Rumus Waktu

Rumus Waktu dalam Jarak dan Kelajuan

Artikel ini membahas pengertian waktu, alat pengukur waktu dan skala waktu, rumus waktu, dan contoh soal beserta pembahasannya.

Hi, guys! Sebelumnya Zen sudah pernah bahas rumus jarak dan rumus kelajuan. Nah, sekarang Sobat Zen pasti bisa menebak dong kali ini mau bahas apa. Yap, sekarang Zen mau bahas tentang rumus waktu, karena rumus waktu masih berkaitan dengan dua rumus yang sudah Zen sebutkan tadi. Waktu adalah besaran pengukuran yang mendasar yang dapat menguak lebih banyak misteri dalam sains.

Apa Itu Waktu?

Apa yang dimaksud dengan waktu? Definisi waktu sangat beragam, tetapi definisi yang sesuai dengan materi ini adalah lamanya saat tertentu untuk melakukan sesuatu. Misalnya seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan jika Sobat Zen mengendarai sepeda motor ke sekolah dengan kecepatan 30 km/s.

Alat Pengukur Waktu dan Skala Waktu

Sobat Zen yang super sibuk pasti sangat memperhatikan waktu dong. Apa alat pengukur waktu yang biasanya Sobat Zen gunakan? Pastinya berganti-ganti sesuai kebutuhan, ya.

Terdapat beberapa alat pengukur waktu, seperti stopwatch, arloji/jam tangan, jam matahari, jam pasir, jam digital, jam analog, hingga kalender. Masing-masing alat digunakan sesuai kebutuhan karena setiap alat memiliki kelebihan dan keterbatasan.

Rumus Waktu
Alat Penghitung Waktu

Adanya alat pengukur waktu membutuhkan skala waktu. Skala waktu dinyatakan dalam bentuk satuan detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun, windu, dekade, abat, hingga milenium.

Rumus Waktu
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Waktu

Rumus Waktu 

Kalian mungkin familiar dengan segitiga berikut ini.

Rumus Waktu
Segitiga SVT

s = jarak (m)

v = kelajuan (m/s)

t = waktu (s)

Mengingat gambar segitiga ini akan memudahkan kamu dalam menguasai tiga konsep rumus sekaligus.

Rumus jarak

s = v x t

Rumus kelajuan

v = s : t

Rumus waktu

t = s : v

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1

Ridwan mengendarai sepeda motor dari Kota Bekasi ke Kota Bandung dengan kecepatan 50 km/jam. Jarak dari Kota Bekasi ke Kota Bandung adalah 150 km. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk Ridwan sampai dari Kota Bekasi ke Kota Bandung?

Diketahui: v = 50 km/jam dan s = 150 km

Jawab:

t = s : v

t = 150 : 50

t = 3

Jadi, waktu yang dibutuhkan Ridwan adalah 3 jam untuk sampai ke Kota Bandung.

Nah, sekiranya itu saja materi kita kali ini. Bagaimana, Sobat Zen? Sudah paham atau belum materi yang disampaikan kali ini? Semoga sudah, ya. Untuk memahami materi ini, Sobat Zen juga harus memahami materi lainnya seperti materi rumus jarak dan rumus kelajuan. Jangan lupa lebih sering berlatih soal untuk mengasah kemampuan yang sudah dimiliki, guys!

Ikuti keseruan lainnya di Instagram dan YouTube Zenius!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Kelajuan

Rumus Jarak

Rumus Permutasi dan Kombinasi