Resep Rahasia untuk Belajar Hal yang Baru!

Resep Rahasia untuk Belajar Hal yang Baru!

Eit, nggak kerasa yah pengumuman SBMPTN Tertulis udah keluar. Gua harap sih hasilnya merefleksi seluruh perjuangan dan kerja keras lo selama ini. Biasanya nih, pengumuman SBMPTN itu ibarat lonceng tanda berawalnya tahun ajaran baru. Buat yang kelas 12 SMA dan alumni SMA mungkin udah mempersiapkan diri masuk kampus. Sedangkan buat yang kelas 12 ke bawah, udah mulai masuk hari pertama sekolah.

Mungkin ada beberapa yang belom apa-apa udah mengeluh "Yaah liburannya bentar amat, udah masuk sekolah lagi..", tapi ada juga yang menyambut dengan penuh semangat gimana sih situasi kelas baru, guru-guru baru, pelajaran baru, dsb. Well, sebagai seseorang yang bekerja di lembaga pendidikan, idealnya sih, gue sekarang ini nyemangatin lo buat rajin belajar yaah.

"Ayo guys, tahun ajaran baru berarti semangat baru! Siapin beli cetak, beli buku catetan, pulang sekolah jangan lupa bikin PR, ikut bimbel/les, belajar pake zenius juga yee, dsb.."

Kedengerannya basi banget gak sih? Hehehe... Tenang aja, di tahun ajaran baru ini, gua gak mau memulainya dengan nyemangatin lo supaya rajin belajar di sekolah. Basi banget kali baru juga masuk sekolah udah disuruh belajar lagi, ya nggak? hehe.. Instead, di awal tahun ajaran ini, gua justru mau menantang lo untuk acquire new skill! Maksudnya gimana acquire new skill? Well, selama ini pernah gak sih lo kepengen punya kemampuan lebih dalam suatu bidang di luar pelajaran yang diajarin di sekolah? kemampuan apa aja deh, dari mulai pengen bisa jago main basket, pengen bisa main gitar, pengen belajar nari, belajar teater, belajar berenang, belajar fotografi, belajar olah vokal yang bener, dlsb.

Gua yakin udah ada beberapa diantara lo yang udah mulai mencoba beberapa hal entah itu dengan ikut extracurricular di sekolah atau mungkin malah gara-gara diminta les ini-itu sama ortu. Tapi pertanyaan gue, udah sejauh mana nih lo bener-bener niat mendalami bidang yang mau lo coba tekuni itu? Apakah lo ngerasa lo kalo itu cuma buat seru-seruan aja? atau sekedar ngisi waktu akhir minggu dengan kegiatan ekskul? atau malah mungkin ada yang ngerasa terpaksa belajar banyak hal karena dipaksa ikut les sama ortu? Wah, kalo pendapat gue sih.. acquire new skill ini sayang banget kalo usaha lo tanggung apalagi kalo niat lo cuman setengah-setengah.

Nah, so di awal tahun ajaran ini gue justru pengen nantangin lo semua buat acquire new skills dalam jangka waktu 1 tahun ke depan! Coba lo manfaatin waktu 1 tahun ke depan buat belajar sesuatu yang baru, sesuatu yang mungkin selama ini bikin lo penasaran dan sebetulnya dalam hati lo pengen banget bisa jago dalam bidang itu. Kalo lo emang bener-bener niat dan tekun, lo bakalan kaget dengan apa yang bisa lo dapetin dalam waktu cuman 1 tahun doang. Sebelum gue lanjut, coba deh lo tonton video youtube berikut tentang cewek bernama Karen Cheng yang berambisi buat bisa belajar nari dalam waktu 1 tahun :

Keren yah? Karen mengubah identitas dirinya dari yang tadinya 'cewek biasa yang gak bisa nari' jadi seorang cewek yang jago nari + mendadak beken karena video youtube-nya ini goes viral ! Gokil abis nih cewek 🙂 . Abis itu, Karen juga bikin website yang namanya GiveIt100 buat encourage orang-orang supaya melakukan hal yang sama. Kalo lo mau ikutan upload video lo kesitu juga boleh, di website itu lo bisa lihat-lihat gimana banyak orang yang coba sharing tentang upaya dia untuk belajar sesuatu dan upload progress mereka secara konsisten selama 100 hari.

Cuman nih ya, biasanya apa sih reaksi orang pada umumnya kalo ngeliat video nari Karen Cheng di atas? Paling-paling sih cuma berkomentar "Wah hebat yah, ah gua juga mau coba bisa kayak gitu. Gua mau belajar (misalnya) main gitar!" Terus setelah mulai main gitar 1-2 hari, atau paling lama cuman seminggu, abis itu ngerasa gak ada kemajuan. Udah deh semangatnya ilang atau terbengkalai karena ada kesibukan lain... dan pada akhirnya video itu udah gitu aja dilupain dan gak berdampak apa-apa ke kehidupan lo. Sayang banget kan?

Okay, harus diakui kalo video singkat Karen itu emang bener-bener cuma simplifikasi dari perjuangan dia yang sesungguhnya. Gua yakin Karen gak cuman ngulang tarian yang sama gitu2 aja selama satu tahun penuh. Pasti ada banyak tantangan yang dia hadapi, dari mulai latihan fisik, jaga stamina, melatih kelenturan tubuh, keselarasan gerakan dengan musik, dsb.. sampai sistem motorik tubuh kita bener-bener bisa berpacu sesuai keinginan otak dia. So, ada suatu cerita yang hilang di balik video Karen di atas, yaitu perjuangan dia tahap demi tahap dalam mencapai perubahan skill yang betul-betul signifikan.

So, pada kesempatan kali ini gua mau ceritain ke lo pengalaman gue acquiring new set of skills di jaman gua semester awal kuliah. Moga-moga cerita gue ini bisa mengisi "The missing story" dibalik video Karen di atas. Buat lo yang cukup sering mantengin blog zenius mungkin kadang-kadang suka merhatiin ada illustrasi berwarna, well itu hampir semuanya karya gambar tangan gue sendiri. Biasanya gue gambar itu cukup spontan, paling juga orat-oret 15-30 menit udah jadi gambar kayak di bawah ini.

TelkomIndiSchool-COLOR-2

Buat sebagian dari lo yang nggak terlalu sering gambar, mungkin mikir "cepet amat yah gambar kayak gini bisa diselesaikan dalam waktu cuma 15--30 menit." 

Well, sebetulnya kecepatan dan kemampuan gambar gue ini (yang sebetulnya sih belom jago-jago amat tapi ya lumayan lah) nggak gua dapetin cuma dari bakat atau karena gue sering gambar terus-terusan dari SD doang. Ada basic skills yang gua pelajari, dari mulai gimana narik garis, konsep proporsi badan manusia, gambar perspektif, perpaduan warna, lekuk ekspresi wajah, dsb.. sebagaimana Karen Cheng di atas juga mengalami tantangan-tantangannya tersendiri sampe bisa nari sejago itu dalam waktu 1 tahun. So disini, gua mau coba cerita sedikit pengalaman gue ke lo tentang proses gua belajar gambar dalam waktu kurang lebih 1,5 -- 2 tahun di masa semester awal kuliah.

 

Apa sih resep rahasianya supaya kita bisa mendapatkan set of skills yang baru?

1. Keluar dari Comfort Zone!

Dari SD sampai SMA, gua hampir selalu dapet nilai yang bagus dalam pelajaran Seni Rupa, apalagi kalo hubungannya sama kegiatan menggambar. Wah kalo gitu skill gambar gua jago banget dong yah? Sebenernya nggak, malah sebaliknya, justru karena nilai gambar gua selalu bagus-bagus aja, jadi skill gambar gua gak ada peningkatan dari jaman SMP sampai SMA. Kenapa? Ya karena gua pikir gua udah paling jago gambar sekelas, padahal anak seumuran gua di luar sana ada buanyak banget yang lebih jago dari gua.

Terus kalo gua pikir-pikir lagi, selama ini gua tuh gak bener-bener jago gambar. Tapi dari kecil gua cuma lebih jago niru dan mencontoh gambar komik atau objek lain aja. Hasil dimana gua mencontoh gambar lain itu emang lebih mirip daripada temen-temen gua yg lain coba niru gambar yang sama. Tapi ya udah deh gitu doang..

Nah kasus gue ini adalah contoh orang yang terjebak dengan  comfort zone atau zona nyaman gue. Dari kecil gua terus aja gambar tokoh anime atau komik marvel, dari mulai Dragon Ball, Samurai X, One Piece, Naruto, Batman, Spiderman, dll.. Emang beneran mirip sih, tapi gua terus melakukan hal yang sama berulang kali, menggambar bentuk yang sama, konsep yang itu-itu aja, dengan cara yang sama, dan polanya berulang aja terus seperti itu. Gua pikir dengan seiring bertambahnya umur, skill gua akan nambah dengan sendirinya - padahal enggak!

Hal yang sama juga berlaku buat lo yang mendalami musik, apakah lo juga selama ini cuma main lagu yang itu-itu lagi? kunci yang itu-itu lagi? Apakah lo menghindari lagu-lagu yang sulit dan teknik yang gak lo kuasai? Melepaskan diri dari comfort zone adalah langkah pertama sekaligus yang paling sering dilupakan!

 

2. Belajar lagi dari Basic Skills!

Lho kok, kenapa ngulang lagi dari dasar?? Okelah, kalo emang orang yang mau belajar skill tertentu dari nol, tapi buat yang udah bisa gambar-gambar dikit atau main musik, masa iya harus ngulang basic skill dari awal lagi?

Hehe.. percaya deh sama gue, lo akan terkejut bahwa ternyata banyak banget konsep dasar yang selama ini lo anggep bener (dari apapun bidang yg lo tekuni) itu ternyata SALAH BESAR! Itu semua gua sadari ketika gua beneran serius mau deliberate practice ningkatin skill gambar gue. Karena gue tau kalo gua langsung latihan ke konsep-konsep gambar yang sebelumnya gak pernah gua coba tapi skill dasar gue gak mateng, ya hasilnya juga jadi tanggung. Ibarat seorang dancer yang tertantang ingin menguasai tarian yang sulit, ya pertama-tama dia harus melatih skill dasarnya dulu, seperti stamina, kelenturan badan, keseimbangan, dll.

So, gua juga ngulang semua teknik dasar gue dari mulai cara narik garis yang bener.. iya beneran ngegaris dalam gambar juga ada tekniknya bok! Dari mulai latihan bikin garis, terus masuk ke teknik arsiran, proporsi badan manusia, titik dimensi ruang, komposisi gambar, dlsb. Semuanya gua latih bener-bener ngulang dari nol lagi. Hasilnya dalam dua bulan gua lumayan meningkat, seperti gambar di bawah ini:

gambar

Lo bisa lihat pada gambar sebelah kiri, gua coba gambar Spiderman. Waktu itu, gua masih terjebak pada pola gambar gue waktu masih SMP--SMA, niru gambar tokoh komik yang itu-itu lagi. Emang lumayan mirip sih sama Spiderman, dan kebanyakan temen-temen sekelas gue juga gak bisa gambar spiderman kayak gitu. Tapi kalo lo perhatiin lebih jeli lagi, pada gambar sebelah kiri itu masih banyak banget kekurangannya, dari mulai sentuhan garis, arsiran masih salah, tebel-tipisnya outline berantakan, proporsi tubuh ngaco... sama sekali masih belom mateng!

Lumayan beda kan sentuhannya dengan gambar sebelah kanan? Garisnya udah mulai luwes, proporsi badan udah mendingan, arsirannya juga lebih hidup.. Well, sebetulnya gambar sebelah kanan juga masih banyak sih kekurangannya, tapi jauh lebih mending lah daripada yang kiri. Itu semua cuma gara-gara gua intens secara konsisten latihan garis, mengarsir, dan proposi badan dalam waktu 2 bulan!

Dari situ, gua belajar bahwa teknik yang selama ini gua percaya bener itu rupanya banyak yang keliru! Nah, ini juga berlaku untuk lo yang menekuni bidang lain. Apakah lo yakin cara metik gitar lo udah bener? Apakah lo yakin cara baca not balok lo udah bener? Buat yang mau dalemin renang, apa lo yakin kalo teknik ngambil napas lo udah bener? Banyak banget lho yang ternyata baru nyadar kalo teknik dasarnya keliru. So, sebelum dalemin lebih jauh.. pertama-tama perbaiki basic skill dulu sampe bener-bener mateng!

 

3. Identifikasi kelemahan lo selama ini

Kalo dari SD--SMA gua selalu niru konsep gambar yang itu-itu lagi, kebetulan karena gua seringnya baca komik dan nonton anime jadinya gaya gambar gua kena influence dari gaya gambar anime. Jadinya, begitu disuruh gaya gambar yang lain justru gua jadi gak bisa. Coba lo lihat gaya gambar gue dulu kayak gini.

gambar1

Nah, gambar gue yang di atas itu gambar kira-kira waktu gua baru mau mulai bertekad nyoba bikin gambar tanpa contoh, alias gua gambar dari sosok figur cowok maupun cewek dari hasil pikiran gue sendiri. Dari situ, gua baru coba deh identifikasi masalah dulu. (keliatan dari gambar yang gua corat-coret di bawah!)

Di situ, gua nyadar bahwa ada 3 kelemahan utama gue :

  1. Gaya gambar rambut gue kartun banget, masih tajem-tejem kayak gambar anime.
  2. Gambar tangan gue ngaco banget, ada yang kekecilan, ada yang kepanjangan.
  3. Penalaran gue sama proporsi badan manusia masih ngaco banget, terutama badan cewek.

Nah, jadinya keliatan kan semua 'penyakit' gua dalam menggambar dari zaman dulu. Ternyata, emang dari dulu tuh gua selalu kesulitan buat gambar rambut, tangan, dan cewek. Eh, jadinya gua tanpa sadar kalo disuruh gambar, gua selalu menghindari gambar rambut, tangan, dan cewek. Oke, begitu tau kelemahan gue, baru deh gua bisa fokus ngebenerin kelemahan gue itu!

 

4. Fokus sama hal-hal yang selama ini lo hindari

Btw kenapa sih kita justru harus fokus sama hal-hal yang jadi kelemahan kita? Kenapa nggak dihindari aja terus fokus sama hal yang udah kita kuasai? Soalnya gini Guys, kalo kelemahan kita ini nggak dibenerin, lama-lama ini akan terus jadi hambatan kita dalam explore bidang tersebut lebih luas! Jadi apapun bidang yang mau lo tekuni, sebelum lo explore lebih jauh, pastikan lo harus bisa mengatasi dulu hal-hal yang selama ini jadi kelemahan lo. Di bawah ini, beberapa gambar dokumentasi gue waktu gua latihan bikin rambut dan proporsi tangan yang bener.

tangan dan rambut

Gua tau proses ini tuh emang yang paling bisa bikin frustrasi karena kesannya lo dipaksa buat menghadapi hal yang selama ini lo hindarin. Tapi ya, kalo lo emang mau berusaha dan berambisi untuk bener-bener menguasai suatu bidang sampe optimal, inilah yang perlu lo lakukan! Ingat filosofi bahwa "The strength of the chain lies on its weakest link- Kekuatan sebuah rantai terletak pada sambungan yang paling lemah!". Dalam proses yang panjang dan menguji kegigihan inilah baru lo butuh nerapin jurus yang udah pernah dibahas Sabda dan Wisnu yaitu konsep deliberate practice. Buat yang belom baca tentang deliberate practice gua saranin banget buat baca artikel itu juga.

Btw dokumentasi latihan gambar proporsi badan cewek emang nggak gua tampilin soalnya setelah gua pikir-pikir gambarnya kurang pas untuk ditampilkan pas bulan puasa seperti ini, hehe.. #YouKnowWhatIMean

 

5. Explore bidang lo sedalam-dalamnya

Okay, setelah lo berhasil overcome your fear, alias mengatasi berbagai macam kelemahan lo, baru deh sekarang saatnya lo explore bidang lo sedalam-dalamnya! Berikut di bawah beberapa catatan gua waktu mau coba explore skill gambar gue lebih jauh.

Explore environment lebih detail

perubahan1

Bandingin gambar waktu September 2008 gua masih belom mengasah basic skills secara penuh, jadi gambarnya masih kaku, outline-nya masih gak rapih, konsepnya juga gak mateng. Tujuh bulan berlalu, pada April 2009 gua udah jauh lebih mateng, cara narik garis udah lumayan oke, proporsi badan dan gesture udah lebih natural.

Berani Explore Teknik Lain

Sebelum gua bener-bener melepas comfort zone gue, gua selalu terjebak gambarnya juga itu-itu lagi, kalo gak style anime, atau gaya komik Marvel/DC ala Spiderman atau Batman. Jarang bangeeet gua berani nyoba explore gaya gambar lain.  Selain itu, teknik mewarnai gue masih standard banget, biasanya kalo di kelas paling-paling coba pakai pensil warna, krayon, spidol, atau cat air.

Nah, setelah gua menguatkan basic skills dan mencoba fokus melatih kelemahan gua, baru deh gua berani explore berbagai macam gaya gambar lain.

kompilasi

 [Gambar 1] itu waktu gua baru mulai explore teknik coloring digital. Tebak gua ngewarnain pake apa? Gua ngewarnain pake mouse tuh! Masih cupu bangetlah teknik ngewarnain gua. Baru deh setelah nabung cukup lama, gua mulai beli Wacom. Sejak gua punya Wacom, baru deh gua mulai explore teknik mewarnai yang lebih dinamis [gambar 2], coba bikin bentuk style gaya lain dari mulai karikatur [gambar 3], gaya kartun ala komik eropa [gambar 4], terus mulai coba gaya semi-realist dengan teknik coloring yang lebih kompleks [gambar 5 & 6].

Semua peningkatan kemampuan gambar gua ini, terjadi dalam tempo yang cuma sekitar 18 bulan dari pertengahan tahun 2008 sampai akhir tahun 2009. Yah, emang nggak secepet Karen Cheng, tapi ya lumayan lah. Kuncinya adalah untuk selalu menikmati proses belajar. Kalo lo belajar dengan kondisi yang tertekan, merasa ini jadi suatu beban, suatu kewajiban.. gua yakin hasilnya kalah jauh daripada orang yang enjoy their learning process!

****

So, di sini gua cuma mau buktiin ke lo bahwa kalo emang kita punya motivasi intrinsik dan kedisiplinan, lo bisa punya peningkatan skill baru yang signifikan dalam waktu yang relatif singkat. Lain ceritanya kalo lo emang les gambar, les piano, les gitar cuma karena terpaksa disuruh les sama orangtua. Gua yakin kalo lo cuma belajar karena terpaksa disuruh les sama ortu, lo gak akan punya perkembangan skill yang gokil kalo dibandingin sama yang mereka otodidak (belajar sendiri) tapi punya motivasi belajar secara intrinsik. Nah, mumpung sekarang ini baru awal tahun ajaran, gua mau tantangin lo semua. Kira-kira skill apa nih yang mau lo kembangkan satu tahun ke depan? Kalo berani, coba deh lo tulis komitmen lo dengan comment di bawah artikel ini, Okei? 🙂

======= CATATAN EDITOR =======

Buat yang mau ngobrol langsung sama Glenn, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Btw cara yang tadi gua jelasin di atas sebetulnya gak cuma terbatas pada non-akademis skill lho. Buat yang baru naik kelas 12 SMA, lo bisa praktekin cara di atas juga buat belajar persiapan SBMPTN dari sekarang, terutama kemampuan Matematika dan Bahasa Inggris.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Helen

    pertamax, inspiratif dan informatif banger ceritanya. tp emang bang tipe2 gw banget bang yg awalnya niat 110%, tapi lama kelamaan niat itu berkurang, disamping karena sibuk sekolah. kira2 kalo udh kuliah kan pasti sibuk bang, nah bisa ga ya fokus jg bwt ekskul dan organisasi? btw kok jago gambar tp ngambil ekonomi bang? hahaha

    • Glenn Ardi

      Hi Helen, justru waktu kuliah itu saatnya lo sibuk dengan kegiatan yang lo rancang sendiri. Jadi mahasiswa itu beda banget sama kehidupan pelajar SMA yang punya jadwal yang monoton. Waktu lo jadi mahasiswa, lo bisa bebas nentuin jumlah sks yang lo ambil di tiap semester, lo bisa bebas ikutin berbagai kegiatan yang menurut lo menarik. Termasuk juga bikin project dan kegiatan independen untuk meningkatkan kemampuan lo di bidang yang sebelumnya gak pernah lo kuasai 😉

  • M Fazlur Rahman

    aduh gagal petromax kedua aja dah.
    iya bang selama ini gw selalu pengen bisa ngelakuin hal' lain selain yg gw bisa, gw pengen banget tuh jago ngegambar kaya temen'' gw terutama gambaran loe bang, jago ngegitar, maen piano, pokoknya something new for me to do it and gw menikmatilah prosesnya. tapi keinginan itu hanya selalu gw bayangin aja gak pernah bener" gw lakukan. gw tetep akan berusaha bang utk mencoba lagi sesuatu yang menarik dilakukan yg udah gw tinggalin karena males kwkwwkwkwk

    • Glenn Ardi

      Weits, gambar gue lo jadiin profile avatar, sini bayar royalti dulu, hehe.. becanda. Oke deh, moga-moga abis baca artikel ini lo jadi gak males tapi bener-bener dilakuin yak~

      • M Fazlur Rahman

        wisss, oke dah bang untuk hal baru yang akan gw lakukan ini gw gak akan males"an lagi dah buat nekunin

  • Muhammad Najieb Haitami

    Hmm gua pengen nih punya kemampuan biola yg mantep, tapi kendalanya berat.
    Siapa yg bakal ngajarin? Kalo SBM sih ada zenius yg tiap hari bisa dipantengin.
    Gua juga males les2 gitu soalnya, dari segi biaya apalagi hehehe

    • Glenn Ardi

      Hei Najieb, jaman sekarang semuanya bisa dipelajari dari internet kali emang kita punya niat buat nyari bahan yang tepat. Kalo lo mau belajar dasar-dasar biola, bisa coba belajar dari coursera, gratis lho!

      https://www.coursera.org/course/teachingstrings

      • Muhammad Najieb Haitami

        Gokil nih jaman sekarang.. Thanks bang 😀

    • Ular

      "Net is vast and wide" -Makoto Kusanagi (Ghost in the Shell)

    • Nana Apriana

      Aku juga mau belajar biola. Rasanya adem gitu dengerin permainan biola. Udh cari sumber belajar di internet. Tp bru sadar ngk punya biola. He he he

  • Willy Indrayana Komara

    Kasus ente mirip sama kasus ane bang, haha

    • Brigitta Michelle

      semua artist pasti perlu referensi buat gambar soalnya kadang imajinasi/pikiran kita gak terlalu kuat buat bayangin sesuatu, apalagi kalo gambar pose. Kalo gak pake referensi, anatomynya bisa ngalor ngidul wkwk. Bahkan animator2 di disney dan dreamworks masih pake referensi kok. Referensi itu perlu biar kita gak 'salah' gambar. Referensi di sini maksudnya referensi pose atau bentuk objek secara umum di kehidupan nyata ya, bukan referensi artstyle (gaya menggambar seseorang). Artstyle itu contohnya gaya gambar anime/manga, kartun, realis dsb...

  • Fauzy Nur Noviansyah

    waduh.. kok mirip ye sama gw. wkwkwk.
    Gue sebenarnya bisa main piano, tapi lagunya itu-itu aja. dan segitu aja yg gue bisa. tiap maen piano, lagu yang gw mainin itu-itu aja. dan skill gw di piano sampe situ aja. ga berkembang-kembang. Sampe sekarang, gw ga bisa tuh yang namanya baca not balok, atau mainin kunci-kunci kompleks kaya A#, Bm, dll. Parah gw.
    Dari dulu emang suka liat tutorial cara mainin lagu-lagu di youtube dan gue ikutin cara-caranya dan akhirnya berhasil. tapi parahnya, walaupun udah lancar-lancar aja mainin lagunya, gue sama sekali gatau kunci apa aja yang gw mainin! Parah..
    Sampe skrng skill gw sampe itu-itu aja. gw masih bermimpi bisa jadi pianist advanced kaya yiruma. tapi kayaknya bakal susah. Hehe...
    setelah gw baca artikel ini, langsung gw niatin buat nekunin nih skill sampe advanced banget... wkwkwk

    • Glenn Ardi

      Nah lho, berarti sekarang saatnya lo keluar dari comfort zone dan mulai latihan lagi dari dasar.. begitu lo disiplin, pasti kaget deh sama hasilnya !

  • Arsy

    bang glen, thu skill2 nggambarnya dapet drmna?

    soalnya kalo ak pngen ningkatin skill gitar, lewat internet. ak rada bingung, banyak situs ngajarin nya enggk jelas,

    kalau tau situs yg recomended buat ngembangin skill gitar, share dong :))

    • Glenn Ardi

      Hi Arsy, kalo mau source belajar yang terpercaya, langsung aja ke coursera. Nih gua nemu segment buat belajar gitar.. yang ngajarin langsung dari Berklee College of Music
      https://www.coursera.org/course/guitar

      • Arsy

        yoi thanks bang glen :))

  • Andre

    Waah keren bang. Aku pingin banget bisa berbahasa inggris dengan lancar. Tapi dari dulu kok gak ada perubahan. Aku coba untuk nonton film gak pake subtitlle indonesia. Jadi aku denger langsung pake bahasa inggris, hehehe. Gue coba ngolah konsep gue tentang tenses, tapi gue bingung caranya. Minta tips dong bang. Trus kalau ada web yang bisa dipake blajar gitu tolong di share dong bang. Trims

  • Adi Narendra

    Halo ka Glenn. Kalau rekaman video zenius itu pakai app apa ya?

    • Glenn Ardi

      macem2, paling sering sih pake camtasia

  • ALTEREGO

    Wahhh contohnya pas banget. Pengen belajar ngegambar bang. Tapi belum punya dasar sebagus bang glenn. Bagi tutornya dong bang hhehe. Mau mulai dari awal

  • Ular

    Gue selalu inget satu ilmu kunci yg diajarkan sm Zenius lewat videonya mas Sabda, "Learning How to Learn" di awal2. Bisa diibaratkan kunci yg bisa berubah2 menyesuaikan bentuknya buat ngebuka gembok2 yang berbeda mereknya

  • Rin Mei

    Belajarnya les atau otodidak?

    • Glenn Ardi

      pernah les 3 bulan tapi gak sreg, selebihnya otodidak. ternyata lebih ngaruh belajar sendiri.

  • Hidup itu perlu tantangan gan, Tinggalkan Comfort zone,lalu Nikmatilah Camfret zone! -Motivator jalanan

  • Rananda Dian

    jadi inspirasi nih,sekarang gw lagi bikin game emang suka ada rasa males juga klo udah gagal tapi sampe sekarang masih gw terusin walaupun belum ada hasil yg cukup berarti sih.

  • Ivan putra eryansya

    keren bang! sebenarnya dari dulu gue udah sering bgt buat target 1 tahun nguasain suatu skill tertentu. kadang gue tulis di note bahkan sampe gue tempel di meja belajar gue, tapi yaa ituu.. kadang gak konsisten ngejalaninnya jadi nya mandek disitu2 aja. Kalo sekarang gue lagi punya target buat ngedalemin programming, gitar, harmonika, gambar, dan kemampuan berbahasa asing. banyak banget yaa maunya bang hahaha 😀

    • Glenn Ardi

      satu-satu dulu.. kalo kebanyakan malah jd setengah2 doang jadinya.

  • wahyu

    gue banget nih

    sering di bilang jago gambar disekolah, padahal cuma jiplak
    kalo boleh tau di mana belajar dasar menggambarnya?

    • Glenn Ardi

      Ini udah gua jawab di pertanyaan Zaheen di bawah yah..

  • Zaheen

    Halo kak gleen, kakak punya gak situs belajar menggambar step by step? Otodidak gitu...

  • AnnadiMuhammad Alkaf

    Bang, tau web yang bisa dipake buat 'nulis' ga? kalo tau, share dong. hehe

    • Glenn Ardi

      Pelajaran paling bagus untuk seorang penulis itu adalah membaca buku yang berkualitas dulu. Nanti kalo udah sering baca buku berkualitas juga sense buat nulis keluar sendiri secara signifikan. Saran gua sih byk baca buku sastra klasik Indonesia dulu. Dijamin skill nulis lo bakal ningkat signifikan

  • Gee

    Pencerahan banget bang! wkwkwk. Ane juga hobi ngegambar, ngelukis, main piano, nulis, tapi ya begitulah. Karena banyak hobi dan cepat bosan, jadi pada keteteran. Btw, gimana caranya buat fokus di satu bidang ya bang? terus kalo ditanya, mending ahli di satu bidang atau jadi orang yang 'cuma' bisa di banyak hal, abang pilih yang mana?
    Lagi nyari jalan hidup nih bang *etsahhhhhh . Mohon pencerahan level 2 nya 😀

    • Glenn Ardi

      Hi gee, kalo ditanya lebih bagus mana jago di banyak bidang atau satu bidang sih semua tergantung passion orangnya yah.. Kalo gua sih emg dalemin banyak bidang, karena emg pada hakikatnya semua ilmu itu terhubung dan saling terkait satu sama lain. Tapi emg sebaiknya difokusin buat jago di satu bidang dulu sampe basic skill-nya mateng, abis itu baru coba garap bidang lain.

  • benediktus

    Bang gw dr SD sampe SMK gw gk pernah dpt nilai bagus dalam pelajaran matematika .. jujur aja gw kalo di suruh itung - itungan gw agak lemot maksudnya lama mikirnya . Sekarang gw kerja ada itung - itungan juga .. gw kerja di percetakan koran gw ngitung brp yg harus gw cetak, koran kotornya brp, gw matiin mesin di teller brp, dsb itu semua udh di bikin rumusnya tp knp gw kok msh lemot kadang malah kelebihan banyak ...
    Gw minta saran dr abang atau gw hrs gmn biar gw bisa tepat gitu .. kadang jg gw di marahin ama team leader

    • Glenn Ardi

      Hi benediktus, sbetulnya matematika itu gak ada hubungannya sama matematika. Jadi orang yg jago matematika blm tentu jago ngitu, begitu juga sebaliknya yg jago ngitung blm tentu jago matematika.

      Coba denger dulu video ini deh https://www.zenius.net/c/402/postulat-dasar

  • febosa

    bang glenn.. ane mau juga lah bisa upgrade skill gambar ane.. btw ada link2nya gak ? saya cari pakek segala keyword yang bersangkutan gak ketemu2.. males jadinya

  • Abdul Latief A.

    Kalo kata Indonesian proverb, 'Panas-panas tahi ayam'

    Betul tuh, keluar dari zona nyaman dan coba hal-hal baru
    Ane belajar nyanyi otodidak dari setahun lalu, progresnya ane rekam dan upload di soundcloud. Sekarang ane dengerin sendiri ternyata bener2 beda dulu sama sekarang haha

    Sekarang baru proses back to basics yang bener, jadi ane baru mulai les vokal ke guru vokal beneran haha

    Acquiring new skills itu ASIK!

  • Hafidz Taqiudin

    wahh skill matematik ane bisa kali di tingkatin pake resep diatas

  • Fardhan Zaka

    Lagi lagi thread yang keren dari Bang Glen
    bang mau nanya dong
    saya pengen bgt nekunin dan punya skill yang canggih teater dan tari
    khususnya tari tradisional sama lyrical dance
    kira2 belajar dari mana ya bang..
    saya belajar dari youtube dan tutorial nya rata2 pake bahasa asing (re:inggris)
    nah saya jadi males kadang belajarnya bang karena kemampuan bahasa inggris yg belum ada kemajuan sama sekali
    apa ane belajar bahasa inggris dulu ya.. baru masuk kuliah nih
    penting bgt pastinya ya.. tp pengen nekunin nari juga yg disenengin
    sarannya ya bang

    • Glenn Ardi

      Hi Fardhan, saat ini bahasa inggris adalah pusaka paling sakti yang harus dimiliki siapapun. Jangan pernah jadikan bahasa inggris jadi kendala kamu dalam proses belajar. Makin lama ditunda buat belajar bahasa inggris, makin banyak kesempatan yang hilang. Dulu Wittgenstein pernah bilang "the limits of your language are the limits of your world"

      Buat belajar bahasa inggris yang fun, coba deh buka >> zeniusenglish.com

      • Fardhan Zaka

        makasih bang.. kalau begitu saya mau fokus belajar bahasa inggris dulu 🙂 selain dari zeniusenglish sumber belajarnya dari mana lagi ya bang.. trmks

        • febosa

          zeniusenglish itu lumayan dah lengkap loh!
          kalo ikutan toefl ITP mungkin bisa sampe skor 500 kalo kamu giat dan mau belajar.. btw seminggu abis lebaran aku juga mau aktivasi zeniusenglis

  • Gita Sabrina Jhoti

    GUE MAAAU BELAJAR GITAK KLASIK BAAAAAANGGG ❤❤❤ selama ini bisanya genjrang genjreng ajaaa trus dkit2 metik. Cuma 1 lagu klasik yg gue bisa. Dan itu menurut gue bnr2 dasar bgt yaitu lagu Romance de amore. Biasanya gue nyanyi smbil main gitar lagunya yang itu2 aja gak prnh ada perubahaaan. Makanya kali ini mw pelajarin gitarlklasik;) soalnya gue kagum bgt sama cewe2 spanyol yg umurnya msh muda tpi uda jago main gitarklasik.. makasih bang rekomendasinyaaaa top bgttt doakaaaan ya bang tercapai:-)

  • Taufik

    Bang Glenn, ada yang mau gue tanyain nih seputar ilmu filsafat. Gue rencananya mau ambil ilmu filsafat tahun ini. Tapi kebanyakan org berkata kalau lulusan filsafat itu sulit untuk mencari pekerjaan. Menurut pendapat Bang Glenn, filsafat itu gimana sih? Trus, kok bisa di bilang sulit mendapat pekerjaan? Mohon dijawab ya bang Glenn

    • Glenn Ardi

      Hi Taufik, esensi dari kuliah itu bukan persiapan buat cari kerja, tapi buat cari ilmu sedalam-dalamnya. Soal kerjaan sih nantinya pasti lo gampang dapetin kalo emang lo fokus dalam bidang yang lo tekuni. Gua kenal banyak orang yang fokus dalam bidang filsafat dan memiliki kebebasan finanasial. Ada banyak banget lapangan kerjaan dari mereka yang menekuni bidang filsafat, contohnya jadi kurator lukisan, penulis, sastrawan, kritikus film, social research, dsb..

      Cuman pertanyaannya gua cuman satu nih, kenapa lo bisa tertarik ilmu filsafat? Berapa banyak buku filsafat yang pernah lo baca? Lalu apa yang lo dapatkan / membuat lo penasaran ketika membaca buku filsafat?

      Kalo lo belom bisa menjawab pertanyaan itu, berarti lo harus refleksi diri dulu - kenapa lo memutuskan untuk ngambil filsafat.

  • Alisnainu Adeputri

    Hai Bang Glenn...Percaya gak percaya kisah itu emang nyata ya bang... kalo sesuatu ditekunin emang pasti hasilnya maksimal kayak lo gitu. oia, bang mau minta solusi nih, gue gagal di sbm kemaren. rencananya mau ikut mandiri, tapi kadang gue mikir gue pengen banget coba lagi sbm tahun depan. kalo ikut mandiri artinya tahun depan gak bisa ikut sbm lagi. hemm... gimana ya bang menurut lo? terus satu lagi pertanyaan, gue mau ikut sbm, gue tuh orangnya masih blm mateng bgt sama materi2 sbm, soalnya gue belajar semua nya sendiri. kalo ada yg bingung mau nanya siapa.. kalo mau les, biaya bang gilee selangit... -_- soalnya banyak yang bilang kalo ikut sbm gak pake les/bimbel biasanya gak lolos. sedangkan gue selama ini cuma bisa belajar dari buku2 sbm yg banyak dijual. menurut lo maksimal ga sih bang kalo belajarnya begitu?

  • Mita

    Banyak sih klo yang pengen di pelajari, tapi satu satu dulu, biar ga jadi bingung sendiri, sekarang sih lagi belajar buat robot. Tantangannya sebenernya konsisten klo gue bang. Klo udah mendet suka jadi males hehehe

  • ken

    bang kalo sy mau nyoba explore beladiri? tapi klo capek ntar belajar nya gimana ya bang (?) pengen bgt keluar dr comfort zone..nikmatin masa muda tapi takut prestasi terbengkalai. sy anak ipa bang yang katanya 'berat' hehe saran dong bang

  • ken

    oiya bang salam buat model kaos zenius yg kiri ya!

  • Tri Dian Dhaneswara

    hei mas, menginspirasi bgt tulisannya aku pingin banget bisa ngomong bahasa inggris terus ikut MUN gitu, sekarang aku kuliah di teknik mesin undip semester 3 dan pingin bgt nunjukin ke orang2 klo semster 3 itu bukan kuburannya anak mesin mas,pingin bgt memahami materi semester 3 besok mas trus ngajarin temen2 yang kesusahan, tapi aku ga tau langkah awal apa yg harus aku lakuin, heheh maaf curhat ya mas, barang kali mas glen ada saran buat aku 😀 makasih ya mas

  • Muhammad Vickry

    Bang Glen ane dari lampung ..
    makasih banyak bang setelah ane baca artikel abang banyak nginspirasi saya , saya gagal tahun ini banggaiin orang tua buat kuliah di universitas favorite di jawa kaya STAN , UI bang ..
    ane udh belajar ngaji dari TK sampe sekarang cuma belum lancar lancar bang , ane komitmen tahun depan ane harus Lancar ngaji buat bekingan ane di dunia dan akhirat 😀

  • Muhammad Vickry

    wah lg lg thread yang banyak nginspirasi dari bang glen ,
    bang mau tanya dong , gw salah satu org yg gagal SBM thun ini bang .
    kesalahan gw :
    1. terlalu banyak ngumpulin bahan materi pelajarn ( ujung"nya cm sedikit yg dipelajarin )
    2 . karna kebanyakan bahan materi gw jd gk fokus melajarinya bang .
    pertanyaanya .. gmn caranya biar gw fokus dan ngilangin rasa males belajar gw bang ?

  • silfa

    gue sih sebenrnya pengen banget explore kemampuan gue tapi selalu aja ga nemuin yang bener2 pas. abisnya setiap niat pengen ngelakuin sesuatu kaya gambar, main piano, gitar, ato apalah, abis gagal langsung ga ada semangat nya. kira2 ada tips ga biar bisa macu semangat ?

  • Samuel

    kalo pengen belajar gambar manga gitu kakak tau dimana ?

  • Ardi Holmes

    gue mau ningkatin skill bahasa inggris gue bang 🙂

  • Sovia Khalida

    lo tau bang, gue lagi ngalamin yang ginian ._. kalo gambar gue gamau gambar tangan sama mukanya :v gue ogah gambar gituan, gue lebih suka di comfort zone gue di doodling. sekarang gue mau coba lagi bikin gambar muka sama benerin proporsi XD tengs bang, kewl! (y)

  • Yudhis

    bang ane mau nanya
    klok ane kan punya bnyk banget ketertarikan nih , tu sebaiknya ane eksplor satu dulu aja atau gmana ya ?
    trus misalkan ane udah eksplor satu hal tersebut dalam-dalam dan ane mulai eksplore hal lain , apakan hal yang udah ane pelajarin dulu itu bakal hilang /

  • alfinsa

    kayaknya gue telat nih bang baca post ini hehehe

    cerita neh...
    anyway, di sela-sela kesibukan gue sebagai siswa SMA, gue masih nyempetin buat nyari sense of wonder... mencoba hal yang baru, dan pilihan gue jatoh ke cover dance wkwk.. but seriously ini bikin gue tertantang, jadi makin demen nguliknya dari dance practice yutup.

    "bingung mau lakuin hal baru seperti apa?
    lakuin aja apa yang pengen elu lakuin." (quote by me :v )

  • Hafizh A Permana

    Bang, kalo fokus belajar kita banyak gimana? Misal gue nih pengen serius belajar kimia, wirausaha, metode penulisan ilmiah, ama penelitian.

    Dan gimana jaga konsistensi skill2 lama yang udah gue pelajari? Maksud gue kan pasti konsum waktu banget tuh belajar hal2 baru dan yang kita hindari. Khawatir melupakan atau mengurangi skill yang lama.

    Thanks.

  • fira

    gw sih dari dulu udah pingin banget bisa bahasa jepang bang. Tiga tahun SMA gw belajar sendiri buat ngehafalin katakana hiragana , tapi belom sempet gw nyampe kanji udah lupa beberapa. gimana ya bang ? padahal huruf2 itu uda gw tulis besar trus gw tempelin di dinding kamar gw selama 3 tahun tapi tetep aja skill gw di bahasa jepang cuma segitu2 aja . minta sarannya ya bang .

  • Melody

    Gue sama kayak lo bang, hobby gambar dan pengen bikin project video animasi. Tapi masalahnya gak ada dukungan bang, gue semua autodidak tapi ya kemampuan gue segitu" aja jadinya

  • Dyah

    Belajar bahasa dan komunikasi !!! Sejak kecil gw bermasalah terus sm mereka. Gw mulai serius pelajari itu awal thn ini tp abis belajar gw malah sering sakit dan balik lg ke comfort zone gw, seni atau yg berhubungan sm matematika. :s

  • Muhammad Ikbal

    Keren banget nih artikel..
    Bung glen, mau nanya punya refrensi buku atau situs untuk belajar jadi penulis novel gag??

    Pengen banget mmbuat karya novel, ide udah ada tapi. Tapi kmampuan menulis dan merangkai kata masih nol.. jdi pngen bngt bsa blajar menulis scara terstruktur dri konsep..

    Thanks before.

  • Bagus Sudewo

    hehe.. kebetulan baru baca postingan ini ppas nunggu pengumuman... oh ya btw gua pengen belajar untuk punya kemempuan kounikasi yg efektif... bisa dengan baik ngeluarin segala ide lewat omongan... bisa ga pake cara yg d tulis d artikel in? klo bisa apa basic skill yg harus di lakuin.. mohon bantuanya..

  • Erick Alexander

    Bang saya mau nanya nih....
    saya sudah berumur kepala dua, menurut bang sudah telat belum untuk mencoba hobi baru (seperti main piano, dansa, bikin animasi,dsb)

    • Nana Apriana

      Ngk ada yg telat dlm belajar. Soalny saya juga gitu

  • ester

    hai ka,cerita kaka sama persis kaya aku,aku suka gambar tapi yah masih gitu2 aja kalah jauh sama temen2 yang latih gambarnya setiap hari,mungkin karena ngerasa cukup jadi aku jarang latihan" deliberate practice" tapi pas baca artikel ini,aku jadi mau ngulang lagi dasar2 nya dari nol karena aku jadi sadar dasar nya aja aku belum mateng ka tapi malah coba ke konsep2 gambar yang lain hehe..salah benget kan ka pastinya,dan makasih kak,lewat tulisan blog ini aku jadi semangat buat coba lagi dari nol!hehehe..oh iya ka kaka belajar gambar itu referensi nya dari mana kak?dari internet(youtube,dll)atau dari buku panduan kah?

  • ester

    hai ka,cerita kaka sama persis kaya aku,aku suka gambar tapi yah masih gitu2 aja kalah jauh sama temen2 yang latih gambarnya setiap hari,mungkin karena ngerasa cukup jadi aku jarang latihan" deliberate practice" tapi pas baca artikel ini,aku jadi mau ngulang lagi dasar2 nya dari nol karena aku jadi sadar dasar nya aja aku belum mateng ka tapi malah coba ke konsep2 gambar yang lain hehe..salah benget kan ka pastinya,dan makasih kak,lewat tulisan blog ini aku jadi semangat buat coba lagi dari nol!hehehe..oh iya ka kaka belajar gambar(dasar2nya yang kaya kaka bilang "Ada basic skills yang gua pelajari, dari mulai gimana narik garis, konsep proporsi badan manusia, gambar perspektif, perpaduan warna, lekuk ekspresi wajah, dsb..") ,itu referensi nya dari mana kak?dari internet(youtube,dll)atau dari buku panduan kah?

  • Ruki Ciel

    ah tulisan yg menginspirasi skali ..kebetulan problem gw sama..anyway mau tanya bang itu belajar dasar2 gambarnya dari internet apa dr kursus / kuliah? Klo internet bisa kasih contoh atau mungkin webnya bang..(yang bhs indo lbh suka hehe) soalnya gw bener2 bingung diinternet banyak bgt bingung milihnya.. thx ya bang utk tulisan yg bermanfaat dan gw baca disaat yg tepat juga