Pengertian dan Fungsi Hormon Hipotalamus – Materi Biologi Kelas 11

Pengertian dan Fungsi Hormon Hipotalamus

Halo, Sobat Zenius! Elo masih ingat nggak dengan kelenjar hipotalamus yang udah pernah dibahas sebelumnya di materi sistem endokrin? Nah, kalau elo masih ingat, di materi sebelumnya itu kita hanya membahas sedikit tentang hipotalamus. 

Namun, beda dengan sekarang, gue akan coba jelasin mengenai kelenjar hipotalamus lebih mendalam lagi. Mulai dari pengertiannya hingga hormon apa saja yang dihasilkannya. Maka dari itu, yuk, simak sampai selesai!

Pengertian Hipotalamus

Hipotalamus merupakan bagian otak yang berfungsi sebagai pusat pengaturan sistem hormonal atau sering dianggap sebagai komandan tertinggi dari sistem endokrin. Nah, untuk mengetahui letaknya, coba deh elo lihat gambar hipotalamus di bawah ini!

gambar anatomi hipotalamus
Ilustrasi Hipotalamus. (Arsip Zenius)

Bagaimana? Setelah melihat gambar hipotalamus di atas, pastinya elo udah mulai kebayang kan bentuk dan posisi hipotalamus? Yap, hipotalamus ini berada di bagian tengah otak, tepatnya di bawah organ talamus. 

Kemudian, di bawah hipotalamus ada yang namanya pituitari dan di bagian belakang hipotalamus terdapat amigdala.

Baca Juga: Difusi Gas pada Proses Pernapasan

Hormon yang Dihasilkan Hipotalamus

4 Hormon yang Dihasilkan Hipotalamus
Hormon yang dihasilkan hipotalamus. (Dok. Freepik)

Nah, sekarang elo udah paham kan apa itu hipotalamus? Sekarang, kita bahas apa saja hormon yang dihasilkan hipotalamus, yuk!

1. GnRH

Salah satu hormon yang dihasilkan hipotalamus adalah GnRH. GnRH atau gonadotropin releasing hormone merupakan hormon yang memicu kelenjar pituitari di otak untuk mensekresi luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH).

Kalau pada wanita, hormon FSH berfungsi untuk merangsang folikel untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Sedangkan LH, berfungsi dalam pelepasan sel telur dari ovarium. 

Nah kalau pada pria, LH berfungsi untuk memicu produksi testosteron. Sementara, FSH berfungsi untuk mengatur keseimbangan kadar testosteron pada tubuh. 

2. TRH

TRH atau thyrotropin releasing hormone merupakan hormon yang berfungsi untuk merangsang kelenjar pituitari dalam menghasilkan thyroid-stimulating hormone (TSH).

TSH sendiri berperan penting dalam memperlambat atau mempercepat detak jantung. Selain itu, TSH juga berfungsi dalam menaikan atau menurunkan suhu tubuh, lho!

Eitss, nggak hanya itu saja! Bahkan, hormon ini juga dapat memengaruhi penurunan berat badan hingga penambahan berat badan.

3. CRH

Hormon yang dihasilkan hipotalamus berikutnya adalah corticotropin-releasing hormone atau CRH. CRH berperan penting dalam merangsang pelepasan hormon adrenocorticotropic hormone (ACTH) dari hipofisis anterior. 

Nah, ACTH ini berperan untuk merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon kortisol. Hormon kortisol sendiri dapat dikatakan sebagai hormon stres nih guys, karena berfungsi untuk mengendalikan respon tubuh terhadap stres. Nggak hanya itu, kortisol juga berperan dalam mengontrol tekanan darah, lho!

4. GHRH

Elo tahu nggak sih, kalau GHRH atau growth hormone-releasing hormone merupakan hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan? 

Well, dapat dikatakan hormon GHRH ini merupakan hormon yang membantu pertumbuhan tulang, sehingga tulang elo berukuran sesuai dengan seharusnya.

Baca Juga: Pengertian Spermatogenesis dan Tahap-Tahapnya

Contoh Soal Hipotalamus

contoh soal hormon hipotalamus
Yuk, belajar lewat contoh soal hipotalamus di bawah! (Dok. Freepik)
  1. Hormon hipotalamus yang fungsinya untuk mengatur hormon pada sistem reproduksi adalah ….

A. GnRH

B. GHRH

C. TRH

D. CRH

E. PRH

Jawaban:

GnRH atau gonadotropin realizing hormone adalah hormon yang fungsinya mengontrol pengeluaran hormon reproduksi. Maka, jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga: Proses Pembentukan Urine pada Ginjal

Oke deh, sampai di sini dulu ya pembahasan tentang kelenjar hipotalamus. Bagi elo yang mau tahu lebih banyak mengenai materi ini bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius atau klik banner di bawah ini, ya. Nggak cuma pelajaran Biologi aja lho, di Zenius elo juga bisa temukan mata pelajaran lainnya seperti Kimia, Matematika, dan lainnya. Yuk, download sekarang!

belajar materi pelajaran biologi hipotalamus di zenius
Bagikan Artikel Ini!