Tips untuk Persiapkan UTBK 2022

UTBK Fest: Persiapan Sukses UTBK

Hai Sobat Zenius para pejuang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)! Gimana persiapannya nih? Sudah siap tempur? Atau masih kebingungan apa saja sih yang harus elo siapin untuk UTBK selain pemahaman materi? 

Tenang-tenang, tak perlu khawatir. Elo bisa banget dapat jawaban dengan ngikutin UTBK Fest Zenius yang lagi berlangsung dari 11 Januari – 4 Februari 2022 ini, nih! Elo bisa dapatin banyak hal, mulai dari strategi jawab UTBK, kehidupan kampus, sampai pembahasan karir habis lulus kuliah. Biar elo lebih mantap jawab soal UTBK.

Nah, kebetulan kemarin, Selasa 11/01/2021 pukul 16.00 WIB, gue datang ke UTBK Fest. Acara yang gue datengin ini mengangkat tema Pembukaan UTBK Fest: Apa Aja ya yang Perlu Disiapin?, ini ternyata seru banget, lho. 

Gue tentunya nggak sendirian, kurang lebih ada 100 orang lebih yang gabung kemarin. Acara yang dipandu oleh Azhar Fahd, tutor development manager Zenius ini juga ngedatengin Maria Gabriella lulusan Teknik Bioproses Universitas Indonesia (UI) angkatan 2017.

Gaby – biasanya Maria Gabriella disapa, berbagi pengalamannya masuk UI lewat jalur UTBK ini. Uniknya, Gaby ternyata mengalami gap year dan bisa lolos habis belajar di Zenius, lho. 

Nah, selama mengikuti pelatihan di Zenius, Gaby merasa banyak mendapatkan pencerahan. Apalagi, konsep belajarnya fokus pada goals atau tujuan akhirnya agar nilai UTBK-nya oke.

Gaby cerita kalau dulu dia belum mengerti soal konsep dasar pelajaran Biologi, terutama soal animalia. Kemudian, dia banyak dapat ringkasan materi di Zenius soal konsep genetik makhluk hidup. Oh, tentunya, ini sangat berguna sekali untuknya yang mengambil jurusan Teknik Bioproses. 

“Waktu gap year aku belajar ikutin yang dari blog Zenius. Jadi belajar dari yang kecil-kecil kaya sel, lama-lama jadi besar kaya ekosistem. Jadi aku belajar nggak cuma soal prioritasku, tapi juga hal-hal dasar.”

Maria Gabriella

Nah, proses belajar Gaby pun lebih mudah, lantaran materinya fokus pada tujuan akhirnya. Jadi, dia nggak perlu belajar setiap hari. Terpenting dia dapat tujuan akhir sesuai target yang dia buat. 

Gaby juga cerita kalau dia membuat skala prioritas dalam belajar agar terorganisir. Pertama-tama, Gaby membuat daftar hal yang akan keluar di ujian, kemudian dia memperdalam materi yang masih kurang dipahami. Baru deh, Gaby susun rangkaian materi untuk dia pelajari.

“Kalo cara belajar, aku balik lagi ke deliberate practice tadi, nonton dulu video materi, terus tuangin dalam bentuk catatan kalo bisa pake bahasa sendiri,” tambahnya. 

Nggak cuma materi tekstual saja, dia juga memanfaatkan materi video. Menurutnya, ini membantu untuk memvisualisasikan materi dan membuatnya mudah mengerti. Baru deh, setelah dia paham materinya, Gaby pun mencatat konsep itu agar mudah diingat.

UTBK Fest: Persiapan Sukses UTBK 9
Ilustrasi Zenius Tentang UTBK

Eitts, tapi Gaby nggak cuma ngasih tips mengerti materi belajar aja sih. Gue juga dapat tips gimana caranya biar belajar tuh, jadi nggak bosenin. Pasti, elo butuh banget kan?

Menurut dia begini, “Yang pasti harus cukup minum air putih, menjaga hidrasi tubuh juga penting nih supaya tetap fit. Bangun untuk peregangan sedikit-sedikit kaya peregangan badan, atau jalan-jalan keliling rumah buat lihat suasana baru juga bisa. Pokoknya jauhin diri dari buku dan laptop yang jadi sumber capek.”

Nggak cuma itu aja, biar elo makin segar. Gaby nyaranin untuk sering-sering nonton video hiburan di YouTube. Ya, atau enggak, elo bisa tuh, luangin waktu untuk fangirling artis K-Pop. Enggak apa-apa kok, kalau elo mau main seharian juga. 

Terus kalau kecanduan dan lupa waktu gimana?

Nah, Gaby nyaranin elo nih, Sobat Zenius, untuk pasang alarm. Alarm ini yang akan ngingetin elo untuk belajar lagi. Simpel kan?

Terpenting nih, elo nggak perlu maksain diri untuk belajar melebih batas wajar. Misalnya, elo belajar sampai 12 jam dalam sehari. Duh, ini bisa-bisa elo tumbang nanti pas jadwal UTBK! Padahal, kesehatan juga jadi kunci sukses kamu, lho. 

Memang sih, gue ngerti banget hal ini sulit dilakukan, kalau elo mengalami gap year. Pasti bawaannya takut gagal kayak tahun sebelumnya. Tapi, inget pepatah ini deh, “Kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda”. 

Elo gap year bukan berarti gagal, kok. Tapi, ini jalan kesuksesan elo untuk nyoba UTBK dan siapin diri lebih matang lagi. Sembari nunggu, elo bisa ambil kursus bahasa Inggris, eksplor banyak hal untuk ngembangin diri elo juga. Jadi, pas UTBK, dijamin deh, pribadi elo juga tumbuh, lho.

Jadi kurang lebih begitu acara pembukaan UTBK Fest, Sobat Zenius. Kalau elo masih punya banyak pertanyaan seputar UTBK, yuk, pantau UTBK Fest di aplikasi Zenius! Info lengkapnya bisa elo cek di sini Ganti Cara Persiapan UTBK Elo di Zenius UTBK Fest

Tetap semangat ya, Sobat Zenius! Gue yakin elo pasti bisa!

Bagikan Artikel Ini!