6 aturan makan di rumah yang perlu anak terapkan

6 Aturan Makan di Rumah yang Perlu Anak Terapkan

Apa saja aturan makan di rumah yang perlu diterapkan oleh anak? ZenParents, yuk simak pembahasan selengkapnya di sini!

“Mau makan di rumah aja harus ada peraturannya? Kita sewaktu kecil nggak suka diatur-atur oleh orang tua, kenapa pas jadi orang tua malah ikutan ngatur-ngatur anak?”

ZenParents, kita semua berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Ada orang tua yang menerapkan aturan tertentu di rumah, tetapi ada juga keluarga tanpa aturan-aturan yang perlu untuk ditaati di rumah.

Dalam hal ini, aturan makan di rumah menjadi salah satu hal yang perlu untuk ZenParents perhatikan.

Jadi, apakah perlu untuk kita menerapkan aturan ini untuk si Kecil?

Aturan makan di rumah yang dapat diterapkan pada anak.
Ilustrasi Aturan Makan di Rumah (Arsip Zenius)

Kalau berpikir bahwa aturan tersebut membuat kita menjadi orang tua yang suka untuk mengatur-atur anak dan malah membuat anak merasa dikekang, hal ini tidak sepenuhnya benar. Justru, aturan ini bakal berguna untuk anak serta ZenParents.

Aturan makan di rumah ini tidak hanya diterapkan oleh anak saja, tetapi juga berlaku untuk kita sebagai orang tua. Oleh karena itu, aturan makan di rumah harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga di rumah.

Selain itu, fungsi dari aturan ini adalah memastikan kalau suatu keluarga memiliki pemahaman yang sama terhadap pentingnya makan bersama di rumah. Hal ini dapat menjelaskan mengapa aturan makan di rumah perlu dibuat.

Ketika kita melarang anak dalam melakukan sesuatu, kadang si Kecil akan mengatakan, “Tapi, kata Ibu, aku boleh, kok, melakukan ini.”

Nah, aturan bersama ini akan membantu ZenParents dalam mencapai kesepakatan bersama di rumah. 

Walau terlihat sepele, tetapi aturan makan di rumah yang dipatuhi bersama oleh setiap anggota keluarga, akan membantu ZenParents untuk memberikan pengertian kepada anak, bahwa aturan dibuat untuk kebaikan bersama, bukan hanya karena ingin mengekang si Kecil.

Selain itu, aturan makan di rumah akan membantu si Kecil untuk tahu mengetahui tata krama dan bagaimana berperilaku yang oke ketika sedang makan di rumah.

ZenParents, kita tahu bahwa di Kecil masih dalam tahap mempelajari berbagai hal dalam hidupnya yang bakal berguna untuknya ketika dewasa. Oleh karena itu, tata krama ketika makan perlu diajarkan kepada anak supaya mengerti nilai dan norma seperti apa yang ada di lingkungan sekitarnya.

Kalau begitu, apa aturan makan di rumah yang bisa diterapkan oleh ZenParents? Yuk, kita bahas contoh aturan makan di rumah di bawah ini.

6 contoh aturan makan di rumah yang dapat diterapkan.
6 Contoh Aturan Makan di Rumah (Arsip Zenius)

1. Membersihkan Tangan dan Wajah Sebelum Makan

Aturan pertama yang penting untuk diterapkan adalah mengajari anak untuk memastikan anggota tubuhnya sudah bersih sebelum memulai makan. Setidaknya, si Kecil datang ke meja makan dalam keadaan tangan dan wajah yang bersih.

Hal ini akan menunjukkan rasa hormat kepada orang yang sudah menyiapkan makanan di rumah dan juga orang lain yang berada di meja makan. Selain itu, ZenParents juga dapat menerapkan kebiasaan hidup yang bersih dan sehat kepada si Kecil, lewat kebiasaan membersihkan tangan dan wajah sebelum makan.

Baca Juga: 4 Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Belajar di Rumah

2. Sebelum Memulai Makan, Tunggulah Sampai Makanan Selesai Dihidangkan

ZenParents, aturan selanjutnya yang perlu untuk diterapkan adalah mengajari anak supaya tidak memulai makan sebelum makanan telah dihidangkan dan setiap anggota keluarga sudah duduk di meja makan.

Ketika makan bersama, hal yang ingin dinikmati adalah kebersamaan ketika makan. Aturan ini akan memastikan bahwa si Kecil berperilaku sopan karena tidak mendahului anggota keluarga yang lain dalam menikmati hidangan bersama tersebut.

3. Mengunyah Makanan dengan Mulut Tertutup

Walaupun norma kesopanan itu berbeda-beda di setiap negara, tetapi kita bisa melihat bahwa mengunyah dengan mulut tertutup dan tidak berbicara ketika mulut penuh dengan makanan adalah tata krama yang perlu untuk diperhatikan si Kecil.

Jangan lupa, ZenParents juga perlu menerapkan ini kepada diri sendiri. Selain itu, ingatkan dengan lembut dan berikan pengertian tentang hal ini kepada si Kecil ketika dia lupa aturan ini.

Baca Juga: 6 Hak Anak di Rumah yang Wajib Dipenuhi Orang Tua

4. Menghindari Makan Sampai Mulut Penuh dengan Hidangan

Cara ini akan mengajarkan si Kecil untuk menggigit makanannya dengan potongan-potongan kecil dan tidak membuat mulutnya penuh dengan makanan.

Kalau anak kesulitan dalam mengunyah makanan akibat mulutnya sudah sepenuhnya terisi makanan, ZenParents dapat menegur si Kecil, tentu dengan cara lembut dan memberikan pengertian kepada anak.

Hal ini juga akan mengajari anak supaya tidak makan dengan sangat cepat atau rakus sehingga sampai membuat mulutnya penuh dengan hidangan.

5. Memperhatikan Sikap Sopan di Meja Makan

Ketika anak meminta bantuan untuk mengambilkan sesuatu di meja makan, ZenParents perlu membiasakan si kecil untuk mengucapkan “tolong” kepada seseorang yang dimintai bantuan. Selain itu, pastikan anak kita membalas bantuan tersebut dengan ucapan terima kasih.

Ucapan terima kasih bukan hanya perlu diberikan kepada orang yang membantu si Kecil, tetapi juga perlu diucapkan kepada orang yang memasak dan menyajikan makanan.

Baca Juga: Contoh Sikap Peduli Terhadap Sesama dan Manfaatnya untuk Anak

6. Berempati dengan Orang yang Menghidangkan dan Memasak Masakan

Ketika tidak menyukai suatu hidangan, sebenarnya anak boleh-boleh saja untuk mengungkapkannya, daripada berpura-pura suka atau bahkan takut untuk bersikap jujur.

Namun, ZenParents perlu mengajari anak untuk mengutarakan hal tersebut dengan cara yang tidak menyakiti perasaan orang lain.

Tentu, kita tidak mengetahui sebatas mana kata-kata yang kita ucapkan akan menyakiti orang lain, tetapi setidaknya ZenParents memberikan pengertian kepada si Kecil, bahwa ketidaksukaan terhadap makanan perlu diucapkan dengan sopan.

Si Kecil boleh mengutarakan apa yang dia rasakan terhadap hidangan, entah itu suka atau tidak, tetapi ZenParents juga perlu memberikan pengertian kepada anak bahwa dia tetap saja perlu untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas hidangan.

Ucapan terima kasih untuk orang lain atas usaha yang dilakukan dalam memasak dan menyajikan makanan, perlu diucapkan meski tidak benar-benar menyukai hidangan tersebut.

Setelah mengetahui aturan makan di rumah yang perlu anak terapkan, ZenParents juga perlu membekali si Kecil tentang wawasan atau pengetahuan yang berguna untuknya kelak.

Bukan hanya tentang mengetahui tata krama yang seharusnya dilakukan ketika makan, tetapi anak juga membutuhkan pengetahuan lewat momen belajar sambil bermain secara menyenangkan.

Lewat ZeniusLand, materi belajar anak diberikan dengan menyenangkan karena kegiatan belajar akan ditemani oleh karakter disney kesayangan si Kecil. Selain itu, terdapat juga tokoh Tiga Sekawan yang akan memandu anak dalam mempelajari berbagai materi pelajaran. Tentu, proses belajar akan dilakukan lewat permainan yang asyik.

Kalau ZenParents ingin mencari tahu lebih dalam tentang Zeniusland dan merasakan bagaimana keseruan di dalamnya, ayo simak informasi selengkapnya di bawah ini.

6 Aturan Makan di Rumah yang Perlu Anak Terapkan 25

ZenParents, kita sudah membahas tentang aturan-aturan makan di rumah yang perlu diterapkan bersama. Semoga si Kecil dapat memahami tata krama yang ada di rumah, khususnya ketika sedang makan.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

6 Aturan Makan di Rumah yang Perlu Anak Terapkan 26
6 Aturan Makan di Rumah yang Perlu Anak Terapkan 27
Bagikan Artikel Ini!