Zenius FAQ - Frequently Asked Questions

Semua pertanyaan seputar varian produk, fitur, harga, dan cara beli produk-produk zenius, dibahas secara lengkap dan mendetil dalam artikel ini dalam format FAQ.

Halo, artikel blog kali ini gua dedikasikan buat ngejawab semua pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyain sama orang-orang tentang zenius atau lebih praktis dikenal dengan FAQ - frequently asked questions.

Di sini, gua akan bahas mulai dari pertanyaan yang paling sepele tentang apa itu zenius, selengkap apa video zenius, gimana cara dapetinnya, varian produk, harga, cara beli, sampai ke hal-hal teknis yang paling sering ditanyain.

So, buat kamu yang baru kenalan dengan zenius, atau mungkin ada temen/kenalan/sodara yang belum tau dan penasaran tentang zenius. Moga-moga seluruh jawaban dari pertanyaan yang ada di benak kamu ada disini semua dan bisa jadi referensi kamu buat ceritain atau sharing ke temen, guru, orangtua, sodara, tentangga, dan sebagainya.. Oke kita mulai aja yah FAQ tentang Zenius Education!

 

1. APA ITU ZENIUS EDUCATION?

Zenius Education adalah perusahaan yang bergerak pada bidang pendidikan di Indonesia yang telah memulai aktivitas bisnisnya sejak tahun 2004 dan terdaftar sebagai perusahaan (PT) resmi tahun 2007. Bisnis model dari Zenius Education adalah dengan menjual akses pengajaran untuk seluruh mata pelajaran dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online melalui website (zenius.net) maupun offline berupa CD/DVD yang bisa diakses secara multimedia plaform (Personal Computer | Laptop | Tablet | Smartphone)

Lebih lengkap tentang profil PT Zenius Education bisa kamu baca di sini

 

2. EMANG VIDEO ZENIUS SELENGKAP APA SIH?

Sampai dengan tahun 2017, zenius telah berhasil mendokumentasikan lebih dari 66.000 video materi pelajaran untuk 15 mata pelajaran dari tingkat SD - SMA. Zenius juga menyediakan lebih dari 3.000 paket latihan soal yang bisa kamu download secara gratis. termasuk pembahasan soal Ujian Nasional / UN untuk tingkat SD, SMP, SMA. Selain itu, zenius juga menyediakan video pembahasan soal untuk :

 

3. PRODUK yang ditawarin ZENIUS ADA APA AJA?

Secara garis besar, produk zenius dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Website zenius.net yang berisi 66.000 video pembalajaran, 3.000 module latihan soal, termasuk juga seluruh pembahasan Ujian Nasional (tingkat SD-SMA), SBMPTN, dan berbagai Ujian Mandiri seperti SIMAK UI, UTUL UGM, USM STAN, dll.
  • Paket Zenius Xpedia 2.0adalah paket lengkap kalo kamu pengen belajar secara fleksibel baik secara online maupun offline dengan update konten terbaru dan terlengkap. Di dalam paket Xpedia 2.0, kamu bisa mendapatkan voucher membership zenius.net yang berlaku sepanjang tahun ajaran, set DVD sesuai jenjang kelas, akses ke forum ekslusif zenius club, dan kaos T-Shirt.
  • Zenius Prestasiadalah produk yang dirancang khusus untuk guru dan sekolah yang dapat dipasang pada jaringan lokal sekolah. Zenius Prestasi berisi aplikasi yang memudahkan guru untuk merancang proses ujian dengan sangat praktis. Dari proses pembuatan soal, pelaksanaan ujian CBT, proses koreksi, dan proses evaluasi semua bisa di-otomasi secara digital. Selain itu, Zenius Prestasi juga menyediakan ribuan video pembahasan materi pelajaran sekolah yang telah disesuaikan dengan 3 varian kurikulum Indonesia.

 

4. GIMANA SIH CARANYA MENDAPATKAN PRODUK ZENIUS?

Ada beberapa cara untuk mendapatkan produk zenius. Berikut adalah penjelasan masing-masing caranya :

 

5. APA ITU VOUCHER MEMBERSHIP ZENIUS.NET?

Voucher membership zenius.net berisi kode aktivasi yang digunakan untuk meng-upgrade account kamu di zenius.net dari Regular Member menjadi Premium Member. Dengan menjadi premium member, kamu akan mendapatkan akses pada semua konten video pembahasan materi & soal yang ada di zenius.net. Untuk melakukan pemesanan voucher membership zenius.net bisa kamu pesan membership zenius.net di sini

 

6. PRODUK ZENIUS HARGANYA BERAPA?

Untuk harga dari voucher membership zenius.net adalah sebagai berikut :

  • Voucher Membership 1 bulan : Rp 165.000
  • Voucher Membership 3 bulan : Rp 220.000
  • Voucher Membership 6 bulan : Rp 330.000
  • Voucher Membership 9 bulan : Rp 407.000
  • Voucher Membership 12 bulan : Rp 440.000

Untuk produk Xpedia 2.0 memiliki variasi harga yang berbeda dan beragam karena disesuaikan dengan kebutuhan customer berdasarkan jenjang pendidikan dan durasi per mata pelajaran. Untuk informasi selengkapnya tentang varian harga tersebut, bisa melihat di form pemesanan Xpedia 2.0

Untuk produk Zenius Prestasi, pihak sekolah bisa memilih untuk mendapatkan akses Zenius Prestasi dengan menyewa per bulan atau beli putus. Daftar harganya bisa Anda lihat di sini.

 

7. BAGAIMANA METODE PEMBAYARAN VOUCHER MEMBERSHIP ZENIUS.NET?

Selain dapat dibeli langsung di Gramedia maupun reseller resmi, voucher membership zenius.net dapat dipesan secara online. Untuk pemesanan online, pembayaran dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya pembayaran langsung di counter retail seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Lawson. Kemudian bisa juga pembayaran melalui transfer bank, baik yang otomatis konfirmasi, ataupun yang konfirmasi manual.

Penjelasan lebih detil untuk panduan langkah-langkah pembayaran dapat di lihat di laman panduan transaksi pembayaran.

 

8. VIDEO MATERI ZENIUS BISA DITONTON DI PERANGKAT ELEKTRONIK APA SAJA?

Pada dasarnya zenius bisa diakses melalui hampir semua device platform seperti PC, Laptop, Tablet, maupun smartphone. Tetapi, sementara ini memang ada beberapa keterbatasan, antara lain :

Video di website zenius.net bisa ditonton di Windows OS, Mac OS, Android OS, dan iOS. Video di zenius.net juga bisa ditonton melalui Linux OS, dengan setting tertentu pada browser. Video zenius.net hanya tidak bisa ditonton melalui Windows Phone (Lumia).

Untuk CD/DVD Zenius, hanya bisa diputar melalui CD Room di Komputer atau Laptop yang berbasis Windows OS. CD/DVD Zenius tidak bisa diputar di VCD/DVD Player yang biasa dipakai untuk menonton film. CD/DVD Zenius tidak bisa diputar di CD Room produk Apple seperti macbook, iMac, ataupun MacPro.

 

9. ZENIUS PUNYA JARINGAN SOCIAL MEDIA DI MANA SAJA?

Zenius Education aktif di berbagai jaringan media sosial, berikut adalah beberapa jaringan kita :

 

10. APAKAH ZENIUS MEMILIKI FORUM UNTUK DISKUSI ANTAR SESAMA PENGGUNA ZENIUS? 

Ada. Zenius punya forum diskusi online antar sesama murid zenius, namanya Zenius Club. Zenius Club adalah forum ekslusif yang dibuat khusus untuk para pengguna produk Zenius Xpedia 2.0 yang tersebar di seluruh Indonesia supaya kamu bisa saling kenalan, sharing, diskusi, dan ngobrol satu sama lain.

Khusus untuk anggota yang berada di jenjang kelas 12 atau alumni SMA/sederajat yang ingin mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk universitas, Zenius Club mengadakan try out SBMPTN rutin setiap minggu yang akan terus dilaksanakan hingga H-7 SBMPTN.

Untuk bisa bergabung dengan zenius club kamu harus aktivasi account Zenius Club yang hanya bisa didapatkan dalam produk Zenius Xpedia 2.0 untuk SMP dan SMA.

 

11. SAYA INGIN MENJADI RESELLER ATAU DISTRIBUTOR PRODUK ZENIUS, BAGAIMANA CARANYA?

Zenius Education sangat terbuka bagi Anda yang ingin bekerja sama dengan Zenius untuk menjadi agen reseller dan distributor zenius. Saat ini kita telah memiliki lebih dari 300 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia.

Syarat untuk menjadi reseller zenius hanya ada 2, yaitu :

  1. Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah.
  2. Bertempat tinggal di target area penjualan produk yaitu di seluruh wilayah Negara Indonesia.

Nah, informasi selengkapnya tentang apa itu bedanya peran distributor dengan reseller, apa aja keuntungan yang didapat, gimana cara daftarnya, kamu bisa mendaftarkan diri pada halaman pendaftaran reseller berikut ini.

***

Oke, kayaknya cukup segitu dulu list FAQ dari gua. Kalo kamu ada ide buat nambahin atau ada hal lain yang mau ditanyain, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini yak! Thanks

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • imam fauzan

    abang abang, jualin juga dong merchandise nya zenius, terutama kaos nya tuh saya pengen banget punya kaos zenius bang tapi saya pengguna zenius online bukan xpedia jadi gak punya kaos nya deh, jualin dong kaosnya atau merchandise lainnya biar zenius makin eksis

    • Glenn Ardi

      Haha.. ide bagus, nanti kita coba pertimbangkan yaah ~

      • imam fauzan

        iyaa ka mulai dari stiker sitker stiker gitu dulu kek, misalnya ntr postng di twitter ada soal soal gitu ntr yang jawab paling cpt dapet stiker nya zenius kan keren hahaha atau dijual kek

        • Glenn Ardi

          Gua lagi coba survey buat merchandise T-Shirt yah. Kalo peminatnya banyak, kita coba produksi deh..

  • Hendra Bani

    njiirr.. marketingnya canggih banget.. :3 gokil nih ka glenn.. kasih tips dong ka biar bisa jago kayak ka glenn 🙂

    • Glenn Ardi

      Haha.. kok jadi marketing??
      Thanks anyway, gua sendiri masih perlu byk belajar lagi.

      • Hendra Bani

        bukan jadi marketing juga sih :3 tapi yg gw suka sistem marketingnya 😀 follback yah ka 🙂 nanti kalau gw udah masuk PTN sering ngobrol2 >_<

        • Glenn Ardi

          okay sip, thanks !

  • Bang kalo vocer misalkan masih ada ya skitar 5 bulanan trus saya isi lagi yg 6 bulan itu jangka waktunya bakal nambahin kan bang ? .__. *sorry pertannyaannya agak sedikit .... Ahahah

    • Glenn Ardi

      kalo masih berstatus premium member gak bisa langsung perpanjang sebelum waktu masa berlaku-nya abis.

      • iya bang gitu statusnya masih premium member , dan mw diperpanjang tadinya , okey deh bang makasih yaa ngerti deh skrng ahahah 😀

  • Salma Sadiah

    pernah sempet sih belajar pake zenius 🙂 keren keren 😀
    kan coba aja ada pelajaran yang membahas tenteng akuntansi gitu (?) 😀

  • Insirra Anisa Bayna

    kenapa zenius nggak bikin apps offline gitu ka? soalnya saat ini kan nggak semua laptop punya CD room... laptopku contohnya -_- *curhat*

    • Chevalier de la Verendrye

      mungkin masalah copyright, jadi lebih gampang dibajak kan?

  • Ochika Widiaritami

    mas, saya boleh nanya seputar universiitas gak? jurusan ipa bisa masuk FSRD ITB gak sih?

  • Salwa Nabilla

    Ka mau nanya nih, misalnya 1 akun zenius ini dipake untuk anak anak 1 kelas karena saat beli voucher merka patungan. Nah kebetulan mereka dirumah mengakses web secara bersamaan , apakah akun itu bisa tetep diakses atau akan di blokir segala macam nya ? Terimakasih sebelumnya ka

  • Evalia

    Mas zen aku mau nanyaa,kan premium member aku di zenius 2 minggu lagi udah mau abis. Papah mau beliin buat aku tapi belinya minggu depan karena papah aku liburnya minggu depan /curhat,kalo kaya gitu aku harus gimana ? Minggu depan masukin aktivasi kodenya dimana dan bagaimana ? Apa harus bikin akun baru lagi atau gimana ? Mohon dijawab ya zen, Terima kasih

  • Tsara Dhinna

    kak mau nanya, cd zenius nya bisa di play di mac lewat windows yg pakai aplikasi paralel gak? soalnya aku udah beli. dan taunya ga bisa di buka di windows paralel nya. Terimakasih 🙂

  • Adelia

    Kak mau nanya gimana cara lihat jawaban soal di modul? Mau ngecek jawabannya udah bener atau masih ada yang salah..

  • ariya

    kak, kok zenius saya ngga bisa putar video pembahasan soal ?

  • Gabriel Simnjuntak

    kak video pembahasan soal nya kok gabisa kebuka ya.. klo teori bisa kok..cuma soal dan pembahasannya aja yang gabisa :" Mohon bantuannya kak

  • Habakuk

    kak.. mau tanya dong ini kalau 1 email dipake rame rame apakah bisa kak?
    soalnya kita mau urunan buat beli voucher.. jadi pasti satu kelas pada make, jadinya satu email bakalan dibuka diberbagai tempat secara bersamaan.. gimana kak??

  • Kevin Sananbil

    kak mw nanya, brp lama sih aktivasi kode vouchernya, kok sya lama y? penjelasannya dong kak, dh gk sabar mke zenius

    • Roy Ivan Fidelis

      sudah coba pakai selain zenius ?
      misal quipper atau primaindisoft ?

      Zenius bagus sih, cuma agak mahal, sama kayak quipper
      Coba buka primaindisoft.com deh ...
      bagus-bagus video belajarnya
      cuma 99 ribu pula ...

  • Aldilla devitasari01

    Bang klo udah join bisa nanya ama tentor tentang soal gt g sih ?

  • Atika

    bang, kode aktivasi yang udah kita dapet d email kita setelah pembayaran harus langsung dipake (diaktivasi d web zenius) atau bisa d simpen aja dulu?

  • Sindy Fadia

    kok kode aktivasi nya lama?

    • untuk kendala transaksi, bisa dibantu oleh customer service, silakan hubungi di zenius.net/cs

  • Me

    Kak, itu voucher zenius 1 bulan tuh dihitungnya penggunaannya sampai 1 bulan kan? Bukan banyaknya video yang ditonton kan?

    • dihitung berdasarkan tanggal kalender selama 30 hari.