cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris di depan kelas

5 Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris di Depan Kelas Biar Nggak Kikuk

Wah, hari ini ada kelas Bahasa Inggris, nih. Loh, kok tiba-tiba guru elo nyuruh tiap muridnya memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas? Waduh, bahasa Inggris kita masih pas-pasan lagi. Gimana, ya, cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris?

Bagi sebagian orang, berbicara di depan kelas saja sudah cukup membuat sport jantung,  apalagi kalau ditambah harus pakai bahasa asing. Makanya, nggak heran, deh, kalau momen perkenalan diri di depan kelas dalam bahasa Inggris itu bisa jadi momen yang menegangkan. 

Nah, biar elo nggak mati gaya di depan kelas, gue punya cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas yang bisa elo coba, nih. 

Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris di Depan Kelas

cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris
Ilustasi Perkenalan dengan Bahasa Inggris (Arsip Zenius)

Saat memperkenalkan diri di depan banyak orang, terkadang muncul rasa kikuk yang membuat elo bingung harus ngapain, ya. Tenang saja, elo nggak sendiri, kok. 

Gue pun setiap diharuskan untuk berbicara di depan banyak orang yang nggak terlalu gue kenal kadang suka bingung harus bersikap seperti apa. Apalagi first impression itu kan penting untuk menjalin relasi. 

Untuk itu, gue udah ngerangkum beberapa tips atau cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas yang bisa elo coba, nih. 

1. Persiapkan Diri

Nah, cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas pertama yang bisa elo terapkan adalah mempersiapkan diri. Elo bisa mulai mempersiapkan diri dengan menyusun apa-apa saja yang akan elo sampaikan di depan kelas. 

Dalam artikel Lingoneo, organisasi kebahasaan di Jerman, ada 3 hal yang perlu elo sampaikan pada saat berkenalan dengan bahasa Inggris. Ketiga hal tersebut merupakan Beginning an Introduction, Furthering a Conversation, dan Ending an Introduction

Beginning an Introduction merupakan kalimat pembuka pada saat berkenalan, contohnya seperti kalimat sapaan dan juga penyebutan nama. Lalu, Furthering a Conversation merupakan kalimat lanjutan berupa pertanyaan atau informasi mengenai diri elo, seperti umur, hobi, kelas, dan sebagainya. 

Terakhir, ada Ending an Introduction, yaitu sesi mengakhiri pembicaraan, misalnya seperti “Nice to meet you” atau “Have a good day” dan sebagainya. 

2. Berbicara dengan Jelas

Kalau elo mendengar orang memperkenalkan dengan suara pelan, elo pasti bingung, kan, dengan apa yang dia bicarakan? Untuk itu, cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas selanjutnya adalah berbicara dengan jelas. 

Elo bisa coba latihan intonasi dengan berbicara di depan cermin atau meminta keluarga untuk mendengarkan perkenalan elo. Dengan begitu, mereka bisa memberikan masukkan untuk elo. 

3. Lakukan Kontak Mata

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas selanjutnya adalah dengan melakukan kontak mata. Selain untuk membuat audiensi merasa nggak diabaikan, cara ini juga bisa digunakan untuk menarik perhatian mereka. 

4. Bersikap Ramah

Pastinya elo nggak mau, dong, teman-teman elo di kelas langsung buru-buru kabur karena elo memperkenalkan diri sambil ngamuk-ngamuk. Makanya, bersikap ramah jadi cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas selanjutnya, nih.

Pastikan elo memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas sambil tersenyum. Elo pun bisa mendapatkan first impression yang baik sebagai orang yang mudah diajak berkomunikasi. 

5. Perkenalkan Diri dengan Sopan

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas selanjutnya adalah perkenalkan diri dengan sopan. Salah satunya seperti memperkenalkan diri sambil berdiri di depan kelas, tidak menggunakan kata-kata kasar, dan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan audiensi.

Dengan cara ini, audiensi pun akan menghargai elo saat berkenalan di depan kelas. Sama seperti bersikap ramah, hal ini juga bisa membangun first impression yang baik untuk elo. 

10 Contoh Kalimat Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris di Depan Kelas

cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris
Ilustasi Perkenalan dengan Bahasa Inggris (Arsip Zenius)

Gimana? Setelah membaca cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris di depan kelas, elo sudah semakin siap belum? Nah, supaya persiapan elo makin matang, berikut contoh kalimat yang bisa elo gunakan pada saat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas. 

  1. Hi, how are you? My name is Adelia. Nice to meet you!
  2. Hi everyone, let me introduce myself. My name is Ahmad Rifaldy. You can call me Ahmad or Aldy. I was born in Jakarta. My hobbies are swimming and playing football. Thank you for your attention. Have a nice day! 
  3. Good morning everyone. I’m here to introduce myself. My name is Karyo. I’m 17 years old and live in Bandung. I’m a 2nd grade high school student and my major is Social Science. Thank you. 
  4. Hi everyone! I would like to introduce myself. My name is Bondan. I am from Bali, but now I live in Jakarta. Today I would like to show you my research about the environmental condition in the Ciliwung river. Hope you enjoy it. 
  5. Please let me introduce myself. My name is Agnes. I live in Semarang. I like sports and camping. One of my favorite things to do is morning jogging and hiking with my family. How about you, guys? 
  6. Hey everyone! My name is Vino. I was born in Sukabumi but now I live in Jakarta. Today is my first day at school. I hope we can all be good friends. 
  7. I would like to introduce myself. My name is Bella. I was born in Lampung and now I live in Bandung because my parents are transferred to headquarters here. Nice to meet you all. 
  8. My name is Kevin Sanjaya. You can call me Kevin or anything you want. I was born in Medan on February 1st 2005. I am currently a second grade student at the SMA Maju Jaya. I’m so happy to meet you, guys. 
  9. Good morning everyone. My name is Isabella. I am the second child of three siblings. My father is an engineer and my mother is a housewife. I also have a cat named Meng. It’s such a pleasure to meet you. 
  10. Hi, guys! Let me introduce myself. My name is Rojak and I’m a new student here. Really pleased to meet you and I hope we can be good friends. 

Nah, itu dia berbagai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas yang bisa elo coba. Tapi, tahu nggak, sih, ternyata belajar bahasa Inggris bisa melatih fundamental skills elo, lho.

Fundamental skills ini merupakan kemampuan yang penting banget untuk melatih cara berpikir elo dalam belajar. Kalau elo mau melatih fundamental skills, ZenCore bisa banget, nih, jadi pilihan elo. Proses pembelajarannya pun cukup menarik, lho. Yuk, coba! 

Baca juga:

6 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Kesalahan Belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya

Bagikan Artikel Ini!