About Zulfikar "Ijul" Hermawan

Here are my most recent posts

Gimana sih Cara Efektif Menurunkan Berat Badan?

Lebih ngaruh mana sih buat nurunin berat badan? Olahraga atau diet makanan? Artikel ini akan mengupas cara efektif menurunkan berat badan. Gue jamin kalau banyak di antara kita minimal di suatu saat tertentu dalam hidup pengen ngurangin berat badan, entah karena emang udah kegendutan, pengen dapet pacar, pengen hidup sehat, pengen jadi idol, ataupun alasan-alasan lainnya. Emang harus diakui, kemajuan teknologi bikin hidup kita jadi relatif mudah secara fisik sehingga …

Panduan Belajar untuk SBMPTN Biologi

Tips belajar untuk persiapan menghadapi SBMPTN Biologi. Dikupas tuntas dari pembedahan materi prioritas, contoh soal, & pembahasan soal-soal tahun lalu. Oke, artikel blog kali ini gua bikin khusus buat lo yang berencana ngambil paket ujian Saintek SBMPTN. Sekaligus, gua juga mau ngingetin lo betapa pentingnya belajar biologi yang bener dalam persiapan SBMPTN saintek. Pada dasarnya ada 2 alesan kenapa gua ngerasa perlu banget ngingetin lo secara khusus. Alesan pertama, karena sering banget gua …

Ngapain Peduli Hutan, Kan Gue Tinggal di Kota

Untuk apa sih kita semua harus peduli ekosistem hutan? Semua konsekuensi dari kerusakan hutan terhadap manusia dibahas di sini. Dari kecil, kita diajarin untuk peduli lingkungan. Mulai dari orang tua, guru, hingga buku teks sekolah menyerukan pesan tersebut. Katanya, kita ini pemimpin di bumi, jadi kita harus bisa merawat lingkungan. Ga berhenti sampe di situ, di kehidupan sehari-hari pun, sepertinya kita terus diajak untuk selalu memperhatikan lingkungan. Rasanya udah beberapa …

Kenapa Harus Repot Melindungi Hewan Langka?

Alasan pentingnya perlindungan hewan langka dibahas dengan penjelasan detil tentang dampak dari kepunahan dan peranan penting spesies dalam ekosistem. Guys, kalian pernah ga sih pas lagi jalan di kampus, di mall, atau tempat umum lainnya, disamperin oleh perwakilan suatu LSM lingkungan yang ngajak untuk dukung kampanye perlindungan satwa langka? Kalian pastinya juga pernah liat kampanye perlindungan spesies yang terancam punah ini di social media.   Malahan, kampanye ini ga hanya …

Kenapa sih Bencana Kabut Asap ini Ga Habis-habis?

Bagaimana hutan bisa terbakar? Artikel ini menjelaskan penyebab kebakaran hutan, upaya penanggulangan yang efektif dan juga upaya pencegahan. Dua bulan sudah, kabut asap tebal menyelimuti kota-kota di Sumatra dan Kalimantan. Itu berarti 40 juta warga Indonesia terkena paparan asap akibat kebakaran hutan sejak Agustus 2015 silam. Dengan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada tingkat berbahaya, jarak pandang bisa menurun hingga 10--30 meter. Akibatnya, sekolah banyak diliburkan. Beberapa aktivitas warga …

Ada makanan yang awet, tapi ada juga yang gampang basi. Kok bisa ya?

Alasan mengapa dan bagaimana makanan menjadi basi dijelaskan dari segi Kimia dan Biologi, serta pembahasan berbagai cara membuat makanan menjadi awet. “Aduh, Mama lupa simpen sisa makanan semalam ke kulkas. Tumis kangkungnya jadi basi deh. Yaudah, kamu bawa bekal goreng ayam dan perkedel sisa semalam aja ya. Mama ga sempat masak pagi ini. Mama panasin bentar deh”   Mungkin lo sering mendapat wanti-wanti dari nyokap yang kurang lebih seperti kata-kata di …

Apa betul hewan purba itu moyangnya hewan sekarang? Tahu dari mana?

Metode yang digunakan ilmuwan untuk mengetahui kekerabatan antar spesies dibahas lengkap dengan penjelasan konsep dasar genetika dan kekerabatan. Halo Guys, ketemu lagi dengan gue, Ijul. Kalo pada artikel sebelumnya, Ivan udah sempat ngebahas tentang Gimana caranya ilmuwan tau umur dari fosil yang ditemukan. Gue jadi ikutan gemes sekaligus tertantang untuk ngebahas topik yang sama tapi dari sudut pandang disiplin ilmu yang beda, yaitu Biologi. Sebagai pelajar yang dari kecil udah dicekokin berbagai …

Sejauh Mana MSG Berbahaya untuk Dikonsumsi?

Yakin MSG itu tidak sehat? Artikel ini menjelaskan MSG secara ilmiah, fungsi MSG & efek samping MSG terhadap tubuh yang ternyata tidak seburuk reputasinya. “Ih kamu jangan banyak jajan yang mengandung MSG gitu. Nanti jadi bodo!” Sering ga sih lo mendapat wanti-wanti seperti di atas dari orang tua atau orang lain supaya gak makan makanan yang mengandung MSG? Selain katanya bikin bodoh, MSG juga katanya berbahaya bagi kesehatan kita. “Iya …