Try Out UTBK Setiap Hari GRATIS TOTAL!

Zenius memiliki banyak menu yang bisa menemani persiapan UTBK. Salah satunya adalah adanya menu Tryout yang ada setiap hari, soalnya ganti terus, dan GRATIS TOTAL!  

UTBK yang akan diselenggarain Juli 2020 nanti menuntut kamu buat melakukan persiapan sebaik-baiknya. Salah satu bentuk persiapannya adalah dengan ikutan try out UTBK. Ikutan tryout tuh banyak loh manfaatnya. Try out UTBK bisa bantu kamu buat ngukur sudah sejauh mana kesiapan kamu buat ikutan UTBK nanti. Selain itu, ikutan tryout juga bisa bikin kamu jadi terbiasa sama soal-soal UTBK nanti dan jadi enggak kaget deh.

Ngomong-ngomong soal tryout, Zenius punya menu tryout yang bisa kamu nikmati di Zenius App.

Kenapa sih Harus Try out UTBK Bareng Zenius?

  • Dibikin semirip mungkin sama ujian aslinya

Berapa sih waktu yang diberikan oleh panitia buat ngerjain UTBK? Waktu yang diberikan oleh Zenius buat kamu ngerjain tryout juga sama segitu. Hal ini jadi penting biar kamu terbiasa dengan durasi pengerjaan buat berhadapan langsung sama UTBK nantinya. Sekaligus menyiapkan mindset kamu untuk terbiasa dengan kondisi ujian yang sebenarnya.


  • Kualitas soalnya

Mungkin ini adalah salah satu kelebihan yang aku puji dengan sepenuh hati. Dulu pas SMA, aku pernah ikut semacam trial gitu (dulu namanya SBMPTN). Eh tapi ternyata soalnya itu diambil dari soal SBMPTN tahun sebelumnya. Lah, kalau begitu, aku ga usah ikut tryout dong, kan bisa download sendiri soalnya dari internet.

Hal berbeda akan kamu temuin di Tryout-nya Zenius. Soal-soal yang diujikan dibikin oleh tangan-tangan andal tutor Zenius. Aku kenal sama tutor-tutor yang bikin soal dan aku tahu benar seberapa menguasainya mereka sama materi yang mereka ampu. Well, level soalnya pun seusai sama level soal yang dijuikan pas ujian aslinya. So, ikut tryout bareng Zenius akan jadi pilihan yang ga akan pernah kamu sesali. 

  • Waktu pengerjaan yang flexi-time 

Poin ini sih yang bikin tryout Zenius beda sama tryout-tryout lain. Mau malam, siang, sore, subuh pun kamu bisa ngerjain tryout Zenius. Kamu bisa atur sendiri waktu pengerjaan senyamannya kamu. 

  • Video pembahasan

Zamanku dulu, kalau ikut tryout, ya kelar tryout, terima hasil. Ga ada tuh yang namanya bahas-bahas soal. Paling kalau mau dibahas, aku bawa ke sekolah buat dibahas bareng guru. Padahal guruku kan bukan orang yang bikin itu soal. Kalau di Zenius ceritanya beda. Beres tryout selain kamu nerima hasil, kamu juga bisa nonton video pembahasan soal tryout. Enak, kan? Kamu jadi bisa ngerti keselahan kamu di mana dan bisa tahu “Oh, aku masih punya kekurangan di materi-materi ini ternyata.” 

  • Tryoutnya ada banyak

Eh aku udah bilang kan ya kalau tryout Zenius bisa diikuti GRATIS TOTAL? Udah ga perlu bayar, tryoutnya banyak pula. Astaga nyesel banget sih kalau ga ikut asli. Dengan adanya banyak tryout, kamu jadi bisa memonitor apakah kamu ada peningkatan apa enggak dari tryout-tryout terdahulu. Taruhlah kata nilai tryout kamu malah lebih rendah dari tryout sebelumnya, kamu bisa evaluasi deh di mana letak kekuranganmu. 

 

Ya kalau mau bahas kelebihan tryout UTBK Zenius sih sebenarnya masih ada banyak lagi. Tapi ya mau seberapa panjang artikel ini nantinya? Hehe. Jadi ya aku pikir kelebihan-kelebihan di atas sudah cukup buat jadi alasan kenapa kamu harus ikut tryout bareng Zenius. Dan kalau kamu ada pertanyaan, kamu bisa DM aku juga kok. 

Fitur Tambahan yang Ada di Try out UTBK Zenius

Zenius akan selalu berupaya menyajikan aplikasi belajar terbaik. Misalnya ada fitur-fitur keren berikut ini.  

  • Fitur Save

Fitur ini berguna banget buat kamu yang suka sibuk padahal sedang ngerjain satu kesibukan. Dengan adanya fitur save, kamu jadi bisa nunda ngerjain tryout tanpa perlu mengulang dari awal. Misalkan nih kamu udah sampai soal nomor 7 eh tiba-tiba dimintai tolong sama ibu kamu buat beli sayur, kamu bisa save dulu tryout-nya buat dilanjutin nanti. Keren, kan?

  • Persentil 

Kalau diartikan nih, persentil adalah nilai yang membagi data yang telah diurutkan dari terkecil ke terbesar menjadi 100 bagian yang sama. Jadi misalkan peserta UTBK adalah yang peringkatnya dalam persentil ada di angka 90 ke atas. Dari situ nilai semua peserta akan diurutkan dari yang paling kecil ke yang terbesar dan dijadikan 100 bagian. Misalkan kamu dapat nilai 80 dan secara persentil kamu ada di angka 91, artinya kamu lolos deh.

Dengan adanya persentil dalam tryout Zenius, kamu jadi bisa tahu ada di level berapakah kamu dalam tryout yang kamu ikuti. Misalnya pas pengumuman hasil tryout kamu mendapat persentil 26. Artinya, semua peserta tryout dijadikan ke dalam 100 angka. Misalkan ada 10.000 peserta nih dan kamu ada di persentil 26 dengan nilai tryout 40. Dari situ kamu bisa menyimpulkan bahwa nilai 40 ada di urutan ke 26. Kalau nilai 40 ada di urutan ke 26 terendah, bayangkan berapa nilai yang didapat oleh peserta yang mendapat angka 85-90 dalam persentilnya!! Dari sini paham kan kalau keberadaan persentil tuh bisa ngebantu kamu buat mengetahui udah sejauh mana persiapan kamu buat ngikutin ujian. Kalau kamu dapat persentil 40 ke bawah berarti kamu harus berjuang keras demi mengejar ketinggalan. Nah buat yang persentilnya di atas 90 juga ga boleh tenang-tenang aja karena bisa aja di tryout selanjutnya kamu disaingi oleh peserta lain dan angka persentil kamu jadi turun.

Mungkin beberapa dari kamu yang selama ini udah pernah ikutan tryout Zenius bertanya-tanya “Kalau dibandingin sama peserta lain, hasil tryout-ku tuh di atas rata-tara apa biasa aja sih?“, sekarang kamu akan mendapatkan jawabannya. Hadirnya fitur persentil dapat memberimu gambaran gimana sih hasil tryout kamu kalau dibandingkan sama peserta tryout Zenius lain.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Percayakah kamu kalau di balik suatu hal selalu ada sisi positif dan negatifnya? Ya kalau kamu ga percaya aku minta tolong ke kamu buat percaya kali ini aja. Tryout Zenius pun juga punya kelemahan. Tapi tenang, kelemahan ini ga akan muncul selama kamu memperhatikan hal-hal berikut. 

  • Pastikan batre kamu cukup 

Kamu ga akan bisa ikut Tryout Zenius kalau HP kamu dalam kondisi mati. Jadi sebelum ikut tryout tolong pastikan daya HP kamu sudah terisi dan kalau bisa dalam keadaan penuh. 

  • Perhatikan kualitas jaringan

Sinyal kamu enggak stabil? Coba cari lokasi yang sinyalnya lebih oke. Kalau ga nemu juga, cari kafe atau tempat yang menyediakan public wifi. Jangan sampai tryout kamu jadi terhambat gara-gara masalah teknis kayak gini,  

  • Jujur

Mudah diucapkan sulit dilakukan. Kamu ga akan bisa mengukur kemampuan kamu secara maksimal kalau kamu ga jujur pas ngerjain tryout. Ya hitung-hitung sekalian menanamkan nilai integritas ke diri sendiri sejak dini gitu. 

Pada dasarnya Tryout adalah salah satu cara buat mengukur tingkat kesiapan diri. Dengan mengikuti tryout kamu jadi bisa ngerti “Oh, iya nih aku belum menguasai materi yang ini dan ini”. Akan banyak manfaat yang bisa kamu raih dengan mengikuti tryout. So, aku cuma mau berpesan ke kalian “Selamat mengikuti Tryout baik UNBK maupun UTBK bareng Zenius. Usaha yang kalian lakukan manfaatnya juga ke kalian sendiri nantinya. Selamat mengerjakan dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. 

 

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini