Panduan Belajar UN Matematika IPS SMA 2019

Artikel ini ditulis khusus untuk kamu anak SMA di penjurusan IPS atau Bahasa yang kesulitan belajar Matematika. Bingung belajar untuk menghadapi soal essay dan soal HOTS di UN SMA Matematika? Ini solusinya.

Catatan: Artikel ini awalnya ditulis pada Maret 2016 dan telah disesuaikan dengan kisi-kisi UN Matematika IPS 2019 terbaru.

Halo para pembaca setia Zenius Blog! Kali ini gue mendapat kesempatan lagi buat nemenin anak kelas 12 SMA, khususnya jurusan IPS yang lagi nyiapin pelajaran Matematika di Ujian Nasional 2019 nanti. Buat lo anak kelas 12 SMA jurusan IPS yang lagi resah, mungkin ada yang lagi mikir kaya gini :

  • “Gue udah sengaja masuk IPS buat menghindari segala hal yang berbau matematika, eh bentar lagi gue bakalan ketemu raja terakhir, UN MAAATTT(I).”
  • “Asli, sumpah ini terakhir please gue ketemu Matematika! Habis ini gue mau masuk kuliah sastra, biar sekalian gak perlu ketemu matematika lagi.”

Terlepas berapa nilai yang mau lo capai dan apa yang lo pikirin tentang UN Matematika, sebaiknya lo mempersiapkan UN Matematika IPS ini dengan tepat. Artinya, jangan lebay banget galaunya tapi jangan terlalu lo anggap UN ini cuma ujian kacangan juga. Nah, di artikel ini gue mau berbagi tentang gimana cara menghadapi UN Matematika IPS dengan tepat. Oke, sebelum gue masuk ke materi dalam persiapan UN Matematika IPS 2019, gue mau kasih cerita dulu ke lo. Meski udah pernah gue share sebelumnya, tapi cerita ini masih relevan dengan keadaan anak IPS, Bahasa, dan jurusan non-IPA lainnya. Gini ceritanya:

Di suatu hari yang cerah dan penuh makna, gue ngajar kelas 12 SMA IPS di Bimbel Zenius-X Tebet beberapa tahun lalu.

“Kalo a pangkat m, dimana m bilangan bulat positif, berarti kan a dikali a dikali a dan seterusnya sebanyak m. Ngerti gak? ‘Ngertiii…’ jawab anak2 sekelas. Nah sekarang kalo segitiga juga gitu, segitiga pangkat n, dimana n bilangan bulat positif, berarti segitiga dikali segitiga dan seterusnya sebanyak n. Sama aja ya konsep pangkat itu prinsipnya gitu doang, paham?? ‘Pahaaam….’ Sahut anak2 lagi. Sekarang kalo segitiga itu adalah a pangkat m, berarti kalo segitiga pangkat n itu sama dengan a pangkat berapa?”

matematika-dasar11

Tak lama kemudian, kelas menjadi hening. Tidak ada suara jawaban siswa yang terlontar pada waktu itu… yang ada hanya tatapan siswa melongo dan hanya ada suara hembusan AC. Seorang siswa memecahkan keheningan dengan lantang dan penuh percaya diri menjawab “A pangkat segitiga!!” 

facepalm_227785

Nah, buat lo yang juga masih bingung sama pertanyaan pangkat sederhana kayak gitu, gua harap lo nyadar kalo lo udah ketinggalan banget kemampuan matematika-nya yaa… Karena berdasarkan pengalaman gue, masih banyak anak kelas 12 IPS yang kemampuan matematikanya ketinggalan bangeeeet dengan pemahaman matematika yang seharusnya menjadi standar siswa kelas 12 SMA. Ada yang prinsip substitusi-eliminasi persamaan aja masih belum lancar, ada juga yang konsep pangkat-akar aja masih kebalik-balik, bahkan ada yang operasi hitung pecahan aja masih suka salah!!

Intinya, banyak anak IPS dan jurusan non-IPA lainnya yang masih belum menguasai konsep dasar matematika sederhana yang seharusnya sudah dikuasai sewaktu SMP atau bahkan SD! Entah mungkin karena dari kecil benci sama mata pelajaran matematika atau gimana, jadinya males, nunda belajar terus… sampai akhirnya masalah itu bertumpuk sampai sekarang. Hayo, buat lo yang benci sama mata pelajaran matematika, gua sarankan lo untuk baca artikel ini:

Gimana caranya mengatasi pelajaran yang paling kita benci?

Nah, di artikel ini, gue mau kasih beberapa sumber materi belajar khusus buat lo yang merasa masih butuh panduan untuk belajar konsep dasar matematika. Sementara bagi lo yang merasa konsep dasar matematikanya udah cukup, lo juga bisa tetap dapet banyak insights dari pembahasan gua di artikel ini, terutama pada bagian pembahasan soal UN tahun-tahun lalu. Oke, langsung aja kita mulai pembahasannya.

 

Materi UN Matematika SMA IPS itu dari KTSP, Kurikulum 2013, atau K13 Revisi?

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya bahan materi UN itu dari kurikulum KTSP, K13, atau K13 Revisi,“Aduh nanti UN soalnya dari kurikulum yang mana yah? Masa gue harus belajar sendiri materi yang selama ini gak dipelajari di sekolah gue”

Jawabannya adalah: Terlepas selama ini lo belajar materi dari kurikulum manapun, lo gak perlu belajar materi di luar kurikulum yang lo pelajari selama ini karena materi UN Matematika IPS terdiri dari irisan dari K13, K13 Revisi, dan KTSP. Maksudnya adalah soal yang ditanyakan adalah materi yang emang sama-sama dipelajari di ketiga kurikulum tersebut. Jadi kalo ada materi yang ada di K13 tapi gak ada di KTSP atau sebaliknya, gak akan keluar kok di soal Ujian Nasional 2019. Paham yah.

Oh iya, ada beberapa hal yang penting banget mesti gue kasih tau tentang Ujian Nasional Matematika 2019 nanti. Pertama, mulai tahun 2018, akan ada beberapa soal isian singkat atau essay untuk UN SMA Matematika! Gak banyak kok soal essay-nya, yaitu 10% dari 40 soal atau sebanyak empat soal. Dan lo cukup mengisi jawabannya saja. Misalkan, ada soal 1+2, terus lo hanya perlu memberi jawaban berupa angka 3. Jadi lo gak perlu menjabarkan gimana cara dapetin jawaban itu.

Selain soal essay, kebijakan terbaru di UN 2019 adalah penerapan soal HOTS (Higher-order thinking skills). Soal HOTS ini tidak cukup menguji lo apakah lo ingat, paham, dan bisa mengaplikasikan rumus matematika, tapi juga menuntut lo untuk menganalisis dan membuat model matematika sendiri. Penjelasan lebih lengkap tentang soal HOTS bisa kamu baca di sini: Pembahasan Lengkap seputar Soal HOTS.

Gila, soal biasa aja gue udah bingung, sekarang pake soal HOTS lagi!!Weits, tenang dulu, bro! Justru di artikel ini gue mau kasih tips belajar yang tepat untuk UN Matematika nanti. Kalo lo udah belajar dengan efektif dan memperbaiki pemahaman lo terhadap prinsip dasar di matematika, percaya deh, mau bentuk soalnya kayak apa juga, lo ga perlu takut. 😉

 

Panduan Belajar UN Matematika IPS SMA

Oke, pada section ini gua akan membagi 2 kategori. Pertama (A) adalah untuk mereka yang merasa masih perlu memperkuat konsep dasar matematika. Kedua (B) adalah untuk mereka yang merasa pemahaman dasar matematikanya udah cukup, dan mau mempersiapkan diri supaya nilai UN bisa optimal. Yuk kita mulai!

A. Untuk mereka yang perlu memperkuat konsep dasar matematika

Dari pengalaman gue ngajar SMA IPS, gua pribadi berpendapat setiap tahun ada banyak siswa IPS dan siswa jurusan non-IPA lain yang sebetulnya butuh balik lagi ke materi-materi dasar di Matematika. Kenapa mesti balik lagi? Karena ketika materi yang basic banget aja belum mengerti (misalnya konsep operasi hitung pecahan masih suka salah), bisa dipastikan lo akan sangat kesulitan untuk belajar konsep matematika yang lebih spesifik. Akhirnya belajarnya cuma menghafal rumus, gak ngerti konsep, hingga akhirnya pas belajar menggunakan buku-buku “30 Menit Menguasai Persamaan Kuadrat” (kayanya gak ada deh buku judulnya kaya gitu, cuman ngerti lah yah maksud gue)

Oke, bagi lo yang merasa gak pede sama kemampuan matematikanya, gua sangat menyarankan lo untuk paham betul-betul beberapa link video materi yang gua kasih di bawah ini:

  1. Ini prinsip dasar matematika yang penting banget tapi sering terlewat
  2. Jangan ke yang lain dulu, kalo aljabar dasar aja masih belum paham

Nah, kalo udah 2 bahan materi di atas itu lo lewatin, lo bisa masuk ke materi yang selanjutnya. Materi kali ini agak banyak, mungkin lo bisa pilah-pilah sendiri mana yang menurut lo masih kurang. Silakan cobain latihan soal ringan di bawah ini sampai paham:

  1. Cobain deh kerjain 2-3 tahun terakhir
  2. Buat inget-inget lagi, coba kerjain 2 set soal di sini
  3. Campuran soal-soal matematika dasar

B. Untuk mereka yang merasa dasar matematikanya udah cukup

Oke, bagi lo yang ngerasa pemahaman dasar matematikanya udah cukup, kita langsung lihat SKL dari pemerintah yuk! Oh ya, buat lo yang belum tau, tiap tahun pemerintah ngeluarin SKL yang isinya kisi-kisi bahan materi yang akan diujikan pada Ujian Nasional, berikut adalah SKL untuk Matematika IPS SMA 2019:

Udah lihat? Mungkin banyak di antara lo yang bingung ngeliat kalimatnya. “Ini maksudnya materi yang mana ya?” atau “Eh ini kalo di buku cetak masuknya pas di bab apa ya?“. Tenang guys, di artikel ini gua udah merangkum seluruh daftar materi yang dimaksud dalam SKL pemerintah ini cakupannya apa aja. Buat lo yang udah gabung di zenius.net, lo tinggal pelajari materi berikut di bawah ini untuk memenuhi standar SKL dari pemerintah:

Oke deh, cuma segitu doang kok bahan materi UN Matematika IPS yang perlu lo pelajari. Materinya udah jelas cakupannya apa aja, video pembahasan materinya juga ada, latihan soalnya juga udah lengkap. Sekarang tinggal gimana kemauan belajar lo untuk menghantam setiap materi itu satu per satu. Buat yang ngerasa bener-bener kacau matematikanya, gua sarankan jangan langsung buru-buru latihan soal UN, tapi mantapkan dulu materi dasarnya. Kalo materinya udah paham, baru deh lo dalemin latihan soal satu per satu sesuai materi yang ada di SKL.

Terakhir, kalo lo udah paham betul materi UN Matematika SMA IPS sesuai dengan SKL, baru deh lo bisa jajal kemampuan lo dengan mencoba ngerjain soal UN dalam 5 tahun terakhir. Berikut ini adalah pembahasan soal UN SMA Matematika IPS dari tahun 2013-2017. Gua sarankan lo coba kerjain dulu soalnya (bisa download gratis dengan format PDF), habis itu lo bisa lihat video pembahasan soalnya:

Kalo udah di tahap ini, gua harap lo juga mulai ikutan Try Out alias Simulasi UN. Lo bisa ikutan Try Out UN yang sering diselenggarakan sekolah atau bikin TO UN sendiri di rumah. Apalagi mungkin ini pertama kalinya lo ujian Matematika menggunakan komputer. Di sini, lo ngerjain UN bener-bener dikasih batesan waktu, gak boleh liat pembahasan, gak boleh sambil ngobrol ngerjainnya, pake alat tulis atau komputer yang nanti akan dipakai pas UN. Pokoknya simulasi seperti bener-bener ujian deh!

Setelah itu, lo bahas try out itu. Lo cari di mana kekurangan lo. Setelah simulasi UN, lo evaluasi dari berbagai aspek, mulai dari aspek psikologis, aspek akademis, aspek teknis, aspek mental, dan lain sebagainya. Setelah itu, lo coba mulai cari solusinya satu-satu kalo ada yang kurang. Terus lo coba simulasi try out UN lagi deh. Coba cek lagi, bener gak solusinya yang lo lakuin itu tepat. Cara taunya yang paling gampang adalah hasil nilai lo. Kalo emang naik, kemungkinan lo melakukan solusi yang tepat. Gitu terus hingga pas hari H, hopefully lo bisa ngerjain UN Matematika IPS dengan mateng. Sukses yah buat lo semua!

 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang pengen ngobrol sama Joni/Ncen terkait persiapan UN SMA Matematika IPS, silakan bertanya pada kolom komentar di bawah ini. Zenius juga merekomendasikan beberapa bacaan di bawah ini khusus untuk siswa kelas 12 IPS yang sedang melakukan persiapan UN:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.