Struktur dan Fungsi Usus Besar pada Sistem Pencernaan Manusia – Materi Biologi Kelas 11

Struktur dan Fungsi Usus Besar pada Sistem Pencernaan Manusia - Materi Biologi Kelas 11 25

Hai, Sobat Zenius! Kali ini gue akan mengajak elo untuk membahas peran dan fungsi usus besar pada sistem pencernaan manusia. Tapi sebelum itu, gue mau nanya dulu nih, elo masih ingat nggak sistem pencernaan makanan itu apa?

Oke, oke sini gue jelasin. Jadi, makanan yang elo makan itu perlu banget diolah dan dicerna oleh tubuh. Mulai dari saat elo mengunyah makanan di mulut sampai menjadi feses (kotoran) disebut dengan sistem pencernaan makanan.

Untuk prosesnya, sistem pencernaan makanan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, antara lain:

1. Pencernaan mekanik, yaitu proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk kecil atau halus.

2. Pencernaan kimiawi, yaitu proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan bantuan enzim. Apa itu enzim? Enzim adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh yang berfungsi mempercepat reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

Sistem pencernaan makanan tentunya memerlukan alat-alat yang membantu proses pencernaan berjalan dengan optimal. Nah, alat-alat ini adalah organ-organ tubuh yang salah satunya adalah usus besar. Wah, apa aja ya fungsi dan struktur usus besar? Yuk, simak sampai selesai untuk mengetahui jawabannya!

Baca Juga:

 Pengertian dan Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia

Fungsi Usus Besar

Fungsi Usus Besar
Arsip Zenius

Setelah melalui proses pencernaan yang cukup panjang, tibalah saatnya makanan yang elo makan berada di tempat pencernaan terakhir, yaitu usus besar. Sari-sari makanan dan zat penting yang telah diserap oleh usus halus, sisanya akan diteruskan menuju usus besar.

Usus besar yang juga disebut dengan kolon merupakan persambungan usus halus yang panjangnya sekitar 1 m dan berdiameter 6,5 cm. Fungsi utamanya adalah mengontrol kadar air sisa makanan. Maksudnya, jika air pada sisa makanan memiliki kadar yang berlebihan, maka akan diserap (reabsorpsi). Sedangkan jika kadar airnya kurang, maka akan ditambah. Selain itu, pada usus besar juga terjadi proses pembentukan feses (sisa makanan) yang selanjutnya dibuang melalui anus.

Ohya, proses pembentukan feses (membusukkan sisa makanan) yang terjadi di dalam usus besar dibantu oleh bakteri baik, loh. Bakteri yang dimaksud adalah Escherichia coli (E. coli). Kehadiran bakteri ini membantu sisa-sisa makanan berubah menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan melalui anus. Selain itu, bakteri ini dapat menghasilkan zat yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya biotin, asam folat, vitamin K, dan beberapa vitamin B. Menguntungkan banget, ya!

Nah, selanjutnya gue akan membahas struktur dari usus besar. Yuk, langsung aja scroll ke bawah!

Baca Juga: 

Gangguan Sistem Pencernaan Pada Manusia

Struktur Usus Besar

Perjalanan yang dilalui makanan di dalam usus besar dapat mencapai 4–5 jam. Tapi, di usus besar makanan dapat disimpan hingga 24 jam. Nah, selama proses itu berlangsung, makanan melewati struktur usus besar yang memiliki empat bagian utama. Yuk, lihat setiap bagian itu dan apa aja fungsinya!P

Struktur Usus Besar
Struktur Usus Besar (Arsip Zenius)

Sekum

Sekum merupakan bagian usus besar yang memiliki bentuk seperti kantong. Sekum merupakan penghubung antara bagian akhir usus kecil (ileum) dengan usus besar. Sisa makanan dari usus kecil yang masuk ke dalam sekum umumnya masih berbentuk bubur cair (chyme).

Kolon

Kolon adalah bagian usus besar yang paling panjang dan berfungsi untuk mencampur chyme dengan enzim pada saluran cerna agar menjadi tinja untuk dikeluarkan dari tubuh. Kolon dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

  • Kolon Asenden, yaitu bagian awal yang akan dilewati oleh sisa pencernaan dari usus kecil. Jenis kolon ini terletak di sisi kanan tubuh, memanjang dari sekum ke atas.
  • Kolon Transversum, yaitu kolon bagian atas yang terletak mendatar dan membentang dari sisi kanan ke sisi kiri rongga perut.
  • Kolon Desenden, yaitu kolon yang terletak di sisi kiri usus besar, memanjang dari lengkungan di limpa ke bagian kolon sigmoid.
  • Kolon sigmoid, yaitu bagian terakhir kolon sebelum sisa pencernaan masuk ke rektum. Jenis kolon ini terletak di bawah kolon desenden, berbentuk seperti huruf S.

Rektum

Rektum merupakan bagian bawah usus besar yang berukuran sekitar 15 cm dan terhubung dengan kolon sigmoid. Bagian usus besar ini berfungsi untuk menerima dan menyimpan limbah dari kolon hingga tiba saatnya dikeluarkan oleh tubuh melalui anus. 

Rektum ini juga memiliki tugas untuk mengirim rangsangan ke otak ketika terdapat limbah seperti gas atau feses yang masuk ke dalam rektum. Jadi, kalau suatu waktu elo sakit perut karena mau pup atau kentut, itu berarti ada sinyal yang dikirimkan oleh rektum ke saraf otak kalau sudah saatnya membuang limbah yang ada di tubuh elo ke WC! Hehe.

Anus

Anus merupakan bagian akhir dari usus besar yang berfungsi untuk menjadi lubang pengeluaran sisa pencernaan. Di anus terdapat otot lurik atau volunter yang bekerja di bawah kehendak manusia. Jadi, saat elo pup kan pasti ada effort-nya ya buat ngeluarin feses atau kotorannya. Nah, proses ini tuh dibantu oleh otot lurik yang berada di anus, jadi elo bisa setting sendiri deh ngeluarinnya, hehe.

Baca Juga: 

Mengenal Sistem Pencernaan dan Organ-Organ yang Terlibat

Penutup

Demikian pembahasan gue mengenai peran dan fungsi usus besar pada sistem pencernaan manusia. Kalau elo ada pertanyaan, jangan segan untuk tulis di kolom komentar, ya! Elo juga bisa belajar materi ini melalui video pembelajaran, loh. Klik banner di bawah ini untuk bisa nonton video-video dan jangan lupa log in untuk akses kumpulan soalnya, ya!

Struktur dan Fungsi Usus Besar pada Sistem Pencernaan Manusia - Materi Biologi Kelas 11 26

Selain itu, Sobat Zenius juga bisa, lho, belajar mata pelajaran lainnya melalui video pembelajaran lewat paket belajar Aktiva Sekolah dari Zenius. Dengan paket belajar ini, elo berkesempatan ikut try out sekolah, sesi live class, serta mendapat akses rekaman dari live class tadi. Klik banner ini untuk informasi lebih lanjut, ya!

Struktur dan Fungsi Usus Besar pada Sistem Pencernaan Manusia - Materi Biologi Kelas 11 27

Penulis: Atha Hira Dewisman

Referensi:

Diastuti, R. (2009). Biologi 2: untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Wilkinsin, J. Verywell Health (2020). The Function of the Colon.

Bagikan Artikel Ini!