materi bahasa Inggris SD animals

Learning to Koala (Animals) – Materi Bahasa Inggris SD

Bapak dan Ibu Guru, apa hewan kesukaan Anda? Apakah itu kucing, anjing, atau burung?

Apa Bapak dan Ibu Guru pernah menanyakan apa hewan kesukaan para siswa Anda?

Menceritakan hewan kesukaan dapat membantu Bapak dan Ibu Guru mengenalkan kosakata hewan atau animals dalam bahasa Inggris kepada siswa, lho.

Bapak dan Ibu Guru juga bisa mengenalkan siswa pada berbagai hewan yang mungkin jarang mereka lihat sehari-hari. Misalnya, koala.

Video Materi tentang Hewan dalam Bahasa Inggris

Video diatas adalah materi bahasa Inggris yang disediakan oleh Ready2Run.

Ready2Run sendiri merupakan program yang dikelola Digital Learning Associates (DLA). Melalui program ini, Bapak dan Ibu Guru bisa mendapatkan bahan pembelajaran yang lengkap untuk materi animals dalam bentuk video.

Pada video ini, Bapak dan Ibu Guru dapat mengenalkan kehidupan koala di Symbio Wildlife Park, Australia dan aktivitasnya kepada siswa.

mogen, koala yang hidup di Symbio Wildlife Park, Australia.
mogen, koala yang hidup di Symbio Wildlife Park, Australia. (dok. DLA)

Imogen adalah koala yang kehilangan induknya dan dirawat di kebun binatang Symbio Wildlife Park, Australia. Koala ini tidak memiliki induk sehingga harus belajar berbagai keahlian yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup dari para petugas di kebun binatang tersebut. 

Dalam video ini, Bapak dan Ibu Guru dapat memperlihatkan kepada siswa seperti apa para petugas tersebut mengajarkan Imogen keahlian bertahan hidup.

Untuk lebih mudah memahami video ini, Bapak dan Ibu Guru dapat membaca transkrip video berikut.

Transkrip Video “Learning to Koala”

NarratorThese koalas live at Symbio Wildlife Park in Australia. They look like teddy bears, don’t they?Baby koalas learn everything from their mothers. They hold onto their mother’s soft fur. That way, they learn how to climb. They watch their mothers eat. And so, they learn how to eat.But Imogen, the koala joey, doesn’t have a mum. So she learns everything from humans. She wants to eat. So she tries this leaf. And she can eat it. Yum!Now, Imogen learns to climb. It’s not always easy. But with some practice …
KeeperYou gotta hold that branch.
Narrator… she gets it right.And last, Imogen learns how to make friends. This butterfly might be a good friend. Look! It’s on Imogen’s nose!Aha! A koala friend!Now, Imogen can eat, and climb, and play. Imogen learned how to be a koala her own way.
KeeperYou’re just going to sit there, are you?
NarratorAnd if she needs help, she can ask a keeper.

Dari video di atas, Bapak dan Ibu Guru dapat menjelaskan kepada siswa seperti apa aktivitas koala Imogen. Tidak hanya itu, Bapak dan Ibu Guru juga dapat mengajarkan mereka menggunakan learn dan can untuk menjelaskan aktivitas dan mempelajari sesuatu seperti contoh kalimat yang digunakan dalam video di atas.

  • Baby koalas learn everything from their mothers
  • Now, Imogen learns to climb. It’s not always easy.
  • Now, Imogen can eat, and climb, and play.

Download Materi Pendukung

Selain menonton video di atas, Bapak dan Ibu Guru dapat mengunduh materi pendukung dari Ready2Run berupa Student Pack dan Teacher Guide. Materi pendukung ini dilengkapi pedoman pembelajaran dan lembar kerja yang bisa dibagikan kepada siswa

Dalam Student Pack, terdapat materi-materi yang dilengkapi dengan berbagai penjelasan dan gambar. Materi-materi ini dapat dimanfaatkan siswa untuk memahami materi bacaan. Mulai dari kosakata, tata bahasa, hingga mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Sementara, Teacher Guide bisa  Bapak dan Ibu Guru gunakan untuk memberikan pemahaman mengenai materi yang diajarkan. Materi ini telah dilengkapi dengan Content and Language Integrated Learning (CLIL) yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi dan bahasa secara bersamaan.

Apa Bapak dan Ibu Guru tertarik untuk menggunakan materi-materi Ready2Run dari DLA ini? Yuk, manfaatkan Student Pack dan Teacher Guide sekarang dengan klik tombol di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!