Contoh Latihan Soal SIMAK UI

Artikel ini membahas tipe-tipe soal SIMAK UI beserta berbagai tips penting untuk menghadapi SIMAK UI.

Tulisan kali ini gue mau bicara mengenai SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) yang akan lo hadapi sebentar lagi.

Sebelumnya, gue mau bicara dikit mengenai SBMPTN. “Pa kabar SBMPTN lo pada?” pertanyaan tersebut gue lontarkan kepada siswa yang belajar di zenius-X (bimbingan belajar zenius Education). Wah, banyak variasi jawabannya. Ada yang ngedumel panitianya yang ngeselin, soal yang relatif lebih susah dari yang sebelumnya, nggak ada jam dinding jadi nggak tau waktu yang tersisa, ada yang salah ngebuletin, dan lain-lain. Tapi, ada juga yang bilang optimis lah buat hasilnya nanti. Well, apa pun komentar lo mengenai SBMPTN, menurut gue itu kita lupain aja, karena di depan masih ada SIMAK UI. Seperti yang udah gue bilang di atas, tulisan ini cocok buat yang pada pengen ikut SIMAK, tapi buat yang ga ikut juga kayanya seru juga buat tahu sedikit mengenai SIMAK UI.

Sebelum gue bahas SIMAK UI, mari kita lihat tipe-tipe soal yang pernah lo temuin selama lo sekolah.

Ada soal yang jenisnya gampang banget nih menurut gue, contohnya adalah soal Ujian Nasional SD dan SMP. Soalnya gampang banget Man, misalnya:

soal 01 UN SMP 2010 mat

Jangan harap soal kayak di atas keluar di SIMAK UI ya 🙂 Hehehe…

Berikutnya, ada soal yang tingkat kesulitannya menengah, contohnya soal Ujian Nasional SMA. Ini nggak susah dan nggak gampang sih, tapi menurut gue sih kualitasnya masih kurang OK. Banyak banget soalnya yang ditanya soal hapalan, hapal tahun lah, hapal tempat lah, hapal rumus lah. Terus, ada soal yang ambigu juga (pernyataannya sangat tidak jelas). Meskipun ada juga soal yang bagus dan menguji pemahaman konsep.

Nah, berikutnya ada juga soal yang sulit banget, contohnya yah SIMAK UI ini. Gue pernah coba ngerjain SIMAK UI Geografi, terus gue mau bahas satu soal gitu, terus gue cari di internet buat cari tahu jawabannya. Buset, gue temuin jawabannya di forum para S2 dan S3 Geografi. Lo bayangin soal buat S2 ditanya ke tingkat anak SMA. Hmm. Ternyata, hal yang sama juga dialami oleh Pras di pembahasan SIMAK Biologinya. Contohnya soal ini:

20 SIMAK UI 2011 Biologi

Berdasarkan kata Pras sih, dia sampe buka buku teks keperawatan S1 untuk nyari reaksi-reaksi diatas dan jelasin di rekaman apa arti masing-masing jawaban. Intinya, soal SIMAK UI emang susah banget 🙂

Setelah lo tau tipikal soal kayak gitu, gimana cara ngerjainnya yang efektif?

Nih, ada beberapa hal penting yang perlu dicatat:

1. Kalau cuma ngerjain dikit, bukan berarti lo pasti nggak lulus

Inget, SIMAK UI ini adalah tes seleksi. Jadi, kalau lo dapet poin cuma 3, bisa jadi tetep lulus kalau saingan lo dapet nilai di bawah itu. Sementara kalau lo dapet poin 8 atau 9, bisa juga nggak lulus kalau saingan lo dapet nilai lebih tinggi dari itu. Buat inget-inget lagi tentang tes seleksi, bisa juga lo baca tulisan kita tentang bedanya tes seleksi dengan tes evaluasi.

Jadi, nggak peduli soal SIMAK UI ini sesusah apa, yang penting lo berusaha maksimal aja. Semakin susah soalnya, bisa jadi saingan-saingan lo jadi nggak bisa ngerjain juga, kan? Ini justru menguntungkan buat elo.

2. Kerjain soal yang bener-bener lo bisa

Kalo lo nemuin soal, terus kebayang ooouuh ini kira-kira mau kemana soalnya, terus lo kebayang mau diapain, nah itu coba lo kerjain langsung saat itu juga. Jangan lupa, biasakan baca soal, terus lihat pilihannya dulu, baru lo kerjain yeeh. Contohnya soal ini nih:

soal 01 SIMAK UI 2012 Fisika

Terus, di bawah ini soal Matdas yang relatif gampang dibanding soal lainnya. Yah bolehlah dicoba..

02 SIMAK UI 2011 MatDas

Nah, kalo lo nggak tau sama sekali soal yang udah dibaca, nggak tau lo mau goreng kaya apa, hehe, artinya nggak tau mau lo apain, tinggalin aja daah mending yaah. Kayak soal di bawah ini yang ngabisin umur, asa, dan harapan. Hehehe..

19 SIMAK UI 2011 MatDas

Kalo ketemu soal gini pas ujian, gue sih mending loncatin aja dulu, dari pada kena demam berdarah-darah.

3. Perhatikan pembagian waktu setiap pelajaran

Naah, gue mau ngasih tips berikutnya. Jadi, selama lo ngerjain, mending lo set waktu tiap mata pelajaran pembagian waktunya gimana. Contoh untuk soal Kemampuan Dasar lo kan punya 120 menit dan masing-masing pelajaran kan ada 20 soal. Bisa lo bagi jadi :

Matematika : 50 menit
B.Inggris : 30 menit
B.Indo : 30 menit
review semua jawaban 10 menit.

Tapi, jangan lupa juga untuk inget rule ini: “Pastikan lo kerjain apa yang paling lo bisa dan yang lo yakin dulu“. Jadi misalnya elu lebih yakin dengan matematikanya dan nggak yakin di B.Indonesia, saran gue lo kerjain aja dulu 50 menit buat matematika, terus misalnya ke B.Inggris 30 menit, terus B.Indo gapapa juga cuma kerjain 20 menit atau 15 menit, terus lo balik lagi alokasiin waktunya ke matematika, untuk mastiin lo kerjain apa yang lo bisa dan yakin. Atau justru, elu yakinnya ke B. Inggris, boleh tuh alokasiin waktu ke Bahasa Inggrisnya lebih banyak. Begitu juga strateginya untuk Kemampuan IPA dan Kemampuan IPS-nya. Intinya sih, jangan sampai ada pelajaran yang nggak sempet lo kerjain sama sekali.

Okay, gitu aja tentang SIMAK UI. Berikutnya, gue kasih beberapa link tentang soal dan pembahasan SIMAK UI di zenius.net.

SIMAK UI 2012
Kemampuan Dasar:
SIMAK UI 2012 Matematika Dasar
SIMAK UI 2012 Bahasa Indonesia
SIMAK UI 2012 Bahasa Inggris
Kemampuan IPA:
SIMAK UI 2012 Matematika IPA
SIMAK UI 2012 Fisika
SIMAK UI 2012 Kimia
– SIMAK UI 2012 Biologi
– SIMAK UI 2012 IPA Terpadu
Kemampuan IPS:
SIMAK UI 2012 Ekonomi dan Akuntansi
SIMAK UI 2012 Sejarah
– SIMAK UI 2012 Geografi
– SIMAK UI 2012 IPS Terpadu

SIMAK UI 2011
Kemampuan Dasar:
SIMAK UI 2011 Matematika Dasar
SIMAK UI 2011 Bahasa Indonesia
SIMAK UI 2011 Bahasa Inggris
Kemampuan IPA:
SIMAK UI 2011 Matematika IPA
SIMAK UI 2011 Fisika
SIMAK UI 2011 Kimia
SIMAK UI 2011 Biologi
SIMAK UI 2011 IPA Terpadu
Kemampuan IPS:
SIMAK UI 2011 Ekonomi
SIMAK UI 2011 Sejarah
SIMAK UI 2011 Geografi
SIMAK UI 2011 IPS Terpadu

SIMAK UI 2010
Kemampuan Dasar:
SIMAK UI 2010 Matematika Dasar
SIMAK UI 2010 Bahasa Indonesia
SIMAK UI 2010 Bahasa Inggris
Kemampuan IPA:
SIMAK UI 2010 Matematika IPA
SIMAK UI 2010 Fisika
SIMAK UI 2010 Kimia
SIMAK UI 2010 Biologi
SIMAK UI 2010 IPA Terpadu

SIMAK UI 2009
Kemampuan Dasar:
SIMAK UI 2009 Matematika Dasar
SIMAK UI 2009 Bahasa Indonesia
SIMAK UI 2009 Bahasa Inggris
Kemampuan IPA:
SIMAK UI 2009 Matematika IPA
SIMAK UI 2009 Fisika
SIMAK UI 2009 Kimia
SIMAK UI 2009 Biologi

Nah, itu dia contoh soal dan pembahasan SIMAK. Buat yang belum ada link-nya, sorry banget. Masih belum selesai dibuat videonya. Kita janji deh dalam 1–3 hari ke depan udah ada. Btw, bisa juga kalau mau download PDF-nya dulu, kerjain soal, baru nonton pembahasannya. PDF-nya gratis kok. Semua video pertama juga gratis. Tapi untuk video pembahasan mulai dari nomor 2 dan seterusnya, harus jadi member dulu.

Okay deh, gitu aja tentang SIMAK UI. Semoga tulisan gue yang barusan bisa ngebantu lo ngerjain ujiannya. Intinya tetep fokus yah buat SIMAK nanti! Selamat bertempuuur!!

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.