Space Food (Likes and Dislikes) – Materi Bahasa Inggris SD

likes and dislikes

Apakah Bapak dan Ibu Guru ingat kapan pertama kali belajar bahasa Inggris?

Saya sendiri mulai belajar bahasa Inggris di kelas 5 SD. Sampai sekarang, pelajaran ini menjadi salah satu yang paling saya sukai. Kenapa? Karena dari bahasa Inggris saya bisa belajar kosakata baru dan mengenal budaya banyak negara yang menggunakan bahasa ini.

Kalau Bapak dan Ibu Guru sendiri, pelajaran apa yang paling disukai saat sekolah?

Nah, dalam belajar bahasa Inggris, mengenal kosakata makanan dan minuman atau food and drink jadi salah satu hal yang mendasar. Nggak hanya mengenal artinya, siswa juga bisa belajar untuk mengekspresikan apa yang mereka suka dan nggak suka atau likes dan dislikes.

Contohnya, ketika seseorang menawarkan makanan, ‘‘There’s fried rice with chicken satay on the top”. Akan ada respon suka atau nggak suka. Ketika menyukai makanan itu, saya bisa menjawab “Wow, it looks good. I love it!”. 

Sementara, saat saya nggak suka makanan yang ditawarkan, saya bisa menjawab “Sorry, I don’t like chicken satay”.

Hmm, bahas makanan jadi sedikit lapar ya, Bapak dan Ibu Guru?

Materi Makanan dan Minuman dalam Bahasa Inggris

Berkaitan sama materi food and drink ini, Ready2Run dari DLA (Digital Learning Associates) menyediakan materi belajar bahasa Inggris. Nggak hanya lengkap, materi Ready2Run juga bisa diakses secara mudah dan gratis.

Di pembahasan tentang makanan, Ready2Run mengambil topik Space Food tentang makanan para astronot. Selain belajar kata-kata yang berhubungan sama makanan, siswa juga bisa mempelajari struktur dan grammar dari expression of likes and dislikes, yaitu simple present tense.

Supaya Bapak dan Ibu Guru punya gambaran tentang materinya, coba tonton video di bawah ini.

Transkrip Video “Space Food”

Agar lebih jelas, berikut adalah transkrip video di atas.

Narrator: This is the International Space Station. Look at the astronauts in space! These astronauts live here. This is their space food.  It doesn’t look very nice, does it? This is Heston. He’s a chef. This is Tim. He’s an astronaut. They’re talking about space food. There’s rice, chicken, peas and mushrooms. Heston tries it.

Heston: You can make that food taste a lot better, an awful lot better.

Narrator: But he doesn’t like it! He thinks he can make good space food. 

Heston is making sausages and potatoes. It’s Tim’s favourite food. Yum!

But does Heston’s food taste good in space? Heston is going on a special plane to find out.

He’s eating his sausages on the plane! Whoops! Quick, catch it!

Heston is happy, his space sausages are great. Now Heston wants to talk to Tim. His food is ready!

Heston: Hi, Tim, how are you?

Tim: Hello, Heston, it’s great to hear you. I’m doing fantastic, thanks.

Narrator: Does Tim like his new space food? 

Tim: It tastes absolutely delicious, really wonderful.

Heston: That’s fantastic. Phew… Phewston!

Narrator: Heston has got more space food for the astronauts. It looks delicious! 

Dalam video, materi food and drink disampaikan dengan cara yang berbeda. Kalau biasanya mengambil latar restoran atau mungkin pasar, video dari Ready2Run justru membahas tentang makanan di ruang angkasa. 

Jadi, ada seorang Chef yang ingin menyediakan makanan-makanan lezat untuk para astronot di ruang angkasa. Dengan beberapa kali percobaan, akhirnya makanan yang enak dan mudah disajikan untuk astronot berhasil dibuat. Wah, menarik banget penjelasannya, ya.

belajar likes and dislikes dalam makanan ruang angkasa
Makanan yang disajikan dalam Stasiun Ruang Angkasa. (Dok. Ready2Run DLA)

Download Materi Food and Drink

Nggak hanya menonton videonya, Bapak dan Ibu Guru bisa mengunduh materi pendukung berupa Student Pack dan Teacher Guide. Jadi, materi ini bisa digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran dan ada lembar kerja yang bisa dibagikan ke siswa.

Dilengkapi dengan gambar dan penjelasan, Student Pack bisa membantu siswa dalam memahami materi. Mulai dari kosakata, tata bahasa, sampai mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Sementara, Teacher Guide bisa membantu Bapak dan Ibu Guru dalam memberikan pemahaman ke siswa akan materi. Nggak hanya itu, Teacher Guide ini juga didukung dengan CLIL (Content and Language Integrated Learning) Project sebagai pendekatan yang memungkinkan siswa untuk belajar materi dan bahasa secara bersamaan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, manfaatkan Student Pack dan Teacher Guide Ready2Run dari DLA sekarang juga! Caranya, klik tombol di bawah ini, ya!

Bagikan Artikel Ini!