SBMPTN As A Foundation For Life-long Intellectual Development

SBMPTN As A Foundation For Life-long Intellectual Development

Mungkin elo udah sering denger tips gimana caranya tembus SBMPTN or something similar. Nah di sini, instead of gue ngasih tips supaya elo tembus SBMPTN, gue mau take it further, gue coba untuk give deeper purpose or meaning dari endeavour lo ber-SBMPTN. Gue mau coba ngasih a grand strategy yang bukan sekedar ningkatin chance lo untuk lulus, tapi juga much much more than that, yang efeknya bisa untuk seumur hidup.

Di awal gue bikin zenius, sebenernya gue rada males untuk bikin materi persiapan SPMB (Nama SBMPTN jaman itu) karena ngapain gue bikin anak-anak dapetin top schools tapi sebenernya anak-anak itu menurut gue nggak layak diterima di those top schools, karena dari awal gue mau jadi guru ada syarat dan kondisinya yakni gue pengen ngajar supaya anak-anak bisa cerdas untuk seumur hidup, building a solid foundation untuk life-time intellectual development, dan gue mau bantu mendidik future leaders yang mengubah tatanan sosial dan bukan justru tunduk sama nilai sosial yang ada, intinya I want to nurture the misfits, the rebels, & the crazy ones πŸ™‚ . Tapi untungnya Pak Medy (another founder of zenius) bilang ya udah gimana kalo kita ngajarin hal-hal penting itu tapi dibungkus sambil belajar SBMPTN, bisa kan?

Well, bisa banget! and fortunately yielding incredible results, karena bukan aja banyak anak zenius dapet di Top Universities, tapi anak-anak ini juga ngerasain sustainable development in their intelligence padahal dulunya mah kayak gue juga rankingnya 30/40an. Menurut gue, what’s the point of an education kalo nggak bisa ningkatin your β€œtrue” intelligence.

Jadi, maksudnya foundation ini apa?

Sebelom lanjut, elo bisa kali baca dulu β€œThe virture of liberating education” untuk dapet gambaran jelas kenapa akhirnya online research gue nemuin betapa jeleknya pendidikan Indonesia kalo dibandingin sama negara maju lainnya, dan apa sih sebenernya isi pendidikan di sana yang bisa ngembangin intelligence dan kenapa di kita nggak.

Nah, jadi gampangnya, foundation ini sebenernya berfungsi sebagai pembuat kerangka dasar di otak lo, dan analoginya kayak nginstall operating system yang canggih di otak. Karena kalo OS-nya oke, ya elo bisa nggak masalah untuk install apps/software lainnya, dan software-software ini bisa jalan lancar dengan OS yang cocok, bayangin kalo gadget lo kosong tanpa OS ya, apps lainnya kan jadi ga bisa jalan, or at least jalannya sangat ga optimal.

Nah, terus ternyata hal ini nyambung banget nih dengan konsep tentang kecerdasan. Coba elo tonton satu video ini tentang konsep kecerdasan, dan gue kasih contoh-contoh yang bisa signifikan ngebantu ningkatin general intelligence.

Terus kenapa mesti lewat SBMPTN untuk dapetin hal ini?

Pertama, SBMPTN itu beda banget sama elo belajar ulangan, belajar ulangan kan cuma bab per bab beres, lah sbmptn ini jauh lebih banyak materinya, semua pelajaran pula kan, jadi butuh lebih terstruktur, karena ada β€œdependency” dari satu bab ke bab lainnya, dimana kalo elo belom nguasain suatu bab ya susah bener-bener nangkep bab lainnya. Requirements-nya bukan cuma untuk di dalam suatu pelajaran, tapi juga antarpelajaran. Misalnya fisika juga sangat butuh mastery di banyak bab matematik, kayak integral, turunan, vektor, gambar-gambar grafik dll.. jadi makanya, kalo mat-nya belom mantep cenderung nguasain fisika susah πŸ™‚

Bukan cuma itu, tapi juga bab-bab di SBMPTN butuh dasar yang bisa jadi bab-bab dasar ini nggak keluar di SBMPTN, tapi tanpa penguasaan dasar-dasar itu ya, bermasalah dalam pengerjaan secara mantap.

OK, sebelom masuk lebih jauh, gue mau make sure elo tau kalo SBMPTN itu ada

  1. TPA --> logika deduktif, pattern recognition, verbal, spatial, dll
  2. Kemampuan Dasar --> Mat dasar, Bhs Inggris, Bhs Indonesia
  3. Kemampuan IPA (Sains & Tek) --> Mat IPA, Fisika, Kimia, Biologi
  4. Kemampuan IPS (Sosial & Humaniora) --> Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, Geografi

Sebenernya, hampir di semua negara maju, dan termasuk di Indonesia juga, tujuan pendidikan sampe level SMA itu utamanya adalah membentuk dasar kemampuan berpikir, kemampuan saintifik (beda sama scientific knowledge ya), dan pengetahuan sains/humaniora dasar. Jadi, point penting dari SBMPTN tuh sebenernya (atau seharusnya) menyeleksi mereka yang punya kemampuan oke dalam berpikir dan skills intelektual dasar lainnya yang kepake terus-terusan di masa mendatang. Terus, SBMPTN akan mengetes kemampuan ini semua bisa elo terapin lewat pelajaran-pelajaran yang ada. Inget kata kunci penting di sini... Yang penting kemampuan dasar elo mikir yang diuji MELALUI pelajaran yang ada. Jadi fokusnya bukan cuma berpengetahuan di pelajaran-pelajaran itu, tapi justru penekanannya pada kemampuan MIKIRnya.

Karena SBMPTN adalah tes seleksi dan bukan tes evaluasi, jadi yang diuji ya fokus pada kemampuan berpikirnya, bukan sekedar pengetahuan doang. Pengetahuannya pasti tetep penting, tapi itu semua elo pelajarin seharusnya dengan cara yang sedemikian rupa sehingga membentuk pola pikir yang oke. Sekedar info supaya elo tau nih, member zenius.net udah hampir 100,000, jadi ya elo ngerti lah kompetisi jaman sekarang kayak apa πŸ™‚

Nih, gue kasih beberapa contoh soal perbandingan antara model tes evaluasi dan model tes seleksi yang menekankan mikir karena Top Universities yang ada pasti maunya milih anak-anak yang cerdas dong, bukan cuma sekedar tukang ngafal.

Bang, sebenernya elo belom jawab pertanyaan gue tentang kenapa foundation kita lakuin pas ber-SBMPTN, kenapa nggak nanti2 aja pas kuliah?

Hehe, maap kebiasaan ngalor-ngidul di kelas kalo ada yang gue rasa penting untuk dishare. Ok jadi gini ceritanya, untuk belajar hal-hal yang advanced dalam segala bidang, pasti kecenderungannya semua itu makin kompleks, entah elo mau masuk ke pure science, engineering, computing, design, urban planning, marketing-advertising, communication, dll. Kompleksitas ilmu itu ternyata cara menguasainnya itu melalui beberapa hal:

  1. Logic & Critical thinking, with a little bit of philosophy
  2. Mathematics
  3. Verbal skills
  4. General scientific skills
  5. Learning science secara terintegrasi

Gue belom mau bahas detail dulu kenapa itu semua di atas akan ngebantu elo mastering ilmu dengan lebih gampang, tapi gue mau nyampein satu hal penting yang bisa jadi salah paham kalo konsep utamanya nggak ditangkep dengan bener.

Jadi gini, pengalaman gue ngajar, sering banget anak-anak yang mau masuk kedokteran, advertising, psikologi, dll. nanya, apa sih gunanya matematik buat gue nanti-nantinya? Atau ngapain gue belajar fisika? Or sejarah?

Tiap ilmu emang punya guna yang berbeda, tapi pada level SMA peran ilmu-ilmu ini yang paling penting tuh EFEK BELAJARNYA TERHADAP OTAK LO. I cannot stress this enough, tapi gue ulang lagi biar mantep.

β€œIt’s not the CONTENT of math, or physics, or history per se yang lebih ngaruh buat masa depan lo, but it’s what learning them DOES to your brain that is having more impact!!”

Inget ya, jadi bukan isinya nih yang paling penting (penting sih, tapi ada yang lebih penting)... yang penting tuh EFEKnya terhadap otak.

Nah, ini ada video lagi nih untuk dapet gambaran masing-masing ilmu tuh bakal nambah kecerdasan di mana, dan ngaruhnya apa di jurusan/bidang yang elo ambil di masa depan, plus pastinya for your quality of life in general.

Nah, terus kenapa pas SBMPTN?

  1. Pertama, karena sejujurnya kemungkinan elo nggak akan ada banyak waktu lagi pas kuliah. Banyak orang nunda-nunda belajar foundation, akhirnya ga sempet-sempet, eh, jadinya pas udah lulus belom juga punya dasar dan akhirnya kerasa bermasalah pas mau kuliah ke luar atau mau ngedalemin suatu skills professional.
  2. Kedua karena pas SBMPTN tuh kita cenderung ada pressure, dan ternyata pressure ini suka nggak suka punya dampak untuk kita makin kedorong untuk nguasain sesuatu dengan lebih mantep dan lebih cepet. Ada riset yang agak aneh hasilnya tapi ya begitu adanya, bahwa otak kita akan lebih cepet nangkep materi pas kepepet hehe.
  3. Ketiga karena terpaksa tadi, jadi elo mungkin banget nih untuk berjam-jam per hari ngejar sesuatu. Nah, tiba-tiba bisa aja nggak sadar elo mahal jadi tertarik sama materinya, nagih sama ngerjain soalnya, ya apalagi kalo belajarnya di zenius, seharusnya jadi makin nagih lah, ya :)). Once udah ketagihan ini, tanpa sadar, elo ngubah mentalitas lo tentang belajar, dan tanpa sadar juga elo breaking your current limit yang pada akhirnya raising the bar on your standard of performance for future reference. Gue dapet buanyak banget cerita dari murid-murid gue tentang bagaimana pengalaman ber-SBMPTN mereka tuh adalah pengalaman perkembangan intelektual terpenting dalam hidupnya yang akhirnya malah banyak yang kangen belajar buat SBMPTN walaupun udah di ITB, UI, dll. Personally, gue juga seneng bahas soal SBMPTN sampe sekarang karena pas gue ber"SBMPTN" dulu ya gue bener-bener ketagihan, dan untungnya gue bisa ngelakuin ini seumur hidup, dan dibayar pul,a hehehe.
  4. Keempat, karena spektrum ilmu di SBMPTN tuh cukup luas untuk bisa dapetin the sense of integration, tapi nggak terlalu luas juga sehingga cukup lah buat dikejar 6--10 bulan. Biasanya di zenius, selain dari materi SBMPTN standard gue tambah lagi sama bacaan-bacaan seru supaya dapet insights yang terintegrasi tentang perkembangan ilmu yang sekarang yang bisa ngubah cara lo memandang dunia. Bacaan/tontonan kayak gini sekarang untungnya udah buanyak di wikipedia & youtube, jadi gampang dapetnya dan nggak ngabisin waktu kok, bisa sebagai hiburan selingan.

OK, terus jadinya yang mana nih yang mesti duluan gue hajar?

Pastinya bagian-bagian yang fundamentals:

  1. Untuk insights tentang otak dan belajar, cobain zenius learning. Tentang zenius learning, ini emang materi agak lama sih, jadi beberapa bagian udah nggak relevan, tapi masih banyak yang bisa guna, terutama tentang cara belajar dan otak.
  2. Untuk mantepin mikir-mikir dasar & beberapa foundations try basic skills & TPA. Ini ternyata penting banget, dan gue kaget awalnya kalo ternyata buanyak banget anak-anak justru lemahnya di bagian dasar berpikir di sini. Jawabannya banyak yang ngawur kalo gue kasih soal basic hehe.
  3. Nah untuk matematik, karena waktunya skrg masih agak panjang cobain dulu bagian teori matematik versi baru, di sini gue kulek matematik sampe dalem. Cobain soal2nya deh, kayaknya gampang, tapi kalo nggak mantep konsepnya, ya banyak jebakan batman berlapis-lapis hehe.
  4. Pastinya English skills digeber secepet-cepetnya sebanyak-banyaknya, karena ini paling susah ditingkatin tapi beberapa universitas bener-bener naro ini sebagai syarat utama, karena belajar di universitas bagus pasti textbook bahasa inggris semua, kalo nggak bisa ya nyusahin.

Nah, itu semua abisin secara terurut ya, udah didesain untuk ditonton dan dikerjain urutan. Penting nih, elo mesti sambil ngerjain soal kalo nonton, jangan keasikan nontonin doang, karena jauh lebih ngaruh kalo sambil dikerjain soalnya.

Cobain untuk selesain itu semua dalam dua bulan ke depan. Nanti, elo bisa review ulang lagi, tapi usahain dua bulan ini beres. Khusus untuk matematika, biasanya di zenius-X gue selalu ngasih tugas ke anak-anak untuk buktiin sendiri semua rumus matematika yang bakal elo pake, dan bahkan gue suruh presentasi ke depan, biar nguasainnya makin mantep. Nah, karena gue nggak bisa nyuruh elo presentasi, at least elo buktiin deh semuanya, elo boleh foto hasil karya lo dan mention ke gue @sabdaps or @zeniuseducation. Gue RT kalo bagus hehe.

"Sekilas tentang Bahasa Inggris: Secara kuantitas dan kualitas, knowledge di internet dalam bahasa Inggris tuh bisa 20--50x lipat kali dibandingkan Bahasa Indonesia, jadi kalo elo nggak mastering English, elo bakal significantly being disadvantage dibanding yang lain. So mending bener-bener seriusin deh dari sekarang, follow @zeniusenglish & abisin isi websitenya."

 

Terus Bang, gimana kalo gue mau belajar yang lain kayak fisika? Atau gimana kalo gue tuh anak IPS, emang mesti ya dalemin mat segitunya?

Untuk fisika dll. akan menyusul tipsnya, tapi intinya, kalo foundation mat-nya nggak kuat, biasanya fisikanya keblinger hehe. Nah untuk anak IPS, jangan takut deh sama matematik, percaya sama gue, mending elo susah payah sekarang mantepin matematika sekarang, karena zaman sekarang matematik bener-bener ngerambah di semua bidang, kalo elo nggak kuat matematika-nya ya, bidang-bidang lo bakal di-invade sama anak-anak yang jago bermatematik. Bidang kayak advertising, marketing, communication, hukum, dll. di masa mendatang akan memakai matematika jauh lebih signifikan dibandingkan sekarang. Gue, selama 4/5 tahun terakhir ngedalemin anthropology/evolutionary psychology and seru banget nemuin kalo ternyata perilaku sosial, sexual, dan moralitas kita tuh justru bisa banget dijelasin pake formulasi matematisnya.

Last but not least, ini ada sedikit audio buat dapet gambaran sebenernya, apa sih yang mau kita capai di zenius lewat belajar SBMPTN dll ini? Hopefully, bisa secara signifikan ningkatin energi lo untuk tempur selama 8 bulan ke depan.

[Catatan Editor : Kalo di antara lo ada yang belum jadi regular member di zenius.net, lo bisaΒ sign up di sini. Oh iya, kalo ada yang mau kasih tanggapan, langsung aja kasih comment di bawah artikel ini, yah. Nanti sebisa mungkin kita jawabin semuanya. ]Β 

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernyaΒ di sini.

About 

Sabda PS adalah Founder dari Zenius Education dan salah satu contributor konten di zenius.net untuk pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan juga Ekonomi. Sabda mengambil kuliah di Informatika ITB dan merupakan alumni SMPN 115 Jakarta & SMAN 8 Jakarta.
Β 
Follow Twitter Sabda at @sabdaps

  • Delta

    eaaa si bang sabda kembali berjaya dengan tulisan"nya ahaha

  • Muhammad Najieb Haitami

    Gue bingung, tiap soal rumit cara ngejawabnya. Jangankan itu, ngerti soalnya aja susah, jadi meski udh nguasain konsepnya, kadang gue tetep pesimis -_-

    • risaluddin

      ia sama . soalnya aja susah di mengerti trus bagaimana jawabnya ?

      • Berarti lo belum paham foundanction-nya :), gue udah buktiin Alhamdulillah gue bisa.., dan satu lagi, Percaya diri itu penting banget men. Orang pinter yang gak percaya diri bisa dikalahin sama org yang biasa aja tapi percaya diri. Saran gue sih, lo ilangin deh rasa pesimis lo. Kalo lo optimis, secara gak langsung itu ngasih stimulus buat otak lo, jadi lebih paham pelajaran dan lain sebagainya. (Perbaiki cara belajar & Yakin (Optimis)

        gue kutip sedikit dari artikelnya glen

        β€œIf you have no confidence in self, you are twice defeated in the race of life. With confidence, you have won even before you have started.” – Cicero. Semoga sukses

    • Ahmad Mubarak

      soal sbmptn itu rata2 dalam satu soal materinya lebih dari satu,, mungkin itu yang buat susah ngerti soalnya

  • Anonymous

    Thanks kak sabda, fisika jadi gampang ngertiin konsepnya dengan vidio vidio plus DP nya kak sabda. Tapi sama kayak yang dibawah gue, masalahnya waktu ngeliat soal soal Try Out tetep aja susah padahal rasanya konsepnya udah oke banget (serasa paling pinter hehe), gimana ya solusinya? oh iya, makin sering ngetwett dong kak banyak pertanyaan nih gue hehe

    • maya

      bener bgt nih!

    • Anonymous

      di up vote doang sama ka sabda -_- nungguin jawaban master nih. :))

  • maya

    kak lo nyadarin gue suatu hal :') thanksss bgt kak!!

  • Rasyiqah Fitriyah

    gue waktu belajar serasa selebrasi krn ngerti bangeet plus ada pula ooo momentnya. pas try out entah knp tiap berusaha ngerjain soal banyak yang terhenti di tengah jalan, meski gue ngerti maksud soal (terutama mtk sm fisika) -

  • Hendra Bani

    gokil! semua pertanyaan di mention lo kejawab semua disini!

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    gila nice article

  • Hasan

    160-8=154? bukannya 152 yah hehe..

    • Sabda PS

      iya nih, gue juga baru sadar pas abis rekaman, tapi udah kepanjangan banget videonya jadi ngulangnya rebek, so maap aja ya, at least utk sementara hehehe

      • Hasan

        iya bang gpp hanya bingung aja, tapi thank's banget bang sabda. udah nyadarin gue kalo belajar gue itu sesat sebenernya -_-" kerjaan hapal2 melulu.

      • imam fauzan

        bang sabda pun bisa aja ya gak teliti :))

  • Andre Gore

    Kak, video sama audionya kok gak bisa dibuka ya?
    mohon bantuannya trims πŸ™‚

    • Sabda PS

      kalo di pc, ipad/iphone, or androids sih bisa, elo buka pake apa?

      • Andre Gore

        udah bisa kak,.
        hehehehe πŸ˜€

  • pesjay

    bang lo guru paling keren dalam sejarah idup gue

    • Sabda PS

      wah thank you banget πŸ™‚ hopefully generasi lo jadi banyak yang mau jadi bad-ass teachers hehe

      • Hilmy Adam Jieta Pradana

        yo bang entar boleh lah trial jadi tutor di zenius. haha

      • Sarah Ummah Muslimah

        bang download root word yg abang rekomen di video itu download dimana ya?

    • Abdurrahman Faiq

      RT

  • gabung

    bang mantep banget ...suara lo , wkkwk
    gurih gurih nyoi πŸ˜€ ...

    tapi sumpah asli anjritt keren banget penjelasannya πŸ˜€

    • Sabda PS

      Danke πŸ™‚ hopefully truly useful

  • Jo

    All hail bang sabda

  • Abdurrahman Faiq

    keren banget bang sabda..

  • raifde

    Keren penjelasannya, sayang emang kalo kita ga ngerti tentang tujuan belajar sebenarnya, di sekolah malah jadi cuma ngejar nilai. Kalo boleh ngasih saran, bahasanya jangan kaya cinta laura dong, yang terlalu dicampur aduk bahasa Indonesia sama bahasa Inggrisnya, hehe

  • lubna

    Gue masih ga ngerti gimana caranya bikin model matematika buat dapetin cewek :/

    • Glenn Ardi

      keep trying, seriously.. πŸ™‚

      • ivan

        kasih petunjuk sedikit dong, kak glenn !

  • piano lover

    Aritkel ini berguna untuk adek2 yang akan menghadapi SBMPTN ni, makasih ya...untuk Bang Sabda dan semua tim Zenius...!!! Tapi saranku untuk tulisan ini, bahasanya, bisa ngga, kalau ngga dicampur-campur (antara bahasa inggris dan bahasa indonesia)?-aku ngerti banget paling enak ngajarin adek2 dengan bahasa yang asyik/gaul, dan tujuan nya biar ada Penekanan dalam Penyampaian pesan ke mereka (aku juga bukan pengguna bahasa indonesia yg baik dan benar si..juga ga begitu jago ber-bahasa inggris). Tapi biar generasi adek2 kita ga ikut2an asal campur bahasa dalam satu kalimat. misal: 'something similar' bisa dipadankan 'sejenisnya' , lalu 'at least' bisa dipadanin sama 'setidaknya' atau 'se-engga-nya'. Atau malah sekalian artikel nya dalam bahasa inggris,kan keren tuh, udah menganggap/memancing adek2 kita biar ngerti bener bahasa inggris...! sekian komentar aku dari ibu rumah tangga yang juga editor

    • Sabda PS

      Makasih nih Bu/Mbak πŸ™‚ memang secara estetika ga enak banget rasanya campur aduk bahasanya, sayangnya kita sudah perdebatkan panjang selama 8 tahun terakhir ini dan kita ngambil kesimpulan sementara bahwa hal ini adalah cara terbaik yang mungkin ada sebagai solusi yang bisa menyeimbangkan antara kebutuhan:

      1. absorbsi terhadap kompleksitas terhadap konsep2x yang lebih diwadahi strukturnya dlm bhs inggris
      2. melakukan trigger untuk mengerti kosa-kata atau ekspresi/idiom dlm Bahasa Inggris tertentu tanpa kehilangan nuansa pemakaian bahasa yang keseharian
      3. percobaan terhadap bahasa yang murni dlm satu bahasa akhirnya membuat mereka nggak terbiasa akrab dengan verbal test yang memakai terms bhs inggris, dan keterbacaan dari artikel saintifik
      4. mengakomodir keaslian dari para tutor yang memang sehari2 seperti itu, sehingga memakai satu bahasa secara "murni" meningkatkan ketakpercayaan siswa karena kekakuan tutor berhubung itu bukan aslinya dia (baik dalam bhs inggris maupun indonesia)

      Nah, di luar itu memang kita ada perdebatan antara yang "seharusnya" sama yang "kenyataan"nya... dimana bhs indonesia dan bhs inggris memiliki kesamaan sebagai bahasa creole yang dua-duanya melakukan berbagai penyerapan secara terbuka serta berevolusi secara "freestyle". Dalam seribu tahun terakhir ini bhs inggris juga kan menyerap dari segala bahasa lainnya dan perubahan signfikan setiap 100-200thn dalam pengejaan, tata bahasa, dan ekspresi. Kita anggap bahasa indonesia memiliki karakter yang mirip walau kurang kaya dalam kosa katanya, jadi ya udah lah sementara ini kita terima kenyataan bahwa bahasa kita sebagai suatu memeplex sedang berevolusi terutama penyerapan dan penyesuaiannya dengan dialek global. Tinggal pertanyaan utamanya kita mau melakukan konservasi terhadap bahasa kita seperti ini atau memang membuka kemungkinan bahasa kita berevolusi secara "open system" yang memang sebagai fenomena linguistik baru 20 tahun terakhir ini terjadi di berbagai bahasa karena adanya internet ini.

      Dalam posisi kita, sementara ini jelas nggak mau cari perdebatan secara eksternal, karena kita sendiri sementara melakukan posisi "wait and see" dalam hal kemungkinan evolusi bahasa dunia ke depannya hehe, jadi sementara itu kita mengambil posisi yang paling mungkin terjadi (menangnya) yaitu adanya absorbsi lebih dari sekedar kosa-kata tetapi juga struktur dan ekspresi.

      Terlepas dari itu semua, terimakasih banyak akan kepeduliannya, sayangnya kita secara organisasi belum bisa mengambil keputusan secara bulat dalam 8 tahun terakhir yang disebabkan belom adanya trend saintifik yang jelas dalam evolusi bahasa ke depannya akan seperti apa, akhirnya yang diutamakan adalah kenyamanan tutor dalam mengekspresikan diri & ilmunya dengan cara terbaik yang menurutnya paling efektif.

  • Glenn Ardi

    FYI aja guys, sekarang regular member di zenius.net udah bukan hampir 100.000 lagi, tapi udah lewat dari segitu. So persaingan semakin ketat, tapi jangan takutlah sama kompetisi.. whatever you wants makes yourself deserve it !

  • fiftysecondsofsummerbreeze

    artikelnya kayanya mementingkan matematik banget ya gimana sama anak-anak yang gabisa matematik bukan karena mereka gamau belajar atau gasuka tapi karena emang punya kelainan sama angka dan hitung-hitungan? solusinya gimana? menurut gue sih sistem ujian PT di indo masih mengesampingkan banget hal ini.

    • Sabda PS

      Matematika pada esensinya justru sebenernya bukan berhitungnya dengan angka, tapi matematika yang lebih penting adalah abstraksinya yang nggak berangka πŸ™‚ emang ada masalah kalo susah berangka, tapi ternyata itu bisa diatasi dengan model logikanya aja tanpa angka... dalam pengajaran gue bermatematik justru gue nggak mementingkan banget dalam berhitungnya, berhitung itu juga terpaksa karena tes di indonesia ga boleh berkalkulator hehe

      • fiftysecondsofsummerbreeze

        nah itu masalahnya om, kasian banget sama anak-anak yang punya symptom sama angka kalo mau masuk PT di indo dan kebanyakan juga mereka kadang gatau kalo ternyata mereka punya symptom kaya gitu :/

      • SherayA

        salam, hallo kak Sabda, aku suka dg artikel2 kakak deh. makasih ya kak. kak, aku mau cerita ni, aku tu lulusan MA yang mau ambil jurusan Hubungan Internasional, tapi nilai TO ku di bimbel itu masih terus2an stug di skor angka 500. huhu gimana ya kak? mohon penjelasannya ya kak. makasih πŸ™‚

  • Lazuardi

    Bang, sekali-kali bahas dong gimana matematik bisa di-apply ke ilmu lain, kayak di video lo pernah bilang bisa dapetin cewek lewat matematik, terus di atas lo jg nyinggung bahwa kalo
    ternyata perilaku sosial, sexual, dan moralitas kita tuh justru bisa
    banget dijelasin pake formulasi matematisnya. Ayooo bang bakal ditunggu banget tulisannya yang ini, karena gw gak kepikiran banget gimana perilaku sosial manusia bisa nyambung sama matematikk, dan gue bener bener penasaran sama yang satu iniii, Ini juga biar gue makin cinta sama matematik! Bakal ditunggu banget bang tulisan yang ini! πŸ˜€

  • Cinder

    kak sabda gw pngen nanya nih, skarg gw lagi tertarik bgt ama baca buku science, self improvement, dll yg gag berhubungan ama pljrn lah apalagi setelah mampir ke websitenya zenius bnyak bgt saran2 bukunya, nah kan gw udah klas 3 otomatis masalah waktu jelasnya. nah disini gw harus ngorbanin ketertarikan gw ama membagun foundation kyak yg lo bilang diatas, gw kudu fokus blajar plajaran, gmn ya ngaturnya ini? apa gw buang dulu trus konsen sbmptn atau gmn?
    Trus cd zenius gw tuh kan udah lama, thnnya kakak dulu beli smp sma thn 2009 kira2 gw kudu bli baru atau masih terpake?apa isinya ama yg bru beda? apa bdanya?
    trus tdi di video buku 500 halaman ttg cara mikir bner yg lo baca tu judul n pngrngnya siapa klo boleh tau?
    dan yg terakhir ada pepatah mbah einstein" jgn gunakan otak anda sebagai gudang fakta, gunakanlah untuk berpikir", nah ditahap mana nih kita di bilang cuma make otak buat gudang fakta, i mean kpan kita kudu berhenti dlm tahap absorbing facts tdi?
    thx

    • Sabda PS

      Mending elo fokus untuk foundations, ketertarikan lo ttg science and other things bisa kok nanti makin gokil once elo makin mantep di foundationnya. Emang gue sampe sekarang pun hobi baca insightful knowledge terus, tapi hard-skills itu penting banget untuk bikin otak makin mantep. Maksudnya hardskills tuh kira2 ketika elo bener2 belajar mat/fis/kim/ekon/bio/eng dll sampe dalem sambil practice soal2 yang buanyak dan ngembangin creativity lewat problem-solving & deep understanding of those subjects.

      Nah kalo elo baca di three kinds of knowledge gue (ada juga di blog ini), elo liat gue ngebagi ilmu ada 3 yaitu fundamentals, insights, and specific skills. Sekarang di kelas 12 mending elo fokus ke fundamentals & specific skills (berarti ya nguasain ber-SBMPTN dulu). Ini khusus buat elo ya, buat yang lain bisa aja justru gue saranin lebih banyak baca wiki or utube untuk banyakin yang insights.

      Karena gini, fundamentals & "hard" science (termasuk social analysis) bikin otak jadi punya reasoning skills yang oke, jadi makin bagus dalam mengkategorikan masalah, atau berpikir secara details, dan juga ngebentuk struktur yang kuat untuk nyusus sistematika pengetahuan.

      Kalo insightful knowledge bikin semua knowledge tadi jadi ter-integrasi, jadi kebayang make konsep dasar tadi untuk menganalisa masalah sehari2 ataupun issue besar di dunia, plus insights by definition emang bikin elo tercerahkan parah hehehe.

      Kesimpulannya kedua hal itu emang harus balance, nah kalo elo udah banyak insights, ya mending fokus ke foundations and technical stuffs, dan sebaliknya. Toh kalo insights ya along the way gue bakal bikin content-2 yang insightful kok kayak di blog zenius ini, bisa insights tentang belajar, tentang cara kerja otak, tentang science, tentang history and social analysis, dll.

      Terus soal cd zenius, wah thn 2009 sih udah jauh banget ketinggalan men, mending pake xpedia 2 or beli voucher zenius.net, karena buanyak banget konten baru, belom lagi kita selalu update zeniusnet-nya sama content2 yang seru, bukan cuma buat ulangan, un, or sbmptn, tapi juga insights2 tadi.

      • Cinder

        kak sab mau nanya lagi, klo kta pilih jrusan tuh yg kita butuhin(skill) atau yg kita tertarik (interest) didlmnya, kyak misalnya manajemen ama psikologi? kudu pilih mna?

      • candyisabela

        kak gimana cara beli cd buay belajar ptn ua pls bales

      • Ruzh Shalma

        Siang ka. hopefully kaka liat Comment ini. saya anak SMK ka mau banget masuk FISIPUI tapi saya benar benar buta dengan pelajaran IPS anak SMA. sekarang saya kelas 3SMK. telat milih fakultas? saya rasa begitu. tapi saya percaya Zenius bisa bantu saya untuk diterima diPTN. saya sudah menanyakan mengenai Voucher untuk Zenius tapi saya masih bingung untuk jadi premiumnya gimana. saya harap ka sabda bisa bantu?hihi. saya tau Zenius karna sekolah saya pernah kedatangan Zenius. SMKTelkomJkt. Thanks ka!

  • Gebra

    langsung ngerti aplikasi matematika, thanks yaaaaaaaaa

  • Rizaldi Prasetya

    bang, gue mau curhat. mungkin masalah gue ini banyak juga dialamin sama angkatan gue yang KHUSUS angkatan sekarang. jadi gini nih ceritanya.-.
    awal masuk SMA, gue mikir kalo masa SMA adalah masa yg paling indah. jadi gue harus sebisa mungkin punya relasi yang banyak, iku OSIS dlsb. masalah akademis, bisa lah ntar dikejar pas kelas 3 (soalnya gue jg gini pas SMP. semua pelajaran gue kejar pas kelas 3 dan alhasil UN gue masih nyampe rata2 9,0) dan gue masih sempet jg ketrima di SMA paling favorit di kota gue. jadi gue mikirnya masih bisa lah ntar dikejar. TAPIII
    pas kelas 2nya, gue pindah kota. jadi masalah relasi dan organisasi gue terpaksa ngulang dari awal. dan ternya selama 1tahun itu gue malah KURANG BANGET punya relasi. soalnya anak baru mungkin dianggepnya agak beda. jadi buat masuk osis jg susah. DAN, selama kelas 2 ini gue abisin buat pacaran:D emang enak sih bang, tapi yaaaa gue sekarang ngerasa banget kalo itu mbuang waktu gue

    trus nih bang. pas kelas 2, gue dikasih tau ama sistem undangan yg baru dari pemerintah. gue kan bingung. soalnya nilai gue kelas 1 udah ancur gara2 kebanyakan ikut organisasi. trus kelas 2 udah ancur jg gara2 kebanyakan pacaran. dan pas awal2 kelas 3, gue udah semangat banget men! gila! sampe nilai ulangan gue melonjak!

    tapi gak cuma sampe disitu bang. abis UTS smt1 klas 3, semangat gue nurun. bukan karna apa2. tapi karna gue mau fokus sama SBMPTN, tapi tugas2 dari sekolah membludak. belum lagi jadwal les sana sini yg mencekik waktu (waktu itu gue belum ketemu zenius)

    trus nih bang. masalah utamanya. sekitar 1bln yg lalu itu gue nemuin zenius. trus gue coba mahamin apa2 aja yg disaranin sm zenius. dan katanya yg paling penting itu Foundation, TPA, Math, English, ama FOKUS KE SBMPTN
    gue bingung bang! 3-4 bulan lagi tuh gue mau UN. sedangkan gue belum ngeh sama pelajaran dari kelas 1-3 sma(bahkan gue belum ngeh ama hidrokarbon). tapi gue secara pribadi jg mau jadi CERDAS dengan nguasain semua konsep dasar yg dijadikan penting ama zenius itu. apalagi lolos SBMPTN. itu GOAL utama gue bang!! gue gak mau ngulang 1 tahun lagi sebenernya.-.

    tapi sekarang nih gue bingung bang. ini udah bulan desember. UN nya April. SBMPTNnya Juni.
    kata guru gue, gue harus nguasain pelajaran buat UN dulu. soalnya emang DASARNYA aja gue belum tau(jadi kayak anak kelas 3 SMA, tapi aslinya masih kelas 9 SMP)
    Tapi disatu sisi, saya jg mau nguasain Zenlearning+tpa+math dasar+english+teori SBMPT+TO SBMPT. dalam waktu yg singkat ini bang.
    gak mungkin kan gue mau belajar buat UN sampe april, trus pelajaran SBMPTNnya gue kejar 2 bulan aja. katanya zenius GAK BISA.

    jadi gimana nih bang, gue harus mulai dari mana? kebetulan bentar lagi nih liburan smeseter. dan kebetulan jg gue udah beli premium member zenius. jadi pas liburan ini rencananya gue mau ALL OUT buat ngejar pelajaran. tapi gue gak tau harus mulai dari mana. tolong bang.
    masalahnya ini nyangkut masa depan gue. gue udah HAMPIR gak mungkin keterima undangan. soalnya kelas 1 dan 2 gue rapornya udah ancur. jadi jalan gue cuma lewat SBMPTN. tolong ya bang. gue jg gak mau nyia-nyiain cara berpikir gue yang cerdas bentukan dari Zenius. HEHE

    Thanks a lot bang! πŸ™‚

  • Guest

    Saya salut karena apa yang mau disampaikan itu nyampe ke saya dan mungkin teman2. Gimana kalo Anda menambah keahlian menjelaskan ttg "konsep agama" juga, mungkin juga bisa ngena begini karena itu penting juga kan πŸ™‚

  • vivi tamara

    kak bahas tentang passing grade dong πŸ™‚

  • Duma Doniagara

    bang loe menginspirasi bgt buat gue bang πŸ˜€ cita-cita gue awalnya pengen jadi dokter, dan kesininya pengen jadi dokjter sekaligus jadi guru yang amazing kaya loe πŸ˜€ pengen jadiin orang2 indonesia di generasi berikutnya makin cerdas, dan bangsa kita ga makin tertinggal πŸ™‚ coba orang kaya loe ada ribuan bang di indonesia ini πŸ˜€

  • Duma Doniagara

    expect banget bisa ketemu sama tutor2 zenius, yang udah buat hidup gue berubah menjadi lebih indah karena ngerasa bgt ada perbaikan pola pikir πŸ˜€ ya walaupun masih dalam tahap perkembangan πŸ˜€ haha, berlebihan yaa bahasanya πŸ˜€

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    akhirnya gue udah ngerasain gmn rasanya ber-sbmptn haha thank zenius πŸ™‚

  • Ahmad Yusuf

    bang sabda boleh minta daftar film yg inspiratif sama buat belajar bhs.inggris

  • retno

    maaf nih ya gue tanya disini ..
    gue masih bingung kalo try out pribadi .. gue alumni smk 2014,gue hampir selese dibasic skills ..
    nah gue bingung,kan dismk materi kaya mat,fis,bio itu cuma dsar2nya aja .. trus try out pribadinya gmna bang ??

    makasih πŸ™‚

  • retno

    bang gue masih bingung masalah try out pribadi .. gue kan alumni smk 2014 ,nah kan dismk materi kayak mat,fis,bio dll .. cuma dasar2 aja gitu loh .. nah buat gue try out pribadinya gimana nih bang ?

  • Muhammad Prabowo Kadir

    jd yg harus di awal" dn dihabisi itu mtk dn bhs inggris selain basic skills sm tpa ? trus materi kyk fisika kimia biologi dn bhs indonesia gmna bang ? di belakangin gitu ato gmna ?

  • elzagitaa

    Totally agree with ka Sabda =)

  • fithrotunnisa

    maap ya bang. aku seneng banget nnton zenius tpi aku hanya regular member, jdi cma bsa nnton video dkit, pdhal zenius ngaruh bnget buat belajar saya... mau beli voucher uang drimna, tlong dong dikasih solusi.

  • Nadira Ari Pramesti

    Bang, matdas ipa sama ips di sbmptn sama nggak sih? di zenius kok nggak ada materi sbmptn matematika ips ya? kalo ada minta linknya dong bang, makasi πŸ™‚

  • ayu angelia

    Thanks banget sabda emang tutor fav gue, disini gue bener" jadi semangat buat tembus PTN, gue juga bikin tim belajar 3orang termasuk gue dan semuanya pada mau masuk UGM dengan fakultas yang beda", diantara temen" gue diskolah yang udah pada nyerah abis ngeliat passing gradenya, kita tetep berusaha ngelewatin ptn apapun hasilnya.. belajar di zenius itu ngebantu banget apalagi zenius learning yang gua ulang" terus, itu yang bikin kita ga nyerah buat tembus PTN meskipun kemungkinan masuknya ga seberapa.. so i just want to say thankyou for zenius dan smua guru" terutama bang sabda yang uda motivasiin kita terus πŸ™‚

  • Anwar Prayogi

    Bang Sabda keren dah πŸ˜€
    Walaupun agak telat tau tentang zenius tapi semangat buat tempur di SBMPTN, udah gak peduli lagi sama SNMPTN, masuk ya syukur kalau gak masuk berarti ada "Arena Perang" buat ngebuktiin apakah gw emang udah paham dan mengerti konsep pelajaran-pelajaran selama gw di SMA πŸ˜€
    Alhamdulillah, udah jadi member premium nih, siap buat ngabisin semua materi SBMPTN πŸ˜€

  • william

    kak, saya kan sering bingung nih kalo ketemu soal macam soal SBMPTN. klo soal UN kan yg ditanyanya yg pasti" aja (maksudnya klo ngerjain soal, palingan cuma 1-2 rumus aja), tapi kalo soal SBMPTN kayaknya lebih 'suram' (soalnya 1 soal bisa kepake 3-4 rumus). nah, gimana caranya biar bisa tau urutan pake rumusnya yang mana? kan kadang tuh kerjain soal pake rumus A, gatau nya masih ada variabel yg mesti dicari pake rumus C, yang angka di rumus C bisa dicari pake rumus B. jadi suka pusing sendiri gitu. mohon dijawab ya, terimakasih :))

  • kukang

    bang mau tanya, kalo aku baru kenal zenius sekarang padahal sbmptn tinggal 3 bulan, aku harus mulai dari mana?

  • Fachry Riza

    bang @Sabda PS , oot nih mau ngoreksi materi sbmptn yang tkpa matdas, tentang statistika teori. Di konsep 03 dan 08 yang nyari rataan kuartil beda rumus, yang bener menurut saya yang di konsep 03. terus nyari Q1 dan Q3 kalo jumlah datanya 6, itu yang benar di konsep 08.

  • Hidayatt

    Good

  • Qoriatul Khairunnisa

    Great!
    Kak gimana caranya biar lebih deket sama mentor zenius:"

  • yudhis

    finally... i find this article wkwkwkw
    Thanks bang sabda , with this lesson for foundation knowledge , it pushes me to learn and learn something and put it in my foundation .
    I hope I will always use it from this lesson

  • Hardian Z

    keren banget bang