Ciri-ciri annelida (Arsip Zenius)

Ciri-Ciri Hewan Annelida (Cacing Bersegmen) & Contohnya

Hi, guys! Kali ini gue akan membahas tentang salah satu filum cacing bersegmen yaitu ciri-ciri annelida, klasifikasi dan juga contohnya.

Sebelumnya, elo udah baca artikel tentang filum Platyhelminthes dan Nemathelminthes belum? Mereka adalah cacing pipih dan cacing gilig.

 Lalu, Annelida itu cacing apa ya sebenarnya? Apakah anggota dari filum tersebut sering kita jumpai? Hmmm.. daripada penasaran, mendingan langsung aja deh kita baca informasi tentang ciri-ciri filum annelida berikut ini yuk!

Apa Itu Annelida?

Berbicara mengenai cacing, ada banyak macamnya, seperti cacing gilig dan cacing pita. Nah, kalau cacing bersegmen itu apa ya? Nanti elo bakal lebih kenal lewat ciri-ciri annelida.

Cacing ini merupakan salah satu filum dalam kingdom Animalia yang berasal dari bahasa Latin annelus yang berarti cincin kecil dan oidos yang berarti bentuk. Jadi, Annelida adalah cacing dengan bentuk menyerupai cincin yang diuntai, karena tubuhnya tersusun atas segmen-segmen gitu, guys.

Menurut John W. Kimball, dalam bukunya yang berjudul Biology tahun 1983, jenis ini memiliki salah satu ciri-ciri cacing tanah yang khas yaitu simetri bilateral dan memiliki rongga tubuh yang besar berisi cairan. 


Materi Video Struktur Dasar Annelida

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton materi lengkap Struktur Dasar Annelida di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya! (tramadol)


Ciri-ciri Annelida

Kurang lengkap rasanya kalau belum mengetahui ciri-ciri dari filum hewan yang satu ini. Iya gak, guys? Nah, maka dari itu, di sini gue bakal memberikan informasi mengenai ciri-ciri annelida.

  • Merupakan hewan selomata, yaitu sudah memiliki rongga tubuh yang sempurna.
  • Memiliki tubuh yang bersegmen menyerupai rangkaian cincin atau gelang.
  • Lapisan tubuh annelida terdiri dari 3 lapisan embrionik yaitu ektoderm, mesoderm dan endoderm.
  • Habitatnya di perairan laut atau tawar, dan tanah lembap.
  • Hidup secara bebas dan ada yang parasit dengan menempel pada vertebrata.
  • Memiliki sistem pencernaan dan sirkulasi tertutup.
  • Bernapas menggunakan permukaan tubuhnya, karena di permukaannya tersebut terdapat pembuluh darah kecil sebagai organ pernapasan.

Contoh hewan yang termasuk dalam kelompok annelida adalah cacing tanah dan lintah jawa. Tapi kedua contoh cacing tersebut kembali dibedakan dalam klasifikasinya masing-masing. 

Pelajari lebih lanjut
Masih ingat, kan, kalau Coelenterata masuk dalam pembahasan Kingdom Animalia? Buat yang mau baca materinya, klik link berikut: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia – Materi Biologi Kelas 10.

Klasifikasi Annelida

Setelah ciri-ciri annelida selanjutnya, kita bahas tentang klasifikasinya, yuk! Di sini elo bisa mengetahui kelompok dari berbagai jenis cacing di dalam filum tersebut. Jadi, elo bisa membedakan kira-kira cacing tanah dan lintah apakah berada dalam satu kelas atau bukan.

Cacing bersegmen diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu Polychaeta, Oligochaeta dan Hirudinea.

Annelida
Contoh anggota Annelida berdasarkan klasifikasinya (Dok.Wikimedia)

Polychaeta

Kelas pertama dari filum Annelida yang akan gue bahas di sini adalah Polychaeta, berasal dari bahasa Yunani yaitu poli yang berarti banyak dan chaeta yang berarti rambut. 

Mereka memiliki sepasang struktur yang menyerupai dayung di tiap segmennya, namanya parapodia. Fungsi parapodia adalah sebagai alat gerak sekaligus insang. Umumnya, anggota kelas ini hidup di perairan laut.

Kelompok cacing ini hidup di laut dan dapat dikonsumsi, contohnya seperti cacing wawo atau Lysidice oele.

Contoh hewan annelida kelas Polychaeta: Alitta virens, Lysidice oele

Oligochaeta

Selanjutnya ada kelas Oligochaeta. Berbeda dengan Polychaeta yang memiliki banyak rambut, Oligochaeta merupakan cacing yang memiliki sedikit rambut. 

Mereka bersegmen dan bersifat hermaprodit, namun tidak bisa membuahi dirinya sendiri. Salah satu hewan kelompok annelida yang hidup di tanah adalah kelas oligochaeta. Habitatnya di dalam tanah, tempat lembab dan air.

Contoh hewan Polychaeta: Lumbricus terrestris (cacing tanah).

Hirudinea

Terakhir ada kelas Hirudinea, nah anggota kelas ini gak punya rambut atau chaeta lho, guys. Tubuh mereka pipih dan ujungnya sedikit runcing.

 Mereka memiliki alat penghisap pada segmen ujung (awal dan akhir) yang berfungsi untuk menempel dan bergerak. Kebanyakan anggota Hirudinea merupakan ektoparasit, yaitu parasit yang hidup di luar tubuh inangnya. 

Mereka akan menghisap darah inangnya dengan cara menempel. Elo pasti gak asing lagi ‘kan sama ciri-ciri annelida di atas?

Contoh hewan Hirudinea: Hirudo javanica (lintah jawa).

Nah, itu dia informasi mengenai ciri-ciri Annelida atau cacing bersegmen. Sebagai organisme yang tergabung dalam kingdom Animalia, mereka memiliki peran bagi manusia, baik itu peran yang menguntungkan maupun merugikan. Bisa digunakan sebagai obat, namun ada juga yang bisa menimbulkan penyakit. 


Materi Video Klasifikasi Annelida

Buat kamu yang sudah berlangganan paket belajar Zenius, tonton video materi Klasifikasi Annelida (Cacing Bersegmen) di website Zenius. Jangan lupa login dulu, ya, buat mengaksesnya!


Eits sebelum menutup artikel ini, gue mau cek pemahaman elo lewat pertanyaan di bawah ini:

Kelas invertebrata berikut yang termasuk dalam filum annelida adalah …..

a. Taenia (cacing pita)
b. Bombyx (ulat)
c. Ancylostoma (cacing tambang)
d. Hirudo javanica (lintah jawa)
e. Echinus (landak laut)

Hayo, kalau udah tahu jawabannya, tulis ya, di kolom komentar! Kalau mau akses contoh soal lainnya, klik banner di bawah ini!

Pelajari materi Biologi di video materi belajar Zenius
Klik banner untuk akses contoh soal lainnya!

Sekarang elo udah bisa ‘kan, membedakan cacing Annelida berdasarkan klasifikasi dan ciri-cirinya? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Untuk yang pengen belajar dengan pengalaman lebih menyenangkan, elo bisa download aplikasi Zenius di gadget elo. Di sana, elo bisa temuin semua pembahasan materi dan fitur Zenius. Biar lebih mantap lagi, elo juga bisa berlangganan paket belajar kita lho! Tinggal klik gambar di bawah ini untuk pengalaman belajar seru bareng Zenius!

SKU-BELI-PAKET-BLJR

Okay, segitu dulu, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Bagikan Artikel Ini!