Pengertian dan Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia – Materi Biologi Kelas 11

Pengertian dan Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia

Sobat Zenius, ada sesuatu yang buat gue penasaran. Kira-kira, kalau kita akan menelan makan dengan keadaan tubuh terbalik, kayak salto atau handstand gitu, makanannya akan masuk ke dalam perut nggak ya?

Coba deh elo bayangin. Eh, tapi cukup dibayangin aja, jangan dipraktekin, ya. Hahaha.

Ternyata, jawabannya adalah, makanan tersebut masih bisa tertelan, bahkan sampai ke dalam perut. Nah lho, kok bisa demikian?

Ternyata, di dalam sistem pencernaan kita, ada yang namanya gerak peristaltik. Nah, dalam artikel kali ini, gue akan bahas mengenai topik tersebut. Jadi, simak terus, ya!

Sistem Pencernaan Manusia

Oke, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang gerak peristaltik, kita bahas sedikit, yuk. Apa itu sistem pencernaan manusia?

Jadi, menurut Encyclopedia Britannica, sistem pencernaan manusia adalah sistem yang ada pada tubuh manusia untuk melakukan sebuah proses pencernaan. Sistem ini seperti saluran yang memutar di dalam tubuh kita, yang mana awal dari saluran tersebut adalah mulut, kemudian melewati kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, hingga ke anus.

Proses pencernaan manusia dilakukan oleh sistem pencernaan manusia.
Proses Pencernaan Manusia (Arsip Zenius)

Kurang lebih, sistem pencernaan di dalam tubuh manusia, bisa dilihat seperti gambar di atas. Di mana, di dalamnya terdiri dari organ-organ yang dapat memecah makanan menjadi nutrisi yang nantinya akan diserap oleh tubuh kita dan menjadi energi.

Jadi, kalau suatu hari elo merasa badan elo agak lemas. Coba diingat-ingat, sudah makan belum? Karena sumber energi tubuh kita itu berasal dari makanan. Nah, Sobat Zenius, kalau elo tertarik untuk baca lebih lengkap tentang proses pencernaan manusia, langsung aja ke artikel “Mengenal Sistem Pencernaan dan Organ-Organ yang Terlibat” ini.

Apa Itu Gerak Peristaltik?

Oke, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan gerak peristaltik. Eh, sebelumnya gue mau tanya, nih. Pernah nggak elo denger suara-suara dari dalam perut elo? Padahal elo merasa tidak lapar.

Elo perlu tahu, nih, sebenarnya hal itu adalah hal yang normal. Karena bunyi yang berasal dari dalam perut elo adalah proses dari gerak peristaltik. Jadi, sebenarnya kalau perut elo bunyi di depan teman-tema elo, seharusnya nggak perlu malu.

Nah, ngomong-ngomong gerak peristaltik. Jadi, sebenarnya arti gerak peristaltik itu apa sih?

Gerak peristaltik adalah gerakan gelombang yang dihasilkan oleh otot-otot yang terdapat pada saluran pencernaan, efek yang dihasilkan dari gerakan ini seperti mendorongan makanan.

Gambar gerak peristaltik yang menghasilkan gerakan gelombang atau mendorong makanan.
Contoh Gambar Gerak Peristaltik (Arsip Zenius)

Pertanyaan selanjutnya, organ sistem pencernaan apa sajakah yang melakukan gerak peristaltik?

Jadi, memang terdapat beberapa organ pencernaan manusia yang melakukan gerakan peristaltik. Nah, paling pertama, gerak peristaltik terjadi di kerongkongan. Lalu, ketika makanan sampai di lambung, ada lagi gerak peristaltik. Gerak peristaltik ini terus terjadi hingga ke usus halus dan usus besar.

Ternyata, memang sebagian besar saluran pencernaan melakukan gerak peristaltik, ya Sobat Zenius.

Baca Juga: Gangguan Sistem Pencernaan Pada Manusia

Fungsi Gerak Peristaltik

Oke, Sobat Zenius. Barusan kita sudah membahas tentang gerak peristaltik secara umum. Nah, tapi elo sendiri sudah tahu belum, sih, apa fungsi gerak peristaltik?

Mungkin secara tidak langsung gue sudah mention sedikit tentang fungsi gerak peristaltik. Yap, untuk mendorong makanan ketika proses pencernaan.

Tapi, ternyata nggak sesederhana itu, guys. Gerak peristaltik ini punya peran penting dalam sistem pencernaan. Tanpa adanya gerakan ini, kita nggak akan bisa makan atau buang air besar.

Nah, bagaimana jika gerak peristaltik pada tubuh manusia tidak bekerja dengan baik. Salah satu contoh yang paling umum adalah diare. Melansir dari Hello Sehat milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diare bisa disebabkan karena adanya masalah pada gerak peristaltik. Sindrom ini biasa dikenal sebagai sindrom usus lambat.

Normalnya, saat elo makan, saraf yang ada pada saluran pencernaan akan mengirim sinyal kepada otot-otot saluran pencernaan untuk melakukan gerak peristaltik.

Namun, pada orang-orang yang mengalami sindrom usus malas, gerak peristaltik seperti terhalang sehingga otot-otot usus menjadi lambat. Hal ini menyebabkan makanan tidak dapat dipecah dengan sempurnah.

Gimana, guys? Sekarang paham, ya? Pentingnya fungsi gerak peristaltik pada proses pencernaan manusia. Oke, kalau begitu, sekarang kita coba latihan soal, ya.

Baca Juga: Berkenalan dengan Struktur Rongga Mulut – Materi Biologi Kelas 11

Latihan Soal Gerak Peristaltik dan Pembahasannya

Contoh Soal 1

Gerak peristaltik pada proses pencernaan manusia.
Contoh Soal Gerak Peristaltik

Berdasarkan gambar di atas, sistem pencernaan yang melakukan gerak peristaltik pertama adalah nomor…

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

Jawaban: B. 2

Pembahasan:

Nah, gue sebelumnya sudah jelasin, ya. Kalau gerak peristaltik paling pertama terjadi di kerongkongan. Elo bisa scroll sedikit ke atas untuk melihat di mana letak kerongkongan tersebut. Berdasarkan gambar di atas, kerongkongan berada pada nomor 2. Maka dari itu jawaban yang tepat adalah B.

Contoh Soal 2

Apa yang dimaksud dengan gerak peristaltik?

Jawaban dan Pembahasan:

Jadi, gerak peristaltik adalah gerakan gelombang yang terjadi di saluran pencernaan akibat kontraksi otot-otot yang terdapat pada dinding saluran pencernaan. Nah, Sobat Zenius, elo bisa coba pahami pengertian ini dan jawab dengan bahasa atau pemahaman elo sendiri, ya.

Baca Juga: Ruang Lingkup Biologi: Apa Itu Biologi, Ranah, dan Kerangka Pikir – Materi Biologi Kelas 10

Oke, Sobat Zenius, kalau begitu pembahasan kita cukup sampai sini saja, ya. Kalau dirasa elo belum terlalu paham sama tulisan ini, tenang aja. Zenius punya video materi yang bahas tentang gerak peristaltik. Tentunya akan lebih asyik! Elo bisa langsung aja klik banner di bawah ini, untuk nonton videonya!

Pengertian dan Fungsi Gerak Peristaltik pada Pencernaan Manusia - Materi Biologi Kelas 11 9

References:

Human Digestive System – Encyclopedia Britannica

Seperti Apa Proses Pencernaan Makanan di Dalam Tubuh? – ditsmp.kemdikbud.go.id (2021)

Mengulik Gerak Peristaltik dan Hubungannya dengan Sindrom Usus Malas – hellosehat.com (2021)

Bagikan Artikel Ini!