Info Penting yang Wajib Kamu Tahu Seputar SNMPTN

Berencana daftar SNMPTN? Artikel ini berisi informasi lengkap tentang sistem dan peraturan SNMPTN yang akan membantu kamu dalam proses pendaftaran SNMPTN.

Halo, gimana kabarnya nih sobat Zen? Semoga baik dan sehat semua ya. Buat yang kelas 10 dan 11 mungkin bulan-bulan ini dan bulan-bulan ke depan akan berjalan seperti biasa ya. Tapi, buat kelas 12 nih, bulan Februari ini bisa dibilang awal dari serangkaian perjuangan kalian memperoleh bangku di perguruan tinggi, sekaligus akhir dari cerita lika-liku kehidupan sekolah. Yup! Pendaftaran SNMPTN 2017 akan dibuka tepat hari ini tanggal 21 Februari 2017. Berarti buat lo yang duduk di bangku kelas 12, udah saatnya menentukan pilihan mau kuliah di kampus mana dan jurusan apa, sebagai tempat lo menghabiskan selama kurang lebih 4 tahun sebagai mahasiswa.

snmptn 2015

Meskipun sebetulnya SNMPTN ini bisa jadi salah satu alternatif jalur masuk kuliah, tapi gue ingetin supaya lo jangan hanya mengharapkan satu jalur SNMPTN saja yah. Karena udah jadi cerita klasik dari setiap angkatan kalau banyak siswa kelas 12 yang gagal kuliah karena terlalu mengharapkan SNMPTN. Begitu tau hasilnya (ternyata amit-amit) gak keterima, udah gak sempet belajar buat SBMPTN atau Ujian Mandiri karena waktunya udah terlalu mepet. Jadi yah kalo menurut gue sih, buat lo yang sekarang kelas 12, selain lo coba daftar SNMPTN dan memastikan lo ikutin dengan bener seluruh tata cara dan aturan main yang mau gue ceritakan di sini,  sebaiknya sih jalur SNMPTN ini jangan dijadikan satu-satunya kesempatan buat masuk kuliah - manfaatkan juga jalur masuk kampus yang lain seperti SBMPTN dan juga Ujian Mandiri dengan mulai belajar dari sekarang.

Oya sebelumnya, karena kata pepatah "Tak kenal maka tak sayang", maka perkenalkan dulu nama gue Ari, gue alumni STAN tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Saat ini gue bertanggung-jawab sebagai admin dari seluruh sosial media Zenius Education seperti: facebook zenius, instagram zenius, juga account twitter @info_SNMPTN. Jadi bisa dibilang, gue udah apal tentang kegundahan hati kalian seputar dunia masuk kampus, dari mulai SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Ini aja gue bikin tulisan ini sambil mata merem dan ngetik pake kaki. :p Udah gitu aja ya perkenalannya, nanti kalo makin kenal, takutnya makin sayang #eh.

Okay, di tulisan kali ini gue akan memberi lo bekal tentang sistem dan peraturan SNMPTN 2017 yang terbaru. Lanjut lagi minggu depan, gue juga akan nulis tentang segala macam jurus dan taktik jitu untuk bisa dapetin SNMPTN. Nah berikut ini beberapa poin penting yang mesti lo pahami:

1. Persyaratan peserta SNMPTN

Mereka yang berhak mendafartarkan diri sebagai peserta SNMPTN adalah : Siswa SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta kelas terakhir pada tahun 2017 yang:

  • memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS, untuk cek NISN bisa di cek di Website NISN. Bila nomor NISN di web NISN berbeda, lo perlu segera konsultasi sama BK masing-masing sekolah.
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.
  • Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    4. belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya.

Pemeringkatan dilakukan dengan melihat nilai 6 mapel utama raport semester 3-5. Jadi ga semua siswa kelas 12 bisa daftar SNMPTN tahun ini!

 

2. Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran SNMPTN 2017 dilaksanakan pada tanggal 21 Februari – 6 Maret 2017 dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Login ke laman SNMPTN untuk melakukan pendaftaran menggunakan NISN dan password yang diberikan pada waktu verifikasi data di PDSS.
  2. Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Pedoman portofolio bisa lo lihat di sini ya >> pedoman portofolio SNMPTN
  4. Cetak kartu bukti pendaftaran.

Perlu ditekankan bahwa waktu pendaftaran tidak menentukan penilaian. Misal mau daftar awal, tengah ataupun akhir periode pendaftaran tidak berpengaruh apapun. Jadi gue sarankan lo gak perlu buru-buru daftar, kalo memang pilihan kampus dan jurusan lo belum sreg. Tapi, sebisa mungkin juga jangan daftar di akhir-akhir periode pendaftaran (sekitar H-3 penutupan) karena biasanya server websitenya suka nggak stabil (sering down) seiring dengan banyaknya traffic pendaftar yang menumpuk di akhir periode.

Buat lo yang masih bingung buat nentuin jurusan kuliah, gue saranin lo baca deh tips dari zeniusBLOG tentang milih jurusan berikut ini:

 

3. Pemilihan Jurusan/Prodi

Di SNMPTN 2017, peraturan pemilihan jurusan ditentukan sebagai berikut:

  • Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Kalo gue gambarkan kombinasi kemungkinan pemilihan jurusan, kira-kira seperti gambar di bawah

Kombinasi Pilihan PTN

Yang perlu lo perhatikan secara khusus selama periode pendaftaran di website SNMPTN ini adalah: Dalam proses itu ada rincian jurusan di masing-masing PTN berikut persyaratan masing-masing jurusan. Misal nih, jurusan Akuntansi di PTN A bisa didaftari oleh SMA/MA IPA, IPS, SMK Jurusan Akuntansi, SMK Jurusan Bisnis Manajemen. Atau misal jurusan Pendidikan Dokter yang cuma bisa didaftari oleh anak IPA. Berhubung persyaratan setiap jurusan ada banyak banget tergantung kebijakan universitas masing-masing, sulit buat gue tampilkan semuanya satu per satu di sini. Jadi baiknya, informasi tentang persyaratan masing-masing jurusan terkait background akademis kalian, bisa bisa kalian ketahui secara lengkap, berikut daya tampung dan pendaftar tahun lalu. Buat anak SMA IPA yang mau lintas jurusan ke jurusan kuliah IPS, ataupun anak SMK/MAK wajib banget nih melihat persyaratan jurusan yang diinginkan di website SNMPTN selama periode pendaftaran.

 

4. Mekanisme Seleksi

Nah, setelah pendaftaran ditutup, maka selanjutnya adalah periode penilaian yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret - 15 April 2017. Gimana sih sistem seleksi buat nentuin seorang siswa itu diterima/nggak? Untuk lebih detail terkait mana saja faktor-faktor yang diprioritaskan seperti nilai raport, asal sekolah, dan prestasi-prestasi lainnya bisa lo baca di sini. Pada poin ini yang mau gue sampaikan adalah mekanisme sistem seleksi secara umum saja, yang jelas apa yang gue bahas di sini juga nggak kalah penting karena informasi ini bisa jadi sangat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan mikirin urutan pilihan prioritas jurusan dan juga kampus yang jadi target lo.

Pada prinsipnya, proses seleksi SNMPTN ini dilakukan secara “seri”, bukan “paralel”. Artinya penilaian ga dilakukan di 2 PTN bersamaan, tapi urut sesuai prioritas pilihan PTN. Apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka “berkas-berkas lo” akan dioper ke PTN pilihan II yang lo inginkan. Jadi kalo lo udah diterima di PTN pilihan I, jadi berkas lo udah gak akan perlu dioper lagi ke PTN pilihan II untuk dinilai.

pilihan snmptn

Misal, pilihan gue seperti bagan di atas. Maka pertama “berkas” gue akan diseleksi di UI, sesuai dengan urutan prioritas. Jadi misal ga diterima di Pendidikan Dokter UI, gue akan diseleksikan di Akuntansi UI. Jika ga diterima juga, baru deh dioper berkasnya ke ITB. Jadi ga bisa nih urutan prioritasnya begini: UI Pendidikan Dokter -> ITB STEI -> UI Akuntansi. Jadi di sini, lo harus taktis juga buat milih jurusan dan kampus yang lo inginkan.

Nah sekarang, buat lo yang masih bingung milih jurusan apa, atau takut gak lolos karena salah taktik. Di artikel sebelumnya zenius udah pernah ngebahas tips jitu buat milih jurusan dan juga kesalahan-kesalahan umum yang biasanya bikin siswa gagal masuk universitas, gua saranin banget sebelum lo daftar SNMPTN, sempetin juga untuk baca 2 artikel ini:

****

Nah, kira-kira seperti itu nih aturan umum SNMPTN. Moga-moga bisa jadi informasi yang bermanfaat buat lo untuk punya strategi tersendiri dalam mendaftar PTN dan jurusan yang diinginkan. Sekali lagi gue ingetin, info terkait dengan strategi dan taktik pemilihan PTN dan jurusan di SNMPTN dan juga faktor-faktor lain yang berkorelasi dengan sistem penilaian, udah gue tulis pada artikel zeniusBLOG yang lain, bisa lo cek di sini >> Gimana cara memaksimalkan peluang SNMPTN?

Bagi kelas 10 dan kelas 11, disarankan lo untuk memahami aturan di atas, sebagai persiapan dini, karena SNMPTN menilai pencapaianmu sejak semester I. Sedangkan buat lo yang sekarang udah kelas 12 sih, good luck deh buat proses seleksi SNMPTN, tapi di samping itu, gue sarankan lo juga harus tetep belajar buat SBMPTN dan Ujian Mandiri mulai dari sekarang. Karena gue yakin lo gak akan punya waktu buat belajar SBMPTN atau Ujian Mandiri, kalo amit-amit ternyata lo gak diterima di SNMPTN. Perlu lo ketahui kalo pengumuman hasil SNMPTN ini baru akan muncul 26 April, sedangkan tes SBMPTN itu berlangsung pada 16 Mei, dan berselang 1--2 minggu setelahnya sudah banyak Ujian Mandiri masuk berbagai Universitas. Jadi sekali lagi, saran gue seoptimis apapun kalian lolos dalam SNMPTN, sebaiknya tetep harus menyiapkan diri buat menempuh SBMPTN dan Ujian Mandiri. Good Luck buat semuanya!

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara lo yang mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang proses pendaftaran SNMPTN, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. Buat lo yang mau daftar SNMPTN, jangan lupa juga buat belajar untuk jalur seleksi lain seperti SBMPTN, berikut adalah beberapa panduan belajar SBMPTN yang udah kita rancang supaya lo semua enjoy belajarnya:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Sherly Annisa

    Assalamu'alaikum kak,
    Katanya yang dinilai itu kan semester 1-5, itu nilai permata pelajaran atau rata ratanya...soalnya nilai saya ada yg turun kak, mata pelajaran kimia 0,1 turunnya...kata org2 nilainya harus meningkat terus kak...mohon pencerahannya kak...

    • Ari Candra Arista

      yang diinput di PDSS semua mapel, tapi penilaiannnya terserah PTN mau lihat apanya.

      ga harus meningkat terus kok, ada juga yang naik turun tapi diterima

  • Guest

    Kak pengen nanya, kira-kira mitos bahwa ada beberapa univ yang ga mau dijadiin pilihan kedua itu bener gak ya? dan juga kalau misalnya kita punya dua pilihan, kira-kira universitas pilihan pertama kita tau gak kalau kita punya pilihan kedua atau emang univ itu cuma nyeleksi berkas kita doang dan gak tahu menahu soal kita ngambil dua pilihan atau nggak?

    • Ari Candra Arista

      kalo di total untuk semua PTN, yang diterima di PTN pilihan II cuma sekitar 8%, jadi 92% diterima di PTN pilihan I. Jadi memang PTN lebih memprioritaskan siswa yg menempatkan PTN itu sebagai pilihan I.

      Penilaiannya terpisah secara "seri". jadi tau atau ga tau, harusnya sih ga berpengaruh.

  • Dewinta Windya Kasvi

    Kak mau nanya pendapat lo. Kira2 mana yg peluangnya lebih besar? Siswa A nilainya lebih rendah tp menaruh manajemen ipb di pilihan 1 atau siswa B yg nilainya lebih tinggi tp menaruh manajemen ipb di pilihan 2? Di tunggu tanggapannya kak. Makasih

    • Ari Candra Arista

      Ga bisa diketahui, karena memang penilaiannya secara tertutup, tiap PTN beda-beda dan nilai raport kan isinya ada banyak mapel. bisa jadi dilihat juga nilai per mapelnya, ga sekadar nilai totalnya saja.

  • Mohammad Anton Rizki Syahputra

    [ASK]
    kalau sertifikat lomba tingkatnya se-Jatim-Bali itu termasuk tingkat apa ya kalau di SNMPTN?
    pilihannya itu cuma ada
    -Sekolah
    -Kabupaten
    -Provinsi
    -Nasional
    -Internasional

    • Ari Candra Arista

      kalo menurut gue sebaiknya dipilih per provinsi, karena isinya cuma 2 provinsi

  • Samuel Ricko Perdana Putra

    Mlm kak. ini saya mau nanya.
    saya adalah siswa SMK Jurusan akuntansi nah di sini saya ingin memilih jurusan IPA yaitu sistem informasi di karenakan saya sangat tertarik dengan jurusan itu saya mempunyai basic di bidang tersebut nah kenapa saya tidak memilih jurusan yang sama yaitu akuntansi karena saya tidak mampu lagi saya dan keinginan saya memilih jurusan sistem informasi ini karena saya sangat suka dengan sesuatu yang berbau IT dan Manajemen yang bisa membuat saya selalu penasaran dengan hal-hal itu
    kira kira bagaimana ya apakah nanti Otomatis tersingkir? atau masih ada harapan?
    ataukah sebaiknya saya meneruskan jurusan di SMK yaitu Akuntansi
    Terimakasih kak.

    • Ari Candra Arista

      Kalo ga serumpun ama jurusan SMK, memang peluangnya lebih kecil. Tapi bukan berarti kalo kecil kamu trus ganti jurusan dan milih jurusannya ga sesuai minat. Sebaiknya langsung fokus aja ke SBMPTN.

  • william

    kak, saya kan mau ikut SNMPTN 2016, nah, menurut kakak, peraturan tahun depan bakal sama atau engga? soalnya saya takut gara gara kurikulumnya beda beda, nanti penilaiannya bakal beda juga. (saya pakai kurikulum 2013). kalau misalkan sama kan saya masih bisa mempersiapkan dari sekarang. oh ya kak, kalo misalkan saya punya sertifikat telah berpartisipasi dalam suatu kompetisi (gak lolos babak selanjutnya), itu bakal dapet nilai + gak dalam SNMPTN? mohon dijawab ya kak, terimakasih 🙂

    • Ari Candra Arista

      Sepertinya bakal ada sedikit perubahan. Tapi yg penting sekarang sih, mumpung masih kelas 11, belajar yg rajin biar raport bagus, temukan passionmu dan kalo bisa sih ikut lomba juga.

      • william

        terus kak, kalau sertifikat yg menunjukkan telah berpartisipasi dalam suatu kompetisi (gak lolos ke babak selanjutnya) itu bisa menambah peluang buat lolos SNMPTN gak kak?

        • usman

          Setau saya sih ngga, minimal udh juara nasional baru terhitung besar bobotnya

          • william

            oh ya, trus satu lagi nih, kalo misalkan saya ingin masuk PTN A, tapi sekolah saya swasta dan belum pernah ada alumni yang masuk ke PTN A itu. menurut kakak, itu menutup peluang lolos SNMPTN tidak?

          • Monika Sola Kristi K

            tidak menutup peluang dik, hanya mengurangi. Tp percaya kan Tuhan bisa lakuin apa aja? 😉

          • evan

            berpengaruh , karena diliat dari alumni dan prestasi sekolah masing2 . cuma peluang masih ada . sama saya juga kelas 11 . goodluck untuk kita hehe

          • irma

            nah kalo th 2013 dan 2014 dari SMK anak saya belum pernah ada yg lolos, tapi kata gurunya sih didaftarkan, dan pada th 2015 ini kata guru yg gaptek itu dia tidak berhasil login awal pengisian data (dan kami baru tahu kalau pedaftaran gagal pas pengumuman 9 Mei 2015), apakah sekolah tsb masih dapat kesempatan mengikutsertakan siswa th 2016 nanti?
            Sebenarnya kami tahu setelah pendaftaran awal, untuk pengisian data rapor, foto, verifikasi dll, harus dilakukan siswa sendiri, tapi kami ga pernah dikasih pin buat kami login sendiri, dan guru itu selalu mengatakan dia yang akan isi semua, dan hingga tgl. 15 Maret 2015 dikatakan beres, dan kami disuruh nunggu pegumuman saja, tapi pas pengumuman dgn memasukkan NISN yg keluar nomor kami tidak terdaftar.
            Padahal SMA yang satu yayasan dengan SMK kami ini, th 2015 buat pertama kalinnya berhasil lolos 3 siswa dari 39 siswa IPA+IPS.
            Anak saya sendiri dari semester 1 - 5 selalu ranking 1, dan nilai NUN tertinggi dari 30 siswa SMK jurusan MM (333,3).
            Memang diterima SNMPTN katanya untung2an dan kami belum hoki dan juga Tuhan tidak menetapkan anak kami di PTN, namun rasa kecewa ini belum bisa hilang, anak saya sampai malas ke sekolahnya, padahal masih harus bolak balik, ga mau ketemu sama guru BK itu, dan juga kepala sekolah, karena mereka cuma bisa bilang maaf, untuk sebuah kesempatan seumur hidup.

  • nice post..

  • Kei Athara

    Kak, kalo misal mau masukin piagam tapi pas smp, boleh gak?

    • Ari Candra Arista

      aturannya sih pas SMA, tapi kalo mau masukin SMP bisa-bisa aja sih, karena memang ga ada filternya. Tp kalo mau masukin piagam SMP sih, saran gue, juga bukan piagam ecek-ecek

      • Lutfi patim

        kak.. saya kan snmptn ambil tekpang ub. teknologi industri pertanian ub. pend. kimia unesa. tpi pil. 1 saya sma dngan tmen saya. trus pil. 2 saya ada tmen saya yg ngambil pil. itu di pil. 1 . dan pil. 3 saya jga ada tmen saya yg ngambil pili. itu di pil. pertama. solusinya kak.. ap hrus tk gnti apa tetap

  • Kei Athara

    Sore, kak. Mau tanya nih. Kalau misalnya kita mau masukin piagam pas SMP sekalian boleh gak tuh? Apa bisa dijadiin pertimbangan?

    • Ari Candra Arista

      aturannya sih pas SMA, tapi kalo mau masukin SMP bisa-bisa aja sih,
      karena memang ga ada filternya. Tp kalo mau masukin piagam SMP sih,
      saran gue, piagamnya memang bener2 berkualitas, biar dijadiin pertimbangan

  • Tasha Widya Sucitra

    kalo yang ga punya sertifikat peluangnya gimana? kecil banget ya ? jawab ya kak ini penting banget bwt ngejawab kegalauan gw.

    • Ari Candra Arista

      ga kok, yang penting indeks sekolah bagus

      • Tasha Widya Sucitra

        iya kak, snmptn mau gue anggep bonus aja deh ga terlalu berharap juga sih hehe. trs ka mau nanya gmn caranya bagi2 waktu belajar bwt ngdpin ulangan block, Ujian sekolah, Ujian Nasional, sbmptn?

    • usman

      Peluangnya 50-50 terkadang gk bersertifikat nilai standar malah dapat, dan yg sertifikat lengkap ngga

  • Muhammad Adli

    Assalamu'alaikum... nice info ni kak... mau tanya kak kalau sertifikat berpengaruh nya lumayan besar atau gimana kak? dan misal sertifikat yg di lampirkan tidak cocok dengan jurusan namun sertifikatnya tingkat nasional ,,, apakah itu jadi bahan pertimbangan oleh PTN nya kak...?

    • Ari Candra Arista

      Menurutku kualitas sertifikat tergantung
      1. Tingkatan
      2. Kesesuaian
      Ga sesuai tapi tingkatannya bagus juga bakal dipertimbangkan

      • Muhammad Adli

        thanks kak,,

  • Dita Aisyiyah Larasati

    yaa, admin nya orang baru. yaa.. bole laa..
    min, apa smua jurusan yang ada di PTN x bisa dipilih untuk lembar SNMPTN? atau emang aja jurusan tertentu yang ganerima maba dari SNMPTN?

    • Ari Candra Arista

      langsung aja di lihat list jurusan di PTN ketika daftar

  • Dita Aisyiyah Larasati

    yaa, admin nya orang baru. yaa.. bole laa..
    min, apa smua jurusan yang ada di PTN x bisa dipilih untuk penjurusan dilembar SNMPTN? atau emang ada jurusan tertentu yang gaboleh lewat SNMPTN?

    • rhisty

      Mlm kak, mau nanya kan ketentuan yg Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, Apabila memilih satu PuTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Kalau misalkan saya kan dri jawa barat, tpi ingin memilih pilihan prtma nya itu di jwa tengah terus pilihan yg ke 2 baru dijawa barat gmn ya kak?

      • Ari Candra Arista

        boleh kok, ketentuannya "minimal salah satu"

  • Nindya Putri A

    Kak mau tanya, kalau misalnya kita milih nya spt ini (ptn 1 : farmasi, kimia. ptn 2 : kimia) itu kira2 bis ga? terus peluangnya gmn? makasih^^

    • Ari Candra Arista

      bisa saja kok 🙂

  • Akhar Ilhamdi

    assalamualaikum kak . saya mau nanya , apakah prodi yg kita daftarkan itu menurut akteditas prodi tsb atau secara bebas ? makasih kak

    • Ari Candra Arista

      terserah lo, bebas

  • Excellence Bunga

    kak mau tanya kak, kan saya skarang kelas 11 tapi saya udah mikirin , mau kuliah dimana dan jurusan apa, saya mau banget nantinya
    kuliah di jurusan SASTRA INGGRIS di UI,tapi yang bikin sedikit ngegana
    itu , karna saya jurusanya ipa kak, apakah ada puluang buat saya bisa
    masuk ke universitas dan jurusan tersebut kak? mohon di jawab ya kak
    🙂 terimakasih

    • Ari Candra Arista

      Peluang sangat ada, yang penting baik nilai maupun kualitas sekolah bagus

      Tp tetep prepare SBMPTN

  • Ditianti

    Kak mw tnya dong. Bener gak sih ktanya kl kita keterima snmptn tp gak diambil, kita gk bisa daftar sbmptn karna nama kita udah trdaftar sbg mahasiswa ptn yg nerima kita lewat snmptn td? Anggeplah gk diambil dan gk daftar ulang. Bener gk tuh???

    • Ari Candra Arista

      kalo belum daftar ulang, belum terdaftar sebagai mahasiswa

      • setya bagus

        Kak kalau saya kan IPS mau ngambil jurusan IPA gmn pendapatnya?

  • setifikat yang dilampirkan gimana kak? apa semua jenis sertifikat boleh dilampirkan?

    • Ari Candra Arista

      Ketentuannya sih minimal lomba tk kabupaten dan didapat ketika SMA

      • Zulfa Dzakiyyatun Nisa

        Mau nanya katanya yang sertifikat osk itu bisanya yang urutannya 1,2,3 aja tah? kalau sertifikat yang urutan 4 gimana?

  • Annissa Gewang

    Kak, tolong info tentang persyaratan foto yg akan diupload dong. Mulai dari latar biru/ putih sampai pakaian yg dikenakan. Thx

    • Ari Candra Arista

      Foto yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut
      Wajah siswa terlihat jelas
      Pakaian rapi
      Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel
      Format JPEG (.jpg)
      Ukuran file tidak lebih dari 1 MB

      • Ristama

        foto nya boleh pake baju bebas atau pakaian sekolah (foto dilapor) ?

      • Dinda Okta Verina

        kak. gimana kalo ternyata pas foto kita ga memenuhi syarat setelah difinalisasi? dan itu baru ketahuan, maksudnya sayabaru tau saat mau mencetak kartu peserta snmptn. gimana kak solusinya?

      • mikha

        kak, katanya fotonya harus seragam ya kak? saya foto memakai baju bebas latar putih tapi rapi kak, itu bagaimana kak apa harus diganti? trims

  • lala

    Halo Kak, mau tanya dong. waktu itu saya dapat list info ttg univ, jurusan dan rata2 nilai rapot minimal. Misalnya utk Ilmu Ekonomi UI min 87.Bener ga sih itu kak? Apa cuma kira2 aja jadi bisa berubah tiap tahunnya?

    • Ari Candra Arista

      Perkiraan saja, dan beda2 tiap sekolah

  • Dela Ramadhana

    Kk, klo mnrut info di atas kta hrus nempatin ptn yg emng kta pngen di urtan prtma pda snmptn nntu trs kk info di atas jg klo kita gk lulus di ptn plhan prtama trs bkal dioper ke ptn plhan ke2 smpe ke3. Tpi saya msh bingung kk itu emng udah begitu, apa msh bsa trgantung ptnny?
    Soalny klo pnglman kk klsku ada yg nempatin ptn yg pling dia pngen di urtan prtma tpi ttp gk lulus 3plhanny itu sedangkan kk klsku yg satuny lgi nempatin ptn yg dia pengen di urutan ketiga krna dia tkut gk lulus mlah klo ditempatin di urtam prtama.
    Tlong dijelasin kk *makasih

  • fc

    gan mau tanya dong, kalo mau masuk STAN itu gmn caranya ? terus bagi tipsnya dong wkwk, makasih

  • Nurul Aini

    Kak, mau nanya doong, kan di snmptn ada diminta untuk upload foto, nah warna background fotonya itu berdasarkan tahun lahir atau bebas?

    • Ari Candra Arista

      bebas

  • hani

    kak tanya dong, piagam itu harus yang juara? kalo cuman finalis ngga bisa ya?

  • Henny Remen A

    Permisi..
    Kak mau tanya apakah boleh jurusan ipa memilih pilihan pertama ips dan kedua jrsn ipa?..tlng dbls yh kak soalx sy membc d bbrapa website kalau memilih jurusan ips harus ips semua..bgtu juga ipa..

    • Ari Candra Arista

      boleh kok

  • hrd

    kak numpang nanya yaa. jadi saya ini jurusan ipa alhamdulilah ilai fisika saya tinggi tapi nilai mata pelajaran seperti seni itu rendah. jadi pertanyaan saya iitu misal saya daftar di fttm itb lebih besar peluang yang nilai fisika bagus atau yang nilai seni bagus tapi fisikanya biasa2 aja

    • Ari Candra Arista

      Semua nilai diinput, tapi penilaian terserah ITBnya mau melihat mapel apa saja, dan penilaian tertutup jadi ga ada yg tau.

  • Ullya Muflihatin

    Kak, minta pendapat dong.
    1. ada beberapa website yang bilang kalo untuk milih prioritas snmptn nanti musti diurutkan passing gradenya dari yang tinggi ke yang rendah. itu strateginya benar atau justru sebaliknya?
    2. ada 3 univ dengan prodi yang sama yang akan saya ambil. permasalahannya, saya bingung mau ambil yang mana karena melihat daya tampung dan jumlah peminatnya tahun lalu, dan setelah saya googling saya menemukan kalo prodi sistem informasi di univ A akreditasinya C tapi dengan peluang yang cukup besar. Sedangkan di prodi yang sama univ B peluangnya jauh lebih kecil dibanding univ A yang SInya baru dibuka 2 tahun yang lalu, dan univ C 1% lebih kecil persentasenya dari univ B yang akreditasinya B.
    saya bener2 bingung mau milih yang mana? tapi untuk berjaga-jaga saya ambil pbud di univ B dengan prodi yang sama. Mohon bantuannya kak. Terimakasih

  • Arju Smansa Kutowinangun

    Kak, saya mau tanya. Saya minat Teknik Mesin UI. Pas aku liat daya tampung tahun lalu peminat 777 daya tampung 40, tapi anehnya yang diterima cuma 32, itu kenapa yah kak ?

    • Ari Candra Arista

      kemungkinannya ada 2: 8 anak ga melakukan pendaftaran ulang SNMPTN, atau yang memenuhi standar nilai yang diharapkan PTNnya cuma 32

  • Arju Smansa Kutowinangun

    Terus kalo piagam finalis tingkat nasional, peringkat 3 Try Out Simak UI kabupaten, sama organisasi OSIS, bisa dimasukin semua ?

  • Angela Monalisa

    Kak, data saya di NISN sama Akte (dan ijazah) beda. Di NISN saya lahir di Jakarta tapi di Akte, ijazah SD-SMP saya lahir di Bekasi. Pertanyaannya, apakah data NISN perlu diubah dulu? Saya udah cek di google ternyata bisa diubah datanya. Thanks kak!

    • Ari Candra Arista

      harusnya sih gpp ya, karena NISN ga bakal dipergunakan sejauh itu (cuma kepake nama ama nomernya saja). Tapi kalo ada waktu ngubah, bisa dikonsultasikan ke BK

  • Nurul Sufia

    Kak, mau nanya nih, apakah sertifikat itu berpengaruh penting yah untuk diterima di SNMPTN ?

    • Ari Candra Arista

      tergantung kualitas sertifikatnya

      • Nurul Sufia

        Owh gitu yah kak. Mau nanya lg kak, seandainya dlm 1 sekolah sy memilih jurusan A di PTN B trus ada teman sy tp beda kelas pilih jurusan & PTN yg sama dgn yg saya pilih tadi dan jika dilihat dari nilai, nilai teman saya tadi lebih unggul sedikit daripada nilai sy. Yang saya tanyakan, menurut kakak mana yg lebih tinggi peluangnya untuk masuk PTN tersebut, sy ataukah teman saya?

  • Chintia

    Assalamu'alaikum, k' saya dari Aceh, tepatnya Aceh Tenggara jd begini k' Alhamdulillah saya dari semester 1-5 juara 1 umum, akreditas sklh saya A dan saya beberapa kali menang dlm perlombaaan tingkat kabupaten meskipun bkn pemenang pertama tp saya selalu bertahan di runner up...
    saya lagi galau k'...-_-
    jd begini, di SNMPTN ini rencanany saya ingin memilih STATISTIKA UNPAD/ Statistika UGM di pemilihan pertama saya dan hanya 1 jurusan dan di Unsyiah 2 jurusan, pend.dokter dan statistika k',nah masalahny alumni saya di UNPAD maupun UGM bisa dihitung pakai jari k' itu juga dari jalur SNMPTN tertulis, kan katany keberadaan alumni dipertimbangkan, nah itu yg membuat saya ragu k' saya takut tdk lulus dipil pertama saya dan pel kedua saya adalah pilihan favorit yg tentuny banyak dibuat menjadi pil pertama saya takut daya tampungny udh habis ntar k', jd menurut kakak gmn k'? makasi sebelumny k'...:)

    • Ari Candra Arista

      gue ga berani kasih saran, karena menang cuma satu keputusan dan itu menentukan lolos ataupun ga lolos. pada suatu waktu, SNMPTN ini seperti gambling segambling gamblingnya. nah, yang penting itu antisipasi lo thd akibat terburuk dari gambling tersebut

  • Rully Eka Putri

    assalamualaikum
    kak kalo misal ngajukan sertifikat peserta lomba (tdk lolos) gimana? apa masih diperhitungkan?

    • Ari Candra Arista

      menurutku sebaiknya tidak usah

  • Permata Alpanja

    kak. mau nanya. misalkan kita mau ambil jurusan sosiologi karena minat kita disana. tapi di rapot nilai sosiologi dr semester 3 ke 4 turun 0,3. nah trs ada kemungkinan bisa nggak ya kak? apa kalo snmptn itu yg diliat nilai rata - rata kelesuruhan nilai dari setiap semester? makasih sebelumnya kak

    • Ari Candra Arista

      semua kemungkinan bisa dilihat

  • Fadhil Aulia

    Kak mau nanya nih ,tadi kan kk bilang snmptn gak usah diharepin amat ,ya gua anggap bonus aja dah, gua udah mulai persiapan sbmptn nih dari oktober kemaren , nah di term 2 nih nilai ujian block gua hancur abis ,gara2 kgk baca materi sekolah lgi ,nah masalahnya guru gua tuh suka bilang2 gni "kamu pengen lulus apa kagak, kalau nilai kyk beginian kamu jgn harap lulus deh",intinya dia maksa buat fokus un ama uas tuh, padahal materi un ama sbmptn kan beda gilee, gmana sih cara ngatasinnya kak,gurunya galak amat,kalau ngikut dia kan jadi mubazir xpedia gak kepake ,mohon pencerahannya 🙁

  • ferty

    Kak,kalo ternyata nama kita di nisn salah gimana? ,

    • Ari Candra Arista

      harap dikonsultasikan ke BK masing2 sekolah ya 🙂

  • Cherry

    mau tanya ka, tentang indeks sekolah juga jadi pertimbangan snmptn kan? boleh minta penjelasannya lebih lanjut ga kak? makasih banyak sebelumnya hehe

    • Ari Candra Arista

      indeks sekolah itu seperti banyaknya alumni SMA yang kuliah di PTN yang kamu tuju dan prestasi mereka

  • Zhafran Ramadhan

    min aku juga sekarang uda fix mau ambil FK UNILA untuk snmptn, semoga masuk amin. tapi aku juga lagi persiapan sbmptn dari kemaren kemaren min, tapi kewalahan juga bagi waktu nya, ada bimbel di sekolah, di luar sekolah, ada US, UAS, pra UN, Ujian praktek, try out, dan nanti akhirnya UN. Tapi nanti sekitar tgl 23 April uda mulai intensif SBM disalah satu bimbel. tapi takutnya gak keburu -_-

  • Maulida Fitria R.

    ka saya mau tanya, kalo saya daftar snmptn sama pmdk sekaligus bisa gak ka?

  • dinda

    kak klo dalam snmptn itu ada ptn yg semacem memprioritaskan anak dari sma daerah mana gitu gak?
    terus ini kak, aku kan milih psikologi sm sosiologi kan tu, tp guruku merekomendasikan ku buat msk sosiologi aja untuk jd pilihan snmptn, tapi aku ibaratnya pgn bgtnya psikologi gt.. menurut kakak gmn baiknya?makasih yaa 🙂

  • sayid m ridho f

    kak kan gue punya sertifikat osk tingkat kota dalam bidang olimpiade komputer. trs gue mau masuk dalam bidang yg tdk beruhbungan dengan komputer. itu bisa di upload gak? trs peringkat dalam sertifikat. ngaru ngga dalam penilaian snmptn?

  • ariati mufidah

    Ka gimana cara dapetin pasword lewat PDSS? masih bingung nih

    • Diah Ayundari

      kalo sekolahku sih minta sama guru BK

  • syifa akmalia

    ka klo misalnya kita ambil jurusan MM di smk trus mau ambil prodi sasing,itu bisa gak ka?

  • Diah Ayundari

    mau nanya sertifikat kaya pengurus kir atau osis bisa dipake gk ya ?

  • Nasyiya

    Kak mau nanya, saya mau daftar snmptn dan hanya mengambil satu PTN dan disitu saya mengisi jurusan yang saya inginkan di pilihan kedua dikarenakan jurusan itu banyak peminatnya. Apakah jika saya tidak lulus di pilihan pertama kemungkinan besar saya juga tidak lulus dipilihan kedua dikarena pilihan kedua tersebut banyak peminatnya? mohon jawabannya 🙂

  • Luna Ananda

    Halo kak. Mau nanya, apa benar tahun ini SNMPTN Undangan kuotanya 60% dari jumlah bangku?

  • Nasyiya

    Kak mau nanya, saya mau daftar snmptn dan hanya mengambil satu PTN dan disitu saya mengisi jurusan yang saya inginkan di pilihan kedua dikarenakan jurusan itu banyak peminatnya. Apakah jika saya tidak lulus di pilihan pertama kemungkinan besar saya juga tidak lulus dipilihan kedua dikarena pilihan kedua tersebut banyak peminatnya? mohon jawabannya 🙂

  • Nasyiya

    Kak mau nanya, saya mau daftar snmptn dan hanya mengambil satu PTN dan disitu saya mengisi jurusan yang saya inginkan di pilihan kedua dikarenakan jurusan itu banyak peminatnya. Apakah jika saya tidak lulus di pilihan pertama kemungkinan besar saya juga tidak lulus dipilihan kedua dikarena pilihan kedua tersebut banyak peminatnya? mohon jawabannya 🙂

  • vianty dewi

    Kak ari, untuk poin yg ketiga maksud dari rincian jurusan itu jelasnya gimana yaa? misal uns yg daya tampung lebih sedikit di akuntansi ada yg dr smk jurusan akuntansi sedangkan uny daya tampung lebih banyak tp thn lalu ga ada dr smk jurusan akuntansi. Menurut kak ari baiknya memilih yg seperti apaa yaa? Mohon bantuan nya, makasih 🙂

  • Kak saya mau nanya dong kak, jadi log in ke snmptn itu kan pake NISN sama dikasih pass nya, tapi saya pake NISN dari siswa lain kak, gimana dong kak? berpengaruh ga ke SNMPTN nya kak? mohon balasannya ya kak.

  • febriyanti veren

    Bang gua bingung nih untuk pilih jurusannya. Udah dapet 2 pilhan, Pilihan itu 1 PTN, tapi fakultasnya dua-duanya favorit di PTN tersebut. Puji Tuhan nilai gua kata BK mencukupi keduanya. Tapi apa mungkin bang 2 fakultas favorit dibarengin gitu?

  • Amiral Rasyid

    kak mau nanya, kan sbmptn tinggal >4 bulan lagi nih, menurut kakak dan yg lain mending belajar teori perbab apa langsung ke soal sbmptn aja kan ada reviewnya dikit tuh. umpamanya saya ga ngerti apa apa nih, mohon pencerahan makasih

    • zaqy

      gue bukan adminya , tapi gue berbagi pengalaman ajha . mendingan belajar soal2 dari 5 tahun terakhir . dan sering2 ikut to di luar atau ditempat les. oh iyah jangan lupa berdoa belajar dan sering2 sedekah

      • Amiral Rasyid

        makasih kak sarannya, jadi gamesti belajar per babnya gitu kak? langsung ke soal soal aja?

  • Nur Fatimah

    Kak, kalo aku anak ipa, mau lintas ke ips, misal mau nempatin pilihan 1 nya UGM psikologi, terus pilihan keduanya UNS psikologi, tapi jejak alumni 2014 di SMA ku yg tembus ke UGM cm 5 orang dan yg UNS 1 orang itupun beda prodi, gimana ya menurut kakak pilihanku ini udh tepat blm ya? Mohon sarannya, makasih.. 🙂

  • Khrisna Yudha

    Ka mau nanya. Sekolah gue kan dpet undangan dari UI bukan snmptn. UI kerjasama dg sekolah gue. UI mau nyari peserta baru dg lihat nilai raport. Terus gue bingung mau milih yg undangan dari UI atau SNMPTN. Karena klo gue lolos SNMPTN tapi ga gue ambil, sekolah gue bisa kena blacklist. Terus di skolah gue ngambil SNMPTN dibuat surat pernyataan jadi kalo gak diambil bisa dituntut ka

  • beny febrian

    Kak,, mau nanya,, saya siswa tamatan tahun 2014,, apakah saya masih bisa mengikuti seleksi snmptn 2015 ?

  • beny febrian

    Kak,, mau nanya, saya siswa tamatan 2014,, apakah saya masih bisa mengikuti snmptn 2015 ?

    • zaqy

      bisa jatah 3x ikut sbmptn

    • zaqy

      klo snmptn gx

  • desta fajri

    Kaka mau tanya, kok dari sekolahku dari dulu blm ada yg bisa tembus itb ya? Aku pngn ambil itb soalnya hehehe padahal sekolahku urutan 3 di kotaku, tp yg di urutan 10 kok ada yg lolos snmptn itb ya?

  • Pudyasri

    Kak kasih tips dong, gimana caranya biar bisa bagi waktu buat blajar uas, us, un sama sbmptn?

  • desta fajri

    Kaka mau tanya, kok dari sekolahku dari dulu blm ada yg bisa tembus itb ya? Aku pngn ambil itb soalnya hehehe padahal sekolahku urutan 3 di kotaku, tp yg di urutan 10 kok ada yg lolos snmptn itb ya?

  • Thomas Gultom

    Kak saya masih kelas 10 MIA nih,raport saya di semester 1 untuk pelajaran fisikanya sama matematikanya B-.Kira-kira masih bisa untuk lolos undangan gak ya?soalnya dari dulu pengen banget bisa masuk FK di UI,UGM,atau UNPAD lewat jalur undangan.Terus yang harus saya lakukan supaya nilainya bisa naik terus apa ya kak dan nilai yang bisa untuk masuk ke FK di 3 universitas itu yang kayak gimana?Makasih sebelumnya 🙂

  • tw tasti

    Izin Share ya Kak , Infonya sangat berguna untuk adik-adik yang masih SMA . . .

  • nurwahida syarief

    kk mau nanya donk kalo jalur SNMPTN itu dilihat kualitas sekolahnya atau gak ? trus kalo jalur SNMPTN it harus d tes lagi nggak kalo udah lulus ? mkasih kk

  • Jeje

    Kak aku mau nanya deh, jadi waktu itu kan aku dapet kesempatan buat semacem pertukaran pelajar tapi seminggu. Nah kan dapet sertifikat tuh, aku tanya ke panitia SNMPTN bisa sertain sertifikatnya apa ngga mereka jawab kalo itu bukan prestasi dan yaddayadda, tapi aku liat peserta SNMPTN tahun lalu yang ikut program yang sama kayak aku mereka bisa nyertain sertifikatnya, dan kata supervisor aku sertifikat program ini tuh bisa buat SNMPTN. Aku bingung banget kak, soalnya program ini sendiri juga berhubungan sama prodi yang aku pilih, Sastra Jepang. Mohon bantuannya ya kak :"(

  • Nurul Ulfayani

    Assalamualiku... Peluang lulus lebih besar di juruasan SKPM atau IKK kak?

  • Brigita Intan Buana Fanni

    Kak, sertifikat itu harus sertifikat juara atau sertifikat kegiatan boleh? soalnya saya punya sertifikat lomba tapi ga juara. Trus kalo lomba itu sertifikatnya cuma untuk sekolah bukan pesertanya satupersatu (sertifikat lomba paskibra) bisa dipakai ga, kan gaada namanya. Trus sertifikat kegiatan seminar boleh ga? Trus kalo seminarnya seminar nasional, itu tingkatnya nasional?

  • Wening

    Kak, dari penjelasan kombinasi pilihan jurusan kan ada 2 macam (kalo milih 2 ptn di 3 jurusan). Terus kalo mau milih 2 ptn 3 jurusan tapi dengan 3 macam jurusan boleh ga ?

  • Mukti A. Wibisono

    kak
    tanya kalau milih snmptn itu lebih baik ada prodi yang sama apa nggak ?
    sama kalau nglampirin sertifikat itu apa harus ada kaitannya dengan prodi yang dipilih nggak ?
    contoh
    prodinya
    ilmu adm. negara
    pend. bahasa indonesia
    Manajemen

    terus sertifikatnya itu
    lomba ekonomi
    sertifikat bahasa inggris
    sama organisasi sekolah

    Mohon bantuannya

  • Grace

    jd ujian mandiri itu adanya setelah SBMPTN ya?bukannya setelah UN langsung ada ujian mandiri?

  • kak gimana dengan sertifikat dari lomba non seni atau olahraga misalnya sertifikat olimpiade atau karya tulis apa itu gak berlaku buat snmptn?

  • Nadia Nurahma

    Ka, mau nanya dong. misalnya aku snmptn pilih IPB jurusan 1. mtk 2.gizi . nah sedangkan gizi itu passing gradenya lebih tinggi kan daripada mtk. itu ngaruhga si urutannya buat keterima atau engga nya? baless yaa kaa. makasih 🙂

  • gggg

    Kak, gmna carra upload sertifikatnya? dkrm kemna?

  • Uc Uc

    kak kalau sertifikat akuntansi bisa dimasukan di bagian prestasi pas daftar snmptn gak si? terimakasih 🙂

  • Lisa

    Halo kak:) kemaren kan aku udh verifikasi nilai terus aku jg udh daftar snmptn dan udh finalisasi ternyata setelah aku cek nilai dipdss ternyata msh ada yg salah. Gmn kak?

  • Jane

    kak nama yg di pdss sama nama di dapodik beda jadi cuma bisa search pake nisn doang, itu ngaruh gak?

  • NINDY

    ASS KAK MAU TANYA SAYA ANAK IPA DAN SY PENGENNNN BGGGTTTT MASUK SENI TP SENI KAN IPS BISA GA YA JALUR SNMPTN INI SY KUT JLUR UNDANGAN MOHON D BANTU SHARE

  • Isa Maulana

    kak, mau tanya, katanya urutan prodi pas daftar SNMPTN itu harus benar dan gak boleh kebalik. Jadi, adakah daftar acuan untuk urutan prodi itu sendiri? dimana saya bias melihatnya?. Terima kasih

  • RD

    Assalamualaikum kak, mau tanya kalo sertifikat rangking paralel bisa dimasukin gak sih kak? trus masuknya kedalam bidang apa kak? dijawab ya kakkk saya butuh bgt hehe

  • Putri Novianti Arianto

    Ka ingin nanya, mohon untuk di jawab. Alumni 2014 masih bisa ikut SNMPTN? Soalnya saya bingung, ada yang bilang bisa dan sudah terbukti lolos alumni yg ikut lagi SNMPTN, dan ada yang bilang ga bisa, yang valid yang mana ya?

  • kasturiyah

    ASS.. kak, saya mau nanya soal urutan pilihan snmptn. misalkan jurusan A akreditas B tapi passing gradenya tinggi sedangkan jurusan B akreditasnya A tapi passing gradenya lebih rendah di banding jurusan A. cara urutnya gimana? Mksih kak

  • Mia Tri Yudanti

    min, sertifikat pertukaran pelajar bisa ?

  • Mia Tri Yudanti

    Assalamualaikum kak
    Sertifikat pertukaran pelajar bisa berpengaruh ga ka?

  • kak, mau tanya, kalo misalnya punya sertifikat pengurus osis, itu dimasukin ke prestasi gak? bidangnya apa ya kak?

  • Yurike Wangke

    kak, aku kan milih 2 univ, yg pertama itu upi > pd tata boga dan univ 2 di univ nusa cendana, kupang pilihan 1 agribsnis, 2 ilmu kesehatan masyarakat. yg mau aku tanyain kan katanya itu secara seri, berarti klo misalkan univ pertama pilihan 1 aku ga diterima, brarti berkas aku dioper ke undana kan? tp kan setiap univ pasti menyeleksi siswa yg daftar pd ptn 1 pilihan 1, apa msh ada kesempatan/kuota seperti aku untuk lolos di univ nusa cendana? terima kasih sblumnya kak, ditunggu blsannya ya kak 🙂

  • Ardiansyah

    Kak mau tanya dong, saya pernah baca, salah satu persyaratan untuk masuk Universitas itu adalah sudah terdaftarnya Nomor NISN di Website kemendikbud.go.id . Sedangkan saya belum terdaftar disana

  • Maria Maghdalena

    Kak mau nanya dong kalo saya ada kesalahan penulisan pada NIS gimana ya kak kira2 panitia bakal cek ke PDSS ga ya ?

  • Achmad Nabhan

    kak mau nanya, kalo nilai UN pengaruh gk sih sama penerimaan di SNMPTN

  • aurelia

    Ka nanya deh..
    aku jurusan ipa, kalau misal aku ambil ui, tp jurusan ipa sm ips itu gmn?
    ui :
    1.mtk
    2. Bisnis/manajemen

  • theresa

    kak mau tanya. di kartu pendaftaran snmptn kok fotonya tidak muncul ya? padahal udah saya isi pada saat mengisi pendaftaran

    • rahma ika

      iya sama, punyaku juga g muncul.

  • bayu

    Malam. mau tanya dong kak, kalo kita daftar smptn trus sudah di trima tapi aku nya ingin masuk tahun depan.. gimana ya kak itu masih berlaku atau tidak sih kak...
    makasih..

  • radenlucki

    Assalamualaikum kak, saya mau nanya nih katanya akreditasi sekolah sama alumni yg masuk dalam prodi yg kita tuju jadi peranan penting ya kak,akreditasi sekolah saya a dan juga bersertifikat iso , jadi besar dong peluangnya kak 😀 ckck ,ditunggu ya kak infonya ??

  • radenlucki

    Assalamualaikum kak, saya ingin nanyaa katanya akreditasi sekolah dan seberapa banyak alumni masuk ke prosi yg kita tuju itu menjadi peranan penting ya kak? Sekolah saya akreditasi ny a dan sertifikat iso dan juga alumni yg msk ke prodi yg saya tuju juga banyak ,jadi besar dong peluang saya untuk msk ya kak ? 😀 mohon info nya kak

  • ira rahmawati

    Kak..kan pengumuman snmptn tgl 9 mei... misalkan q di terima snmptn .... apkah masih ada pertimbangan buat nilai un yg akan di umumin tgl 20 mei....

  • Aufa Al-farisi Zulfa

    Assalamu'alaikum. kak saya ingin bertanya kalau saya hanya memilih 1 ptn dan 1 prodi itu peluangnya bagaimana? karena saya hanya mengambil FK kak,

  • Putri Cahya

    assalamualaikum kak, alhamdulillah udah lulus snmptn, tapi masih ga ngerti apa aja yang kita lakuin pas daftar ulang dan apa aja yang perlu dibawa, terima kasih

  • hello

    Kak, aku mau nanya nih.. Aku kan jurusan IPA sekarang ini, nah kalau misalnya mau masuk akuntans dan ilmu komunikasi UI, nilai rapor yang diliat itu mata pelajaran apa ya, kak?

  • Widya Ramadhanty

    Kak, boleh nanya dong 🙂
    akunya kan sudah keterima SNMPTN tapi yang bikin aku bingung, apakah di universitas kita sudah tau nilai UN kita ? mohon balasannya. thanks!

  • hans

    ka' mau nanya ni... saya sdh lulus snmptn tapi ketika saya mendaftar saya tdk ferivikasi nilai ku.. akibatnya ad yg beda.. untungnya nilai yg d rapor ku lebih tinggi dr pada yg d pdss.. menurut kaka' saya bisa lulus kh.. atau akan di gugurkan... mohon info nya...

  • Mara Lullaby

    kak, tes SBMPTN 2015 itu soal yang diteskan apa sesuai dengan jurusan yang kita ambil si kak ? saya kan jurusan IPA, mau ngambil jurusan SASTRA INGGRIS, nah itu kan menjurus ke IPS, apakah tesnya nanti saya akan diberi soal SOSHUM, UMUM dan TPA saja ? mhon bantuan nya kak , maturnuwun ^^

  • kristi julianti

    Ka nau nanya.. kalo yang udh llus snmptn tapi nilai un nya kecil dibawah 5.5 apakah gagal ?

  • Rinardi Rusman

    Assalammualaikum .... mau tanya nih. Seandainya seseorang sudah diterima di satu perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dengan hanya satu jurusan yang diminati (misalnya biologi) tetapi kemudian dalam perkembangannya setelah pengumuman seleksi SNMPTN tersebut ybs menginginkan untuk mencoba kemampuan sekaligus peruntungannya melalui jalur ujian mandiri (bukan SBMPTN) di universitas yang sama atau universitas yang berbeda dengan mengambil Fakultas Kedokteran misalnya, apakah hal tersebut diperbolehkan (resmi atau tidak resmi) dan apakah terdapat konsekuensi bagi ybs karena mengambil dua jalur ujian padahal melalui jalur SNMPTN telah dinyatakan diterima? Dan apakah kelulusan ybs di PTN tersebut melalui jalur SNMPTN sebelumnya akan dibatalkan karena data2 ybs sudah tersimpan secara online di semua PTN? Secara administrasi ybs pada waktu yang telah ditentukan sudah menyelesaikan segala proses registrasi ulang dan telah melakukan pembayaran UKT. Mohon pencerahannya ya kak. Terima kasih. Wassalam.

  • ABI AGDANI

    mau tanya nih kak...klw sertifikat peringkat 1 di kelas...dr semester 1 ampe 5, bs ga buat lampiran.....

    trs klw sertifikat lomba yg tidak sesuai dg jurusan IPS... seperti juara 1 lomba photography, juara 2 debat baca puisi tk. Kabupaten bs mempegaruhi penilaian.....terimakasih

  • xx

    Kak mohon bantuannya hahaha, kalo lulusan tahun 2011 masih bisa ikut sbmptn 2015 nggak ?

  • Mohammad Dandy

    Kak, saya kelas 11 sma . utk snmptn taun depan saya sdh punya 1 piagam nasional lkti. tapi saya ingin ptn diluar provinsi. Kira2 gmn kak peluangnya?

  • mohamad nur alief

    mau nanya kak, lebih diutamain rata2 nilai semester 1-5 atau peningkatan nilainya?

  • Safitri Ika Putri

    Kak mau nanya, aku kan baru kelas satu dan semester1 rata2 rapot aku 79,57 tp semester 2 nya 79,07 🙁 ada peluang untuk keterima di PTN tidak ? :'( sekelas nilainya pada turun kak.. tp aku yang turunnya terlalu tinggi. Mohon penjelasannya ya kak . Syukron..

  • Zulfa Dzakiyyatun Nisa

    Saya mau nanya, kalau yang kurikulum 2013 gimana? Itu nilai rapot ada dua ada yang pengetahuan sama keterampilan. Di undangan yang dilihat nilai pengetahuan aja atau sama keterampilan? terus soal nilai, waktu kelas 10 kan nilainya pake rentang nilai misal. nilai 91-95 berarti nilainya 3.66 nah pas kelas 11 bukan pake nilai rentang. nah itu gimana diundangannya?

  • bobby firmansyah

    Kak kan skarang baru naik kelas 12..iseng2 aku nge cek nisn..pas dicek ternyata jenis kelamin sama nama salah. Aku udh coba bilang ke sklh tapi gak di respon.bisa gak kak klo mau di ubh sendiri. Mohon sarannya ya kak.

  • Resi deliana

    Ka saya kan ipa, baru naik kls 3. Mau milih nanti snmptnnya fk,hi dan psikolog. Saya lebih condong ke psikolog. psikolog unpad setau saya ipa. Tapi mau jd maba ui juga ka di fk dan hi nya. Sebaiknya urutannya bagaimana ya? Agar saya tidak salah. Menurut saya ui atau unpad tidak jadi masalah. Takutnya kalo mau ngambil psikolog ui peluangnya kecil grgr jurusan ips

  • Tidak Ada Yang

    kak, misalnya kan saya nih suka pelajaran yang berbau hitung-hitungan ketimbang menghapal. Nah jadi saya ngambil jurusan IPA pas di SMA. lalu pas di PTN nanti saya mau milih jurusan Akuntansi/Manajemen. Apa peluang masuk PTNnya nanti besar kak ?

    #Thx

  • fifi pahlevi

    kak mau tanya..
    Untuk memilih prodi itu apa harus berdasarkan nilai raport yang menonjol apa?
    nilai raprtku yang dominan bagus itu bio sama kimia, kira2 prodi apa ya yang cocok?
    Terimakasih,,

  • Dhessy Susanto

    Kk kalau masuk snmptn nilainya harus naik gak kak? Nilai rata-rataku semester ini turun 🙁

  • Anisa Ramadhani

    Contoh-contoh penghargaan yang bisa buat daftar SNMPTN itu apa aja ya kak?

  • Valentiana

    Maaf kak, kalo sertifikat mengikuti seminar yang bertaraf nasional bs digunakan untuk menambah nilai? Atau harus kejuaraan?
    Dan tadi saya baca itu katanya bs sertifikat smp nah emang harus yg sekelas apa yg kira2 pantas untuk dimasukkan? Terimakasih

  • Ahlan Jufri Abdullah

    Assalm kak !
    Sebenarnya yang dinilai semester berapa khususnya untuk K13/SNMPTN 2016 ? 1-5kah atau 3-5 kk ?dan bagaimana dengan snmptn tahun2 sebelumnya ?

  • Ardan Achilles

    kak mau tanya ni, tahun ini aku gk lolos snmptn, tahun 2015 ini saya bisa gak ya ikut lagi. untuk daftar snmptn. katanya 2 kali kesempatan gitu mkstnya gimana ya kak

  • winda

    kak kalau mau masuk jurusan teknik informatika.. nilai apa aja yang harus tinggi?
    kalau ikut jalur snmptn

  • Diana Adrian

    ass kak,untuk piagam yang dientri kan itu maksimalnya berapa buah kak??

  • miley

    Kak, aku mau ikut SNMPTN 2016. Kan syaratnya kalau ada dokumen prestasi tambahan, nah aku punya beberapa sertifikat seni teater bahkan ada yang tingkat nasional tapi aku rencananya mau masuk di Fak Teknik Arsitektur, kan nggak sinkron di bidangnya. Itu bisa jadi pertimbangan PTNnya nggak? takutnya aku sia-sian peluang masuk PTN yg mungkin aku lebih berpeluang di fakultas yg berhubungan dgn seni.

  • Putu Indah Gita Pramesti

    Kak, kalo mau nyari jurusan yg DIII/DIV ga bisa ikut lewat Snmptn ya?

  • CA

    kak.... nama gue di web nisn ga sesuai sama nama di kartu nisn gue. MASA YANG DI WEB chairunisa arfanny, padahal nama asli gue chairunnisa arfanny. gimana tu? apa perlu ditanya juga ni ke guru?

  • iffa malik

    kak kalo misalnya nih pilihan 1 aku Hi terus pilihan ke 2 juga Hi. tapi pas pilihan pertama gak keterima. trus masih ada peluang gak sih buat diterima dipiliahn kedua kan jurusan nya sama gimana tuh kak? replay yah kak makasih!

  • Rosy Febriyanti

    Assalamualaikum kak,
    Kak mau nanya, prodi yang kita pilih di SNMPTN harus sesuai ga sama jurusan kita di SMA?
    Di SMA saya ipa kak, tp saya ingin memilih jurusan ips (psikologi dan bahasa) itu boleh gak si kak? Atau terpengaruh ga kak sama peluang saya ikut SNMPTN.
    Soalnya kata guru BK saya di sekolah sebaiknya memilih prodi yang sama dg jurusan saya di SMA. kan kalo jalur SBMPTN ada jalur ipc kan kak. Gimana kalo jalur SNMPTN?
    Di tunggu loh kak jawabannya.. Hehe^^
    Thankyouu.. 🙂

  • nabyla

    Halo Kak,saya mau nanya,beberapa bulan yang lalu saya mengikuti seminar tentang snmptn,jadi dalam seminar itu pembicaranya bilang kalo setiap jurusan itu memiliki batas waktu dalam proses penyeleksian snmptn,misalnya pilihan pertama pendidikan dokter dengan lama proses 6 hari,pilihan kedua kebidanan dengan lama proses 3 hari,jadi pada saat proses itu dihari ke 5 misalnya saya udah turun ke pilihan kedua,sementara pilihan kedua itu waktunya udah habis kak,udah lewat 3 hari kan? Dan beliau berkata otomatis tidak lulus dalam snmptn.Jadi yang mau saya tanyakan,apakah benar sistemnya seperti ini? Mengingat guru BK ataupun teman-teman di sekolah juga tidak pernah menyinggung masalah lama prosesnya setiap jurusan dalam seleksi snmptn,jika memang ya,tentu kami juga harus mengetahui lama proses pada jurusan tersebut untuk menimbang-nimbang urutan pilihan yang akan diambil,namun pihak sekolah tidak pernah menyinggung masalah ini. Terimakasih

  • cyntia atika alba

    Kak tadi seperti yang sudah kakak jelaskan diatas pemeriksaan benar atau salah nomor NISN itu penting,nah.. gimana kalau masalahnya itu nomor saya sudah benar tapi penulisan nama dan jenis kelamin salah,saya sudah konfirmasi ke bk tapi kata mreka tidak masalah selagi nomor suah benar ,tolong pendapatnya kak agar saya bisa mengonfirmasi lagi ke sekolah untuk diperbaiki atau tidak..

  • Ridwan Amshari

    Assalamualaikum, kak kalau jurusan yg kita pilih di snmptn ternyata 4 orang temen saya pun memilih jurusan yg sama, saya harus gimana supaya peluang saya lebih besar dari pada 4 teman saya?

  • jaka

    Kak, mau nanya, tadi saya cek nisn saya, ternyata nomor nisn di rapor saya berbeda dengan nomor nisn yang saya cek di website nisn. Jadi cara untuk memperbaikinya gimana kak

  • Falah Akbar

    Zen saya dari SMK Informatika Cirebon pengen ikut SNMPTN Teknik Informatika di UNPAD TI pilihan 1 dan UPI Ilkomputer pilihan 2. Saya sendiri di kelas dan jurusan peringkat 1 pararel tapi tidak mempunyai sertifikat lomba kira² peluang lolosnya gimana ya?
    Atau ada saran ngambil SNMPTN di Univ yg peluangnya lbh besar dari pilihan saya untuk anak SMK?

  • 67r67y

    Kak aku pernah baca katanya mendingan pilih pilihan pertama & kedua itu jurusan yg berhubungan biar PTN ngeliat keseriusan kita, benar gak itu? Jadi misalnya nilai A sama B setara. si A pilihan 1: hukum UI - pilihan 2: hukum unpad. Si B pilihan 1:hukum UI - pilihan 2: sastra korea UI. Terus UI lebih pilih si A karna si A kelihatan gak main2. Beda sama B yg keliatan kaya main2 karna pilihan 1 dan 2 gak berhubungan. Tolong jwb ya kak

  • Nadya Hutahaean

    Kak, misalkan ada alumni yang nolak undangan fakultas A di univ A, buat angkatan bawahnya yang mau ke fakultas B di univ A tsb jadi kehalang gak? Tp si alumni ini bikin aurat pernyataan, thanks kak

  • irham irham

    kalau unggah prestasi harus prestasi tingkat sma kah?

  • Joel

    Kak kalo seritifikatnya difoto langsung dan ga di scan gimana? Kata guruku d foto aja gapapa._.

  • firda

    Assalamualaikum kak, saya ada beberapa prestasi bersama tim saya (sebut aja tim saya dreamer).
    Nah, saya udah beberapa kali dapet sertifikat juara 1, 2. Namun di sertifikat itu gak ada nama saya, adanya nama tim ekskul saya(dreamer). Kalau sertifikat buat snmptn, boleh atas nama ekskul atau harus ada nama sayanya?

  • Vita

    Kak kalau ngga unduh kartu tes otomatis ngga lolos snmptn ya? soalnya aku telat unduhnya dan masih bisa coba tahun depan ngga snmptnnya?

  • Aulia Safira

    Kak kalo aku lulus di pilihan 1 psikolog, tapi aku maunya di pilihan 2 tehnik informatika, itu bisa di tuker gak ya? PTN nya sama? Soalnya aku kemaren salah pilih jurusan huhuhu

  • Larasati

    Kak kalau nilai rapor semester 1 itu jelek bangett, jauh dibawah, apa iya sudah menutup kemungkinan ikut SNMPTN ?

  • Larasati

    Kak kalau semester 1 nilainya jelekkkk banget itu sudah menutup ikut snmptn ?

  • Rangga

    Kalau kakak kelas nolak undangan gara" keterima di Univ lain lewat pmdk gimana kak? Padahal dia udah ngasih surat pengunduran diri ke Univ itu

  • Rely

    Ka kalo di rapot sepanjang semester 1-5 ada nilai c itu ada peluang ga?

  • Yulies Nando

    Kak.numpang nanya
    Apakah sertifikat seperti dmdi Malaysia.termsk pengaruh besar dipertimbangkan.itu bukan akademik kejuaraan tpi semacam acara acara islam antar negara. apakah lbh baik di lampirkan

    Thn perhatian

    • Ari Candra Arista

      Yup, dilampirkan aja meskipun piagam non akademis

      • jumi ariyanti

        Ka mau tanya saya lulusan tahun 2016 apakah masih bisa ikut snmptn 2017 ... mohon jawabannya .. terimakasih

  • HENING

    Maaf kak, mau numpang tanya.
    Saya memiliki sertifikat Olimpiade Matematika tingkat Provinsi saat SD, dan memiliki sertifikat Olimpiade Fisika tingkat Provinsi saat SMP. Hal tersebut bisa didaftarkan sebagai data prestasi Saya atau tidak? Dan berpengaruh atau tidak? Terima Kasih.

    • Ari Candra Arista

      Diaturannya sih dianjurkan piagam yang diperoleh dalam 3 tahun terakhir, tapi kalo mau kamu lampirkan juga bisa

  • Atina Faizah

    kak saya tuh dapet sertifikat di kampus its lomba matematika , tapi semisal saya snmptn ambil di UNY atau di its nya sekalian kak?itu bagaimana kak?

  • Ayu Rama Dewi BtsArmy

    Kak, mau nanya. kalo sma nya jurusan ipa, terus mau daftar di jurusan ips itu bisa gk? udah bka sih, snmptn nya, trus tertulis bsa. tapi aku agak ragu, soalnya kta orang2 slma ini, kalo snmptn itu gk bsa lntas jurusan. mohon pnjelasannya kak. trima kasih

  • Annisa Putri Wulandari

    Kak mau tanya kalo sertifikat osis bisa disertakan ke snmptn 2017 engga ya?

  • jumi ariyanti

    Ka mau tanya saya lulusan tahun @2016 apakah boleh mengikuti snmptn 2017 ... mohon jawabannya .. terimakasih

  • Mohammad Dany Ramadhan

    Ka kalo foto mempengaruhi ga ?
    Soalnya foto saya itu tidak berwarna ?

  • Redho Nugroho

    kak kalo masalah pengisian pekerjaan ortu gimana yaa?
    kan ayah saya sudah meninggal tetapi dikolom pekerjaan ayah harus diisi dan gak ada pilihan sudah meninggal, jadi harus saya isi apa ya kak?

  • Rifqi Z

    ka punten nih pngen nnya, buat yg pngen pindah jurusan dari IPA ke IPS pas SNMPTN apa hrs ikut test dlu ato sperti apa???
    #MOHON DI JAWAB KAA #MAKASIH KA

  • Arif Santoso

    Nilai UN kira-kira pengaruh nya berapa persen?

  • hendi valerian

    kak, saya mau ngambil manajemen unpad,tapi kata temen rata ratanya itu harus 8,9 biar aman. saya rata rata nya cuman 8,5 kak. menurut kaka lanjut apa jangan. domisili saya juga di jawabarat.

  • Wahyu Angga

    Kak apa benar kalo mantan ketua osis bakal nambah poin buat penerimaan SNMPTN?

  • Nitha Alfian

    Kak saya ada sertifikat finalis lomba di salah satu ptn di surabaya, nah itu pas saya masukin termasuk kategori apa ya? pilihannya cuma ada olimpiade, olahraga/seni, seni tari, penelitian, organisasi, seni musik dan olimpiade lainnya. soalnya saya bingung kak. mohon di respond ya. makasih kak

  • Carolyn

    Kak, saya mau nanya.. saya anak ips dan untuk snmptn saya jg daftar di jurusan ips (unair-sastra inggris). Saya sudah melakukan verifikasi nilai tapi ternyata nilai biologi saya (kelas 10 semester 2) ada yg salah. Yang seharusnya 77 diisi 79. Nah, pertanyaan saya adalah jika saya keterima di ptn tsb, apakah kesalahan ini bakal berpengaruh ketika daftar ulang di ptn? terimakasih.

  • Wildan Fajar Purnomo

    Permisi kak
    Menurut kakak, memilih 1 ptn dan 1 jurusan dengan 1 ptn 2 jurusan itu chancenya lebih bagus mana?
    Terima kasih

  • Venna Fushila

    Assalamu'alaikum Kak. Kak kenapa ya Universitas Indonesia gak ada di daftar PTN di SNMPTN?

  • Reza

    kak, misalkan aku milih 1 ptn dan 2 jurusan (misal jurusan X dan Y), kalo di jurusan X udah diterima, apa masih akan diseleksi di jurusan Y atau tidak?

  • tanaya putri

    assalamu'alaikum kak, kak mau tanyak ih, nih aku baru skrng baca tulisan kakak, kak gmn misal kita naruh pilihan 1itu fkm dan 2'itu fkg tpdi univ yg sama. gmn mnurut kakak ttng urutan itu??' trimakasih

  • Ady Sawers

    Kalau Sertifikat Juara Umum?

  • fitri puji rahayu

    Assalamualaikum kak. Hai kak☺ kak gimana ya kalau belum pasang foto di formulir snmptn sedangkan formulir sudah difinalisasi? Dan bagaimana dampaknya?
    Terims. Wassalam

  • yamni yunita

    Ka mau tanya.. aku kan daftar snmptn salah ngisi tanggal lahir. Padahal udah difinalisasi. Apakah bisa aku perbaiki atau ngga?

  • PRINCESS ART

    kak kalau lomba pidato itu termasuk prestasi di kategori apa kk ?

  • muhammad ilyansyah

    Permisi kakak saya mau tanya kalo pas di bidik misi sama pendaftaran snmptnnyaa prodi sama universitas nya berbeda itu gimana..?

  • Makkatul Hikmah

    Kak mau tanya kalo misal sertifikat pertukaran pelajar bisa gk ya dilampirkan di snmptn?

  • eka

    kak apakah boleh masukin sertifikt pas smp misalnya nilai tertinggi ujian sekolah ? peserta LDk ?

  • nisa

    kak mau nanya nih, apakah berpengaruh dalam snmptn bila salah ngisi data seperti nis, tapi yg diisi nisn? mohon jawabanya,,terima kasih

  • Wahyu Poer

    Om mau tanya saya kemaren daftar SMPTN dan Bidik misi, tapi kesalahan saya adalah memasukan kartu keluarga yg lama padahal ada yg baru terus itu gimana ya bisa lolos nggk ya??

  • Ulfa Hasanah

    ka mau tanya, kan aku daftar snmpt ke ipb jurusan ekonomi dan studi pembangunan,nah disklh aku ada 1 orang lg yang daftar kesana dia ranking paralelnya lebih tinggi dari aku, kemungkinan aku bakal keterima apa nggayah ke ipb? makasih banyak ka

  • Rara Annisaur Rosyidah

    Kak saat aku finalisasi aku memilih hanya dua prodi satu universitas dan itu bukan jawayimur, sedangkan asal sekolah saya jawatimur, apakah masih ada harapan untuk lulus snmptn? Terimakasih

  • Itabiliana Khalisha Salsabilla

    assalamualaikum
    kak saya ni udha daftar di SNMPTN 2017 , Tapi NIS
    saya isi NISN itu gimana ya ? berpengaruh apa enggak sama proses seleksi
    ? ohya foto saya juga gak memenuhi syarat ? ap foto berpengaruh ka ?
    mohon jawabannya ka

  • Akmal Az-zaky

    Assalamualaikum kak,
    Mau nanya, misalkan saya dan teman sekelas saya ngambil ptn yg sama, misalnya teman saya ngambil jurusan 1 manajemen, jurusan 2 ekonomi pembangunan. Terus saya ngambil jurusan 1 administrasi bisnis, jurusan 2 manajemen.
    Apa benar saya akan sulit untuk keterima di pilihan 2 manajemen karena teman saya sudah memilih manajemen di pilihan pertama. Mohon jawabannya kak.

  • Yuiyest Ccq

    Jadi begini... aku belum unduh kartu snmptn? Berarti nnti aku gk bsa dftar ulang JIKA diterima? What should i do??? (•-•")

  • Meili Chang

    Kak, saya mau nanya ijazah berpengaruh tidak ke SNMPTN?

  • Muhammad Irfan Wicaksono

    Kak, sebenarnya bisa gak sih masuk suatu fakultas melalui SNMPTN tetapi belum pernah ada alumni kesana? Terima kasih kak

  • jeannne 1

    Aslmualaikum
    Kak aku mau nanya dong..
    Aku kan udh llus snmptn 2017 dan aku ingn ikut lgi sbmptn..apkh scra otmtis aku ggur di snmptn?mohon infonya kak

  • Lucia Alvionita

    Pengen nanya nih, kalo udah di terima SNMPTN terus diminta berkas Bukti pembayaran listrik 3 Bulan yg lalu gimana cara nyetak struknya? Trus diminta juga Slip gaji orang tua, kalo orangtuanya wirausaha gimana?

  • Thomas Rusli

    Kalau misalnya tidak mengambil snmptn yg didapat mungkin gk ya di blokir idnya untuk sbm?

  • Agus Artha

    Kak mau tanya dong. Saya kan sudah lolos snmptn tapi nilai saya lebih kecil di snmptn dari pada nilai di raport saya (salah masukin nilai), nah dalam verifikasi di universitas tersebut apakah bisa di proses lebih lanjut atau langsung gugur ya kak ? Mohon balasannya dong kak. Saya gak bisa tidur gara gara ini hehehe

  • Wildan Marzuqon

    kak mau tanya, kira kira sertifikat lomba peringkat 50 besar tingkat nasional berpengaruh nggak saat seleksi snmptn? terima kasih

  • Adelya Putri

    Ka kalo snmptn masa berlaku nya saat kita masih sklh aja ? Atau tahun depan ketika udh nganggur 1thn bisa ikut snmptn lg ga ? Mksh ka

  • Pintaning Mahardika Putri

    Ka mau nanya ni, kalo disekolahnya selalu dapet rank 1-3/ masuk 5 besar tapi nilainya turun naik, apa bener gabakal lolos snmptn?

  • danella nabila

    assalamualaikum kak , saya pengen nanya. kalau misalnya naik nilainya tetapi peringkatnya turun , bisa keterima di snmptn gak kak? terimakasih.

  • Rizki Cityzens

    gan mau nanya nih, kalau misalkan nilai rapot semester 2 kita turun dari nilai semester 1. ada kemungkinan ga kita bakal diterima di PTN lewat jalur SNMPTN?

  • Aaqila

    Kak, mau tanya, kalo misalnya kita ikut pertukaran pelajar 1 tahun dan harus ngulang kls 12 nya itu kita masih bisa ikut snmptn atau engga ya? Makasihh

  • Syariesa Calvina

    Kak mau nanya, kalo kita mau daftar snmptn ke universitas dan jurusan yang sebelumnya belum ada alumni dari sma kita yang keterima, gitu emang ga bisa to?

  • Panji Kurniawan

    Assalamualaikum kak
    Saya mau tanya kalau saya nanti lulusan 2018 tapi saya daftar SNMPTNnya 2019 bisa gak?
    Terus kalau lulusan SMK jurusan otomotif bisa masuk manajemen gak?

  • Denissa Lmyr

    Kak, berarti kalo SMA gue di jakarta, gue kudu masukin pilihan ptn yang ada di jakarta juga yak?

  • Arifah Aryani Putri

    kak kalo ttg opini yg anak smk kes keterima itu cuma 1% itu benar gk sih kak?:(

  • Wzoki Oreo

    Kak mau nanya, nilai utsnya juga masuk pertimbangan ga? Atau cuma uas aja?

  • Veby tri ramlan

    kak klau nilai raport yg dinilai itu dari semester berapa ya? dari 1-5 atau 3-5? dan 6 mapel utama itu apa aja?