pesawat sederhana

4 Jenis Pesawat Sederhana dan Penerapannya

Halo Bapak/Ibu guru, kali ini kita akan membahas tentang Materi IPA Kelas 5, yaitu pesawat sederhana. Di kehidupan sehari-hari, pesawat sederhana sering banget kita jumpai. Contoh yang paling dekat dengan keseharian Bapak/Ibu guru adalah roda berporos pada sepeda atau setir kendaraan yang digunakan untuk bepergian ke sekolah atau tempat lainnya. 

Pesawat sederhana bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan kita. Seperti contoh di atas, jenis pesawat sederhana roda berporos yang ada pada kendaraan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat gerak kita. Bisa dibayangkan tanpa adanya bantuan roda berporos, pasti Bapak/Ibu guru kesulitan untuk sampai di sekolah tepat waktu.

Ada banyak cara untuk mengenalkan materi pesawat sederhana ke siswa. Bapak/Ibu guru bisa mulai dengan meminta siswa praktik membuat pesawat sederhana secara langsung dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar mereka. Setelah itu, barulah Bapak/Ibu guru memberikan penjelasannya dalam bentuk video atau ceramah langsung.

Sekarang, yuk kita simak terlebih dulu apa itu pesawat sederhana dan jenis-jenisnya! Dengan begitu, kita bisa lebih mudah menentukan media atau praktik apa yang sesuai untuk diterapkan di kelas nantinya.

Apa Itu Pesawat Sederhana?

Semua alat yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan kita disebut sebagai pesawat dalam ilmu sains khususnya fisika. Karena bentuk dan penggunaannya yang sederhana, alat-alat itu juga disebut pesawat sederhana.

Pesawat sederhana bertujuan untuk mempermudah pekerjaan kita dengan cara:

  • Melipatgandakan gaya atau kemampuan kita. Contohnya saat kita kesulitan membuka tutup botol, ada pesawat sederhana pembuka botol yang memudahkan kita.
  • Mengubah arah gaya yang kita lakukan. Contohnya saat membuka tutup botol dengan bantuan pembuka botol, arah gayanya diberikan ke alat pembuka tutup botol bukan ke tutup botolnya secara langsung. 

Selain pesawat sederhana, tahukah Bapak/Ibu guru kalau ada juga yang namanya pesawat rumit? Pesawat rumit adalah alat yang membantu pekerjaan kita yang terdiri dari beberapa gabungan pesawat sederhana. Contohnya pesawat sederhana, mesin cuci, kipas angin, dan sebagainya.

4 Jenis Pesawat Sederhana

Pesawat sederhana terdiri dari 4 jenis, yaitu tuas atau pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda berporos. Setiap jenis mempunyai bentuk dan arah gaya yang berbeda-beda. 

1. Tuas atau Pengungkit

Bapak/Ibu guru pernah coba memindahkan atau menggeser batu yang besar? Pasti sulit ya kalau kita angkat batu itu sendiri. Nah di sini peran tuas atau pengungkit. Salah satu pengungkit yang bisa membantu memindahkan batu tersebut adalah linggis. Dengan bantuan linggis, Bapak/Ibu guru bisa memindahkan batu tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

pesawat sederhana
Tuas sebagai salah satu jenis pesawat sederhana (Foto dari britannica.com)

Pada pengungkit, ada tiga titik yang menggunakan gaya saat mengungkit benda, yaitu beban, titik tumpu, dan kuasa. 

  • Beban adalah benda yang ingin kita pindahkan.
  • Titik tumpu adalah tempat bertumpunya suatu gaya
  • Kuasa adalah gaya yang bekerja pada pesawat sederhana

Prinsip kerja tuas atau pengungkit adalah sebagai berikut:

  • Meletakkan benda yang ingin dipindahkan di ujung tuas
  • Menggunakan benda lain yang cukup kuat sebagai penumpu
  • Menekan pengungkit secara perlahan dari sisi tuas lainnya sampai benda terangkat atau tergeser

Ada tiga jenis tuas atau pengungkit, yaitu tuas golongan pertama, kedua, dan ketiga. Apa saja perbedaannya?

  • Tuas golongan pertama, titik tumpu berada diantara kuasa dan beban sehingga bentuknya bisa berupa kuasa – titik tumpu – beban atau beban – titik tumpu – kuasa. Contoh dari tuas golongan pertama adalah palu, jungkat-jungkit, gunting, dan tang.
  • Tuas golongan kedua, beban berada di tengah antara kuasa dan titik tumpu sehingga bisa berupa kuasa – beban – titik tumpu atau titik tumpu – beban – kuasa. Contohnya adalah kereta sorong, pembuka kaleng, dan pemotong kertas.
  • Tuas golongan ketiga, kuasa berada diantara beban dan titik tumpu sehingga bisa berpola beban – kuasa – titik tumpu atau titik tumpu – kuasa – beban. Contohnya stepler, pinset, dan sapu.

Supaya lebih mudah dipahami, Bapak/Ibu guru bisa memberikan pembagian jenis tuas menggunakan tabel berikut ini.

Jenis Tuas atau PengungkitTitik yang berada di tengah
Golongan pertamaTitik tumpu
Golongan keduaBeban
Golongan ketigaKuasa

2. Bidang Miring

Bidang miring adalah jenis pesawat sederhana yang menggunakan papan datar secara miring untuk mempermudah kita saat memindahkan benda ke tempat yang berbeda ketinggiannya. Contoh dari pesawat sederhana jenis bidang miring ini adalah pada baut, kapak, dan pisau.

4 Jenis Pesawat Sederhana dan Penerapannya 9
Contoh bidang miring (Foto dari Pinterest)

Kekurangan dari bidang miring adalah jarak yang ditempuh menjadi lebih panjang. Seperti pada pembuatan jalan pegunungan yang dibuat berbelok-belok. Jalan yang berbelok-belok mempunyai jarak yang lebih panjang, tetapi gaya yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan pada jalanan yang dibuat lurus.

3. Katrol

Katrol adalah jenis pesawat sederhana dimana terdapat roda yang berputar pada porosnya. Jenis ini biasanya digunakan bersamaan dengan rantai atau tali untuk mengangkat benda. Prinsip dari katrol mirip dengan pengungkit, ada beban kuasa titik tumpu. Tapi biasanya, kuasa pada katrol berupa tarikan. Contoh penerapan katrol di kehidupan sehari-hari adalah alat timba dan ujung atas tiang bendera.

katrol pesawat sederhana
Ilustrasi katrol (Foto dari Freepik)

Katrol sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  • Katrol tetap yaitu katrol yang tidak berubah posisinya ketika digunakan untuk mengangkat benda. Contoh katrol tetap adalah alat timba pada sumur.
  • Katrol bebas adalah jenis yang berlawanan dengan katrol tetap dimana posisi katrolnya berubah ketika mengangkat benda. Contohnya adalah alat penganggkut peti kemas.
  • Katrol rangkap adalah katrol terdiri dari lebih dari 1 katrol yang tersusun berjajar. 
  • Katrol ganda/takal adalah katrol yang terdiri dari beberapa katrol yang disatukan dengan tali.

4. Roda Berporos

Roda berporos adalah roda yang dihubungkan dengan sebuah poros, dimana dapat berputar bersama-sama. Ketika roda bergerak, porosnya juga akan bergerak.

pesawat sederhana
Kursi roda sebagai salah satu contoh roda berporos (Foto dari Freepik)

Roda berporos memungkinkan kita bisa bergerak lebih cepat dan mudah. Contoh roda berporos adalah obeng dan sekrup, keran air yang berputar, pegangan pintu yang bulat, setir kendaraan, dan kursi roda.

Membuat Pesawat Sederhana di Kelas

Dari keempat jenis pesawat sederhana yang ada, salah satu diantaranya bisa dengan mudah kita praktikkan di kelas yaitu jenis bidang miring. Bapak/Ibu guru bisa meminta siswa untuk membawa atau menyiapkan bahan-bahan yang ada di rumah sebelum kelas dimulai. Selain memudahkan pemahaman siswa, kegiatan ini juga bisa meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam kelas.

Alat yang disiapkan untuk membuat pesawat sederhana jenis bidang miring:

  • Kardus bekas
  • Kotak mainan
  • Buku
  • Gunting

Langkah-langkah untuk membuat bidang miring di kelas:

  1. Buat pola persegi panjang pada kardus bekas sebagai bidang miring
  2. Gunting kardus mengikuti pola 
  3. Siapkan 2 tumpukkan buku dengan tinggi yang berbeda
  4. Letakkan kardus yang sudah digunting secara miring

Setelah bidang miring siap, Bapak/Ibu guru bisa minta siswa untuk memindahkan kotak mainan dengan dua cara. Pertama, memindahkan kotak mainan dengan menanjak mengikuti alur kardus ke atas tumpukkan buku. Kedua, memindahkan kotak mainan langsung tanpa mengikuti bidang miring kardus ke atas tumpukkan buku. Meskipun beban dari kotak mainan tidak begitu besar, tapi siswa bisa merasakan perbedaan antara menggunakan bidang miring dan tidak. Sambil siswa mempraktikkannya, Bapak/Ibu guru bisa menjelaskan jenis dan fungsi dari pesawat sederhana ini.

Itu tadi penjelasan mengenai Materi IPA Kelas 5, pesawat sederhana. Ada banyak lagi media pembelajaran yang bisa Bapak/Ibu guru praktikkan di kelas untuk mempermudah pemahaman siswa tentang jenis-jenis pesawat sederhana tersebut. Media pembelajaran apa yang sudah atau biasa Bapak/Ibu guru terapkan di kelas? Tulis di kolom komentar ya!

Bapak/Ibu guru juga bisa menggunakan video materi yang ada di Zenius untuk memberikan penjelasan dan pemahaman tentang pesawat sederhana dan materi lainnya. Selain itu, ada Zenius untuk Guru yang memudahkan Bapak/Ibu guru berbagi video materi dan latihan soal ke siswa. Yuk, pelajari lebih lanjut di sini >> Zenius untuk Guru

Baca Juga Artikel Lainnya

6 Jenis Jaringan Tumbuhan

Benda Bangun Datar di Sekitar Kita

Teori-teori Pembentukan Tata Surya

Bagikan artikel ini