Sedikit Tips Untuk Belajar Menghadapi Ujian

Hai, udah hari Jumat aja nih, apa kabar weekend lo besok? Ups, gua lupa lagi banyak yang lagi sibuk buat belajar untuk UAS yah? Hehe.. Oke, kalo gitu blog zenius kali ini gua akan bahas satu tema yang gua pikir bisa bermanfaat banget buat lo yang lagi mempersiapkan diri buat UAS.

Pernah nggak sih lo ngerasa kesel banget waktu ujian karena mungkin lo udah ngafalin mati-matian materi yang akan diujikan, tapi masih aja ada hal yang lo kelupaan. Atau yang paling nyebelin tuh justru soal yang keluar adalah hal yang justru kebetulan satu-satunya yang lo lupa? Nah, kalo itu sering kejadian sama lo, artinya lo nggak menyimpan informasi yang lo serap waktu belajar sebagai long term memory.

"Lha, katanya di zenius itu gak boleh ngehafalin, harus fokus ke konsep.. tapi, masa iya kita nggak boleh ngafalin sama sekali waktu belajar. Toh kan pasti ada aja dalam belajar kita mau gak mau ngafalin satu istilah baru, entah itu tahun, nama tokoh, nama ibukota, vocabularies, dsb.."

Yup! Kita juga ngerti kok kalo kemampuan otak manusia itu memang salah satunya untuk recall memory. Tapi yang selalu kita permasalahkan adalah.. banyak siswa yang  HANYA mengandalkan sebagian kecil kemampuan otaknya (recalling memory) untuk selalu jadi senjata utama dalam setiap kali menghadapi ujian. 

Sebenernya, kebiasaan menghafal ini  sedikit banyak dipengaruhi juga sama jeleknya kualitas soal ujian di Indonesia yang seringkali hanya menguji kemampuan recalling memory aja. Sehingga lo secara nggak sadar jadi terbiasa harus menghafal untuk bisa survive dalam ujian. Kan konyol, kalo kita udah ngerti konsepnya tapi lupa nama atau gimana cara penulisan satu istilah baru yang masih asing.

Misalnya nih, lo lagi belajar organ otak di pelajaran Biologi, terus lo harus tau bahwa nama bagian otak ada: frontal lobe, parietal lobe, occipital lobe, dan temporal lobe..

Terus, lo ngafalinnya dengan cara mengucapkan secara berulang “frontal lobe-parietal lobe-occipital lobe-temporal lobe... frontal lobe-parental? eh parietal lobe-ohsipit? uh.. occipit? lobe... frontal lobe (berbusa)...”.  Nah terus ujung-ujungnya lo ngabisin waktu berjam-jam cuma buat ngafalin istilah begituan tanpa ngerti apalagi menikmati proses belajar itu sendiri.

Anak stress

Emang sih, bisa jadi Lo survive dalam ulangan atau ujian hanya dengan lo mati-matian menghafal materi yang diujikan.. TAPI dengan begitu lo gak belajar esensi yang sesungguhnya dari pelajaran tersebut. Sementara temen-temen lo yang lain semakin terasah otaknya untuk daya analisa, logika, kemampuan verbal, abstraksi, dll.. sedangkan lo yang terasah cuma kemampuan ngafal alias cuma recalling memory doang.

Terus, masa jadi nggak boleh menghafal sama sekali? Jawabannya, bukan boleh atau nggak boleh, tapi justru (seharusnya sih) nggak perlu. Kok bisa nggak perlu? Gini, kalo lo bisa memahami bagaimana cara otak kamu bekerja dalam menyerap informasi.. Kemampuan recalling memory lo akan dengan otomatis bekerja tanpa perlu lo usaha mati-matian menghafal sampe berbusa begitu.

Berdasarkan buku Educational Psychology: Developing Learners (5th edition) yang ditulis oleh Jeanne Ellis Ormrod. Proses perekaman ingatan di kepala lo terjadi dalam tiga tahap.

  1. Pertama, info yang ada di luar tubuh kamu dirasakan oleh indra kamu, misalnya, pelajaran yang diterangkan guru dilihat oleh mata dan didengarkan oleh telinga.
  2. Kedua, jika kamu memerhatikan informasi itu, maka info masuk ke short-term memory alias ingatan jangka pendek.
  3. Ketiga, jika ingatan ini diproses lagi secara mendalam, maka infonya disimpan secara lebih permanen di long-term memory.

Nah, sekarang hubungannya sama UAS nanti: Gimana sih caranya supaya materi pelajaran yang lo pelajari itu masuk di long-term memory kamu, bukan di short-term memory doang. Nah first of all...

Lo harus melihat proses belajar itu sebagai sesuatu yang lo nikmati.

Kalo buat lo belajar itu adalah keterpaksaan dan jadi beban.. mau pake teknik dewa ato pergi ke dukun mana pun lo nggak akan bisa masukin materi pelajaran itu ke long-term memory lo.

Gua pribadi nih, udah lama banget meninggalkan bangku sekolah.. tapi sampe sekarang gua masih cukup ingat lah sebagian besar kronologi sejarah Indonesia. Gua masih ingat juga tentang konsep cara kerja tubuh manusia sebagai sistem yang terintegrasi, atau kenapa kebijakan ekonomi mempengaruhi kondisi pasar, dlsb.. Padahal itu semua gua pelajari kira-kira udah 10 tahun yang lalu lho. (Iyee emang gua udah tua, nanti lu juga tua kok!)

Tapi, apa itu semua gua hafalin? Apa gua super jenius? Sama sekali enggak.. Itu semua gua ingat simply karena gua menikmati proses belajar tersebut. Kira-kira prosesnya sama dengan proses gua inget sebagian besar nama-nama hero, item, dan skill di game DOTA.

Inilah kenapa lo mungkin bingung kok susah banget ngafalin tahun yang sebenernya cuma 4 digit doank tapi nomer hape kecengan yang 11 digit bisa lo hafalin cuma sekali lirik, hehehe..

Nah, kalo masalahnya emang lo nggak suka atau bahkan benci sama pelajaran tersebut... Ini masalah yang baru dan supaya bahasan tulisan ini nggak meluas, mungkin akan gua tulis artikelnya lain waktu. Tapi, salah satu tulisan wisnu tentang apa sih yang bisa bikin kita termotivasi bisa jadi bacaan yang paling tepat untuk bantu lo sekarang yang bingung kenapa kamu nggak termotivasi belajar mata pelajaran tertentu.

Nah lanjut, hal kedua yang perlu kamu lakukan adalah...

BUAT MIND-MAP!

Makhluk apaan lagi nih mind-map? Nih, daripada ribet, gua kasih contoh mind-mapping yang dibuat Pras pas ngajar Biologi

evolusi-makro-mikro

 

struktur-sel-dan-fungsi-organel

 

konsep-fisiologi-sistem-organ-manusia

konsep-taksonomi-makhluk-hidup

Sering banget nih, siswa belajar cuma dengan baca buku cetak dan catetan yang ditulis waktu guru nerangin doank.. Termasuk gua juga dulu sempet belajar dengan cara kayak gitu.. dan emang waktu baca dari buku cetak dan catetan sih gua manggut-manggut aja rasanya kayak udah ngerti, tapi begitu dapet soal yang menguji daya analisa dan pemahaman konsep yang mendalam... DUAR ! Gua bingung harus jawab dari mana.

Ya iyalah, kalo kita cuma menyerap informasi dari catetan doank, kita gak akan ngerti konsep materinya secara komprehensif (menyeluruh). Dengan kita bikin mind-mapping / ringkasan / rangkuman, atau apapun sebutannya... kita tanpa sadar udah masuk ke dalam proses belajar dari proses meng-organize informasi atau data yang lo dapetin secara acak untuk kemudian diterjemahkan berdasarkan kategori tertentu.

Apalagi kalo lo bisa sedikit kreatif dengan membubuhkan banyak gambar visual, diagram, tabel, dan dikategorisasi dengan warna-warni yang berlainan.. Selain lo melatih kemampuan abstraksi dan permodelan dalam otak lo, secara gak sadar lo juga membantu otak lo untuk bisa mencerna informasi tersebut dengan lebih mudah.

Tambahan lagi. Ada research nih yang bilang kalau anak-anak yang suka ngajarin temen-temennya itu bisa lebih ngerti sama konsep yang disampein dibanding yang nggak ngajar. Nah, bikin mind-mapping ini sebenernya mirip dengan lo berusaha ngajarin, tapi ke diri lo sendiri. Ada research juga yang nunjukin bahwa self-explaining ini dampaknya mirip dengan ngajarin temen.

Jadi, kalau lo abis nonton video teori di zenius.net nih misalnya, lo cobain aja bikin mind-map konsep-konsep yang baru lo pelajarin. Nonton pembahasan soal di zenius.net juga gitu. Abis nonton, coba kerjain ulang soalnya, dan bikin mind-map untuk konsep-konsep yang dipake di soal itu.

Kemudian salah satu tips lain agar lo bisa lebih mudah mengingat sekaligus menikmati belajar adalah dengan...

Visualisasikan Materi Ajar itu Dalam Otak Lo..

Sebelumnya, Faisal juga pernah nulis artikel tentang gimana cara belajar Sejarah yang bener. Salah satu point penting yang dia sampaikan disitu adalah dengan mem-visualisasikan kronologi sejarah sebagai chains of events yang bisa lo setel seperti film di otak lo.

Sebenernya nggak cuma sejarah doank yang bisa menggunakan cara ini, tapi hampir semua mata pelajaran yang bersifat konkrit itu sebenarnya bisa lo permudah cara belajarnya dengan secara visualisasi materi pelajaran tersebut di otak lo. Emang sih ada beberapa pelajaran yang bersifat abstrak yang gak mungkin lo visualisasikan seperti matematika dan bahasa. Tapi untuk pelajaran seperti sejarah, geografi, fisika, biologi (apalagi bab reproduksi, hehe.. ) bisa banget lo bayangkan secara visual dalam otak lo.

Nah, maksud gua, visualisasikan itu bukan pake jembatan keledai atau semacamnya yah.. itu sih solusi jangka pendek doank yang gua jamin pasti cuma masuk ke short-term memory yang langsung "bubar" begitu lo keluar dari ruangan ujian.

Yang gua maksud visualisasikan adalah dengan lo membayangkan contoh nyata yang bisa relate secara konkret dengan materi yang lo pelajari. Kalo misalnya lo lagi belajar tentang Sejarah Politik di Amerika, ya lo coba visualisasikan peristiwa sejarah tersebut (misalnya peristiwa Boston Tea Party) kayak film hollywood atau (kalo buat lo yang suka maen game) kayak salah satu mission di Game Assassin's Creed 3.  Hal yang sama juga bisa lo terapkan kalo lo lagi belajar gimana proses cara kerja jantung atau apa dampak kebijakan moneter bagi keadaan ekonomi di sebuah negara.

* * *

Okay, itu sedikit tips dari gua yang bisa gua bagikan, moga-moga bisa bantu lo untuk bisa menikmati proses belajar sekaligus memanfaatkan cara kerja otak lo dengan lebih efektif untuk bisa mendapatkan esensi dari pelajaran itu.

So... untuk UAS kali ini, lo nikmatin deh proses belajarnya. Stress sedikit nggak apa-apa; asalkan lo gunain stress itu untuk mendorong lo belajar lebih giat lagi, bukan cuma stress mikirin tapi nggak ada action apa-apa.

Terus satu lagi. Bisa jadi nih ya... nilai ujian lo besok nggak berdampak signifikan dalam hidup lo (lo nggak akan ditanya sama perusahaan yang wawancara lo "Berapa nilai UAS lo waktu SMA" misalnya). Tapi gue jamin, proses belajar yang lo laluin hari ini, besok, dan kedepannya akan sangat bermanfaat dalam hidup lo... bahkan sampe kelak lo tutup mata. Okei Boss?

=========================================================================

[ Catatan Editor : Seperti biasa kalo ada yang mau nanya, komentar, atau ngobrol sama Glenn. Bisa langsung tinggalin comment aja di bawah artikel ini. Buat lo yang belum gabung jadi regular member di zenius.net, pastiin lo gabung sama kita dengan sign up zenius disini ]

=========================================================================

Keterangan Sumber :

Educational Psychology: Developing Learners (5th edition) yang ditulis oleh Jeanne Ellis Ormrod
Annis LF. 1983. The processes and effects of peer tutoring. Human learning: Journal of Practice and Research Applications 2(1): 39-47.
de Bruin ABH, Rikers RMJP, and Schmidt HG. 2007. The Effect of Self-Explanation and Prediction on the Development of Principled Understanding of Chess in Novices. Contemporary Educational Psychology 32(2):188-205.
Matthews P and Rittle-Johnson B. 2009. In pursuit of knowledge: Comparing self-explanations, concepts, and procedures as pedagogical tools J Exp Child Psychol. 104(1):1-21.
Rittle-Johnson B, Saylor M, Swygert KE. 2008. Learning from explaining: does it matter if mom is listening? J Exp Child Psychol. 100(3):215-24.
Wong RM, Lawson MJ, and Keeves J. 2002. The effects of self-explanation training on students' problem solving in high-school mathematics Learning and Instruction 12(2): 233-262

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    iya kadang suka kagum sama yang hapalannya kuat, keliatan jago banget pas ujian blok. tapi pas mau uas kaya sekarang , kaya mati gaya. ikutin tips zenius aja deh long term memory, long life effect 🙂

    • Glenn Ardi

      Cool Hilmy !

  • andi

    iya nih min, gue slalu hafalan buat pelajaran kwn,sejarah, alhasil mesti lupa, ada tips gak min buat lebih mudah memahami pelajaran seperti itu, soalnya saat pelajaran seperti saya seperti mengantuk dan pasti tidur 😀

    • Glenn Ardi

      Kalo ngantuk ato suka ketiduran, tebakan gua sih guru lo orangnya ngebosenin yah kalo jelasin materi di depan kelas? Hahaha...

      Soalnya menurut gua nih, kalo siswa dapet guru yg tepat dan asik buat ngajar.. semua pelajaran tuh bisa jadi menarik banget !

      Nah cuma emg kan kita gak bisa milih guru kita siapa dan orangnya kayak apa, gua pikir sih balik lagi aja ke mind set lo. Jangan sampe nih faktor eksternal seperti guru yg bosenin, ato karena pelajarannya lo anggep gak menarik, malah bikin lo jadi sebel sama pelajarannya - karena ujung-ujungnya lo toh yg akan rugi sendiri

  • Kalau gue sih kuat di angka (matematika) tapi lemah di pelajaran yang ada hafalan. Terlalu banyak hafalan bikin kepala langsung nyut nyutan. Pengen pakai mind mapping sih. Tapi sebenarnya apa itu ga makin buang-buang waktu?

    • Glenn Ardi

      Hi Selvia, bikin mind map itu gak buang-buang waktu kok.. malah sebenernya itu adalah proses belajar yang sesungguhnya. Kalo proses belajar kita cuma baca ulang apa yang diomongin guru dan dikasih tau buku cetak, itu sih bukan belajar namanya..

      Kalo dari pengalaman gua pribadi sih, bikin mind map itu bisa jadi 60% - 70% dari proses belajar itu sendiri.. Sisanya tinggal banyak latihan soal aja.

      • Oke, kak. Gue coba dulu yang pakai cara mind mapping. Kalau memang efektif, berarti cara ini ampuh dan bakal gue terapin terus 🙂

    • Winda Imandari

      kalau gw kebalikannya , nah cara nyeimbangin otak kita yang mungkin dominan sebelah tuh gimana hehehe

      • Glenn Ardi

        Berat sebelah tuh gmn yah? haha..
        Ada banyak aspek dalam intelegensi dan otak kita tuh gak kebagi cuma jadi 2 hal, "itungan vs hafalan" hehe.

        Kalo mau melatih skill tertentu, menurut gua sih cara paling realistis itu dengan deliberate practice , coba deh baca tulisan sabda yang satu itu 🙂

  • Zamzam Nurichsan

    terima kasih kaka, semoga membantu 🙂

    • Glenn Ardi

      Sama-sama Nurichsan, moga-moga bermanfaat

  • pahriah nk

    gue jg sebenarnya belajar untuk hafalan buat ringkasan dulu.. karena kalo ga dg konsep blajr bgtu gue cpt lupa. ga buang2 waktu koq, tapi manfaatnya lu bs rasain wkt jawb soal ujian. nah gmn kalo cr cpt paham dlm matkul akuntansi glen?

    • Glenn Ardi

      Hi pahriah !

      Matkul akuntansi juga sebenernya sama aja prinsipnya, kita baru bisa jago ngerjain soalnya kali kita paham konsep permasalahannya dulu. Hampir selalu soal dari akuntansi itu soal cerita. Nah lo bisa coba bayangin posisi lo sbg manager keuangan atau seorang akuntan dari sebuah perusahaan yg pengen dapetin gimana solusi keuangan yg paling tepat buat perusahaan.

      Kadang dengan kita memposisikan diri dan ikut terlibat dalam soal cerita, kita jadi makin termotivasi utk larut dalam pelajarannya, termasuk juga dlm proses belajarnya.

      Kalo tips buat ngerjain soal akun, kunci emang harus banyak latihan variasi soal. 🙂

  • Winda Imandari

    bikin pikir ulang * why not 😀 thanks

  • ayu hardian

    langsung di praktekin!!haha

  • Aryatama Wicaksana

    Gue setuju banget sama tulisan lo kak!! +++ deh pokoknya! Kadang emang soal-soal UAS yang isinya cuma nguji hafalan "doang' serasa pengen dibejek-bejek. -__-

    • Glenn Ardi

      Thanks dude !

  • Kang Dansen

    kak glen gimana biasanya kan ketika kita dalam keadaan terdesak hal yang luar biasa sering terjadi,nah kalau baca buku cuma 1 - 2 jam sebelum ujian hal luar biasa bisa terjadi gak ? misalnya gue langsung hafal tuh pelajaran.

    • Glenn Ardi

      Hahaha.. gini Kang Dansen, cara kerja otak emg kadang bisa distimulasi kalo lagi kepepet. Karena emg kita sbg makhluk biologis/organic punya sense buat bisa survice dlm keadaan genting.

      Jadi emg cara kerja otak bakalan bisa cepet banget buat ngasih pertimbangan dan ngambil keputusan yg tepat... TAPI bukan berarti jadi bisa ngapalin cepet sebelum ujian.

      Balik lagi ke esensi belajar itu sendiri, kalo lo mau coba mensiasati supaya dapet nilai bagus yah silakan aja ngafalin. Tapi kalo lo mau jadi cerdas beneran, ya lo justru harus lebih menghargai proses belajarnya itu ketimbang nilai akademis lo.

  • Nur

    gue sering nyoba membuat mind map tapi malah jadinya gak simple, jadi malah keliatannya kurang tempat, jadi mirip mind map yang di buku cetak kalo masuk bab baru cuma yang gue buat lebih lebar. gue nya juga sih hehehe. cara supaya gue bisa membuat mind map itu simple dan mudah dimengerti gimana ya?

    • Prasdianto

      Hi Nur, Mind map itu dibuatnya klo kita udah baca keseluruhan bab atau bahkan seluruh materi pelajaran. Jadi urutannya kita tau gambaran besarnya dulu, dan di "ikat" di otak dengan menerapkan visualisasi ke kertas. Keuntungannya, kita jadi gampang ngatur informasi di otak kita dengan membayangkan mind map buatan kita. Klo bikin mind map di awal-awal baca, emang yang ada malah tambah bingung. Tips untuk masalah "mind mapnya kegedean", 1) bikinnya di tembok rumah. Dan mengingat resiko dimarahin bokap jadi tips berikutnya yg masuk akal. 2) Bikin dulu per bab untuk 1 mind map trus bikin Mind Map utama yg melingkupi semua bab.

    • Deat Feature

      Iya bener......kalau soal game. Terutama Dota. Mudah inget soalnya asik...coba kalau guruku gak bosenin.?

  • kinoy

    bang di sekolah aku ada pelajaran agamanya, kaya hadits, tafsir..
    bisa gak kalo aku gak ngapalin? hihi 😀

  • Angelo Albini

    Wow keren banget nih =D.

    • Glenn Ardi

      thanks yah Angelo

  • Nur Fauzia Muhammad

    nah benar, terimakasih zenius udah kasitau cara efektif belajar biologi buat UN dan SBMPTN dan kedepannya. khusus biologi kayaknya mind map berguna banget 🙂

  • Muhammad Vickry

    Lglg thread yg keren dan bermanfaat dr bang glen..
    Bang glen mau tanya saya siswa yg gagal sbmptn dan simak 2014 saya sadar kesalahan saya kmrin bnyk apalan bkn ngrti konsep trtama pel. Matematika
    Pertanyaanya : kalo ane mau kuatin dasar math belajar lg dr pljrn sd or pel. Basic madas aja udh cukup? Mnta saran ya bang

    • Glenn Ardi

      sebetulnya yg paling tau sejauh mana kesiapan atau ketidaksiapan lo itu adalah diri lo sendiri. Jadi terus terang gua juga kesulitan buat jawab. Tapi ada juga lho beberapa murid yang ngulang dasar-dasar matematika sampe belajar ulang materi SD sampai SMP. Coba deh lo baca artikel ini, moga2 bermanfaat :

      https://www.zenius.net/blog/3422/belajar-soal-un-ujian-nasional-matematika-ips-sma-2014-2

      • Muhammad Vickry

        Waaaw kejawab smua bang glen.
        Trrima kasi bang glen .

  • Andre Vengeance

    Menurut gw ini cuma berlaku buat kurikulum sebelumnya, sebagian besar kan udah masuk kurikulum 2013, and u know, guru ngga akan jelasin panjang lebar kayak kurikulum sebelumnya, kita harus nyari materinya sendiri, dan buku paket ngga membantu sama sekali, dan itu yg gw alamin sekarang, loe ada tips ga min? Thanks before 😀

  • Aishaa Lula

    Makasih buat tipsnya, Kak^^
    Kak, Kalau teori dari pelajaran Matematika atau Fisika dibuatin mind map, efektif nggak buat belajarnya? Soalnya saya kurang begitu bersemangat nih buka buku yang ada rumus dan itungannya (seperti matematika dan fisika).

  • Bahni Luvian W.

    Baru sadar gue bisa hafalin ratusan stuff di DOTA dengan segala kombinasinya, eh pas pelajaran kok kayaknya susah banget. Thanks sangat bermanfaat!

  • Ficky Ersandi

    kebanyakan mapel sekarang memakai sistem hapalan,seperti b.ind , yg di un kan.
    Emg sistem pendidikan yg hapalan atau itu tipe guru yg memgajarkan ka?

  • Ramdanii

    Terima kasih banyak, ini nih metode yang kayaknya jarang atau malahan gak di terapkan disekolah. oke gue akan mulai pake metode ini buat belajar ngadepin ujian gue ini. semoga gue lulus dengan hasil memuaskan..

  • dheasy

    Mulai sekarang kudu belajar bikin mind map!!
    Thanks yaa

  • PersegiPendek

    kereen, bisa diterapin nih, tapi kalo masalah ngafalin surah di al-qur'an emng bisa pakek cara ini? kalo iya gimana cara nerapinnya? bingung banget disuruh ngafalin juz 30 yg isinya berlembar2, sedangkan gue cuman hapal 10-15 surah doang :v itu juga gara2 disuruh ngafalin waktu kecil..

  • alfinsa

    nanya nih bout bikin mindmap.

    boleh ga sih "nyontek" point2 mindmapnya ke video?
    misalnya definisinya A gue liat video, then jenis2nya gue liat video, boleh gak??

    *mindmapnya acakadut nih*

    • boleh aja, asal paham konteksnya. tapi lebih baik sih mind map bikin versi kamu sendiri. jadi lebih nempel di otak, lebih paham juga proses berpikirnya.

      • alfinsa

        tapi bang Glenn, gw ga inget kalo bikin mindmap tanpa liat video. pas mau bikin udah blank duluan.

        berarti bikin dengan liat boleh ya asal ngerti konteks? asal muasalnya gitu ya?

  • Rarafsabics

    Tapi kak materi dp gue bentrok sama materi UAS:((

  • Alman Doni

    Mksh infonya kak glen.., tp msh agak kesusahan bikin mind-map nya.. hehe

  • Fikih FirmaNsyah

    Bener bro, Aku mah kalo guru lagi jelaskan di papan tulis selalu masuk di otakku, tapi waktu udah siap jam pelajarannya, semua itu hilang ntah kemana, tolong bantuannya dong mas Gleen 😉

  • emang sih kimia agak sulit diimajinasikan kalo yang kamu bayangin itu rumus2 kimia. tapi akan lebih mudah kalo kamu kaitkan dengan kehidupan sehari2, coba deh coba kamu baca beberapa artikel berikut ini >>
    https://www.zenius.net/blog/5079/bahan-kimia-buatan-bahaya-alami-sehat
    https://www.zenius.net/blog/7668/minuman-oksigen-alkali-elektron

  • Dafa Adi P

    Terimakasih kak 🙂
    Ijin share ya kak ?

  • Cindy Erganissa
  • Nadia Putri Palupi

    yaagimana dong kak , kadang ada guru yang ngeharusin jawabannya sama kek dibuku. jadinya ga sadar jadi sebuah habit hapalan mulu 🙁

  • Furqon Lanang

    What ac3 lol boston tea party :v yg waktu itu gw pas buangin kotak entah isi nya apa ke laut bukan glen ?? Buset lu maen ac3 bareng sama chief gila buat mempermalukan temen nya si haytam si carles lee kan ?? :v wkwkwkwkwk gw inget banget pas buangin kotak itu :v entah real apa fiktif belaka ubisoft :v

  • Novitasari Dwi

    hai kak... aku mau curhat nih...
    aku suka banget sama fisika, tiap ngerjakan soal yang ada di buku jarang ada masalah, tapi kalo udah ketemu matematika kok akunya malah nggak bisa sama sekali ya??? hampir semua materi matematika akunya gak bisa... nah nasib kayak gitu tuh gak cuma matematika aja, tapi kimia juga... kalo matematika, walaupun aku merhatiin guru, nyoba latihan soal, tetep aja gak nyambung, kalo kimia, mendingan dikit sih, biasanya kalo di ajarin bisa, tapi kalo mulai ngerjakan sendiri entah kenapa materi yang udah aku pelajarin pada ilang semua... sia-sia kan??? boleh minta saran nggak??? gimana caranya biar aku bisa gitu di kedua pelajaran itu, (matematika, kimia)??? soalnya kan bentar lagi UN nih,,, thanks

  • Agus Wibowo As-Sudais

    ia juga ya... belajar ibaratin kayak lagi maen dota

  • Nugroho Rizki S

    yg di omongin di atas udah di praktekin, tp klo misalnya belajar pake cara di atas trs pas belajar nya sambil dengerin lagu gmn ya? kadang ga dengerin lagu tiba2 ngantuk sendiri klo belajar 🙁

  • Traditional Animation

    ngena cuy ama kata2 terakhirnya

  • Melenia Savhira

    Bang Glenn, untuk mempersiapkan UN kan materinya banyak banget tu, jadi baiknya gimana ya ? Belajar materinya satu2 atau lngsng terjun ke soal2 ?