Apa Itu Belajar Daring (Live Class) dan Pentingnya untuk Anak SD

Belajar daring KIDZen Live Class

Sejak pandemi kegiatan belajar mengajar di semua lini pendidikan berubah menjadi pembelajaran daring. Ayah dan Ibu tentunya sadar betul bagaimana belajar daring menjadi tantangan tersendiri bagi anak dan juga orang tua.

Orang tua harus pintar mengatur jadwal antara kesibukan bekerja dan mengawasi anak belajar. Anak pun cenderung kurang terbiasa dengan perubahan ini. Anak yang biasa diberi instruksi oleh guru kini harus melakukannya secara mandiri.

Belajar daring sendiri mengharuskan anak untuk tetap mengikuti alur belajar di sekolah meskipun berada di rumah. Mungkin di awal Ayah dan Ibu dimudahkan dengan tak harus mengantar ke sekolah pagi-pagi ataupun menyiapkan sarapan.

Namun banyak hal yang juga terjadi pada saat proses belajar daring, seperti kurangnya konsentrasi anak dalam belajar hingga learning loss. Pengawasan orang tua sangat dibutuhkan di sini.

Kini Ayah dan Ibu cukup dimudahkan dengan hadirnya KIDZen Live Class series. Apa itu? Terdengar asing bukan? Untuk tahu lebih banyak mari Ayah dan Ibu intip terlebih dahulu pentingnya live class untuk anak di bawah ini.

Pentingnya Live Class untuk Anak Usia Sekolah Dasar

Seiring berkembangnya teknologi, Live Class dirasa cocok untuk metode pembelajaran di masa kini. Berikut ini beberapa alasan kenapa live class atau belajar daring bisa berdampak baik bagi anak-anak sekolah dasar:

  • Penyampaian materi pada saat belajar daring melalui Live Class mendorong anak untuk lebih aktif secara mandiri. Jika mereka terbiasa hanya mendengar dan melakukan instruksi dari guru, kini anak lebih leluasa melakukannya dengan caranya sendiri.
  • Live Class juga lebih praktis dan fleksibel. Ayah dan Ibu sudah tak perlu lagi mengantar ke sekolah sehingga banyak waktu yang digunakan anak untuk bersiap menyerap pelajaran. Anak belajar pun tak terbatas, mereka bisa belajar di tempat yang mereka sukai dengan keadaan nyaman dan siap belajar.
  • Live Class memberikan gambaran belajar bersama di sekolah, hanya saja lebih terasa seperti pembelajaran yang personal. Live Class yang interaktif juga membantu siswa lebih berani bertanya jika ada kesulitan.
  • Live Class tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti video animasi yang akan sangat membantu anak dalam berkonsentrasi. Ini membuat anak tetap fokus belajar dan tak mudah bosan karena penyampaian materi yang variatif.

Cara Membuat Anak Nyaman Saat Menonton Live Class

Meskipun Live Class sudah dapat membantu proses belajar daring anak, namun perlu diperhatikan bagaimana anak sebaiknya belajar. Seperti yang Ayah dan Ibu tahu setiap anak punya karakternya masing-masing.

Di sinilah peran Ayah dan Ibu dibutuhkan sebagai orang yang lebih tahu anaknya. Penting untuk memastikan anak nyaman dalam belajar daring atau saat menonton Live Class. Hal yang dapat orang tua lakukan adalah menciptakan lingkungan yang mendukung itu.

  • Orang tua bisa mulai dengan menyiapkan meja dan kursi yang nyaman untuk anak. Sebagaimana proses belajar dilakukan di sekolah, ini diharapkan anak dapat lebih berkonsentrasi dalam belajar.
  • Meskipun belajar daring akan lebih baik Ayah dan Ibu menyiapkan anak dengan badan bersih dan pakaian yang nyaman. Dengan keadaan yang sudah siap anak tentunya akan lebih bersemangat dan tak mudah mengantuk ketika belajar.
  • Memastikan anak berada di ruangan yang bebas suara bising serta cukup pencahayaan juga penting. Meskipun anak tampak berkonsentrasi dalam mengikuti Live Class atau belajar daring namun hal-hal kecil seperti terlalu berisik ataupun terlalu gelap dapat menurunkan performa anak dalam belajar.

Cara apapun sebenarnya dapat dilakukan selama Ayah dan Ibu tahu itu yang dibutuhkan oleh anak. Mungkin ada beberapa cara lainnya yang bisa orang tua terapkan sesuai dengan keinginan anak.

KIDZen Live Class Series

KIDZen Live Class series bisa jadi solusi untuk anak belajar. Apa itu KIDZen Live Class Series?

KIDZen Live Class Series adalah kelas live bagi anak sekolah dasar yang dapat diakses melalui aplikasi Zenius serta website Zenius. Materi pembelajarannya akan disampaikan oleh tutor V-tuber animasi bernama Kak Ariya. Nanti penonton tentunya dapat berinteraksi dengan bertanya melalui Live Chat.

Kak Ariya, tutor belajar daring KIDZenlive chat (Arsip Zenius)
Kak Ariya, tutor belajar daring KIDZen live chat (Arsip Zenius)

KIDZen Live akan tayang setiap hari Jumat mulai 20 Mei 2022, pukul 17.00 WIB. Simak daftar episode KIDZen Live berikut ini untuk lebih tau apa saja yang akan dibahas.

Daftar episode KIDZen Live:

Episode 1
Kenapa sih Mata Pelajaran di Sekolah Banyak Banget?
Jumat, 20 Mei 2022

Episode 2
Kenapa Kita Malas Membaca?
Jumat, 27 Mei 2022

Episode 3
Kenapa Matematika itu Susah?
Jumat, 3 Juni 2022

Episode 4
Kenapa Kita Malas Belajar?
Jumat, 10 Juni 2022

Episode 5
Kenapa Kita Harus Ujian?
Jumat, 17 Juni 2022

Seperti tadi sudah disebutkan, Kak Ariya ini yang akan menemani anak-anak selama KIDZEN Live Class. Tapi siapa sih Kak Ariya ini, orang di belakang karakter tutor animasi di KIDZen Live Class? Kak Ariya ini dikenal dengan nama Yuuji Sensei. Yuk, kenalan!

Kenalan dengan Yuuji Sensei, Orang di Balik Kak Ariya

Yuuji Sensei KIDZen Live Class Kelas Daring
Yuuji Sensei, orang dibalik karakter Kak Ariya di KIDZen Live Class

Yuuji Sensei merupakan praktisi pendidikan dalam bidang ilmu pedagogi, psikologi, dan linguistik. Pengalamannya dalam bidang pendidikan pun sudah 17 tahun lamanya. Beliau sudah pernah menjadi guru, penerjemah, kepala sekolah dasar hingga kini menjadi Head of Academics Primary di Zenius.

Yuuji Sensei melihat Live Class ini sebagai pembelajaran modern. Tentunya ini membantu anak-anak terbiasa dengan teknologi dan proses belajar-mengajar.

Jadi semakin tak sabar ya mendengar penjelasan dari Kak Ariya, tutor KIDZen Live Class kita yang satu ini.

Bagaimana nih Ayah dan Ibu setelah membaca penjelasan tentang Live Class juga berkenalan dengan tutor yang kompeten di bidangnya, sudah tertarik mengikuti KIDZen Live Class? Yuk, segera daftarkan anak Anda dengan klik di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!