keterampilan dasar

Mulai Dari Misi Agustusan, Ajak Guru Asah Keterampilan Dasar Siswa

Apakah Bapak/Ibu guru pernah menemukan siswa yang selalu mengulang-ngulang materi pelajaran sebelum ujian dimulai? Atau mungkin Bapak/Ibu guru sendiri yang melakukannya? Metode belajar seperti ini termasuk dalam cara belajar pasif. Menurut penelitian, cara belajar dengan membaca ulang materi pembelajaran seperti ini dinilai kurang efektif. Bapak/Ibu ada yang tahu alasannya?

Cara belajar pasif dengan membaca ulang materi bisa menghasilkan ingatan yang lebih baik setelah jarak 5 menit. Sementara, cara belajar aktif dengan mengerjakan kuis atau soal, dapat menghasilkan ingatan lebih baik setelah jarak 2 hari dan 1 minggu. Proses belajar akan lebih efektif jika menggabungkan kedua cara ini, membaca ulang dilengkapi dengan mengerjakan soal secara berkala.

keterampilan dasar
Mengerjakan kuis untuk meningkatkan keterampilan dasar.

Kombinasi antara belajar aktif dan pasif bisa digunakan untuk mengembangkan keterampilan dasar atau fundamental skills siswa. Di awal proses belajar, setiap siswa membutuhkan keterampilan dasar agar dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran lainnya. Kenapa fundamental skills untuk siswa sangat penting ya, Bapak/Ibu guru? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

 

Bagaimana Cara Melatih Keterampilan Dasar Siswa?

Dalam proses belajar, keterampilan dasar dibutuhkan sebagai pondasi awal. Keterampilan dasar yang kuat bisa membantu siswa untuk mempelajari keterampilan atau pengetahuan lain dengan lebih cepat dan mudah. Fundamental skills dibutuhkan setiap siswa sebagai awal untuk memperkuat pengetahuan yang nantinya akan dipelajari.

Selain materi pembelajaran sekolah, proses belajar aktif dan pasif juga bisa diterapkan untuk mengembangkan keterampilan dasar siswa. Karena terbiasa mengerjakan latihan soal-soal yang meliputi fundamental skills, kedepannya para siswa bisa dengan mudah memahami wawasan yang lebih luas. Dengan kata lain, proses mengerjakan soal ini bisa memperkuat keterampilan dasar yang siswa miliki.

ZenCore Bantu Asah Keterampilan Dasar

Keterampilan dasar penting bagi siswa sebagai bekal awal dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk mengasah fundamental skills tersebut adalah melalui ZenCore. ZenCore adalah fitur terbaru dari Zenius yang bisa diakses secara gratis untuk membantu siswa belajar dengan cara yang seru dan menyenangkan. Fitur ini berisi keterampilan dan pengetahuan yang penting untuk dikuasai semua orang, dari jenjang pendidikan, jurusan, atau profesi apapun. Karena, ZenCore bisa digunakan untuk persiapan AKM, UTBK, Ujian Mandiri universitas, sampai rekrutmen pekerjaan. Tidak hanya siswa, Bapak/Ibu guru juga bisa ikut menjawab soal-soal di ZenCore yang meliputi fundamental skills dan insightful knowledge.

fitur ZenCore
Latihan soal melalui CorePractice di ZenCore.

ZenCore sendiri terbagi dalam dua bagian, yaitu CorePractice untuk mengasah fundamental skills dan CoreInsights untuk melatih insightful knowledge. 

CorePractice

Melalui CorePractice, Bapak/Ibu guru bisa mengajak siswa untuk mengasah keterampilan dasar yang penting untuk dimiliki. CorePractice adalah tempat latihan yang berisi soal logika dan verbal, Matematika Dasar, dan Bahasa Inggris. Di CorePractice, Bapak.Ibu guru serta siswa bisa berlomba untuk meningkatkan skor dan level.

CoreInsights

Dengan CoreInsights, Bapak/Ibu dan para siswa bisa mendapatkan berbagai pengetahuan untuk memperluas wawasan dan memperkaya sudut pandang. Untuk saat ini, CoreInsights masih dalam tahap pengembangan. Jadi, mohon ditunggu ya Bapak/Ibu guru!

 

Misi Guru untuk Mengembangkan Keterampilan Dasar Siswa

Melalui ZenCore, siswa Bapak/Ibu guru bisa berlatih fundamental skills yang penting dimiliki sebagai landasan proses belajar. Terdapat ribuan soal yang bisa digunakan siswa untuk menambah keterampilan dasar dan mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya.

Sebagai guru, Bapak/Ibu juga bisa mendukung para siswa untuk mengasah keterampilan dasar dengan mengajak mereka untuk mencoba ZenCore. Bapak/Ibu bisa bagikan informasi tentang ZenCore ke para siswa dan mengundang mereka untuk ikut menjawab kuis. 

Untuk mengapresiasi semangat Bapak/Ibu guru dalam mengajak para siswa mencoba ZenCore, Zenius mengadakan program spesial di bulan Agustus ini yaitu Mulai Dari Misi Agustusan ZenRu.

Apa Itu Mulai Dari Misi Agustusan ZenRu?

Mulai Dari Misi Agustusan ZenRu adalah misi khusus yang dibuat Zenius bagi Bapak/Ibu guru di seluruh Indonesia untuk mengajak para siswa berlatih keterampilan dasar di ZenCore. Mulai dari tanggal 6 sampai 31 Agustus 2021, Bapak/Ibu bisa mengajak para siswa untuk bermain dan mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya di ZenCore.

Mulai Dari Misi Agustusan ZenRu

 

Untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah dari ‘Mulai Dari Misi Agustusan ZenRu’ ini, Bapak/Ibu guru harus membuat kelas dengan minimal 10 siswa dan maksimal 40 siswa di dalamnya. Jika kelas sudah dibuat, kode dan link kelas bisa dibagikan agar lebih banyak lagi siswa yang bergabung ke dalam kelas. Di kelas tersebut, Bapak/Ibu guru bisa mengajak siswa untuk ikut menjawab soal-soal yang ada di ZenCore. Nantinya, 10 kelas dengan jumlah skor tertinggi berkesempatan untuk memenangkan hadiah dari Zenius. Jika kelas terdiri lebih dari 40 siswa, total skor yang dihitung hanya dari 40 siswa teratas.

Syarat dan Ketentuan Pemenang

  • Guru memiliki aplikasi Zenius dan telah terdaftar sebagai pengguna.
  • Guru membuat kelas baru khusus untuk program ini dan mengundang 10-40 siswa ke dalam kelas.
  • 10 pemenang ditentukan berdasarkan total skor kelas seluruh siswa di kelas selama periode 6-31 Agustus 2021.
  • Total skor dari kelas dengan siswa lebih dari 40 orang hanya akan diambil dari skor 40 siswa teratas.
  • Setiap pemenang berhak mendapatkan paket hadiah berupa voucher paket Aktiva Sekolah untuk 40 orang, serta 1 perangkat mengajar berupa Laptop Asus Vivobook Ultra 14
  • Pemenang dapat membagikan voucher Aktiva Sekolah kepada siswa.
  • Penggunaan voucher Aktiva Sekolah dari ‘Mulai Dari Misi Agustusan’ tidak dapat digabungkan dengan voucher program Zenius lainnya.
  • Guru tidak akan mendapatkan insentif dari program yang sedang berjalan lainnya (contoh: ZenPartner), jika siswa menggunakan kode voucher dari hadiah kegiatan ini.

Selain membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan dasar mereka, Bapak/Ibu guru juga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik. Yuk, ajak siswa untuk menjawab kuis yang ada di ZenCore. Bapak/Ibu guru bisa mulai dengan membuat kelas khusus untuk kegiatan ini dan mengundang minimal 10 siswa untuk masuk ke dalam kelas dengan cara membagikan link atau kode kelas.

Dalam kelas, Bapak/Ibu bisa mengajak para siswa untuk bermain ZenCore dan menjawab kuis dengan benar sebanyak-banyaknya. Pastikan Bapak/Ibu guru dan juga siswa telah mengunduh atau memperbarui aplikasi Zenius untuk bisa mengikuti kegiatan ini ya. Semakin banyak siswa yang ikut bergabung, semakin besar kesempatan Bapak/Ibu guru untuk memenangkan hadiah menarik dari Zenius. Ayo, ajak siswa kumpulkan skor ZenCore sebanyak-banyaknya mulai dari sekarang!

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Ayo Dukung Proses Belajar Siswa dengan ZenCore

Belajar Berpikir Bareng Zenius di ZenCore

Kata Siapa Main Game itu Gak Ada Manfaatnya?

Bagikan Artikel Ini!