Diamagnetik Fisika SMA Kelas 12

Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya – Materi Fisika Kelas 12

Diamagnetik adalah salah satu materi pada bab Kemagnetan dalam pelajaran Fisika kelas 12. Kuy, pelajari pengertian serta contoh benda diamagnetik lebih dalam di artikel ini.

Sobat Zenius, ada yang suka perhiasan emas nggak? Kalo ada, coba deh elo ambil magnet, terus elo tempel di perhiasan emas elo. Ketarik nggak perhiasannya?

Kalo ketarik, wah wah… Ada indikasi kalau perhiasan yang elo pakai itu bukan emas asli, lho.

Kok gue tau ya? Apakah dulunya gue adalah seorang penjaga counter emas di Tanah Abang?

Sayang sekali bukan. Gue tau karena gue belajar kalau emas adalah salah satu material atau bahan yang sifatnya diamagnetik.

Apa itu diamagnetik? Trus selain emas, ada apa lagi contoh benda diamagnetik?

Kita belajar sama-sama di bawah, yuk!

Apa Itu Diamagnetik

Kita mulai dari akarnya dulu ya, supaya enggak ada bingung-bingung: diamagnetik itu apa sih?

Jadi, diamagnetik itu merupakan salah satu bahasan dari bab sumber kemagnetan. Bahasan utama di sini adalah permeabilitas. Nah, apaan lagi tuh permeabilitas? Permeabilitas merupakan istilah untuk menggambarkan kemampuan suatu bahan untuk ditembus oleh suatu partikel

Nah, karena di sini kita ngomongin soal kemagnetan, jadi istilah permeabilitas di sini bisa diartikan sebagai daya hantar magnet atau kemampuan suatu bahan atau media untuk dipengaruhi oleh magnet.

Kalau dilihat dari tingkat kemampuannya, level bahan-bahan itu bisa dibagi jadi 3 golongan, yaitu feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. Langsung aja nih ya gue jelaskan perbedaan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.

Baca Juga: Pengertian Medan Magnet, Sejarah, dan Penerapannya dalam Kehidupan Manusia

Material-material yang menghantarkan magnet paling kuat masuknya ke geng feromagnetik, guys. Kalo yang kekuatannya so so, nggak kuat-kuat amat tapi masih bisa laah ditarik magnet, itu geng paramagnetik.

Nah, diamagnetik adalah bahan yang paling lemah dalam menghantarkan daya magnet! Pengertian diamagnetik adalah kelompok material yang tergolong paling lemah bahkan cenderung nggak bisa menghantarkan daya magnet. Emangnya kekuatan daya hantarnya ini dilihat dari mana, sih?

Nah jadi, untuk menilai suatu material itu kuat atau tidak terhadap daya hantar magnet bisa dilihat dari nilai permeabilitas relatifnya. 

Gimana sih cara menghitung permeabilitas relatif? Elo bisa lihat dari gambar di bawah ini, ya.

Rumus permeabilitas relatif adalah permeabilitas bahan dibagi permeabilitas vakum
Rumus permeabilitas relatif untuk mencari tahu daya magnet suatu bahan (Arsip Zenius)

Baca Juga: Rumus Medan Magnet Akibat Arus Listrik

Buat permeabilitas bahan, setiap bahan punya nilai permeabilitasnya masing-masing, guys. Jadi, biasanya kalau di soal akan diketahui. Nah, kalau permeabilitas vakum nilainya tetap. Berapa nilai permeabilitas vakum?

Nilai permeabilitas ruang vakum adalah Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 81 Tm/A

Terus, kalau udah ketemu angkanya, bagaimana kita tau yang mana yang termasuk kelompok diamagnetik, feromagnetik, atau paramagnetik? Nah jadi, tiap kelompok ini punya nilai permeabilitas relatif yang berbeda-beda, kan.

Kalau kelompok feromagnetik, nilai permeabilitas relatifnya sangat jauh lebih dari 1. Buat paramagnetik, nilai permeabilitas relatifnya ya sama dengan 1.

Nah untuk diamagnetik, nilai permeabilitas relatifnya kurang atau lebih kecil dari 1.

diamagnetik, paramagnetik, dan feromagnetik memiliki nilai permeabilitas relatif yang berbeda-beda.
Nilai permeabilitas relatif dari feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. (Arsip Zenius)

Kalau misalnya ada suatu benda yang punya permeabilitas bahan Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 82 , benda ini termasuk ke dlam kelompok penghantar daya magnet yang kuat apa nggak ya?

Elo bisa langsung memasukkan ke rumus permeabilitas relatif di atas. Nilai permeabilitas ruang vakumnya kan Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 83, jadi tinggal elo masukkin kayak gini:

Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 84

Naah, Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 85 itu lebih, kurang, atau sama dengan satu? Ya jelas jauh lebih besar dari satu lah, ya!

Jadi, bisa disimpulkan benda itu termasuk golongan feromagnetik.

Baca Juga: Rumus Medan Magnet pada Kawat Melingkar dan Kawat Lurus

Contoh Benda Diamagnetik

Karena tadi elo udah belajar cara menghitung permeabilitas relatif, sekarang gue mau kasih lihat daftar nilai permeabilitas relatif dari beberapa material. Cekidot! 

nilai permeabilitas relatif tiap bahan yang mempengaruhi daya hantar magnetnya
Bahan dan nilai permeabilitasnya (Arsip Zenius)

Ayo tebak-tebakan, dari bahan-bahan di atas yang mana yang termasuk ke kelompok diamagnetik? Dari daftar di atas, cuma bismuth ya yang punya angka permeabilitas relatif di bawah 1, sehingga yang lainnya otomatis bukan diamagnetik.

Nah, selain bismuth, contoh bahan diamagnetik ada apa aja ya?

Contoh bahan diamagnetik yang lain ada emas, perak, seng, merkuri, dan air. Semua bahan-bahan ini kalau elo coba tempelin magnet bisa dipastikan nggak akan terjadi apa-apa alias nggak nempel!

Kalo feromagnetik dan paramagnetik contoh bahannya apa? Nah kayak yang bisa elo intip di gambar di atas ya, contoh bahan feromagnetik ada besi, baja, nikel, kobalt, dan lain-lain.

Kalau paramagnetik contohnya ada alumunium, kromium, udara, dan lain-lain.

Nah, kalo contoh benda diamagnetik elo udah bisa tebak dong, pastinya benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan diamagnetik tadi. Tentunya tanpa campuran benda-benda feromagnetik atau paramagnetik, ya!

Baca Juga: Listrik Statis – Pengertian, Rumus, Gejala, dan Contoh Soal – Materi Fisika Kelas 12

Nah, selesai deh pembahasan kita soal diamagnetik! Gimana, sekarang elo makin paham kan soal apa itu diamagnetik dan perbedaannya dengan feromagnetik serta para magnetik?

Kalo udah, kita tes pemahaman elo pakai latihan soal, kuy!

Contoh Soal

1. Di bawah ini yang merupakan letak perbedaan diamagnetik, feromagnetik, dan paramagnetik adalah….

a. Daya hantar magnetnya

b. Daya hantar listriknya

c. Nilai permeabilitas relatifnya

d. Jawaban b dan c benar

e. Jawaban a dan c benar

Jawabannya adalah e. Jawaban a dan c benar. Kalau elo masih keliru, elo bisa baca lagi di bagian pengertian diamagnetik, di situ gue ada menjelaskan kalau perbedaan diamagnetik, feromagnetik, dan paramagnetik dilihat dari daya hantar magnetnya dan bisa dicari tahu melalui nilai permeabilitas relatifnya!

2.  Bahan yang termasuk dalam golongan diamagnetik adalah….

a. Alumunium

b. Baja 

c. Kobalt

d. Bismuth

e. Udara

Jawabannya adalah d ya! Alumunium dan udara masuknya ke dalam kelompok paramagnetik, sedangkan besi dan baja merupakan kelompok feromagnetik.

3. Sebuah material diketahui memiliki permeabilitas bahan 2π x 10^-2. Berdasarkan daya hantar magnetnya, termasuk dalam golongan apa kah material ini?

a. Diamagnetik

b. Paramagnetik 

c. Feromagnetik

d. Tidak dapat diketahui

Jawabannya adalah c. feromagnetik

Diketahui Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 86

Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 87 Tm/A

Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 88 Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 89

= 50.000 

50.000 >> 1, berarti termasuk feromagnetik ya!

Nah, segini dulu pembahasan serba-serbi diamagnetik kita kali ini. Buat elo yang mau lanjut belajar materi fisika lainnya, yuk, langsung cek video Zeniusnya di sini. Kalau elo mau lanjut belajar materi ini pakai video, langsung klik banner di bawah, ya!

Mengenal Pengertian Diamagnetik dan Contoh Bendanya - Materi Fisika Kelas 12 90

Bagikan Artikel Ini!