Siswa menyontek

Kenapa Siswa Menyontek Saat Ujian?

Siswa menyontek? Kayaknya sudah sering dengar atau melihatnya ya, terutama saat ujian. Hal ini terjadi karena siswa punya kecenderungan untuk mengambil jalan pintas dengan menyontek. Padahal, sebentar lagi PTS (Penilaian Tengah Semester) dimulai. Bagaimana ya cara guru untuk mencegah adanya siswa menyontek saat PTS atau ujian-ujian lainnya berlangsung?

Nah, untuk mendampingi guru dalam mempersiapkan PTS, Zenius untuk Guru kembali menghadirkan lokakarya dengan tema “Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek”. Melalui lokakarya ini, guru bisa mengenal faktor-faktor yang menyebabkan siswa menyontek dan apa yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

Diadakan pada 13-15 September 2021, Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek diikuti oleh ribuan tenaga pendidik yang tersebar di seluruh Indonesia. Lokakarya ini diadakan secara gratis melalui sesi live tatap muka via Zoom dan YouTube, serta diskusi dan belajar mandiri di grup Telegram. 

Apa saja hal yang dipelajari guru dalam Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek ini? Yuk, kita bahas di bawah ini!

Melihat Pendidikan dari Sudut Pandang Siswa

Di hari pertama lokakarya, para peserta melakukan kegiatan belajar mandiri dan sesi tatap muka untuk melihat pendidikan dari sudut pandang siswa. Saat belajar mandiri, mengerjakan dan mendiskusikan tugas melalui grup Telegram. 

alasan siswa menyontek
Sesi pertama Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek

Setelah itu, sesi tatap muka via Zoom dan YouTube membahas alasan-alasan mengapa siswa menyontek, apa yang bisa guru lakukan agar siswa tidak menyontek, dan menjelaskan bagaimana Zenius bisa menjadi sahabat guru dalam mempersiapkan ujian. Pada sesi terakhir, peserta juga diberikan tugas terkait materi yang telah disampaikan di hari tersebut.

Apa Alasan Siswa Menyontek?

alasan siswa menyontek
Ilustrasi siswa saat ujian (Foto dari Freepik)

Ada beberapa alasan yang membuat siswa menyontek saat ujian. Dalam Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek, dijelaskan bahwa faktor penyebab siswa menyontek antara lain:

  1. Proses Belajar Alami
    Pada dasarnya, menyontek itu adalah bagian dari pertumbuhan manusia. Menyontek merupakan cara seseorang untuk menambah kemampuan mereka. Sebagai contoh pada usia 3-6 bulan, anak mulai menirukan ekspresi wajah orang lain. Sementara pada usia 9-12 bulan, anak mulai meniru gerakan dan beberapa tindakan yang mereka lihat. Berdasarkan kedua tahap perkembangan anak tersebut, dapat dikatakan bahwa meniru atau menyontek adalah proses belajar alami seseorang.
  1. Adanya Zaman Menyontek
    Jika diperhatikan, teknologi seperti handphone berkembang dengan saling menyontek. Mungkin bukan secara bentuk, tetapi dari jenis fiturnya. Ketika satu model atau merek memiliki fitur tertentu, merek lain akan berusaha mengadaptasi fitur tersebut dan memproduksinya dengan harga yang lebih murah.
    Tidak hanya teknologi, perkembangan mode berpakaian juga saling mengikuti contohnya adalah sepatu. Tidak hanya bentuknya, beberapa merek mengembangkan jenis sepatu dengan fitur-fitur yang serupa dengan sebelumnya.
    Menyontek dalam kedua contoh di atas tidak secara langsung diikuti karena ada proses inovasi. Dengan kata lain menyontek membuat seseorang untuk memperbaiki produk, karya, atau diri sendiri.
  1. Aktualisasi Diri
    Saat ini, sistem pendidikan berbasis pada ranking dan set pikir berbasis pada hasil atau nilai. Sehingga, siswa merasa tertekan karena nilai mereka harus tinggi bagaimanapun prosesnya. Ketika hal itu terjadi, siswa akan memiliki kecenderungan untuk menyontek demi mendapatkan nilai yang tinggi.

Untuk tahu penyebab lain yang membuat siswa menyontek, coba cek video Zenius untuk Guru berikut ini.

Langkah Guru Mempersiapkan PTS

Pada hari kedua, para peserta melakukan belajar mandiri dengan mengerjakan tugas-tugas yang dapat memudahkan guru dalam mempersiapkan PTS. Tugas yang diberikan berkaitan dengan aplikasi Zenius dan LMS ZenRu, yang meliputi:

  • membuat kelas ZenRu, 
  • memilih dan membagikan video materi untuk persiapan PTS, 
  • membagikan prediksi PTS ke siswa, 
  • membuat soal tryout persiapan PTS dan membagikannya ke siswa.

Lewat belajar mandiri ini, para guru bisa dengan mudah mempersiapkan PTS dengan aplikasi Zenius dan LMS ZenRu.

Sukses PTS Tanpa Siswa Menyontek

Di hari terakhir, para peserta Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek melakukan belajar mandiri dan webinar teks melalui Telegram. Saat belajar mandiri, peserta diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan sesi lokakarya di hari sebelumnya. 

Melalui webinar teks Telegram, para peserta lokakarya diberikan waktu untuk berdiskusi dan dijelaskan mengenai tantangan-tangan apa saja yang murid dan guru hadapi saat ujian secara daring, serta solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. 

siswa nyontek

Untuk mengatasi kendala yang ditemukan siswa saat mengerjakan ujian atau PTS, guru dapat membantu mereka dengan memberikan arahan, motivasi, informasi dan berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mereka. Berikut adalah tips yang bisa guru lakukan untuk membantu siswa sukses PTS dan ujian lainnya.

peran guru

Tips Agar Siswa Sukses PTS

  1. Memastikan ketersediaan fasilitas belajar
  2. Merancang soal PTS sesuai dengan kompetensi murid dan kecakapan digitalnya
  3. Melakukan uji coba PTS
  4. Mempersiapkan murid dengan kecakapan digital yang diperlukan
  5. Membuka ruang komunikasi dengan murid dan orang tua

Pastinya, banyak hal yang telah dilakukan guru agar siswa berhasil dalam setiap ujian. Poin di atas adalah beberapa saran yang diberikan pada saat lokakarya sesi webinar teks Telegram. Sebagai tenaga pendidik, guru bukanlah satu-satunya pemberi pengetahuan. Guru berperan untuk membimbing agar siswa dapat menemukan cara tersendiri dalam belajar. 

Tak hanya siswa, guru tentunya juga menemukan tantangan tersendiri saat melaksanakan PTS atau ujian lain secara daring. Mulai dari sulitnya memberikan link soal ke siswa, kendala jaringan internet, hingga kekhawatiran siswa menyontek saat ujian berlangsung karena dilakukan secara online.

tantangan guru

Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek ditutup dengan memberikan beberapa strategi yang bisa guru lakukan untuk melakukan PTS dengan lebih baik. Berikut adalah strategi akademis PTS untuk para guru:

  1. Membuat beberapa paket soal
  2. Membuat soal dengan level yang beragam, dari LOTS sampai HOTS
  3. Menetapkan durasi PTS, bukan waktu pengerjaan
  4. Mengkomunikasikan peraturan dan konsekuensi sebelum ujian dimulai

Sementara untuk mengatasi beberapa kendala teknis yang muncul saat PTS, guru bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Siapkan LMS yang mendukung murid untuk melakukan PTS
  2. Ketahui kondisi sekitar tempat setiap murid mengerjakan ujian, seperti sinyal dan cuaca
  3. Ketahui perangkat yang digunakan murid-murid

Untuk semua yang telah mengikuti Lokakarya Pelatihan Strategi Menyusun PTS Anti Nyontek, tim ZenRu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. 

Bapak/Ibu guru bisa mengikuti komunitas Zenius untuk Guru di di Instagram, FB Group, dan Telegram untuk mengikuti berbagai kegiatan Zenius untuk Guru lainnya. Sampai bertemu di acara berikutnya ya!

Baca Juga Artikel Lainnya

Pembelajaran Seimbang dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Inquiry-Based Learning: Siswa Belajar Mandiri

Siswa Nakal, Gimana Cara Mengatasinya?