Mengenal Geografi Pembangunan dan Perannya di Indonesia – Materi Geografi Kelas 12

geografi pembangunan zenius education

Kira-kira apa ya hubungan antara geografi pembangunan dan teori keruangan? Lalu, yang dimaksud dengan pembangunan itu sendiri apa ya? Penasaran? Cari tahu di sini, yuk!

Ketika ngomongin tentang pembangunan, biasanya orang-orang akan berpikir tentang negara maju dan berkembang. Kok bisa ya, ada negara yang udah maju, di lain sisi ada juga negara yang masih berkembang, kenapa?

perbedaan pembangunan suatu negara zenius education
Munculnya perbedaan pembangunan di setiap negara. (Arsip Zenius)

Ketika kita udah punya pikiran seperti itu, secara nggak sengaja juga kita udah menerapkan pola pikir geografi regional. Artinya, kita udah bisa memahami gimana muncul ketidaksetaraan pada level global (ruang).

Antar ruang pasti ada perbedaan. Misalnya kita ambil dari salah satu prinsip geografi dasar (prinsip korologi) tentang prinsip distribusi di negara Jepang, Korena, Tiongkok, dan Mongolia.

Ketika kita berbicara mengenai budaya populer (pop culture) di keempat wilayah tersebut, maka kita mengetahui bahwa di Jepang ada anime, Korea ada K-Pop, Tiongkok ada drama mandarin, nah gimana dengan Mongolia? Pernah dengar nggak ada pop culture apa di sana? Mungkin ada ya, tapi budaya tersebut nggak semaju atau semasif budaya-budaya di Jepang, Korea, dan Tiongkok. Padahal, keempatnya kan merupakan Asia Timur. Dari situ udah kelihatan ya kalau ada perbedaan pembangunan di tiap ruangnya.

Nah, geografi regional menjadi kacamata kita dalam memahami kenapa ada negara maju dan negara berkembang. Mau tahu lebih lanjut mengenai prinsip lainnya, yaitu prinsip deskripsi dan interelasi? Langsung tonton videonya di sini ya!

Baca Juga: Negara Maju dan Negara Berkembang – Materi Geografi Kelas 12

Apa Itu Geografi Pembangunan?

Sebelumnya kita udah mengetahui nih kalau negara maju dan berkembang bisa dilihat dengan memahami geografi regional. Lalu, gimana sih, geografi melihat pembangunan suatu negara? Seperti apa sih perspektif geografi dalam melihat negara maju dan berkembang?

Ketika ngomongin tentang pembangunan suatu negara, kita juga akan melihat dari sisi ekonomi melalui GDP (gross domestic product). Namun, melihat pembangunan suatu negara nggak cukup kalau hanya dari GDP. Kita harus melihat dari berbagai sisi, seperti pendidikan, sosial, politik, dan kesehatan.

Sebelum jauh, kita ulik pengertian geografi pembangunan terlebih dahulu ya.

Geografi pembangunan merupakan cabang ilmu geografi yang mempelajari hubungan antara proses pembangunan suatu wilayah dan kondisi alam di wilayah tersebut.

Gimana ya, hubungan antara geografi dan pembangunan? Mau tahu jawabannya? Tonton video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini, yuk!

belajar materi pelajaran geografi di zenius

Baca Juga: Perbedaan Rumus GNP dan GDP

Geografi Pembangunan dan Teori Keruangan

geografi pembangunan dan teori keruangan zenius education
Geografi pembangunan dan teori keruangan. (dok. Pixabay)

Dilihat dari pengertiannya, ada hubungan antara geografi pembangunan dan teori keruangan. Kita ambil contoh gini, antara Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Papua ada perbedaan pembangunan, mulai dari industri, perdagangan, dan pusat pemerintahan. Karena pemerintahan Indonesia ada di Pulau Jawa, maka yang pembangunannya lebih masif ada di Jawa dibandingkan dengan pulau lainnya. Artinya, masih ada kesenjangan pembangunan antara Pulau Jawa dan pulau lainnya di Indonesia.

Dari situ kita bisa melihat dan menganalisis, seperti apa pembangunan di suatu wilayah. Kita harus melihatnya dari berbagai sisi, ada kuantitatif dan kualitatif.

Kuantitatif

Ekonomi – Politik – Sosial – Demografis – Lingkungan

Untuk yang kuantitatif misalnya ekonomi. Kita lihat seperti apa sih, GDP di suatu wilayah, selain itu tingkat pengangguran juga akan dinilai. Ketika tingkat pengangguran tinggi, maka beban negara juga akan semakin besar.

Selain ekonomi, kita juga perlu menganalisis politik, sosial, demografis, dan lingkungan. Seperti apa tingkat korupsi di suatu wilayah? Gimana pendidikan dan kesehatannya? Berapa persentase tingkat kelahiran dan kematiannya? Gimana kondisi lingkungannya, baik atau terlalu banyak konsumsi karbon?

Kualitatif

Partisipasi

Selanjutnya, pembangunan juga dilihat dari sisi kualitatifnya. Gimana sih, tingkat partisipasi masyarakat dalam suatu kegiatan yang diadakan pemerintah? Contohnya saat mengikuti pemilu.

Balik lagi nih, apa hubungannya geografi pembangunan dan teori keruangan? Geografi mempelajari tentang distribusi dan keruangan. Karena, setiap ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda. Hal itu bisa menimbulkan ketidakmerataan. Nah, ketidakmerataan ini bisa terjadi antar negara dan di dalam negara. Hal itu menimbulkan adanya klasifikasi negara maju dan berkembang.

Nah, sekarang kalau ditanya, apa sih tujuan pembangunan berkelanjutan geografi? Kita balik lagi ke konsep awal bahwa suatu pembangunan berkelanjutan memiliki tujuan utama kemajuan dan keberlanjutan. Mulai dari keberlanjutan ekologis (seperti jaminan sumber daya alam), berkelanjutan ekonomi (efisiensi ekonomi), dan berkelanjutan sosial (keanekaragaman budaya). Kalau dilihat secara spesifik lagi contohnya untuk membangun suatu negara tanpa kemiskinan dan kelaparan, adanya kesetaraan gender, tingkat kesehatan dan kesejahteraan yang tinggi, pendidikan berkualitas, terjaganya ekosistem laut dan darat, dan berkurangnya kesenjangan.

Baca Juga: Pembangunan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas 11

Contoh Soal Geografi Pembangunan dan Pembahasannya

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi geografi pembangunan, gue ada contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan referensi.

Ilustrasi cek selengkapnya di bawah ini zenius education
Ilustrasi cek tulisan di bawah ini (Arsip Zenius)

Contoh Soal 1

Angka buta huruf merupakan indikator pembangunan. Ketika kita mengetahui tingkat buta huruf di suatu wilayah, maka kita dapat mengetahui perkembangan pembangunan wilayah tersebut di bidang ….

A. ekonomi

B. pendidikan

C. kesehatan

D. politik

E. sosial

Jawab: B. pendidikan.

Pembahasan: Salah satu indikator pembangunan adalah angka buta huruf yang mencerminkan persentase keseluruhan penduduk yang bisa membaca dan juga menulis. Kondisi ini memberikan gambaran dasar mengenai pendidikan di suatu negara.

Contoh Soal 2

Untuk soal yang kedua, gue nggak akan kasih jawaban dan pembahasan. Karena, gue mau elo yang jawab pertanyaan ini di kolom komentar. Oke? Ini pertanyaannya.

Jelaskan peran geografi dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia!

Kalau udah tahu jawabannya, langsung aja meluncur ke kolom komentar ya, guys.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang geografi pembangunan? Elo juga bisa lho, belajar materi Geografi lainnya di website atau aplikasi Zenius!

Bagikan Artikel Ini!