Cara Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan (Arsip Zenius)

4 Cara Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Hai Sobat Zenius, elo pernah dong ngerasa suntuk dalam belajar. Entah itu gampang bosan atau gampang hilang fokus saat memahami materi. Itu semua wajar kok, makanya di artikel kali ini gue akan ajak elo cari tahu tentang cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

“Belajar kok dibawa susah sih.” Ngaku hayoo siapa yang pernah digituin sama kakak atau orang tuanya. Well, sebenernya nggak ada yang salah dari kalimat tadi, karena belajar itu menyenangkan.

Beneran deh, belajar tuh emang harusnya nggak bikin takut atau males. Kalau elo masih ngerasa sulit banget untuk cinta belajar mungkin elo mengabaikan faktor penting dalam belajar. Coba deh kita inget-inget lagi apa sih yang sering jadi masalah ketika penat belajar.

Elo jadi males belajar karena materi yang terlalu susah. Untuk elo yang masih SMP bisa jadi masih kaget ya sama materi-materi SMP yang lebih rumit dari waktu di SD. Sedangkan elo yang kelas 12 tentu bakal dapat variasi soal yang lebih susah apalagi yang ingin mengikuti UTBK.

Materi yang susah ini bikin elo susah ngikutin apalagi paham sama isinya. Kalau udah ngerasa susah untuk ngerti, elo bakal lebih mudah hilang fokus dan malas melanjutkan materi. Yang kayak gini bikin elo stuck dalam belajar.

Eits tapi jangan salahin materi belajarnya dong. Udah pastiin suasana belajar yang ada sesuai dengan elo belum? Nah simak yang berikut ini ya untuk tahu cara membuat suasana belajar yang menyenangkan.

Cara Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Suasana belajar yang menyenangkan adalah keadaan dimana seseorang bisa fokus memahami pembelajaran dengan perasaan yang nyaman, tenang, rileks tanpa gangguan atau pun tekanan. Lihat deh dari pengertiannya aja kelihatan kan kalau elo tuh perlu nyaman dulu.

Konsep berpikirnya perlu elo ubah nih, jangan ngerasa belajar itu sebuah tuntutan ya. Kalau gitu elo akan selalu merasa tertekan. Inget, belajar itu bekal masa depan elo. Kalau ngejalaninnya nggak senang, coba deh bayangin rasanya bakal gimana ke depannya.

Tanpa pakai basa-basi lagi yuk cari tahu cara menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

  1. Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

Cara ini paling sering diabaikan banyak orang karena merasa tempat belajar cuma faktor pendukung. Wah elo perlu pikir lagi nih. Suasana belajar yang tenang tanpa gangguan tentu bikin elo lebih mudah fokus.

Kalau suasananya kondusif, elo bisa lebih memusatkan pikiran ke pelajaran. Materi yang elo kira susah ternyata cuma perlu konsentrasi untuk memahaminya. Tapi suasana yang nyaman dan kondusif ini tetap sesuai kebutuhan dan kesenangan elo.

Misalnya elo baru bisa belajar sambil denger lagu, tentunya bisa elo sesuaikan ya. Pastiin sediakan air minum di dekat elo ya biar nggak kehausan dan bisa lanjut belajar. Posisi meja dan tinggi kursi juga cari yang pas di elo, biar elo nggak bungkuk dan gampang capek saat belajar.

Pencahayaan buat sebagian orang juga penting nih. Ada yang lebih suka belajar dengan lampu kuning, karena bikin mata lebih rileks. Tapi ada juga yang suka pake lampu putih yang bikin elo lebih konsentrasi.

  1. Singkirkan Distraksi

Siapa nih yang suka curi curi buka sosial media tiap belajar? Kurang-kurangin ya. Emang sih rasanya seru banget kalau tiba-tiba nemu video lucu pas scrolling sosmed. Tapi jangan ilang fokus dong kan elo lagi belajar nih.

Kalau elo cenderung gampang keganggu sama hal-hal kayak gitu, bisa banget nih coba disimpan dulu gadgetnya. Nggak cuma berlaku ke gadget aja ya. Kalau elo gampang gagal fokus karena suara tv, buku, atau bahkan cemilan, gue saranin untuk nggak menaruh barang-barang tadi di sekitar elo.

Yah, tapi materi belajarnya ada di hp. Okay, kalau gini elo bisa coba matiin sementara notifikasi aplikasi-aplikasi yang bakal mengganggu fokus. Kalau elo akses materi belajar melalui aplikasi Zenius, elo nggak perlu ribet karena elo bisa langsung login aja via website. Jadi elo bisa fokus ke salah satu gadget aja.

Cara ini juga bisa membangun kebiasaan baik untuk fokus ke satu hal yang sedang dikerjakan. Jadi elo bisa nyelesain satu hal sebelum loncat ke kegiatan lainnya. Ini bikin elo punya persepsi untuk menghargai apa yang sedang elo lakukan dan bisa konsentrasi penuh ke situ.

  1. Temukan Teman Belajar

Ada quote yang bunyinya gini “If you want to walk fast, walk alone. But if you want to walk far, walk together”. Kalau diterjemahkan sih kurang lebih gini “kalau jalan sendiri elo bisa cepat, tapi kalau jalan bareng elo bisa jalan jauh”.

Tentu saja elo punya pilihan untuk belajar dengan cepat. Gue yakin tinggal elo cari di kolom pencarian tentang cara cepat belajar, banyak tuh caranya. Tapi esensi belajar nggak cuma sebatas cepat aja. Kayak yang di awal gue bilang tadi, kalau elo jadikan belajar sebagai tuntutan elo bakal berasa kejar target mulu.

Belajar itu komitmen jangka panjang. Ada proses yang tentunya nggak instan untuk bisa bener-bener paham dan bisa elo pakai di kehidupan nantinya.

Makanya gue saranin elo untuk punya teman belajar yang punya tujuan yang sama. Bareng temen apa yang susah pasti bakal jadi menyenangkan dong. Tapi kekurangan belajar bareng salah satunya adalah kebanyakan bercanda. Masalah banget tuh, bukannya belajar malah jadi main.

Eitss, temen belajar bukan cuma sebatas teman akrab aja ya. Teman belajar bisa dari mana aja. Kalau gue, temen belajar gue adalah aplikasi Zenius. Gue ngerasa Zenius udah paket lengkap banget, elo bisa dapet materi belajar dan bisa tanya jawab juga sama Zen Tutornya.

Tapi yang paling gue suka dari Zenius sih konsep belajar Yang Penting-Penting Aja. Elo dibekali big ideas dari suatu konsep untuk elo bisa pahami konsepnya dengan cara elo sendiri. Buat gue cara yang kayak gini mempermudah gue belajar, karena otak gue jadi lebih kritis memahami relevansi konsep yang diajarkan dengan apa yang ada disekitar gue.

Nggak kayak yang biasa elo dapat disekolah, elo nggak didikte untuk menghafalkan materi. Elo bikin kerangkanya masing-masing di otak elo dengan hasil yang sama kayak yang di materi belajar. Intinya sih sama-sama memahami dengan cara yang berbeda.

  1. Temukan Cara Belajar yang Efektif

Pembelajaran yang menyenangkan sebenarnya bisa tercipta dengan mudah kalau elo bisa mengikuti keinginan elo. Belajar tentunya perlu nyaman tanpa gangguan, kalau tips di atas tadi udah elo laksanakan pastinya rasa aman dan nyaman itu bisa didapetin deh.

Sekarang tinggal gimana sih cara menciptakan suasana belajar yang efektif. Gue yakin setiap orang punya caranya sendiri untuk belajar. Namun untuk mulai belajar secara efektif elo bisa mulai dengan menyusun jadwal.

Elo bisa mulai atur kapan mau belajar pelajaran tertentu. Ini bantu elo untuk lebih fokus dan nggak keburu khawatir kalau ada pelajaran yang belum dipelajari. 

Nggak biasa bikin jadwal belajar? Kalau mau simple elo bisa beli paket belajar Zenius Aktiva Sekolah aja. Bareng paket belajar ini elo tinggal tontonin video belajar premium sesuai urutannya. Ada rekomendasi playlist materi sekolah yang langsung bisa elo akses.

Elo juga bisa ikut live classnya yang ada tiap minggu. Ini pas banget nih kalau waktu belajar ada yang ingin elo tanyain, di sini kesempatan elo langsung tanya ke Zen Tutor. Penyampaiannya yang asyik bikin elo gampang ngerti dan yang paling penting nggak bikin cepet bosen.

Oh iya dari belajar bareng Zenius, gue jadi sadar nggak ada materi yang susah untuk dipelajari. Cuman penyampaian yang rumit dan nggak relate bikin belajar berasa capek dan nggak ngerti-ngerti. Makanya yuk cobain sendiri paket belajar Zenius Aktiva Sekolah untuk belajar yang lebih menyenangkan lagi. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

cta zenius aktiva sekolah basic
Klik untuk info lengkapnya!

Sekian dulu ya Sobat Zenius tentang cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Gue harap elo bisa praktekin atau bahkan menemukan cara belajar yang menyenangkan versi elo sendiri.

Semangat belajar!

Bagikan Artikel Ini!