diagram venn

4 Macam Himpunan dalam Diagram Venn

Halo sobat Zenius! Apa kabar nih? Elo tau himpunan diagram venn, gak sih? Yang belum kenal, yuk kita kenalan dulu.

Himpunan itu sendiri merupakan sekumpulan objek tertentu, memiliki definisi yang jelas sehingga dianggap sebagai satu kesatuan.

Buat elo yang ingin tau lebih dalam bisa langsung cek artikel Himpunan: Pengertian, Cara Menyatakan, Jenis, Operasi, dan Contoh Soal ya!

Nah, sekarang izinkan gue ngebahas tentang pengertian dan macam macam diagram venn. Yuk langsung aja lanjut!

Diagram Venn
Diagram Venn (Arsip Zenius)

Diagram yang menyatakan hubungan dari beberapa anggota himpunan disebut diagram venn. Diagram Venn merupakan gambar yang menyatakan suatu himpunan pada himpunan semesta.

Jadi, diagram venn ini bertugas memindahkan himpunan dalam bentuk gambar diagram agar lebih enak dilihat dan lebih mudah dipahami. 

Diagram venn yang sejak awal digunakan sebagai gambaran hubungan atau relasi antar kelas pertama kali diperkenalkan pada tahun 1880 oleh bapak John Venn (1834-1923); seorang ahli logika, matematika dan filosofi Inggris.

“Hah? Gimana tuh maksudnya?”

Jadi gini, sekarang misalkan himpunan A sebagai himpunan “bubur nggak diaduk”. Nah, artinya semua orang yang makan buburnya nggak diaduk merupakan anggota himpunan A.

Terus yang makan buburnya diaduk gimana? Ya, nggak masuk himpunan A dong!

BTW, himpunan juga bisa kosong, nggak ada isinya. Contohnya himpunan barisan mantan terindah, karena kalo terindah kenapa jadi mantan? Hadehh… 

Karakteristik Diagram Venn

Diagram venn memiliki ketentuan dalam pembuatannya. Sehingga gak bisa sembarangan karena udah ada SOPnya. Apa aja, ya.

Ketentuan dalam pembuatan diagram venn, antara lain:

(1) Himpunan semesta (S) umumnya digambarkan dengan persegi besar yang disertai lambang S pada sudut kiri atas

(2) Himpunan lainnya digambarkan dengan kurva tertutup yaitu lingkaran

(3) Setiap anggota digambarkan dengan titik (noktah) dan namanya ditulis dekat titik tersebut

Sekarang kalau elo sudah paham ketentuan pembuatan diagram venn, kita lanjut yuk ke macam-macam bentuknya

Macam-macam bentuk diagram venn

Bagian ini akan membuat elo dapat menjawab ketika Bapak/Ibu guru nanya ‘ada berapa macam bentuk diagram venn jelaskan!’.

Himpunan memiliki banyak sekali macam jenis, begitu juga dengan diagram venn yang isinya adalah data himpunan.

Himpunan berpotongan

Himpunan Berpotongan
Himpunan Berpotongan (Arsip Zenius)

Himpunan pertama yang paling umum dan banyak ditemui adalah himpunan berpotongan. Himpunan disebut berpotongan apabila ada anggota himpunan A yang juga merupakan anggota himpunan B. Himpunan A dan B yang berpotongan bisa dituliskan A ∩ B.

Himpunan bagian

Himpunan Bagian
Himpunan Bagian (Arsip Zenius)

Himpunan dapat dikatakan himpunan bagian ketika semua anggota himpunan A masuk ke dalam himpunan B juga. Ya, semacam pertemanan dalam kelompok pertemanan gitu lah 🙂

Himpunan saling lepas

Himpunan Saling Lepas
Himpunan Saling Lepas (Arsip Zenius)

Himpunan yang ketiga ada himpunan yang saling lepas. Gimana tuh maksudnya? Jadi himpunan saling lepas terjadi dikarenakan tidak adanya anggota himpunan A dan B yang sama. Ya pisah saling mandiri aja begitu. Himpunan ini ditulis sebagai A // B.

Himpunan sama

Himpunan Sama
Himpunan Sama (Arsip Zenius)

Himpunan yang terakhir ada himpunan sama. Yaa sesuai namanya, suatu himpunan dikatakan sebagai himpunan yang sama apabila setiap anggota himpunan A merupakan anggota himpunan B, dan gitu juga sebaliknya, setiap anggota himpunan B merupakan anggota himpunan A. Himpunan yang sama ini bisa dituliskan A = B.

Contoh soal

Gimana? Sekarang langsung coba lanjut ke contoh soal himpunan diagram venn, yuk!

Karina ditugaskan oleh wali kelasnya untuk mendata pilihan ekskul murid kelas XI MIPA 2. Dari data Karina mendapatkan sebanyak 20 orang memilih ekskul cheerleaders, 15 orang memilih ekskul saman, 10 orang ternyata memilih ekskul cheerleaders dan saman, serta 5 orang lainnya tidak mau ikut ekskul sama sekali. Nah, dari data tersebut ada berapa sih jumlah murid di kelas XI MIPA 2?

Contoh soal himpunan

Nah, ternyata seru banget ya mengoperasikan diagram venn itu. Elo bisa latih terus loh kemampuan mengolah data menjadi diagram kalian dengan mulai dari mendata hal-hal kecil, seperti lagu yang kalian dengar saat ingin tidur, dan lagu yang kalian dengar saat belajar. Apakah ternyata ada yang sama?

Kalau kalian pengen upgrade kemampuan mengoperasikan diagram venn, langsung cek aja nih artikel Gimana Cara Mengerjakan Soal TPS / TPA Diagram Venn?. Masih ga puas? Bisa langsung aja ke aplikasi Zenius biar bisa terus upgrade materi lainnya.

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (ANDROID)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (APPLE)

4 Macam Himpunan dalam Diagram Venn 9

Originally published: September 4, 2021
Updated by: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!