Kurikulum 2013 Revisi / Kurikulum Nasional untuk SMA

Berisi daftar lengkap sumber materi belajar semua mata pelajaran kelas 10-12 SMA yang telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 Revisi.

Halo guys.. Gimana nih kabar sekolahnya? Perasaan baru kemarin lagi asik-asiknya dengan teman sekelas. Eh, sekarang udah naik kelas, belajar di kelas baru, dengan teman-teman baru, dan banyak lagi yang baru. Ngomongin yang baru-baru, ada sesuatu yang baru lagi nih di dunia pendidikan Indonesia. Setelah transisi dari Kurikulum KTSP 2006 ke Kurikulum 2013 yang terjadi pada tahun 2013-2014 silam, kini pendidikan Indonesia kembali mengalami transisi ke kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013 Revisi atau kadang disebut juga Kurikulum Nasional. Dengan kata lain, sistem pendidikan Indonesia sedang berjalan dengan 3 kurikulum berbeda! 😀

Sedikit cerita deh. Kurikulum 2013 Revisi ini sebenarnya sudah lama digodok bahkan sejak bapak Anies Baswedan masih menjabat sebagai Mendikbud kita. Beberapa guru sekolah sebenarnya sudah mengetahui rencana ini. Ketika peluncuran revisi Kurikulum 2013 masih menjadi isu saat itu, katanya kurikulum ini akan bernama Kurikulum Nasional. Tetapi ketika resmi diluncurkan pada Maret 2016 lalu, diputuskan nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap “Kurikulum 2013 Edisi Revisi”, yang berlaku secara nasional. Tidak banyak yang berubah pada revisi Kurtilas ini. Berikut gambaran singkat perubahan yang ada di Kurikulum 2013 Revisi.

hasil-revisi-kurikulum-2013-terbaru-edisi-final-tahun-2016
sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/7414/poin-penting-revisi-kurikulum-2013/0/infografis

 

Untuk mengetahui udah sejauh mana penerapan Kurikulum 2013 Revisi ini, Zenius sempat mengadakan survei di social media terhadap siswa online Zenius. Berdasarkan hasil survei tersebut, sepertinya transisi kurikulum ini terjadi merata dari kelas 10 hingga 12 SMA.

penerapan kurikulum 2013 revisi atau kurikulum nasional

Nah, kalo udah begini, pasti ada aja yang nanya..

“Video di Zenius udah sesuai belum sama Kurikulum 2013 Revisi, kak?”

Don’t worry guys.. We’re here for you.. Zenius udah mengkompilasikan video materi dan pembahasan soal untuk pelajaran SMA yang sudah disesuaikan dengan urutan bab dari Kurikulum 2013 Revisi atau Kurikulum Nasional.

Oiya, perlu lo perhatikan. Video materi yang disusun oleh para tutor Zenius ini mengikuti urutan bab yang tercantum di pedoman Kurikulum 2013 Revisi dari pemerintah. Tapi.. ada kemungkinan urutan bab Kurikulum 2013 Revisi yang lo pelajari di sekolah tidak terlalu mengikuti pedoman dari pemerintah. Kok bisa? Ini ada kaitannya dengan kreativitas setiap guru di sekolah. Para guru pasti punya pertimbangan tersendiri dalam menyampaikan materi toh. Misalnya nih, guru kamu melihat ada satu materi yang keluar di Ujian Nasional, tapi ga masuk di K13 Revisi. Karena merasa materi itu penting untuk UN, bisa saja guru kamu tetap mengajarkan materi tersebut, sekalipun ga sesuai dengan urutan bab K13 Revisi. Contoh lain, seorang guru kelas 12 melihat ada satu materi berdasarkan urutan K13 Revisi kelas 12 yang sebenarnya udah pernah diajarkan di kelas 10 (ketika kurikulumnya masih KTSP atau K13). Untuk menghemat waktu, si guru bisa aja nge-skip atau tidak mengajarkan materi itu kembali di kelas 12, sekalipun jatuhnya ga sesuai dengan urutan bab K13 Revisi.

Dengan kata lain, ada kemungkinan juga, urutan bab video yang udah dikompilasikan tutor Zenius tidak terlalu sama dengan apa yang kamu pelajari di sekolah. Oleh karena itu, gue harap lo bisa memilah sendiri video Zenius mana yang bakal lo tonton. Karena pada dasarnya, materi di Kurikulum 2013 Revisi ini mirip dengan materi di KTSP ataupun K13 (yang udah tersedia lengkap di zenius.net), urutannya saja yang diubah. Kalo pun ada materi yang benar-benar baru, biasanya tidak terlalu banyak.

PS. Bagi yang ingin pembahasan materi & latihan soal Kurikulum 2013 (Non-Revisi), bisa mendapatkan pada artikel berikut ini:

Kurikulum 2013 (Non-Revisi) untuk SMP & SMA

Oke deh. Langsung aja gue kasih daftar lengkap materi belajar Kurikulum 2013 Revisi dari zenius.
k13revisi-banner-compressed

KURIKULUM 2013 REVISI – SMA KELAS 10

Matematika Wajib SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Matematika Peminatan SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Inggris SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Fisika SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Kimia SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Biologi SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Ekonomi SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Sosiologi SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Indonesia SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Peminatan SMA Kelas 10 – Kurikulum 2013 Revisi

 

KURIKULUM 2013 REVISI – SMA KELAS 11

Matematika Wajib SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Matematika Peminatan SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Inggris SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Fisika SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Kimia SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Biologi SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Ekonomi SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Sosiologi SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Indonesia SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Peminatan SMA Kelas 11 – Kurikulum 2013 Revisi

 

KURIKULUM 2013 REVISI – SMA KELAS 12

Matematika Wajib SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Matematika Peminatan SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Inggris SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Fisika SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Kimia SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Biologi SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Ekonomi SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Sosiologi SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Indonesia SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Peminatan SMA Kelas 12 – Kurikulum 2013 Revisi

****

Beberapa link yang belum ada akan kita lengkapi sesegera mungkin. Zenius berharap materi Kurikulum 2013 Revisi di atas udah lebih dari cukup untuk membantu persiapan belajar kalian, setidaknya hingga UTS Semester Ganjil. Oke deh, selamat belajar semuanya!

PS. Bagi yang ingin pembahasan materi & latihan soal Kurikulum 2013 (Non-Revisi), bisa mendapatkan pada artikel berikut ini:

Kurikulum 2013 (Non-Revisi) untuk SMP & SMA

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Fanny soal Kurikulum 2013 Revisi, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.