Apa Saja Materi SMA Jurusan IPA? Ini Penjelasan Lengkapnya!

jurusan IPA

Halo Sobat Zenius, rencananya di SMA nanti elo mau masuk jurusan IPA atau IPS nih? Buat yang ambis untuk masuk jurusan IPA, mari merapat karena gue mau bahas SMA jurusan IPA belajar apa aja, sih?

Di tulisan gue kali ini akan membahas segala sesuatu mengenai SMA jurusan IPA. Mulai dari belajar apa aja, materi kelas 10, 11 dan 12. So, elo bisa baca tulisan ini sampai selesai ya.

Popularitas jurusan IPA memang tinggi, sehingga gak heran kalau dilihat lebih prestisius dan banyak yang mendaftar. Bahkan ada beberapa orang tua yang menyarankan atau meminta anaknya masuk ke jurusan ini.

Apa Itu SMA Jurusan IPA?

Sebelum gue kasih tau SMA jurusan IPA belajar apa aja, gue mau kasih tau dulu nih sebenernya apa sih jurusan IPA itu sendiri. Supaya elo yang tadinya ragu semakin yakin setelah ini.

Jadi Sobat Zenius, Jurusan IPA adalah salah satu jurusan yang ada di SMA. Bagi elo yang belum mengetahui SMA IPA belajar apa aja, pada jurusan ini elo akan diberikan materi berupa ilmu-ilmu eksakta.

Jurusan IPA SMA mempelajari tentang apa? Mempelajari ilmu eksakta yang merupakan ilmu mengenai hal-hal bersifatnya konkret, nyata, dan dapat dibuktikan dengan berbagai percobaan dan juga penelitian. 

Kalau dikaji menggunakan metode dan cara yang sama akan mendapatkan hasil sama, tidak berubah karena ilmu eksakta dapat diartikan ilmu pasti.

Namanya aja udah ‘Ilmu Pengetahuan Alam’. Materi yang akan elo pelajari biasanya tentang alam mulai dari cara kerjanya, lingkungan dan ekosistem, hukum yang berlaku di dalamnya, beserta segala makhluk hidup yang tinggal dan hidup termasuk kita nih.

Selain belajar Ilmu Alam, anak SMA belajar matematika juga. Oleh sebab itu selain disebut dengan jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) jurusan ini punya dua nama lain lagi, yaitu: MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) dan MIA (Matematika dan Ilmu Alam). 

Jadi elo tidak perlu bingung kalau ada yang sebut jurusan IPA dengan kedua nama itu, karena sama aja kok!

Mata Pelajaran SMA IPA

Selanjutnya gue akan bahas MaPel-MaPel apa aja sih yang ada di jurusan IPA ini.  Sebenarnya MaPel ini sudah akrab di telinga elo, bahkan sudah mulai elo pelajari materi kelas 10-nya sejak di SMP. MaPel tersebut antara lain:

Biologi 

Apa Saja Materi SMA Jurusan IPA? Ini Penjelasan Lengkapnya! 9
Phytoplankton (Dok. Unsplash)

Pada mata pelajaran biologi ini elo akan mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungan. 

Mulai dari hewan, tumbuhan, anatomi tubuh, makhluk kecil tak kasat mata seperti bakteri dan virus bakalan elo pelajari di biologi, seru kan? Elo juga akan pelajari hal tersebut secara lengkap dan terperinci.

Materi tentang anatomi tubuh manusia aja sudah banyak yang harus dipelajari. Struktur tubuh, kulit, darah, sistem respirasi, sistem pencernaan, struktur tulang akan elo dapat sebagai materi kelas 11, bahkan sistem reproduksi, dari laki-laki hingga perempuan.

MaPel Biologi satu-satunya pelajaran yang hampir tidak ada materi hitung-hitungannya, tapi elo wajib rajin membaca nih dan kudu menghafal. Apalagi kalau cita-cita elo menjadi dokter, Biologi wajib dikuasai.

Fisika

Jurusan IPA
Albert Einstein (Dok. Unsplash)

Di SMA nanti kalau elo masuk IPA, Fisika merupakan salah satu MaPel yang harus elo pelajari setiap minggunya. Katanya, MaPel ini merupakan salah satu yang paling sulit. Tapi tenang aja dong, di Zenius kan ada ZenBot yang bisa bantu elo untuk belajar dan menyelesaikan soal-soal Fisika.

Untuk materi yang akan dipelajari sebetulnya hanya meneruskan dari yang sudah elo dapatkan sewaktu SMP. Seperti, suhu dan kalor, hukum Newton, listrik statis dan sebagainya. 

Masuk SMA nanti elo akan mengulang itu semua, mungkin dapat menjadi materi kelas 12 untuk menghadapi ujian akhir.

Lain dengan Biologi, di MaPel ini sebagian besar materinya adalah hitungan, jadi nanti kemungkinan elo akan berkutat lagi nih dengan rumus Fisika. Materi ini beda kok dengan Matematika.

Di Fisika, elo akan pelajari naik turun suhu, adanya listrik, mengubah gaya, mencari tahu apakah suatu benda memiliki magnet dan gelombang. Kalau di SMP kan yang dipelajari cuma teorinya, nah di SMA elo akan mengaplikasikannya melalui hitungan.

Kimia

Selanjutnya yang dipelajari di SMA IPA adalah Kimia. Di sini elo akan banyak mempelajari tentang larutan dan zat kimia. Struktur zatnya, apa saja yang terkandung dalam sebuah senyawa kimia, hingga bagian terkecil yang ada dalam zat, serta pencampurannya.

Sewaktu SMP kan elo udah sempat mempelajari sedikit materi kimia, seperti: Zat Asam dan Basa, unsur dan senyawa, serta atom. 

Kalau suka mempelajari tentang hal-hal yang berhubungan dengan zat dan larutan tentunya pasti suka dengan Kimia. Bonus buat yang menyukainya lalu masuk SMA IPA karena elo akan mempelajari lebih dalam dan lebih luas lagi tentang hal-hal tersebut. Seru kan?

Matematika

Yang terakhir adalah Matematika, yuhuuuu… gue tau banget nih kalau elo suka banget sama mata pelajaran satu ini.  Sampai gue sering banget liat Sobat Zenius cari kata kunci begini: aplikasi belajar Matematika SMA. Jawabannya tentu ada di Zenius!

Di Zenius elo bisa banget nih cari tahu apapun tentang materi belajar, bahkan bisa juga latihan soal di aplikasi belajar gratis SMA-nya Zenius. Sobat Zenius tinggal download aja deh Zenius App. Zenius tuh semacam jawaban dari segala doa elo gitu. Hehhehe… lebay ya gue.

Bahkan di Zenius Blog banyak banget artikel yang bisa memberikan elo insightful tips mengenai cara mudah belajar Matematika SMA. Lho, gue jadi keasikan kasih tau fitur canggih Zenius. Lanjut bahas Matematika, yuk!

So, selain Fisika dan Kimia yang punya banyak hitungan ada juga Matematika. Elo udah wajib banget mengerti matematika dasar. Khususnya anak IPA diminta melatih kemampuan logika berhitung serta berpikir yang baik.

Dari segi materi, Matematika intinya kurang lebih sama seperti yang sudah elo pelajari sejak SD dan SMP. Hanya saja, tingkat kesulitannya tentunya lebih tinggi. 

Kalau dulu waktu gue masih di SMA, Guru gue bilang: semakin tinggi tingkat pendidikannya semakin abstrak ilmu yang didapatkan, sehingga kita harus membuat gambaran jelas dari ke-abstrak-an tersebut.

Nah, Sobat Zenius, lebih kurangnya itulah pembahasan mengenai SMA jurusan IPA belajar apa aja? Kalau elo masih mau pertimbangkan memilih jurusan apa, gue rasa artikel temen gue ini dapat membantu elo.Zenius juga memberikan rekomendasi paket belajar buat elo yang memilih jurusan IPA yaitu Paket Optima Lite IPA! Untuk berlangganan elo bisa klik banner dibawah ini dan dapatkan diskon hingga 80%!

paket belajar optima di zenius

Semangat terus ya Sobat Zenius, IPA atau pun IPS selama belajarnya di Zenius, gue yakin elo dapat jurusan yang sesuai keinginan hati dan memilihnya dengan bijaksana. Hehehe…See you!

Originally published: December 20, 2021
Updated by: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!