semakin khatam dengan materi ini, elo bisa memperdalamnya dengan menonton video materi belajar Mengenal Segmenting, Targeting, dan Positioning Perusahaan yang bisa diakses lewat aplikasi ataupun website Zenius dengan klik banner di bawah ini, lho!

banner zenius ekonomi

Selamat belajar dan sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Mengenal Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) dalam Pemasaran – Kompas (2021)
Targeting: Definisi dan Kriteria Pemilihan Target Pasar – Kompas (2020)

Bagikan Artikel Ini!