Kurikulum 2013 Revisi / Kurikulum Nasional untuk SMA

Kurikulum 2013 Revisi / Kurikulum Nasional untuk SMA

Halo guys.. Gimana nih kabar sekolahnya? Perasaan baru kemarin lagi asik-asiknya dengan teman sekelas. Eh, sekarang udah naik kelas, belajar di kelas baru, dengan teman-teman baru, dan banyak lagi yang baru. Ngomongin yang baru-baru, ada sesuatu yang baru lagi nih di dunia pendidikan Indonesia. Setelah transisi dari Kurikulum KTSP 2006 ke Kurikulum 2013 yang terjadi pada tahun 2013-2014 silam, kini pendidikan Indonesia kembali mengalami transisi ke kurikulum baru, yaitu Kurikulum 2013 Revisi atau kadang disebut juga Kurikulum Nasional. Dengan kata lain, sistem pendidikan Indonesia sedang berjalan dengan 3 kurikulum berbeda! 😀

Sedikit cerita deh. Kurikulum 2013 Revisi ini sebenarnya sudah lama digodok bahkan sejak bapak Anies Baswedan masih menjabat sebagai Mendikbud kita. Beberapa guru sekolah sebenarnya sudah mengetahui rencana ini. Ketika peluncuran revisi Kurikulum 2013 masih menjadi isu saat itu, katanya kurikulum ini akan bernama Kurikulum Nasional. Tetapi ketika resmi diluncurkan pada Maret 2016 lalu, diputuskan nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap "Kurikulum 2013 Edisi Revisi", yang berlaku secara nasional. Tidak banyak yang berubah pada revisi Kurtilas ini. Berikut gambaran singkat perubahan yang ada di Kurikulum 2013 Revisi.

hasil-revisi-kurikulum-2013-terbaru-edisi-final-tahun-2016
sumber: https://www.kominfo.go.id/content/detail/7414/poin-penting-revisi-kurikulum-2013/0/infografis

 

Untuk mengetahui udah sejauh mana penerapan Kurikulum 2013 Revisi ini, zenius sempat mengadakan survei di social media terhadap siswa online zenius. Berdasarkan hasil survei tersebut, sepertinya transisi kurikulum ini terjadi merata dari kelas 10 hingga 12 SMA.

penerapan kurikulum 2013 revisi atau kurikulum nasional

Nah, kalo udah begini, pasti ada aja yang nanya..

"Video di zenius udah sesuai belum sama Kurikulum 2013 Revisi, kak?"

Don't worry guys.. We're here for you.. Zenius udah mengkompilasikan video materi dan pembahasan soal untuk pelajaran SMA yang sudah disesuaikan dengan urutan bab dari Kurikulum 2013 Revisi atau Kurikulum Nasional.

Oiya, perlu lo perhatikan. Video materi yang disusun oleh para tutor zenius ini mengikuti urutan bab yang tercantum di pedoman Kurikulum 2013 Revisi dari pemerintah. Tapi.. ada kemungkinan urutan bab Kurikulum 2013 Revisi yang lo pelajari di sekolah tidak terlalu mengikuti pedoman dari pemerintah. Kok bisa? Ini ada kaitannya dengan kreativitas setiap guru di sekolah. Para guru pasti punya pertimbangan tersendiri dalam menyampaikan materi toh. Misalnya nih, guru kamu melihat ada satu materi yang keluar di Ujian Nasional, tapi ga masuk di K13 Revisi. Karena merasa materi itu penting untuk UN, bisa saja guru kamu tetap mengajarkan materi tersebut, sekalipun ga sesuai dengan urutan bab K13 Revisi. Contoh lain, seorang guru kelas 12 melihat ada satu materi berdasarkan urutan K13 Revisi kelas 12 yang sebenarnya udah pernah diajarkan di kelas 10 (ketika kurikulumnya masih KTSP atau K13). Untuk menghemat waktu, si guru bisa aja nge-skip atau tidak mengajarkan materi itu kembali di kelas 12, sekalipun jatuhnya ga sesuai dengan urutan bab K13 Revisi.

Dengan kata lain, ada kemungkinan juga, urutan bab video yang udah dikompilasikan tutor zenius tidak terlalu sama dengan apa yang kamu pelajari di sekolah. Oleh karena itu, gue harap lo bisa memilah sendiri video zenius mana yang bakal lo tonton. Karena pada dasarnya, materi di Kurikulum 2013 Revisi ini mirip dengan materi di KTSP ataupun K13 (yang udah tersedia lengkap di zenius.net), urutannya saja yang diubah. Kalo pun ada materi yang benar-benar baru, biasanya tidak terlalu banyak.

PS. Bagi yang ingin pembahasan materi & latihan soal Kurikulum 2013 (Non-Revisi), bisa mendapatkan pada artikel berikut ini:

Kurikulum 2013 (Non-Revisi) untuk SMP & SMA

Oke deh. Langsung aja gue kasih daftar lengkap materi belajar Kurikulum 2013 Revisi dari zenius.
k13revisi-banner-compressed

KURIKULUM 2013 REVISI - SMA KELAS 10

Matematika Wajib SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Matematika Peminatan SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Inggris SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Fisika SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Kimia SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Biologi SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Ekonomi SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Sosiologi SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Indonesia SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Peminatan SMA Kelas 10 - Kurikulum 2013 Revisi

 

KURIKULUM 2013 REVISI - SMA KELAS 11

Matematika Wajib SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Matematika Peminatan SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Inggris SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Fisika SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Kimia SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Biologi SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Ekonomi SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Sosiologi SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Indonesia SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Peminatan SMA Kelas 11 - Kurikulum 2013 Revisi

 

KURIKULUM 2013 REVISI - SMA KELAS 12

Matematika Wajib SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Matematika Peminatan SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Inggris SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Fisika SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Kimia SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Biologi SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Ekonomi SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Sosiologi SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Indonesia SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

Sejarah Peminatan SMA Kelas 12 - Kurikulum 2013 Revisi

****

Beberapa link yang belum ada akan kita lengkapi sesegera mungkin. Zenius berharap materi Kurikulum 2013 Revisi di atas udah lebih dari cukup untuk membantu persiapan belajar kalian, setidaknya hingga UTS Semester Ganjil. Oke deh, selamat belajar semuanya!

PS. Bagi yang ingin pembahasan materi & latihan soal Kurikulum 2013 (Non-Revisi), bisa mendapatkan pada artikel berikut ini:

Kurikulum 2013 (Non-Revisi) untuk SMP & SMA

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Fanny soal Kurikulum 2013 Revisi, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Fanny adalah editor blog zenius. Fanny mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Follow Fanny at @frofalina

  • Aliandra Julian

    kak, numpang tanya, sekolah saya masih memakai KTSP 2006, sedangkan sudah banyak sekolah yang menggunakan K13 maupun K13 revisi , saya sih oke oke aja , yang saya khawatirkan adalah saat UN nanti, kurikulum manakah yang akan digunakan , apakah menggunakan irisan kurikulum KTSP dan K13 atau hanya memakai salah satu kurikulum saja ?. trus menurut kakak manakah kurikulum terbaik dan yang paling pantas untuk bangsa indonesia ? , terima kasih

    • Dari pengalaman beberapa tahun yang lalu, pemerintah selalu mengeluarkan kisi-kisi (skl) sebagai bahan materi UN SMA. Pada tahun lalu, isi dari skl seinget gua adalah irisan dari KTSP & K13. Jadi walaupun lo masih KTSP atau K13, soal2 UN yang ditanyakan hanya pada materi yang sama2 dipelajari oleh kurikulum tsb. Moga2 pada tahun ini, skl dari pemerintah juga sifatnya sama seperti tahun lalu, yaitu irisan dari 3 kurikulum yg dijalankan.

  • Adrian Christiadi Sihombing

    Permisi kak, apakah ada materi UN dan SBM yang ditambahkan atau mungkin berkurang? Kalau ada tolong diberitahu ya kak

    • Fanny Rofalina

      Hai Adrian,

      Maaf, gue kurang ngerti maksud pertanyaan lo. Maksudnya materi pembelajaran UN dan SBM dari zenius? Atau dari pemerintah?

      Kalo materi pembelajaran dari zenius, update terakhir, kita udah rilis Pembahasan Soal SBMPTN 2016:
      https://www.zenius.net/blog/13023/pembahasan-soal-sbmptn-2016
      Dalam waktu dekat, kkta akan rilis pembahasan soal UN 2016.

      Kalo yg lo maksudkan adalah materi UN yang ditentukan dari pemerintah, kita belum tau. Biasanya pemerintah baru mengeluarkan kisi-kisi UN sekitar bulan Desember atau Januari. Tapi dari pengalaman tahun kemarin, materi yang keluar adalah irisan materi KTSP dan K13. Kita tunggu aja dulu kisi dari pemerintah. Ntar tutor zenius bantu bikinin panduan belajarnya.

      Kalo untuk materi SBM sendiri, wah panitia SBM ga pernah membocorkan kisi-kisi. Kalo mengandalkan tipe soal tahun lalu pun, kurang tepat, karena tiap tahun tipe soal SBM mengandung kejutan baru. Oleh karena itu, mau tidak mau, belajar SBM harus konseptual dan menyeluruh.

      • Adrian Christiadi Sihombing

        Maksud saya begini kak, kira kira apakah ada materi baru yg berbeda karena perubahan kurikulum ini?

        • Fanny Rofalina

          Ada, untuk beberapa mata pelajaran. Tapi biasanya ga terlalu banyak. Ntar kita bantu bikinin pedoman belajarnya ya.

          • Adrian Christiadi Sihombing

            Terimakasih kak

  • Michael Saputera

    kalo ganti mentri , apakah kurikulum kita berubah juga ?

    • Fanny Rofalina

      Pendidikan Indonesia memiliki kecenderungan seperti itu ya.

      Tapi dalam 2 periode pemerintah ke belakang, sepertinya pemerintah sudah mulai fokus untuk menciptakan satu kurikulum yang bisa bertahan dalam jangka panjang. Dimulai dari masa M.Nuh menjadi Kemendikbud, K13 dirilis. Ketika Pak Anies menjabat Kemendikbud kita, dia hanya menyempurnakan kurikulum sebelumnya, yaitu K13 Revisi. Jadi ga ada penggodokan kurikulum yang benar-benar baru. Sekalipun Pak Anies udah turun dan ada menteri baru, K13 Revisi tetap dirilis. Ini sih gue liat sebagai sinyal kalo pemerintah mau fokus pada 1 kurikulum aja.

      Ya semoga aja pemerintah yang sekarang ga memberi kejutan baru lagi.

  • Muhammad Ilham Hafidz

    mau nanya kak, kalau misalnya mau beli xpedia yang k13 isinya yang revisi/ sebelum revisi?

    • Fanny Rofalina

      Isinya masih K13 Non-Revisi

  • Alfan

    keren nih, tapi yang irisannya mana ya kak?

  • Elisa Natalia Sentoso

    Kak, mau tanya nih. kan sudah ada link untuk kur13 yang telah revisi, tapi kenapa saya masih ga bisa mengakses? jadi kayak gak ada isinya gitu, dan ga bisa dimuat, paling yang bisa dibuka hanya video pertama saja, padahal saya sudah log in, voucher juga masih banyak, browser udah dicoba pakai yang lain.. tetap begitu. Ada solusi?

    • Fanny Rofalina

      Hai Elisa,

      Coba kamu email ke cs@zenius.net, detil masalahnya dan detil akun kamu, biar bisa langsung di-track oleh tim kita. Thank you.

      • Fauzi Nur Rohman

        sama seperti saya kak.. punya saya juga begitu

  • nugroho dwi.fitrianto

    Anak kelas 12 atau alumni yang lagi berjuang meraih ptn kita buat grup line yookkk
    Keliatannya menarik karena kita sama sama berjuang demi masa depan, nanti bisa saling share tentang apapun yang berbau ptn !

    • Neni Triana

      ayokk

      • nugroho dwi.fitrianto

        id line?

    • Arta

      ikut wkwk..
      id: artamariana

    • Nur Khodijah

      mau ikut.. id: nurkhodijah15

  • Aldam Fajar Ahmad

    kak cara ngebuktiin rumus itu bagaimana caranya ? susah banget kayaknya....saya sudah mencoba malah bingung sendiri ....

  • Fatih Almutawakkil

    kak aku mau nanya, bisa ga kalo di sbmptn aku milih pilihan di 3 univ berbeda misal , pilihan pertama fttm itb , kedua Sistem informasi ui , ketiga sistem informasi unsri, terus aku tes nya di aceh , kan itu gada pilihan univ di aceh tapi itu masi di wilayah 1 , kira kira ada pengaruh untuk kelulusan ga? terus boleh ga aku milih 3 univ yang berbeda itu?

    • Ari Candra Arista

      Bisa dan boleh 🙂

      • Fatih Almutawakkil

        maksudnya bisa? bisa ada pengaruh kelulusan?

    • Fatih Almutawakkil

      maksudnya bisa ? bisa jadi ada pengaruh untuk kelulusan?

  • Muliana D.A.

    enggak ada geografi kah?

    • Ari Candra Arista

      Saat ini materi geo sedang dalam proses rekaman oleh Faisal dan Pio, doakan bisa segera selesai 🙂

      • Muliana D.A.

        semoga cepat selesai. Ditunggu ya kak :))))

  • Havie L Choir

    Zen, aku mau tanya nih. setiap video zenius itu makan kuota gede ga? kira2 per video sekitar berapa MB? please jawab

  • rara

    kak kalau mau tau zenius xpedianya update materi baru dimana ya?makasih

  • xx bio

    kak mau tanya kok video nya di k 13 revisi ini ada beberapa yang gak bisa dibuka? seperti entropi dan energi gibbs?. padahal saya bukanya pakai laptop, flash sudah updet dan internet lumayan cepat? itu kira2 kenapa ya kak? terima kasih

    • Fanny Rofalina

      Halo, makasih ya udah ingetin. Kita sedang cek nih problemnya. Semoga bisa diselesesaikan secepatnya ya.

      • xx bio

        udah bisa kok. thanks kak.

    • Fanny Rofalina

      Hi XX BIO,

      Boleh tau itu kamu bukan kode konten berapa? Trus, kamu pake browser apa ya?

      Mohon infonya.
      Thank you.

  • Ganjar Gingin Tahyudin

    kalo menurut gue sih, kalau emang urutan materi nya di rubah lagi nggak terlalu berdampak lah, kenapa ?? kita bisa milih sendiri pembahasan materi yang sesuai dengan urutan materi yang berlaku di sekolah masing^2. contohnya di sekolah gue MTK peminatan BAB 1 ternyata penerapan matriks, maka dari itu gue pun belajar pembahasan mengenai matriks yang ada di matematika wajib dan ternyata sama-sama aja, eh di sekolah temen gue BAB 1 ngebahas turunan, nah lho kok beda ?! :capedes

    bener kata kak @fannyrofalina:disqus , tiap guru memang memiliki kreativitas penyampaian materi yang berbeda - beda

  • Fauzi Nur Rohman

    Kak, masalah saya sama seperti elisa, vidio hanya bisa yang pertama saja..

  • suriyani

    Kalau untuk SD yang revisi kur 13 kelas 4 ada nggak ya kak

  • Melvia Erfaryndra

    ekonomi kelas 11 yang pajak kok gabisa yaa kak?

  • joko suprianto

    kak, kira kira di zetnius punya pdf rangkuman materi un sma? agar mempermudah saya belajar di zetnius. soalnya, saya kebingungan untuk membuat catatan rangkuman saat belajar di zetnius.

  • Rachel

    Kak aku mau tanya, aku mau review semua mata pelajaran mulai dari kelas 10 sampai kelas 12, lebih bagus aku review yg kurikulum ktsp, k13, atau revisi? lebih lengkap yg mana? siapa tau di kurikulum ini gaada materi ttg satu bab gitu, tp di kurikulum lain ada. kasih saran dong ka.