Organisasi Ekonomi Regional dan Global Beserta Pengaruhnya – Materi Sejarah Kelas 12

Organisasi Ekonomi Regional dan Global Zenius Education

Sobat Zenius, elo pernah dengar yang namanya capitalist peace theory, belum? Teori tersebut menyebutkan kalau ketergantungan ekonomi bisa menghindari terjadinya konflik antar negara. Makanya, negara-negara di dunia saling kerjasama dengan tujuan yang sama, yaitu memajukan perekonomian. Caranya gimana? Salah satunya dengan melalui organisasi ekonomi regional dan global.

Organisasi ekonomi regional dan global ada apa aja, sih? Siapa anggotanya? Di mana wilayah kerjanya? Apa pengaruh dari organisasi-organisasi itu? Gue bakal bahas semuanya dalam artikel ini. Let’s go!

Organisasi Regional dan Global

Sebelum elo kenalan dengan organisasi-organisasinya, elo harus background check dulu nih. Gimana sih, cara melihat perbedaan organisasi regional dan global? Apakah dari negara-negara anggotanya?

Bukan!!! (Jadi keinget guru matematika yang sering lewat di TikTok deh, haha).

Ternyata nih teman-teman, melihat perbedaannya itu dari wilayah kegiatannya. Apakah organisasi tersebut kegiatannya cuma di Asia Tenggara? Atau di Asia Selatan? Atau di Eropa aja? Kalau iya, berarti itu termasuk organisasi regional.

Karena ada lho, organisasi yang anggotanya itu dari wilayah A, B, dan C, tapi kerjanya di satu wilayah aja, misalnya wilayah A. Kemudian, kalau wilayah kegiatannya di seluruh dunia, udah pasti itu adalah organisasi global.

Contohnya organisasi apa aja, ya? Langsung cek aja di bagian berikutnya, yuk!

Organisasi Ekonomi Regional

Sekarang, gue akan jelaskan satu persatu tentang organisasi yang bergerak di bidang ekonomi dalam wilayah tertentu.

SAARC

Logo SAARC organisasi ekonomi regional dan global Zenius Education
SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) (Dok. Wikimedia Commons)

SAARC atau South Asian Association for Regional Cooperation merupakan organisasi ekonomi regional yang wilayah kegiatannya itu di Asia Selatan. Negara-negara anggotanya adalah India, Bangladesh, Pakistan, Maladewa, Nepal, Bhutan, Sri Lanka, dan Afghanistan.

Latar belakang terbentuknya SAARC adalah karena pada akhir tahun 70-an, ada banyak banget konflik internal dan eksternal yang bersifat ekonomi, politik, sosial, dan budaya di Asia Selatan.

Akhirnya, Ziaur Rahman yang merupakan presiden Bangladesh waktu itu, mengusulkan pembentukan blok perdagangan sebagai bentuk kerja sama negara-negara Asia Selatan. Usulan tersebut disepakati dan pada 1981, tujuh menteri luar negeri bertemu di Kolombo.

Kemudian pada 8 Desember 1985, SAARC didirikan di Dhaka, Bangladesh, dengan markas besar di Kathmandu.

Tujuan dibentuknya SAARC adalah untuk memperkuat rasa saling percaya, mempromosikan kesejahteraan, melakukan kerja sama yang aktif, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta keragaman budaya di wilayah Asia Selatan.

MEE/EEC

Selanjutnya adalah Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) atau European Economic Community (EEC). Pembentukan organisasi ini didorong oleh Robert Schuman yang dikenal juga sebagai salah satu dari Fathers of the European Union.

Potret Robert Schuman organisasi ekonomi regional dan global Zenius Education
Robert Schuman (Dok. Wikimedia Commons)

Eropa itu kan gede banget ya, dan dari dulu itu udah banyak banget usaha-usaha yang dilakukan oleh berbagai tokoh, antar lain Napoleon Bonaparte dan Hitler, untuk menyatukan Eropa. Bahkan, dulu juga sempat ada yang mengusulkan pembentukan United States of Europe.

Akhirnya, muncullah Deklarasi Schumann yang mengusulkan untuk menyatukan Eropa di bawah perdamaian abadi setelah Perang Dunia II.

Baca Juga: Latar Belakang Perang Dunia 2 dan Kronologinya – Materi Sejarah Kelas 11

Akhirnya pada tahun 1957 melalui Perjanjian Roma, The Six yang terdiri atas Prancis, Jerman Barat, Italia, Belgia, Belanda, dan Luksemburg, menyetujui pendirian MEE.

Selain MEE, sebenarnya ada lagi Komunitas Batubara dan Baca yang dibentuk pada tahun 1951 dan Euratom yang didirikan bersamaan dengan MEE. Nantinya, ketiga organisasi ini digabung menjadi European Unity yang nanti akan gue bahas juga.

Uni Eropa/European Union

Bendera Uni Eropa organisasi ekonomi regional dan global Zenius Education
Bendera Uni Eropa (Dok. Wikimedia Commons)

Uni Eropa dibentuk berdasarkan Perjanjian Maastricht pada tahun 1992 dengan markas besar di Brussels. Organisasi ini mempraktikkan pasar tunggal (common market).

Misalnya nih, elo demen K-Pop terus mau beli kertas cantik atau ganteng dari seller di Korea Selatan. Di sana memang harganya murah, misalnya 100 ribu rupiah. Tapi sampai di Indonesia, harganya jadi mahal banget karena bea cukai. Inilah yang disebut dengan tarif.

Nah, pada pasar tunggal, tarif ini ditiadakan. Jadi harga di negara-negara Uni Eropa itu sama. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan integrasi ekonomi dan melawan proteksionisme, yaitu melindungi produk dalam negeri secara berlebihan.

Di Uni Eropa juga berlaku Schengen Area, yang berarti kalau elo adalah warga negara Uni Eropa dan mau berkunjung ke negara Uni Eropa lain, elo nggak perlu paspor.

Kemudian untuk mata uang, negara-negara Uni Eropa mayoritas menggunakan Euro. Dulu Inggris pakai Euro juga, tapi sekarang dia udah keluar dari Uni Eropa dan pakai Poundsterling.

Uni Eropa juga dikenal sebagai organisasi supranasional. Jadi, mereka bisa membuat peraturan-peraturan yang sifatnya mengikat negara-negara anggotanya. Elo bisa nonton video penjelasan yang lebih mendetail tentang Uni Eropa dengan klik banner di bawah ini!

Organisasi Ekonomi Regional dan Global Beserta Pengaruhnya - Materi Sejarah Kelas 12 9

NAFTA

Organisasi ini pernah disebut oleh mantan presiden-presiden Amerika Serikat, Barack Obama dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik, sebagai sebuah kesalahan atau kesepakatan dagang paling buruk. Lho, kok gitu?

NAFTA atau North American Free Trade Area merupakan blok perdagangan bebas yang terdiri atas Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Perjanjian yang mendasari organisasi ini disebut dengan Perjanjian Trilateral.

NAFTA bertujuan untuk mengurangi atau menghapus tarif perdagangan antara negara-negara di Amerika Utara. Markas besarnya ada di ibukota masing-masing negara anggota.

Namun, karena menuai banyak kritik, pada September 2018, oleh Donald Trump NAFTA digantikan oleh USMCA (United States-Mexico-Canada Agreement). Emangnya kenapa sih NAFTA itu “dibenci”? Simak video penjelasannya di sini, yuk!

Baca Juga: Teori Keunggulan Komparatif dalam Perdagangan Internasional Menurut David Ricardo

AFTA

AFTA atau ASEAN Free Trade Area merupakan organisasi ekonomi regional yang beranggotakan negara-negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapore, Filipina, Brunei, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1992 dalam ASEAN Summit keempat di Singapura dengan tujuan meningkatkan daya saing dan menciptakan pasar regional bagi penduduk negara-negara anggotanya melalui perdagangan bebas.

AFTA menggunakan skema CEPT (common effective preferential tariff scheme) yang mengatur apa aja barang-barang yang bisa dimasukkan ke perdagangan bebas. Elo bisa lihat contoh-contoh dalam masing-masing klasifikasi tadi di sini.

CAFTA-DR

CAFTA-DR atau Dominican Republic-Central America Free Trade Agreement adalah perjanjian perdagangan bebas antara Amerika Serikat, negara-negara Amerika Tengah, dan Republik Dominika pada tahun 2004.

Sebenarnya negara-negara ini udah pernah kerjasama lewat Caribbean Basin Initiative pada tahun 1984, tapi seiring waktu, CBI ini jadi kurang relevan.

CAFTA-DR menjadi batu loncatan menuju Free Trade Area of the Americas (FTAA) tapi belum menemui keberhasilan karena menyatukan Benua Amerika yang besar banget itu tentunya tidak mudah ya, karena negaranya ada banyak banget.

Organisasi Ekonomi Global

Nah, sekarang kita pindah lapak ke organisasi ekonomi yang wilayah kegiatannya itu di seluruh dunia! Ada apa aja, ya?

APEC

Asia-Pacific Economic Cooperation organisasi ekonomi regional dan global Zenius Education
Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) (Dok. Wikimedia Commons)

APEC atau Asia-Pacific Economic Cooperation merupakan organisasi non-politis beranggotakan negara-negara Asia-Pasifik.

APEC sendiri didirikan karena beberapa latar belakang seperti mulai munculnya diskusi mengenai akan diadakannya blok-blok perdagangan lain, perlu adanya wadah bagi negara-negara eks-komunis yang beralih jadi negara kapitalis untuk berkegiatan ekonomi, pengaturan ekonomi Asia-Pasifik agar tidak didominasi oleh Jepang, dan kekhawatiran akan kegagalan Putaran Uruguay.

APEC didirikan pada tahun 1989 atas dasar gagasan Bob Hawke, perdana menteri Australia kala itu. Markas besar APEC terletak di Singapura. Menurut Bogor Goals pada 1994, APEC bertujuan mewujudkan perdagangan yang bebas dan terbuka di wilayah Asia-Pasifik.

GATT

GATT atau General Agreement on Tariffs and Trade adalah perjanjian yang dibentuk karena beberapa alasan. Salah satunya adalah prinsip mantan presiden Amerika Serikat Herbert Hoover yang nggak mau melaksanakan perdagangan bebas, tapi malah berimbas buruk pada perekonomian Amerika Serikat akibat adanya Perang Dagang. Banyak pabrik yang gulung tikar karena bahan mentah udah mahal, pas dijual juga mahal jadi pada nggak bisa beli.

Hal ini juga mengarah ke Depresi Besar atau The Great Depression pada 1929 karena meningkatnya angka pengangguran nggak hanya di Amerika Serikat tapi juga Jerman. Akibat ini pula, terjadilah Perang Dunia II.

Akhirnya negara-negara dunia menyusun sistem ekonomi Bretton Woods pada 1944 yang berencana membangun International Monetary Funds, World Bank, dan satu lembaga yang tidak jadi terbentuk, yaitu International Trade Organization. Karena yang terakhir ini nggak jadi, akhirnya pada 1947 terbentuklah GATT.

GATT bertujuan menghilangkan hambatan perdagangan internasional seperti tarif dan kuota. Markas besarnya ada di Jenewa. GATT berlaku hingga awal 1995 sebelum digantikan oleh WTO berdasarkan Putaran Uruguay.

WTO

World Trade Organization organisasi ekonomi regional dan global Zenius Education
World Trade Organization (WTO) (Dok. Wikimedia Commons)

World Trade Organization (WTO) merupakan organisasi ekonomi global yang beranggotakan hampir seluruh negara-negara di dunia. Dulu ada beberapa putaran (rounds) atau diskusi yang dilaksanakan oleh GATT dan WTO ini didirikan pada saat Putaran Uruguay.

WTO punya 2 prinsip utama. Yang pertama adalah most favored nation yang mengatur kalau kegiatan ekspor itu nggak boleh diskriminasi. Tarif ekspor ke negara yang satu ke lainnya harus sama.

Kalau prinsip pertama tadi mengatur dari luar, prinsip kedua, national treatment, mengatur dari dalam. Jadi kalau udah impor barang dari luar, barang yang sama tapi hasil produksi dalam negeri nggak boleh sampai kena diskriminasi, tarifnya tetap sama dengan barang impor.

WTO punya badan penyelesaian sengketa. Kalau ada masalah perdagangan dalam WTO, diselesaikannya melalui mekanisme ini. Contohnya pada kasus antara Boeing dan Uni Eropa pada tahun 2011. Permasalahan ini diselesaikan melalui badan penyelesaian sengketa.

OPEC

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) ini dibentuk khusus untuk negara-negara pengekspor minyak. Anggotanya awalnya adalah Arab Saudi, Kuwait, Iran, Irak, dan Venezuela.

Sebelum OPEC terbentuk pasar minyak dunia dikuasai oleh the seven sisters. Jadi sebelumnya, harga-harga minyak dunia ini dikendalikan oleh perusahaan-perusahaan ini. Tapi, the seven sisters ini nggak bersaing. Bagus sih, tapi kalo BBM yang dipakai buat bahan bakar transportasi kebutuhan-kebutuhan pokok naik, harga kebutuhan ini juga jadi mahal, jadi harga minyak ini nggak boleh seenaknya diatur oleh the seven sisters.

Untuk merespon isu ini, dibentuklah OPEC pada 1960. Markas besarnya di Wina, Austria. Tujuan OPEC adalah menjaga stabilitas harga minyak dunia.

Misalnya the Seven Sisters menjual minyak dengan harga 100 ribu, tapi OPEC membuat perjanjian dengan negara-negara anggotanya untuk menjual minyak dengan harga 50 ribu. Pasti lebih banyak orang bakal memilih yang lebih murah, kan? Nantinya mau nggak mau, the seven sisters harus menurunkan harga supaya ada yang bisa beli.

OPEC juga mengembargo minyak sebagai senjata politik, misalnya pada Krisis Minyak 1973.

Pengaruh Organisasi Ekonomi Regional dan Global Bagi Indonesia

Indonesia sendiri tergabung dalam organisasi-organisasi regional dan global seperti association of Southeast Asian Nations (ASEAN), ASEAN Regional Forum (ARF), East Asia Summit (EAS), dan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).

Dari masa lampau, keikutsertaan Indonesia dalam organisasi-organisasi ini berperan dalam memperoleh pengakuan internasional setelah memproklamasikan kemerdekaan dan pengembangan ekonomi serta pembangunan.

Kini dan ke depannya, Indonesia terus berusaha agar bisa berperan aktif dalam pergaulan internasional melalui organisasi-organisasi baik yang regional maupun global untuk memperkuat diplomasi dalam berbagai bidang.

Penutup dan Contoh Soal

Wuih, ternyata banyak banget ya, pembahasan kita kali ini! Nah, sebelum gue tutup artikelnya, coba jawab contoh soal berikut ini, ya!

Di antara organisasi-organisasi berikut, manakah yang merupakan pendahulu dari World Trade Organization (WTO)?
A. NAFTA
B. AFTA
C. CAFTA-DR
D. APEC
E. OPEC

Jawaban: A. GATT berlaku hingga awal 1995 sebelum digantikan oleh WTO berdasarkan Putaran Uruguay.

Oke deh, sampai disini dulu pembahasan kali ini. Jangan lupa baca artikel Zenius lainnya, ya!

Baca Juga: Pengertian Sejarah Kontemporer Dunia dan Contoh Peristiwanya – Materi Sejarah Kelas 12

Referensi

Pemanfaatan Kerja Sama Regional Kawasan Asia dan Pasifik – Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (2021).

Bagikan Artikel Ini!