Tips Persiapan Belajar UN SMA Matematika IPS

Halo, tulisan blog kali ini gua buat khusus buat anak kelas 12 SMA IPS yang lagi gundah hatinya karena pada kebingungan belajar buat UN SMA Matematika IPS. Sebelum kita mulai bahas tentang persiapan belajar UN Matematika-nya, gua mau cerita-cerita dikit dulu tentang 2 pengalaman gua. Cerita ini beneran kisah nyata, dan semua tokoh yang terlibat di dalamnya udah gua mintain ijin buat dipublikasikan. Pengalaman pertama gua gini ceritanya...

CERITA #1

Jadi, sekitar dua bulan yang lalu, gue lagi in the mood gaul jadi sok-sokan kerja pake laptop di sebuah coffee shop. Karena kebetulan tas laptop yang gue bawa ada logo zeniusnya, gak lama setelah gue duduk seorang berperawakan umur 30an yang kebetulan duduk di sebelah gue nanya,“Mas, make Zenius yah?”, terus gue jawab “Oh, gue kerja di Zenius” jawab gue dengan riang dan tak pernah padam. Eh, begitu dia tau gue kerja di zenius, dia malah memperkenalkan diri...

“Kenalin nama gue Sacha (dibaca : Sa-Ca), dulu gue sempet main ke kantor Zenius, karena kenal sama Wisnu (Wisnu OPS maksudnya). Setelah gue ngobrol, akhirnya tau produk-pruduk zenius”.

Seiring berjalannya waktu, pembicaraan kami semakin hangat. Sesekali, kami saling menatap satu sama lain. Angin malam waktu itu bergulir dengan sayu. Sampai akhirnya Sacha mengatakan hal yang sangat menggetarkan, begini katanya..

“.. Jadi, gue dulu kuliah S1 di Unpad jurusan Hukum. Sekarang, gue lagi belajar untuk ngambil tes buat jadi pengacara. Setelah gue ketemu sama pengacara-pengacara andal yang lain, banyak dari mereka yang menyarankan gue untuk belajar matematika lagi dengan bener. Nah, setelah gue tau pruduk zenius, sekarang gue belajar matematikanya dari situ.Sebetulnya dari kecil tuh gue payaah banget sama matematika, bahkan waktu UMPTN dulu, gue cuma jawab cuma satu soal matematika dasar dan untungnya gue keterima di Hukum Unpad. Nah, jujur sekarang-sekarang ini baru terasa buat gue kelemahan matematika itu nyusahin gue sekarang. Hingga, akhirnya gue mutusin untuk belajar matematika lagi di zenius. Gue belajar dari matematika SD, terus pelan-pelan gue masuk juga ke matematika SMP, sampai gua masuk ke materi SMA, dan seterusnya..”

 

Dengan sok-sok cuek (padahal sebetulnya kaget) gua langsung bilang ke dia “Wah, gokil banget lo, jujur, gue baru nemu langsung yang kaya gini..!! Biasanya gua harus ngebujuk murid supaya belajar pake zenius buat ujian, Sekarang lo tanpa ada paksaan buat ujian malah belajar dengan sukarela. Kalo boleh tau kenapa sih lo sampe segitunya mau ngulang pelajaran matematika?” Lalu dia kira-kira jawab kayak gini...

“Setelah gua masuk ke dunia kerja, terutama bidang Hukum. Dari situ gue sadar kemampuan bermatematika sangat penting buat ngebangun landasan berpikir gue lebih kuat, bisa berargumen lebih mantep, nulis lebih mateng, menganalisa lebih dalem, berdebat lebih tepat, dan sebagainya.. Jadi buat ningkatin kemampuan gua dalam dunia kerja, gue ngulang belajar logika lagi, aljabar, dan hampir semua materi matematika dari dasar. Gue baru sadar kalo pelajaran matematika itu gak cuma berguna buat ngerjain soal, tapi buat jadi landasan berpikir di dunia kerja apapun bidangnya!"

 

Kata-kata dia mungkin nggak persis banget kayak gitu, tapi intinya emang itu point yang gua inget. Nah sekarang apa sih sebenernya yang mau gua sampaikan dalam cerita di atas?

Sebetulnya gua cuma mau ngasih liat suatu situasi nyata yang gua alami tentang belajar matematika. Soalnya gini, sering banget dalam pengalaman gue ngajar, banyak banget anak IPS yang ngeluh..

" Duh, gue kan anak IPS, bukan anak IPA. Ngapain sih harus belajar Matematika?? Matematika kan buat anak IPA yang seneng ngitung, gua kan masuk IPS karena suka hafalan."

 

Ada 5 hal yang pengen gua tekankan disini.

  1. Jurusan IPA gak identik sama itungan.

  2. Jurusan IPS gak identik dengan hafalan.

  3. Matematika gak ada hubungannya sama itungan.

  4. Matematika gak terkait sama jurusan IPA.

  5. Baik jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa itu butuh Matematika, terlepas dari apapun jurusannya.

Dari dari pengalaman gua ini, gua berpikir bahwa sedikitnya ini membuktikan bahwa matematika tuh emang beneran penting banget buat landasan berpikir, terlepas dari apapun disiplin ilmu yang akan lo pilih, atau kerjaan apapun yang nanti lo geluti..

Oke, berikutnya gua mau cerita tentang pengalaman gua yang kedua tentang anak-anak IPS yang pernah gua ajar, berikut ini ceritanya...

CERITA #2

Di suatu hari yang cerah dan penuh makna, gue ngajar kelas 12 SMA IPS di Zenius-X Tebet..

“Coba, sekarang gue tanya, kalo delapan dibagi dua berapa?”, “Empaaaaat” jawab semua siswa dengan lantang lagi percaya diri. Gue melanjutkan pertanyaan, “Kalo empat dibagi dua?”, tanpa banyak jeda, siswa langsung menjawab “Duaaaaaa”. Dengan tidak mengundur waktu, gue langsung bertanya lagi, “Kalo dua dibagi dua?”, untuk kesekian kalinya siswa menjawab cepat dan yakin, “Satuuuuu”. Dengan wajah sumringah dan tatapan penuh harapan, gue bertanya lagi, “Nah, kalo satu dibagi dua?”. Tak lama kemudian, kelas menjadi hening. Tidak ada suara jawaban siswa yang terlontar pada waktu itu. Yang ada hanya tatapan siswa melongo dan hanya ada suara hembusan AC yang agak bocor. Seorang siswa memecahkan keheningan dengan berkata, “Anjriiiit, bingung gue kalo satu bagi dua. Yang sebelumnya bisa dibagi. Kalo yang ini nggak bisa.”

 

facepalm_227785

Begitulah keadaan kelas waktu itu. Gue langsung bertanya dalam hati, “Bagaimana mungkin siswa ini bisa ada di kelas 12 SMA, ngapain aja selama ini, pas SD, SMP, terus pas orok diapain aja sama orang tuanya, sama gurunya, sama tetangganya, Tidaaaaaak...”.

Setelah gue beberapa kali ngajar SMA IPS, gue mengamati kalo kemampuan matematika siswa IPS cenderung lebih lemah dibanding siswa IPA. Emang sayangnya realita yang terjadi di Sekolah Indonesia adalah memasukan anak-anak yang pinter matematika ke jurusan IPA. Sedangkan yang nggak jago matematika masuk IPS. Padahal perbedaan IPA dan IPS itu maksudnya anak IPA lebih fokus ke natural science, anak IPS lebih fokus ke social science. Dan baik jurusan IPA maupun IPS perlu kemampuan matematika untuk melatih logika cara berpikir yang terstruktur. 

Sayangnya dengan pembagian yang keliru seperti itu, ada beberapa kasus di mana anak IPS yang sebetulnya belum layak naik kelas tapi jadi bisa naik kelas karena standar kelasnya diturunin. Akibatnya di beberapa hari menjelang UN seperti ini, banyak banget siswa IPS yang takut nggak lulus.

Jujur aja, pas gue awal mulai ngajar siswa IPS beberapa tahun yang lalu, gua sempet kepikiran “Duh murid-murid gue bisa pada bisa lulus UN SMA gak yaah? Jangan-jangan gue kasih soal UN SD atau UN SMP pun, bisa jadi masih ada soal yang gak bisa mereka kerjain.

Tapiii.. dengan jerih upaya yang bakal kepanjangan gua ceritain, ternyata siswa yang gue ajar selama bertahun-tahun ini selalu 100% lulus UN SMA. Nah, terlepas dari semua cucuran darah, keringat dan air mata yang tergenang buat merealisasikan hal itu.

Dari kedua cerita pengalaman gue di atas, gue mau bagikan beberapa tips berdasarkan pengalaman gue buat belajar efektif UN Matematika IPS. Sejauh ini, gue merumuskan beberapa hal terutama buat lo anak IPS buat persiapan ujian nasional :

 1. Back to the very basic

Langkah pertama ini khusus buat lo yang ngerasa lemah banget di matematika, nggak usah malu-malu ato minder, karena dari pengalaman gua ngajar anak IPS, ternyata banyak banget yang ketinggalan terlalu jauh kemampuannya sama temen-temen lo.

Kalo gue analogikan dengan main bola, seorang calon pemain bola yang handal itu harus latihan dasar-dasar dulu sebelum tanding main bola beneran. Kalo dulu waktu SD gua pernah ikut club pelatihan sepak bola, saat pertama kali gua nggak langsung coba tanding main bola di lapangan. Justru gua diajarin hal yang mendasar dulu, dari melatih kebugaran supaya fisik prima, jaga stamina supaya gak gampang capek, peregangan otot supaya lentur dan bisa bereaksi lebih cepat. Itulah dasar-dasar yang gua maksud.

Terus, gimana cara taunya lo sebetulnya masih perlu belajar lagi dari basic ato nggak? Nah sekarang gua coba kasih lo pertanyaan yang biasanya gua tanyain buat ngukur sampe dimana pemahaman dasar dalam matematika

“Kalo a pangkat m, dimana m bilangan bulat positif, berarti kan a dikali a dikali a dan seterusnya sebanyak m, nah sekarang kalo segitiga juga gitu, segitiga pangkat n, dimana n bilangan bulat positif, berarti segitiga dikali segitiga dan seterusnya sebanyak n. Sekarang kalo segitiga itu adalah a pangkat m, kalo gitu segitiga pangkat n adalah a pangkat berapa?”

 

matematika-dasar1

Hmmm.. gua masih inget waktu suatu kali gua nanya pertanyaan yang sama seperti di kelas IPS, setelah keheningan yang cukup lama, seorang siswa (setelah berpikir matang) menjawab dengan lantang dan penuh percaya diri “A pangkat segitiga !!” 

jiFfM

Nah, buat lo yang juga masih bingung ato punya jawabannya yang sama kayak di siswa di atas, berarti gua harap lo nyadar kalo lo udah ketinggalan banget kemampuan matematikanya, saran dari gue coba mulai belajar dari basic lagi deh !

Pertama, lo semua wajib nonton video yang satu ini, sebelum mulai belajar matematika..

Kalo udah, buat lo yang mau coba ngintip materi dasar banget, gak usah gengsi deh ngulang pelajaran dari SD atau SMP, gua yakin diantara lo ada kok yang mikir

"Ya elaah.. gua ini udah kelas 12 SMA woi, masa iya gua harus ngulang materi SD sama SMP?? Lo ngeremehin banget anak IPS kalo gini caranya!"

 

Oke, mungkin emang ada diantara lo yang udah lumayan kuat basic-nya dan bisa langsung lanjut ke step berikutnya. TAPI, gua yakin kok masih banyak di antara lo yang kalo aja penasaran pengen ngintip bentar materi SD sama SMP, pasti lumayan banyak yang dalam hati ngomong..

"Ooohh... ternyata maksudnya gini toh !! Pantesan selama ini gua gak ngerti di kelas dan ketinggalan mulu sama yang lain.."

 

Nah, kalo ada di antara lo yang emang ngerasa masih perlu belajar lagi dari dasar, jangan malu-malu buat buka lagi..

 

 

Naah, ibarat main bola, kalo stamina lo udah OKE, fisik lo udah FIT, badan lo udah LENTUR, bukan berarti lo langsung latihan tanding main bola! Setelah itu, lo bisa masuk ke tahap belajar berikutnya, yaitu dalemin teknik-tenik dasar main bola, seperti cara passing yang bener, cara dribble bola yang lancar, cara shooting yang keras, cara ngumpan yang akurat, dsb...

Begitu juga dengan belajar matematika, setelah lo ngerti dasarnya, lo bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu dalemin materi setiap bab!

 

2. Hantamin bab demi bab demi bab

Nah, setelah latihan dasar kayak ngebangun stamina, fitness, kelenturan, dll.. Berikutnya lo harus latihan kontrol bola, passing, heading, shooting, tackling, dan sebagainya yang berhubungan “langsung” dengan pertandingan sepak bola.

Sekarang, bab mana aja nih yang harus difokusin buat persiapan UN Matematika SMA? Untungnya nih pemerintah udah ngasih SKL (kisi-kisi) tentang bab mana aja yang dianggap penting sama pemerintah buat dijadiin bahan soal UN. Nah sekarang, yuk kita bahas satu per satu isi dari SKL itu.

SKL 1

Nah buat kompetensi nomer 1 ini, lo bisa pelajari semua materinya di zenius.net pada link berikut ini..

SKL 2

Buat kompetensi SKL nomer 2 ini, lo bisa pelajari semua materinya di zenius.net pada link berikut ini..

SKL 3

Untuk kompetensi SKL nomer 3, lo bisa pelajari semua materinya di zenius.net pada link berikut ini..

SKL 4

Terakhir di kompetensi SKL nomer 4, lo bisa pelajari semua materinya di zenius.net pada link berikut ini..

Itu dia barusan video-video terkini mengenai persiapan Ujian Nasional Matematika IPS SMA berdasarkan SKL. Nah setelah pendalaman materi pada setiap bab, gua analogikan berarti lo udah punya fisik yang prima dan teknik dasar yang lengkap buat latihan tanding. So langkah berikutnya buat belajar UN SMA IPS adalah..

 

3. Kerjain soal campuran yang beragam

Kalo di sepak bola, sebelum bertanding di turnamen, lo wajib latihan tanding pas sesi latihan. Sama halnya setelah mengerjakan soal-soal UN, di website zenius.net lo bisa latihan tanding dengan coba jajal soal-soal UN beberapa tahun ke belakang.

Nah dalam belajar persiapan UN SMA IPS ini, lo udah kita sediain bahan "latihan tanding" lo, dengan coba jajal soal-soal UN matematika SMA IPS dari tahun-tahun lalu, berikut adalah link-nya..

Nah, link yang di atas itu adalah seluruh kumpulan soal yang udah kita susun buat latihan tanding lo. Di situ, lo bisa menggunakan 'skill dribble, crossing, shooting, dsb' alias pemahaman materi tiap bab yang telah lo pelajari. Tapi jangan lupa, habis latihan tanding, lo bisa evaluasi permainan lo sebagai individu, permainan tim, apa yang harus diperbaiki. Jadi kalo lo mau evaluasi gimana cara ngejawab yang bener, di link itu udah kita sediain tombol supaya lo bisa langsung lihat video pembahasannya di setiap nomer juga. Nah, kalo lo udah evaluasi dan tau kelemahan lo, coba lo dalemin lagi materi yang lo masih lemah, terus latihan tanding lagi sama prediksi UN Matematika SMA IPS yang udah kita sediain di bawah ini..

========================================================================

Oke, itulah tiga langkah yang menurut gua perlu lo jalanin buat persiapan UN SMA Matematika IPS. Gue mau review lagi dikit deh mengenai persiapan yang sebaiknya dilakukan.

  1. Pastiin lo ngerti dasar-dasar Matematika. Dari pengalaman gue, banyak banget siswa kelas 12 IPS masih kebingungan untuk tambah-tambahan, perkalian, aljabar sederhana. Sebaiknya, jangan langsung belajar trigonomteri deh, lo belajar aja dulu konsep bilangan, pecahan, operasi hitung. Gue tau, ga semuanya siswa ngalamin kesulitan ini sih, buat yang merasa ga bermasalah dalam dasar matematika, bisa loncat langsung ke poin dua.
  2. Coba mulai dalamin konsep tiap materi setiap bab yang tertulis di SKL. Jangan lupa lo juga bisa ngerjain latihan per babnya yang tersedia di setiap video teori.
  3. Terakhir, lo bisa jajal kemampuan lo dengan kerjain soal-soal UN tahun lalu dan sejenisnya. Jangan lupa review lagi soal mana aja yang lo masih kesulitan, terus balik lagi ke point 2 buat dalemin materi yang lo masih lemah

Nah, biasanya setelah tutor udah jabarin panjang lebar tips gini, selalu aja ada yang nanya kayak gini di comment bawah..

"Kak, saya udah coba belajar mati-matian tapi kok materinya nggak masuk-masuk yah?? Gue harus gimana donk??"

 

maxresdefault

Nah, buat yang punya kesulitan buat belajar efektif atau lebih tepatnya kena infeksi "MALES BELAJAR KRONIS", nih ada beberapa tips buat lo, moga-moga bisa berguna..

 

Oke, sekian petuah singkat dan cerita dari gue, semoga berguna dan bermanfaat buat lo semua. Semangat buat belajar UN Matematika SMA IPS!

[ Catatan Editor : btw, ada yang tau gak, jawaban dari segitiga pangkat n di atas tadi adalah a pangkat berapa? Kalo ada yang mau jawab atau ngobrol langsung sama Jansen "Ncen", bisa langsung tinggalin comment aja di bawah artikel ini yak.  Pastiin juga lo dapetin voucher zenius.net buat bisa akses seluruh video materi dan pembahasan soal UN SMA Matematika IPS maupun soal dan pembahasan SBMPTN tahun-tahun lalu]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • andy

    a pangkat (m+n) gan

  • Sandy

    a pangkat m*n

    • Sandy

      bener gan?

  • uya

    weewww tulisannya mantep bgt deh. bikin penasaran haha

    • uya

      a pangkat m*n

  • Chyntia Dwi Apriani

    kayaknya sih a pangkat 1

  • Chyntia Dwi Apriani

    a pangkat m*n tuh jawabannya bener

  • Ardi Holmes

    thx bang kebetulan gw lg butuh tips belajar math 😀

  • maya

    a^mn ?

  • Abiib

    bener banget tu bang joni, gue udah ngepraktein kayak gitu udah kira2 sebulanan,sekarang udah kemateri kelas dua smp dan sekarang lebih mudah untuk gerti materi2 lanjutan, oh iya bang gue kadang gak konsen dengerin suara loe terlalu seksi soalnya hahhaha

    • Jansen Alfredo

      perasaan suara gue biasa aja deh, lo aja kali yang doyan melongo, hahahah canda.

      tapi iya tuh, kalo lo merasa masih ngaco banget mat-nya, lanjutkan mulai belajar dari yg dasar sekali.

      • Abiib

        jiah hahaa, oiya bagi link madas buat spmb nya dong,kira2 expedia untuk tahun ajaran kedepan teori ipsnya bisa lengkap gak bang , thanks

        • Jansen Alfredo

          untuk teori jujur aja, gue belum bisa janjiin lengkapin teori SBMPTN IPS, tapi untuk penambahan gue janji ada 🙂

          • Abiib

            oh, kira2 teori ips yg ada di zenius sekarang persentase nya seberapa sih? oh iya utk sbmptn bangun ruang penting gak bang utk di pljri ?

          • Jansen Alfredo

            untuk persentase blm tau juga gue yah, hehehe.
            untuk matematika bangun ruang sih penting dan menarik juga untuk dipelajari.

          • Abiib

            haha oklah mudah2 han agak cepatan lengkap biar gak perlu ikutan bimbel lagi, kl ada yg gak ngerti boleh ya gue nanyak di twiter loe ,,

  • Jansen Alfredo

    Alohaaa! semua jawaban gue tampung yeeeh.
    Kayanya masih ada nih yang mau coba jawab!

  • bella

    a pangkat mn kan ya .___.??

  • Jansen Alfredo

    Okey sip, jawabanya yang bener a^mn (a pangkat m kali n)
    Buat yang masih salah, nah coba mulai belajar dari step 1 gih 😉

  • Gusee-chan

    Jadi makin suka sama matematika 🙂

  • unsaqoyimah

    NGAKAKKK ABISS BACANYAAAAAAAA. HUAHAHAHAHA!