rumus daya listrik

4 Rumus Daya Listrik dalam Fisika Beserta 3 Contoh Soal

Hi, Sobat Zenius! Lagi pusing, ya, mikirin materi yang satu ini? Nggak usah pusing-pusing lagi! Dalam artikel ini gue mau ngajak elo semua buat membahas rumus daya listrik dalam Fisika beserta pengertian, pengaplikasian, dan contoh soal serta pembahasan.

Memasuki kelas 12, Sobat Zenius pasti sudah mempelajari materi tentang energi dan daya listrik, kan? Nah, kalau masih lupa tentang materi tersebut, elo bisa lihat video pembelajaran dari Zen Tutor di bawah ini:

Materi Energi dan Listrik

Sekarang, gue mau ngebahas lebih lanjut mengenai daya listrik, mulai dari cara mencari daya listrik dan contoh soal serta pembahasan.

Yuk, disimak bersama-sama artikelnya sampai selesai!

Pengertian Daya Listrik

rumus daya listrik
Ilustrasi tiang listrik (Dok. Pexels)

Daya menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah kemampuan melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak.

Dalam ilmu Fisika, daya adalah energi yang digunakan tiap waktu. Dalam satuan SI, satuan daya adalah Joule/sekon atau Watt untuk menghormati penemu uap pada abad ke-18 yaitu James Watt. Daya adalah besaran skalar.

Gimana? Udah paham, kan, apa pengertian dari daya listrik?

Sebelum ke pembahasan selanjutnya, Sobat Zenius bisa, nih, download aplikasi Zenius terlebih dahulu.

Kenapa kok harus download? Karena, lewat aplikasi elo bisa menemukan beragam materi menarik dari setiap mata pelajaran, baik itu di SMP maupun SMA.

Nggak cuman itu, elo juga bisa mempelajari beragam contoh soal dan pembahasannya!

Tunggu apa lagi? Yuk, klik banner di bawah ini untuk download aplikasinya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Manfaat Daya Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

rumus daya listrik
Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels.

Sekarang kita udah tahu, nih, pengertian dari daya listrik itu sendiri. Setelah itu, Sobat Zenius pasti bertanya-tanya mengenai manfaat dari keberadaan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa dibilang, tanpa ada daya listrik, kehidupan akan terasa sangat gelap dan hampa. Oleh karenanya, adanya listrik memberikan manfaat yang begitu besar, seperti:

  1. Sebagai penerangan: Saat malam hari, listrik menjadi sumber penerangan yang dibantu oleh media berupa lampu. Oleh lampu, energi listrik menjadi energi cahaya.
  2. Sumber energi: Energi listrik menjadi sumber energi bagi kehidupan manusia. Dikatakan sebagai sumber energi karena energi listrik bisa diubah menjadi energi lain. Misalnya energi listrik yang digunakan untuk menjalankan beberapa alat elektronik seperti kulkas dan laptop.
  3. Sarana hiburan: Energi listrik juga dapat dijadikan sebagai media hiburan, karena banyak alat hiburan yang menggunakan energi listrik. Pementasan hiburan juga membutuhkan listrik. Misalnya untuk penerangannya, untuk pengeras suaranya, untuk peralatan pementasannya, dan sebagainya.
  4. Dapat menghasilkan panas: Listrik juga dapat menghasilkan panas. Misalnya pada oven listrik, energi listrik diubah menjadi energi panas. Contoh lainnya ialah pada kompor listrik, penanak nasi, dan setrika.
  5. Menghasilkan gerak: Energi listrik yang biasa kita gunakan sehari-hari ternyata juga dapat berubah menjadi energi gerak. Banyak kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan listrik untuk menggerakkan sesuatu, salah satu contohnya ialah pada kipas angin. Contoh lainnya ialah, mesin cuci, motor, mobil, dan masih banyak lagi.

Rumus Daya Listrik

rumus daya listrik
Foto oleh Zenius

Ini dia pembahasan yang Sobat Zenius tunggu-tunggu. Sedari awal, elo pasti udah bertanya-tanya mengenai cara menghitung daya listrik.

Nah, pada sub judul ini gue akan menjelaskan rumus daya listrik kepada elo. Akan tetapi, sebelum itu, elo harus tahu dulu apa, sih, satuan daya listrik itu?

Pada dasarnya, dalam sistem Satuan Internasional, satuan dari daya listrik adalah Watt. Kendati demikian, daya listrik juga dapat dinyatakan dalam satuan Joule.

Lalu seperti apa rumusnya? Sesuai dengan pengertian daya yang telah dijelaskan di atas, rumus yang benar untuk menghitung daya listrik adalah:

P = W/t

Keterangan

P = daya (Watt)

W = usaha (Joule)

t = waktu (sekon)

atau selain itu, rumus daya listrik juga bisa menggunakan seperti yang di bawah ini:

P = V.I

Keterangan

V = tegangan (volt)

I = arus listrik (ampere)

ada juga 2 persamaan lain yang bisa elo terapkan saat menemukan beberapa kasus berbeda, seperti yang ada di bawah ini:

P = I2R

atau

P = V2/R

Keterangan

R = hambatan arus listrik dengan satuan ohm (4 Rumus Daya Listrik dalam Fisika Beserta 3 Contoh Soal 17)

Contoh Soal dan Pembahasan Daya Listrik

rumus daya listrik
Foto oleh Markus Spiske dari Pexels.

Setelah mengetahui pengertian, kegunaan, dan rumus daya listrik, saatnya kita mengaplikasikannya lewat contoh soal energi dan daya listrik di bawah ini:

Contoh soal 1

Diana sedang melakukan sebuah usaha sebesar 1500 Joule untuk memindahkan sebuah kursi selama 10 menit. Hitunglah besarnya daya yang dilakukan oleh Diana untuk memindahkan kursi tersebut!

Pembahasan

Dik:

W = 1500 Joule

t = 10 menit = 600 sekon

Dit: P?

Jawaban:

P = W/t

P = 1500/600

P = 2,5 Watt

Jadi, daya yang dibutuhkan Diana untuk memindahkan kursi adalah sebesar 2,5 Watt.

Contoh soal 2

Sebuah pendingin ruangan memerlukan tegangan 440 V dan arus listrik sebesar 2,4 A untuk mengaktifkannya. Berapakah daya listrik yang dikonsumsinya?

Pembahasan

Dik:

V = 440 volt

I = 2,4 Ampere

Dit: P?

Jawaban:

P = V.I

P = 440.2,4

P = 1056 Watt

Jadi, daya yang dikonsumsi oleh pendingin ruangan saat diaktifkan adalah sebesar 1056 Watt.

Contoh soal 3

Ica memiliki rangkaian lampu pijar yang menggunakan battery sebagai sumber tenaganya. Battery tersebut memiliki tegangan sebesar 48 Volt dengan hambatan pada lampunya sebesar 6 ohm. Berapakah daya listrik yang dikonsumsi oleh lampu pijar tersebut?

Pembahasan

Dik:

V = 48

R = 6 4 Rumus Daya Listrik dalam Fisika Beserta 3 Contoh Soal 17

Dit: P?

Jawaban:

P = V2/R

P = 482/6

P = 2304/6

P = 384 Watt.

Jadi, daya listrik yang dikonsumsi oleh lampu pijar di rangkaian Ica adalah sebesar 384 Watt.

Demikian artikel yang membahas tentang rumus daya listrik beserta contoh soal dan pembahasan.

Setelah membaca artikel ini, gue harap Sobat Zenius jadi memahami materi energi dan daya listrik dengan baik, ya!

Kalau elo mau mempelajari materi daya listrik lebih dalam lagi, elo bisa banget belajar lewat video pembahasan dari Zen Tutor.

Selain materi yang dikemas dengan menarik, Zen Tutor juga memberikan contoh soal dan pembahasan yang mudah dimengerti.

Klik banner di bawah ini, ya, buat belajar dari sekarang!

rumus daya listrik

Kalau Sobat Zenius mau berlangganan mengenai video pembelajaran dari setiap mata pelajaran, elo bisa banget ambil paket Zenius Aktiva Sekolah, lho!

Yuk, klik banner di bawah ini!

rumus daya listrik
Klik gambar di atas!

Baca Juga Artikel Fisika Lainnya

Rumus Gaya Lorentz dalam Fisika Beserta 3 Contoh Soal

Rumus Energi Mekanik dalam Fisika Beserta 3 Contoh Soal

Yuk, Kenalan sama 4 Rumus Turunan dalam Matematika dan Fisika!

Bagikan Artikel Ini!