jurusan pkn stan

6 Daftar Jurusan yang Paling Diminati di STAN, Mana Incaran Elo?

Sobat Zenius punya ketertarikan untuk masuk ke STAN? Kalau iya, elo perlu mengumpulkan informasi seputar STAN, nih, mulai dari SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) hingga apa saja jurusan di PKN STAN dan prospek kerja.

Sebelumnya, elo udah tahu belum apa itu kepanjangan STAN? Yap, STAN itu kepanjangannya adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. 

Sekilas info buat Sobat Zenius, gue adalah alumni D-III STAN lulusan tahun 2011, dengan mengambil spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Tahun 2012 gue mulai bekerja di Ditjen Anggaran, Kementerian Keuangan sampai akhirnya awal tahun 2015 pindah dan kerja sebagai sosial media manajer di Zenius Education.

Nah, berhubung gue lulusan STAN, gue akan sharing kepada elo mengenai STAN, mulai dari pendaftaran hingga jurusan PKN STAN. Penasaran? Yuk, simak sampai habis, ya!

Mengenal PKN STAN

Jurusan yang paling diminati di STAN.
Mengenal PKN STAN (Dok. stanbrain)

Sobat Zenius udah tahu, nih, kepanjangan STAN itu apa. Kali ini gue akan mulai dari dasar dulu, yaitu pengenalan PKN STAN.

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan yang mengadakan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara.

Nama PKN STAN sendiri mulai diresmikan tanggal 23 Juli 2015 kemarin lalu, dari yang sebelumnya namanya STAN aja. Sejatinya, ada banyak sekali jurusan di PKN STAN yang bisa Sobat Zenius ambil, mulai dari Diploma III sampai Diploma IV

Buat tahu apa saja jurusan yang ada di PKN STAN, Sobat Zenius bisa simak artikel ini sampai selesai, ya!

Baca Juga: Panduan & Tips Belajar USM STAN 2019

Informasi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) PKN STAN

Buat Sobat Zenius yang ingin masuk ke STAN tahun depan, elo wajib banget, nih, mulai ngumpulin informasi mengenai SPMB STAN.

Salah satu informasi penting yang perlu elo tahu dari SPMB adalah PKN STAN bekerja sama dengan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mengenai penggunaan nilai UTBK. Dengan demikian, calon mahasiswa diseleksi melalui hasil UTBK sebagai salah satu syarat administrasi.

“Wah, agak berat juga, ya”

Yap, tapi bukan suatu hal yang mustahil, ya! Elo bisa mulai latihan soal-soal UTBK dari sekarang. Tak perlu khawatir, Zenius sudah menyiapkan semuanya buat elo di sini

Nggak hanya itu saja, Zenius juga punya fitur Try Out UTBK, di mana Sobat Zenius bisa melakukan simulasi UTBK mirip seperti pelaksanaannya, mulai dari level soal hingga sistem penilaiannya. Elo bisa manfaatkan fitur Try Out UTBK Zenius semaksimal mungkin, ya!

Informasi-informasi lainnya mengenai SPMB STAN, mulai dari syarat-syarat pendaftaran, jadwal pelaksanaan, materi-materi ujian, hingga tips memilih jurusan di STAN elo bisa lihat di Panduan SPMB STAN dari Zenius.

Nah, biar persiapan elo makin afdol, yuk download aplikasi Zenius buat dapetin informasi dan materi belajar yang lebih lengkap buat menghadapi ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Klik banner di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

Jurusan di PKN STAN

Ini dia informasi yang elo tunggu sedari awal. Yap, di pembahasan kali ini gue mau memaparkan apa saja jurusan PKN STAN dan prospek kerja. Setelah mengetahui apa saja jurusannya, elo jadi lebih tahu mana yang bakal jadi incaran elo.

1. Akuntansi

Akuntansi dinilai menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN. Mengapa demikian? Pada dasarnya, lulusan jurusan Akuntansi bisa ditempatkan ke semua instansi karena memang kemampuannya relatif paling umum bila dibanding dengan jurusan lain yang ada di PKN STAN.

Secara garis besar, Akuntansi adalah proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu entitas. Di STAN sendiri, jurusan Akuntansi ada dua program, yaitu Diploma III dan Diploma IV. 

Nah apa aja, sih, yang dipelajari di Akuntansi? Secara umum, yang dipelajari di Akuntansi STAN dan di Akuntansi universitas lain nggak jauh beda. Namun, di STAN ada tambahan mata kuliah di bidang pemerintahan seperti Keuangan Publik, Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, dan lain-lain.

Jurusan PKN STAN yang satu ini dinilai menjadi favorit dari 2017 sampai sekarang.

2. Pajak

Jurusan PKN STAN yang selanjutnya yaitu Diploma III Pajak. Di STAN, jurusan Pajak memiliki tiga program studi unggulan, yaitu:

  • Diploma III Pajak
  • Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
  • Diploma I Pajak

“Bedanya D1 Pajak sama D3 Pajak apa, bang?”

Nah, kedua prodi tersebut mempunyai perbedaan yang mencolok, yaitu dari segi masa kuliahnya. D1 hanya menghabiskan masa kuliah selama 1 tahun atau setara dua semester. Sedangkan, D3 menghabiskan waktu selama 3 tahun atau 6 semester. 

Selain diajarkan bagaimana membuat laporan keuangan perpajakan seperti jurusan Pajak di universitas lain, di STAN elo juga akan diajarkan dalam hal administrasi/tata usahanya dari sisi pemungut pajak serta hubungannya dengan keuangan negara.

Mata kuliah dari jurusan Pajak di antaranya ada Akuntansi dasar sampai menengah, Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), dan masih banyak lagi.

Sebagian besar lulusan jurusan Pajak akan ditempatkan di Ditjen Pajak.

Baca Juga: Mengenal Perpajakan: Pengertian, 4 Unsur, dan 4 Fungsi Pajak

3. Kepabeanan dan Cukai

Sobat Zenius pasti sering mendengar istilah Bea Cukai. Nah, buat elo yang bermimpi bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), elo bisa banget, nih, mulai kepo-in informasi mengenai jurusan PKN STAN yang satu ini.

Buat Sobat Zenius yang belum paham istilah Kepabeanan dan Cukai, gue akan coba jelaskan secara singkat. Kepabeanan sendiri merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah serta pemungutan bea masuk dan keluar.

Sedangkan Cukai merupakan pungutan dari negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau  karakteristik yang telah diatur dalam undang-undang.

Di STAN sendiri, jurusan Kepabeanan dan Cukai menyediakan dua program studi, yaitu D3 Kepabeanan dan Cukai dan D1 Kepabeanan dan Cukai. 

Jurusan PKN STAN yang satu ini juga merupakan satu-satunya yang menerapkan pendidikan semi militer, ya, Sobat Zenius! Selain belajar di ruang kelas, elo juga akan menjalani kegiatan rutin, seperti olahraga, dan baris-berbaris. Oleh karena itu, jurusan Diploma III Kepabeanan dan Cukai pada dasarnya dikhususkan untuk para laki-laki. Sedangkan D1-nya boleh diikuti oleh laki-laki dan perempuan.

Elo akan belajar banyak mata kuliah di jurusan Kepabeanan dan Cukai,  mulai dari pengantar kepabeanan dan cukai, hukum keuangan negara, audit kepabeanan dan cukai I dan II, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Akuntansi, Kepabeanan dan Cukai juga masuk ke dalam daftar jurusan yang paling diminati di STAN, lho!

4. Kebendaharaan Negara

Sama seperti Kepabeanan dan Cukai, jurusan PKN STAN yang satu ini juga terdiri dari dua program, yaitu Diploma I Kebendaharaan Negara dan Diploma III Kebendaharaan Negara.

Kalau mendengar kata bendahara tentu elo nggak asing dengan hal-hal yang berbau uang. Nah, kalau Kebendaharaan Negara ini sendiri akan berfokus untuk mengurus keuangan negara. Jadi, ruang lingkupnya lebih luas nggak cuman sekadar kelas aja, Sobat Zenius!

Dalam ruang lingkup yang cakupannya lebih luas seperti negara, tentu dibutuhkan orang-orang yang memahami seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu.

Nah, kalau Sobat Zenius tertarik untuk masuk ke dalamnya, segera persiapkan diri elo untuk ikut SPMB STAN tahun depan dan ambil jurusan yang satu ini!

Ada banyak sekali mata kuliah yang akan elo pelajari dari Kebendaharaan Negara, mulai dari hukum keuangan negara, manajemen keuangan, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara.

5. Penilai / Pajak Bumi Bangunan

Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya ada satu-satunya di Indonesia, di universitas lain belum ada. Jadi, bisa dibilang jurusan Penilai/Pajak Bumi Bangunan (PBB) sifatnya spesialisasi. 

Di jurusan ini, secara garis besar elo akan mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari ilmu ukur tanah dan pemetaan, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, hingga perencanaan kota.

Lulusan dari jurusan Penilai/PBB nanti bisa ditempatkan di Ditjen Pajak, Ditjen Kekayaan atau BPKP.

6. Manajemen Aset

Sama seperti halnya Akuntansi dan Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN, lho, Sobat Zenius! Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya tersedia untuk program Diploma III saja, ya.

Bisa dibilang, jurusan Manajemen Aset ini merupakan jurusan “hukumnya STAN”. Pasalnya, elo akan berkutak-katik dengan mata kuliah hukum yang nggak bakalan jauh-jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti.

Untuk mata kuliahnya, elo akan belajar banyak hal, mulai dari pengurusan piutang negara, pengetahuan lelang, manajemen risiko pelelangan, hingga hukum pertahanan dan hukum perdata.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Perkuliahan di PKN STAN

Sobat Zenius mungkin bertanya-tanya, kira-kira berapa lama kuliah di STAN?

Perkuliahan di PKN STAN untuk program D-III dilaksanakan selama 6 semester atau kurang lebih selama 3 tahun di Bintaro, Tangerang Selatan (non bea cukai) dan di Rawamangun, Jakarta Timur (Bea Cukai). 

Sedangkan program D-I pendidikan dilaksanakan selama 2 semester atau kurang lebih 1 tahun di berbagai Balai Diklat Keuangan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Mahasiswa tidak dipungut biaya kuliah selama mengikuti pendidikan.

Jadi, kalau ditanya, kuliah di STAN berapa tahun? Jawabannya ada dua, yaitu 3 tahun untuk program D-III dan 1 tahun untuk D-I.

Perkuliahan di sini nggak seperti di perguruan tinggi umum yang lain. Salah satu bedanya misalnya masalah seragam, di sini ada aturan pakaian yang wajib dipatuhi oleh mahasiswa. 

Misalnya, hari Senin dan Rabu memakai kemeja putih dan bawahan hitam, Selasa dan Jumat memakai kemeja cerah dan bawahan gelap, Kamis memakai batik.

Selain itu, kuliah di STAN memakai sistem paket. Jadi, semua mata kuliah sejak tahun pertama sampai tahun terakhir sudah ditentukan. Nggak ada sistem KRS seperti halnya perguruan tinggi lain. 

Di tengah dan akhir semester, ada UTS dan UAS yang akan menentukan Indeks Prestasi (IP) mu. Jadi perkuliahan di STAN bisa dibilang nggak akan jauh beda dengan sistem di SMA/sederajat.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal STAN dan Pembahasan

Nah, itu dia 6 daftar jurusan PKN STAN yang terbilang cukup populer dan banyak diminati oleh orang. Sejatinya, sebagian besar lulusan STAN akan ditempatkan di lembaga-lembaga atau instansi pemerintah, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, hingga Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Setelah mengetahui apa saja jurusan PKN STAN, elo juga perlu tahu kalau STAN menyediakan beragam kegiatan non-akademis yang menarik, mulai dari paduan suara, pencinta alam, teater, hingga fotografi.

Menarik, kan? Yuk, mulai persiapkan diri Sobat Zenius untuk menghadapi SPMB STAN nanti! Jangan lupa cek Panduan SPMB STAN dari Zenius dan pantengin terus informasi terupdate mengenai STAN lewat instagram @zeniuseducation, ya!

Terus, kalau elo mau persiapan SPMB STAN makin matang, bisa banget, nih, ikutan ultima bootcamp dari Zenius!

Dengan mengikuti bootcamp tersebut, elo bisa mempersiapkan UM dari berbagai PTN semaksimal mungkin dalam waktu 30 hari. Tunggu apa lagi? Segera daftar, yuk, dengan klik banner di bawah ini!

zenius ultima boot camp um

Originally published: April 18, 2019
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!