mm

UN Dibatalin, UTBK Ditunda, Kamu Harus Bagaimana?

Yo what’s up? Gimana kabarnya nih, guys? Tahun ajaran ini emang beda benget kalau dibandingin sama tahun ajaran sebelumnya. Mungkin beberapa dari kamu baru pertama kali nih ngalamin belajar secara online dari rumah entah pakai zoom, google meet, atau bahkan lewat whatsapp. Terlebih buat kamu yang duduk di kelas 12 yang engga ketemu Ujian Nasional (UN). Udah engga ketemu UN, masih ada kabar kalau UTBK diundur pula. Emang angkatan 2020 beneran angkatan yang beda banget deh. 

Dengan adanya kebijakan pembatalan UN dan diundurnya UTBK pasti bikin perasaanmu campur aduk. Ada yang bingung dan bertanya-tanya indikator lulusnya diambil dari mana kalau ga ada UN. Mundurnya UTBK juga bikin bertanya-tanya ini diundur sampai kapan sebenarnya. 

Walau campur aduk gitu, ada baiknya kamu tetap berpikir positif. Berpikir positif punya banyak manfata loh. Di antaranya adalah berpikir positif bisa bantu kamu terhindari dari depresi, berpikir positif juga bisa bikin kamu punya kesehatan baik fisik maupun psikis yang lebih baik. Kalau mau dipikir secara positif, ditiadakannya UN dan diundurnya UTBK punya beberapa manfaat, berikut adalah di antaranya. 

Bisa fokus belajar UTBK

Duduk di bangku kelas 12 tuh capek. Ada banyak ujian mulai dari ujian sekolah, ujian praktek, dan masih ada Penilaian Tengah Semester (PTS) sampai ulangan harian. Itu baru dari segi ujian ya. Di luar ujian masih ada persiapan ujiannya juga. Ya kali kamu ikutan ujian tanpa persiapan. Dan lagi kamu masih perlu mempelajari lagi materi-materi kelas terdahulu buat mantepin pemahaman kamu. Dengan ditiadakannya UN, kamu bisa sedikit ngatur nafas buat persiapan UTBK. Hehe. Jadi dengan ditiadakannya UN bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Justru karena ga ada UN kamu jadi bisa maksimalin waktu buat persiapan UTBK cuyy.

Waktu persiapan belajar UTBK lebih panjang

UTBK emang bukan sembarang ujian yang bisa kamu kerjain secara asal-asalan gitu aja. Kamu butuh persiapan yang matang mengingat UTBK merupakan ujian seleksi yang beda sama ujian evaluasi. Kalau di UN yang sifatnya ujian evaluasi, yang diujikan adalah soal penguasaan kamu mengenai materi. Nah kalau udah di level UTBK, tingkatannya udah ada di ujian seleksi yang mau ga mau kamu berhadapan sama yang namanya kompetisi. Namanya juga kompetisi, yang terbaik lah yang bisa lolos ke jurusan impiannya. Maka dari itu, kamu butuh persiapan dan dengan kondisi seperti sekarang, kamu punya lebih banyak waktu lagi buat mempersiapkan diri. 

Nah setelah tau mengapa persiapan UTBK itu penting, sekarang kita bisa ngomongin tentang persiapannya, guys. Ya sebenarnya masing-masing dari kamu boleh kok kalau punya cara persiapan yang beda-beda. Cuma tetap ga ada salahnya kalau kamu mau gunain strategi yang ada di sini. Strateginya gini nih.

Ngerjain soal-soal terdahulu bisa bantu kamu terbiasa sama soal-soal UTBK yang tingkatannya beda sama soal UN. Evaluasi berguna buat bantu kamu metain mana materi yang udah kamu kuasai dan mana aja yang belum. Karena udah tahu kalau ada materi yang masih kurang dikuasai, kamu jadi bisa meningkatkan kemampuan di materi tersebut. Kalau udah, kamu bisa ikutan tryout Zenius deh buat ngukur kesiapan kamu. Setelahnya, jangan lupa buat evaluasi lagi biar makin siap ngadepin UTBK-nya. Penjelasan selengkapnya soal strategi di atas bisa kamu baca di sini: 

7 Langkah Strategis untuk Belajar UTBK 

Lebih Banyak waktu merenungi masa depan

Dengan adanya waktu yang ‘cukup’ banyak ini, kamu juga bisa kok ngelakuin kegiatan selain persiapan UTBK. Bosen juga sih kalau harus latihan soal melulu. Nah, apa sih yang bisa dilakuin selain mempersiapkan diri buat ngadepin UTBK di tengah kondisi seperti sekarang? Well, aku saranin sih buat merenung. Kondisi saat ini sebenarnya cocok banget buat merenung. Ingat kan kalau kamu diminta buat ngelakuin physical distancing? Imbauan tersebut membuat kamu punya jarak sama orang lain yang sebenarnya ngasih kamu waktu buat sendirian lebih banyak. Karena kamu punya lebih banyak waktu buat sendirian, kamu jadi punya kesempatan buat ngobrol sama diri kamu sendiri. Kamu jadi bisa merenungkan beberapa hal kayak berikut ini terutama terkait sama persiapan UTBK kamu.  

  • Mindset belajar 

Hal pertama yang bisa kamu renungin di masa sekarang adalah pola pikir kamu dalam belajar. Misalkan nih kenapa kok ada materi yang sepertinya sulit sekali dikuasai. Jangan-jangan kamu mengalami yang kayak gitu karena ketakutan kamu sendiri saat baru bertemu yang bikin kamu udah malas duluan buat mempelajarinya. Atau malah kamu punya kasus kamu dapat nilai kurang memuaskan di materi yang udah kamu rasa kamu udah kuasain. Boleh jadi hal itu terjadi karena kamu meremehkan materi tertentu dan pas ketemu soal dari materi itu kamu malah blank. Nah mumpung lagi banyak waktu buat merenung nih, kamu bisa mengulangi lagi materi-materi yang udah kamu pelajari selama ini dan merenungkannya.  

  • Jurusan yang mau kamu ambil 

Sebelum akhirnya kamu ikutan UTBK which is nilainya bakal dipakai buat daftar SBMPTN, ada bagusnya kamu kembali merenungkan jurusan yang pengen kamu ambil nanti pas SBMPTN. Apalagi buat kamu yang malah belum mutusin buat ambil jurusan apa. Kamu bisa kok baca-baca lagi apa sih yang dipelajari di jurusan yang pengen kamu tuju. Udah beneran sesuai sama yang kamu pengenin apa belum. Atau kalau masih merasa kurang yakin kamu bisa juga nanyain ke senior atau alumni yang kuliah di jurusan tersebut. Mumpung masih banyak waktu juga kan. Biar nantinya kamu makin mantep buat daftar dan rela berjuang habis-habisan demi jurusan yang kamu kejar. Terlebih lagi bisa jadi pilihan jurusan yang kamu ambil bakal berpengaruh besar buat kehidupan kamu nantinya. That’s why, renungin baik-baik ya. 

  • Kampus impian kamu 

Pas SBMPTN nanti kamu mau daftar kampus mana nih? Ada yang pengen masuk UI atau ITB? Atau malah ada yang pengen kuliah di Malang di UB? Nah momennya pas nih buat direnungin lagi. Apakah kamu harus kuliah di luar kota dan jadi anak rantau atau kuliah di kampus dalam kota aja biar tetap jadi anak rumahan. Kamu punya waktu buat ngerenungin itu semua kok. Apakah kampus yang kamu impiin emang layak buat kamu perjuangin gitu. Kamu bisa baca-baca mulai dari alumninya siapa aja, ada unit kegiatan apa aja sampai hal-hal yang bisa kamu temuin di kota tersebut kalau kamu nargetin buat ngerantau. 

Oke, gitu aja sih buat ngisi waktu persiapan UTBK yang mengalami penundaan. Dengan ditiadakannya UN bukan berarti kamu bisa santai-santai. Justru kamu bisa manfaatin momentum ini buat makin matengin lagi tuh persiapan UTBK kamu baik persiapan terkait materi ujian ataupun persiapan lain tentang kampus atau jurusan yang kamu pengenin. Akhir kata, aku mau nyampein kalimat yang bisa kamu pakai sebagai penyemangat nih. 

“Give me six hours to chop down a tree and I will spend the first four sharpening the axe.”

― Abraham Lincoln

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini