Kata siapa anak SMK gak bisa kuliah di Universitas keren?

Kata siapa anak SMK gak bisa kuliah di Universitas keren?

alo guys! Artikel kali ini, gua buat khusus untuk lo semua para siswa-siswi kelas 12 SMK yang lagi mikirin buat lanjut kuliah. Buat lo yang anak-anak SMK, yuk langsung merapat ke sini! Nah, ngomong-ngomong soal dunia anak SMK, gua langsung kebayang slogan-slogan yang udah gak asing lagi di kuping lo semua:

"SMK Bisa! SMK Kompetitif! SMK Siap Kerja!"

Wah... tiap kali gua lihat/denger slogan itu, gua langsung ngebayangin anak SMK teknik yang mukanya kucel penuh keringat dan cemong kena oli, tiap hari ke sekolah jarang bawa buku tapi malah bawa seperangkat obeng kembang dan kunci inggris 24. Hampir tiap hari kerjaannya belajar praktek, praktek, dan praktek! atau istilah kerennya 'learning by doing'... Mantap! Gua pribadi percaya bahwa metode itu adalah salah satu cara belajar yang paling efektif. Itulah kenapa, slogan 'SMK Bisa & Siap Kerja' itu memang pas banget buat anak-anak SMK yang emang udah gatel pengen cepet-cepet kerja dan berkontribusi langsung bagi masyarakat.

Nah tapiii.... bagaimana nih nasib para anak-anak SMK yang hasrat belajarnya belum selesai di SMK dan masih pengen terus lanjut belajar di dunia perkuliahan?? Selama 4-5 tahun ke belakang, gua perhatiin ternyata ada cukup banyak juga loh... anak-anak SMK yang baru nyadar di tengah jalan, bahwa passion mereka bukan di dunia SMK (yang bertujuan mau langsung cari kerja), tapi justru di bidang lain yang ada di dunia perkuliahan! Wah, ciloko iki...

SMK-galau

Iya bro/sist... gue ngerti kok kegundahan lo semua. Gue ngerti kalo anak-anak SMK yang mau lanjut kuliah itu panik karena baru nyadar kalo mau lanjut kuliah itu artinya harus ikut ujian yang materinya terdiri dari pelajaran anak SMA. Gua juga ngerti kalo ada sebagian anak SMK yang ngerasa rendah diri karena harus bersaing dengan anak SMA yang udah belajar materi ujian tersebut selama 3 tahun. Gue ngerti banget kok perasaan galau lo semua. Nah, justru dengan artikel ini, gua berupaya untuk menjadi jawaban dari segala bentuk kegalauan anak SMK yang mau kuliah, sekaligus memberikan solusinya!

PS. Anak SMK yang mau persiapan UN-nya lancar, bisa ke sini >> pembahasan soal Ujian Nasional SMK 2014-2015

Jalur yang tersedia untuk masuk kuliah...

Oke, langkah pertama yang perlu lo ketahui adalah, untuk bisa masuk kuliah ada 3 jalur yang bisaa lo tempuh:

  1. Jalur seleksi SNMPTN
  2. Jalur ujian SBMPTN
  3. Jalur Ujian Mandiri masing-masing universitas

Khusus untuk jalur (1) SNMPTN gak akan gua bahas panjang lebar di sini karena terus terang gua gak menyarankan lo untuk HANYA mengandalkan jalur SNMPTN doang. Kenapa? Karena udah jadi kesalahan umum dari tahun ke tahun, banyak anak yang gagal masuk kuliah karena terlalu mengharapkan/ngarep keterima di jalur SNMPTN. Di sisi lain, mau gak mau kita harus terima fakta bahwa memang persaingan di jalur SNMPTN ini rada kurang berpihak pada anak-anak SMK. Bisa dilihat dari survey yang diadakan oleh Halo Kampus terhadap 1931 siswa keterima SNMPTN 2015, hasilnya ada 1905 siswa (99%) yang berasal dari SMA dan sisanya 27 siswa (1%) yang berasal dari SMK.

Penerimaan SNMPTN SMA-SMK

Jadi saran praktis dari gue, daftar mah daftar aja SNMPTN tapi jangan terlalu diharapkan, anggep aja kalo keterima itu lo dapet bonus doang. Belajarlah untuk ujian SBMPTN & UM dengan asumsi seolah-olah lo udah pasti gak diterima di jalur SNMPTN.

Bagaimana dengan jalur SBMPTN dan Ujian Mandiri?

Jujur aja kalo untuk Ujian Mandiri (UM) gua gak bisa jawab apa-apa, karena itu rahasia dapur dari masing-masing universitas. Bisa jadi di kampus A memandang SMA dan SMK dengan porsi yang sama, sementara di kampus B lebih lebih prioritas anak SMA daripada SMK. Ada juga di kampus polteknik tertentu yang mengutamakan anak SMK daripada SMA. Intinya untuk jalur UM gua gak bisa bahas terlalu jauh karena masing-masing kampus punya rahasia dapurnya sendiri-sendiri.

Nah, untuk jalur SBMPTN... gua bisa pastikan bahwa kesempatan untuk masuk PTN antara anak SMA dengan SMK itu sama saja. Dalam arti, seleksi penilaian SBMPTN secara teknis tidak melihat latar belakang pendidikan. Mau dari SMA unggulan kek, dari Madrasah pinggiran kek, atau anak SMK dari daerah terpencil sekalipun punya derajat yang sama pada ujian seleksi SBMPTN. Jadi terlepas dari latar belakang pendidikan SMA/SMK/MA lo, selama lo bisa meraih nilai/score yang mengungguli para pesaing lo, berarti lo dianggap layak untuk masuk PTN. Gua harap sampai sini lo yang anak SMK paham ya harus prioritaskan untuk berjuang masuk universitas melalui jalur yang mana. 🙂

"Iya sih SBMPTN emang murni melihat nilai, tapi kenapa materi yang diuji itu pelajaran SMA? Anak SMK kan gak pernah nyentuh materi anak SMA seperti Biologi, Kimia, Fisika, Sejarah, Ekonomi, dll. Dunia ini gak adil!! Mana mungkin anak SMK bisa bersaing melawan anak SMA yang udah belajar semua materi itu selama 3 tahun?? Emang ada ya anak SMK yang berhasil bisa masuk ITB, UI, Unpad, UGM? Kayaknya mustahil banget tuh!! " - anak kelas 12 SMK

Oke, kalo lo nanya apakah ada siswa SMK yang berhasil masuk universitas keren? Jawaban gua singkat aja : Ada banyak banget kok! Seenggaknya, sebatas pengamatan gua yang kerja di lembaga pendidikan selama 4 tahun terakhir, gua bisa pastikan bahwa tiap tahun, ada banyak anak SMK yang terus membuktikan bahwa anak SMK itu mampu bersaing di SBMPTN dan Ujian Mandiri masuk universitas top nasional. Maklum, kalo cerita-cerita mereka gak terdengar sama lo, ya karena lo gak punya akses buat ngeliat cerita mereka. Untungnya, gua lumayan rajin ngumpulin cerita anak-anak SMK yang berhasil tembus SBMPTN yang belajar pake zenius terus ngisi testimoni tahunan.

SMK Masuk Universitas

Jadi beneran ada ya anak SMK yang bisa tembus masuk ITB, UGM, UI, dll? Mereka beneran belajar seluruh materi SMA itu semua dari nol? Kok bisa sih? Kadang gua berpikir bahwa masalah utama anak SMK itu bukan kesiapan materi, tapi masalah kepercayaan diri. Nah, biasanya kepercayaan diri itu meningkat kalo kita bisa terinspirasi dari keberhasilan orang lain sebelum kita. So, coba deh lo baca beberapa cerita pengalaman dari mereka di bawah ini:

Grace-HelenaGrace Aprilia Helena

Alumni SMK Negeri 3 Bandung
Sekolah Ilmu & Teknologi Hayati – Institut Teknologi Bandung
Twitter: @Gracelena_

"Gw adalah orang yang taun kemaren udah berkali-kali gagal, padahal gw juara 1 nem untuk jurusan teknik di SMK gw, ranking 1 untuk 3 taun berturut-turut. Tiga taun berlalu dengan bergelimang prestasi di SMK, sampe pada akhirnya gw dipenghujung pertigaan hidup.. lulus smk mau kuliah ato kerja? Berhubung gw adalah orang yang suka sains, meski gw adalah anak SMK. gw memutuskan untuk ikut SBMPTN, UTUL, dan UM UNpad tanpa bimbel. dan........ gw gagal. Ya ealah gagal, secara gw belom siap secara materi, untuk praktek kejuruan, basic matematika, kimia, sama fisika udah ada, tapi I wasn't ready at all . MESKIPUN LO JUARA, GA MENJAMIN LO LULUS SBMPTN. JANGAN SOMBONG ! Kalo diitung2 gw udah 5 kali gagal. Akhirnya gw memutuskan untuk mulai belajar SBMPTN lagi bulan Januari 2015, tp gw bingung.. mo bimbel ato engga ? Karena gw ga suka ngerepotin ortu, secara bimbel itu mahal.. tapi akhirmya gw ketemu Zenius. Awalnya gw skeptis, apaan sih video2 gt? BUT IT IS GOLD! Dalam waktu 6 bulan gw nguasain materi SMA 3 tahun~ TUHAN ITU LUAR BIASA, mempertemukan gw dengan zenius ~ gw belajar 16 jam sehari, sampe2 apal catchphrase si Sabda dan tutor yang lain. Gw dapet dukungan dari papa yang ga pernah nge-judge gw. dan I found my new passion... BIOLOGY~ gw ga pernah sampe nangis karena saking kagumnya sama satu mapel. Dan zenius bikin gw cinta Biologi banget banget banget, sampe gw lalap tu buku Campbell~ Praise the Lord pas pengumuman gw diterima di ITB jurusan SITH yang sesuai passion gw~ THX Lord Jesus Christ, thx Zenius!"

 

Fitriana NurulFitria Nurul Astuti

Alumni SMK Negeri 1 Kota Serang
Fakultas Bahasa  Jurusan Bahasa Sastra Inggris - Universitas Negeri Yogyakarta
Twitter : @fitriaaana_

"Satu kata buat zenius. Amazing. Gila, gua anak SMK ga nyangka banget bisa masuk PTN. Sumpah, ini metode belajar yg pas bgt buat elo semua yg punya sifat moody dan ga doyan buka buku kaya gua haha.  Buat lo semua yg mau masuk PTN tanpa mau ngerasain jadwal bimbel yg mengekang. Ini zenius recommended bgt. Nih ya gua kasih pengalaman gue pas SBMPTN kemaren, itu soal hampir 50% keluar semua dari pembahasan dan materi di zenius. Serius ini gua ngomong beneran jujur sejujur-jujur nya loh. Gua ngerasa beruntung bgt bisa nemuin lo zen. Kalo aja gua ketemu zenius dari pas kelas 10, gua berani dah ngambil Top 3 PTN di indonesia hehe. Bayangin aja lo bisa atur jadwal lo buat belajar sesuka hati lo. Dimana pun, kapan pun lo mau. Gua belajar buat masuk PTN cm lewat hp sm earphone doang coba, dari belajar sambil ngemil di atas kasur nyampe belajar di dalem angkot gua jabanin. Dan ternyata hasil nya emang ga sia-sia. Udah gitu metode zenius pembelajaran di zenius tuh asik bgt, Ekonomi sm Matematika dasar tuh dua pelajaran yg tadi nya bikin kepala gua nyut-nyutan plus bikin perut mules malah bikin gua jadi suka bgt buat ngulik-ngulik tuh pelajaran gileee. Asik bgt dah pokok nya. Zenius tuh beda dari yg lain. Zenius T.O.P begete dah pokok nya. Sukses selalu ya zen!!!"

 

Piky HerdiansyahPiky herdiansyah

Alumni SMKN 53 Jakarta
Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Jurusan Komunikasi - Universitas Sriwijaya
Twitter : @misfits209

"Waktu ngeliat pengumuman SNMPTN rasanya ambrukk, kaya ga punya semangat juang, gue ga keterima satupun di universitas yang gue pilih, tapi bukan waktunya bersantai ria karna masih ada kesempatan di SBMPTN. Gue langsung cari soal-soal tentang SBMPTN tahun lalu di internet tapi dari situ gue sadar satu hal "Gue anak SMK" ini bukan pelajaran gue! 3 Tahun belajar dan gue ga pernah ketemu mahluk yang namanya sosiologi, sejarah, apalagi ekonomi, :3 tapi itu ga boleh sampe jadi halangan. Gue inget beberapa bulan yang lalu gue sempet belajar pake zenius dan hasilnya memuaskan banget, cara pembelajaran yang Open-minded dan mempelajari sampai ke konsepnya langsung bikin kita paham seluk beluk materi yang dipelajari. Akhirnya gue beli voucher zenius yang 1 bulan, (karna emang waktu belajar buat sbmptn tinggal 1 bulan lagi waktu itu) jadi gue ngurung diri di kamar, pacaran dah sama buku, wikipedia, dan tentunya laptop buat nonton zenius. Dan alhamdulillah walaupun dengan segala keterbatasan waktu dan banyaknya materi yang harus gue kuasai, gue tetep bisa lulus di jurusan ilmu komunikasi unsri, buat lo yang mau make zenius, ga akan rugi deh. pokoknya, trust me it works!"

 

Wulandari AgustinaWulandari Agustina

Alumni SMKN 20 Jakarta
Lolos SBMPTN : Fakultas Ilmu Administrasi - Universitas Brawijaya
Lolos UTUL : Fakultas Ekonomi - Universitas Gadjah Mada
Twitter : @wulandariagstna

"Gua cuman bisa bilang THANKS FOR EVERYTHING. Meskipun berasal dari SMK yang dianggap sebelah mata, gua bisa lolos di SBMPTN 2015. Berawal dari seorang anak SMK yang gak punya ilmu kayak anak SMA, apalagi matpel Matdas dan Soshum. Finally, gua bisa buktiin kalo gua bisa jadi Maba PTN UB 🙂 Yeayyy!  Sempet ngerasa flashback pas ngerjain hari-H SBMPTN, gara-gara ada kesalahan panitia yang miss communication alhasil gua kehilangan 30 menit waktu berharga buat ngerjain soal2 yang padahal gua mampu dan gua bisa isi terutama di matdas dan soshum. But,its okay 🙂 Rencana Allah mempertemukan gua dengan Zenius dan LOLOS SBMPTN Universitas Brawijaya 2015 itu kado indah tahun 2015 untuk tetap semangat jadi calon penerus bangsa! Sekali lagi terima kasih Zen! Kalian luar biasaaaa"

PS. Belakangan diketahui Wulandari ternyata tembus UTUL UGM juga, dan saat ini kuliah di Fakultas Ekonomi - Universitas Gadjah Mada.

 

anindya wendyAnindya Wendy Paramita

Alumni SMK Negeri 10 Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi - UPN Veteran Jatim
Twitter : @anindyawendy

"Zen keren banget sumpah. Awalnya sempet bingung mau mulai belajar dari mana? Baca buku apa? bimbel dimana? secara aku kan anak SMK sedangkan di SBMPTN materinya anak SMA. Nah pas ketemu webnya Zenius tanpa pikir panjang aku langsung daftar aja jadi membernya dan hari itu juga aku mulai belajar di Zenius langsung cari materi SMA sama SBMPTN. Awalnya sedikit bingung sih sama cara belajarnya, tapi lama kelamaan jadi nyambung banget seru abis belajarnya. Dan akhirnya setelah berbulan2 belajar pagi siang sore malem di zenius alhamdulillah lolos SBMPTN :') dan aku bisa buktiin kalo SMK juga bisa kuliah di PTN kok :') makasih makasih makasiiiiiih banget ya Zen :'D"

 

Alumni SMK PGRI 35 JAKARTA
Fakultas Psikologi - Universitas Indonesia
Twitter : @ellJaya
"Pertama awal liat demo video zenius sebetulnya gue udah tertarik apalagi pas baca blognya. Tapi untuk belajar dgn zenius baru bulan Mei padahal udah ngeliriknya dari tahun lalu. Kesan belajar itu rasanya ketagihan mau belajar lagi dan lagi. Serius, gue merasa bosen banget sama belajar sekolah yg cuman hafal doang dan di zenius gue diajarin konsep dan pelajaran matematikanya jadi tau kenapa bisa sampai ada rumus kaya gini kaya gitu. Dan zenius juga ngajarin fondasi diri dan gue yg buta grammar jd lebih ngerti. Banyak banget yg gue dapet dr belajar bareng zenius. Terima kadih zen! Udah menemani gue tiap malem sampai pagi. Gue sekarang bisa kuliah di Psikologi UI! :)"

 

Rizkia RachmanRizkia Attiya Rachman

Alumni SMK Negeri 1 Kab.Tangerang
Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi - Universitas Padjadjaran
Twitter : @minyaminyu

"pake zenius awalnya ga heboh banget belajarnya hehe, tapi pas udah deket deket test SBMPTN baru heboh belajar pake zenius hihihi. Beberapa bulan sebelum test, gue belajar bareng zenius setiap malem sebelum tidur. Kenapa malem? karena menurut gue kalo malem mungkin biar lebih konsen gitu. Yaudah berhubung masih kepo sama zenius ya hajar deh ngantuknya. Daaannn.. setelah nahan ngantuk akhirnya gue sadar, gue salah milih waktu belajar. Kok gitu ? belajar sama zenius bikin ketagihan men, tadinya ngantuk jadi keterusan coba soal-soal zenius , sampe lupa mau tidur hahaha. Asik lah pokoknya, Thanks Zenius! Akhirnya anak SMK kayak gue bisa masuk Unpad!"

Agung PratamaAgung Pratama Putra

Alumni SMKN 13 Bandung
Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Jurnalistik - Universitas Padjadjaran
Twitter : @gungpratama

"Tahun lalu gw belum rezeki untuk lolos SBMPTN 2014. Nah gw putusin deh untuk ngulang tahun 2015 ini, gw pun beli zenius Xpedia paket alumni. Akhirnya gw buletin tekad untuk lintas jurusan, ngejar apa yang selama ini jadi passion gw (Ilkom/Jurnalistik).  Awalnya sih keteteran ya. Terutama di mapel Sejarah. Tapi gw coba perdalam materi2 yang ada di CD Zenius. Gw mulai semuanya dari nol. Gw coba pelajaran2 soshum satu per satu. Dan yang paling narik perhatian gw adalah mapel Ekonomi yang diajarin bang Sabda. Gila men, gw langsung suka banget belajar Ekonomi. Kayaknya dalam waktu 2 hari gw abisin deh tuh teori Ekonominya. Langsung ketagihan pokoknya belajar Ekonomi. Konsep yang diberikan bang Sabda keren parah!! Sebelumnya gw mau cerita, gw lulusan SMK dengan program sekolah 4 tahun. Walaupun lintas jurusan, tapi inilah passion gw, gw ga nyesel. Lebih nyesel lagi kalo gw harus kuliah dgn jurusan yang ga sesuai sama passion gw. Akhirnya, ada hikmah dibalik perjuangan gw selama setahun ini. Gw lulus di Jurnalistik Unpad! Jurusan yang sangat gw inginkan. Argh seneng banget pokoknya! Thank you so much Zen! Gw yang nekat lintas jurusan hanya bermodalkan Zenius Xpedia 2.0 Alumni, akhirnya bisa lolos di jurusan yang gw inginkan. Makin sukses ya Zen!!!"

****

Buat lo yang penasaran dengan testimoni yang lain, bisa lihat di sini : Kumpulan Testimoni anak SMK yang tembus SBMPTN 2015

Gimana?? ternyata bener kan anak SMK banyak yang bisa tembus universitas keren! Kalo kata Sabda "orang cerdas belajar dari kesalahan diri sendiri, orang bijak belajar dari kesalahan orang lain". Gua tambahin sedikit untuk kategori orang bijak : "... Orang bijak juga belajar dari keberhasilan orang lain sebelumnya".

So, kalo lo lihat lebih teliti, apa sih yang bikin si Grace anak SMK bisa masuk ITB? Dia belajar 6 bulan sebelumnya sampai 16 jam sehari! Apa sih yang bikin Piky bisa masuk Univ Sriwijaya? Dia ngurung diri selama sebulan untuk belajar! Apa yang bikin si Agung bisa tembus ke Unpad? Di situ dia bilang ngabisin seluruh teori Ekonomi SBMPTN zenius dalam 2 hari, berarti tebakan gua sehari dia belajar belasan jam! so much persistence! 

Kadang gua berpikir bahwa yang ngebedain antara mereka (baca: anak SMK) yang gagal dan mereka yang berhasil itu sebetulnya sederhana... mereka yang berhasil adalah anak SMK yang berani keluar dari zona nyaman untuk mulai belajar materi-materi baru yang asing, belajar dari sumber yang tepat, serta punya semangat yang konsisten! Sedangkan anak SMK yang gagal itu biasanya mereka-mereka yang kelamaan galau, mengeluh kesana-kemari bahwa materi ujian SBMPTN terdiri dari pelajaran yang belum pernah mereka sentuh, tapi action-nya berikutnya ga ada, cuma ngedumel pasrah doang, belajarnya gak mulai-mulai! Sementara mereka-mereka kelamaan galau, di waktu yang sama para pesaing SBMPTN yang lain justru malah lagi pada sibuk belajar! Nah, sekarang tinggal lo pilih mau jadi yang mana? 😉

 "Iya deh iya, sekarang gua beneran mau keluar dari zona dan mulai komitmen belajar. Tapi gue harus mulai belajar dari mana? Masa iya gua harus ngulang semua materi yang dipelajari anak SMA selama 3 tahun dalam waktu cuma beberapa bulan?"

Iya, gue tau emang materinya asing dan cukup banyak, tapi bukan berarti mustahil untuk dikejar kok!

Bahan materi belajarnya emang banyak, tapi faktanya ternyata dari tahun-tahun sebelumnya terbukti banyak juga kok anak-anak SMK kakak angkatan lo yang bisa beneran ngejar materi SMA dengan persiapan 3-4 bulan dan tembus ke PTN keren-keren. Gua harap beberapa potong testimoni di atas bisa jadi bukti bahwa sebetulnya gak mustahil kalo anak SMK bisa masuk universitas keren melalui jalur SBMPTN. Kuncinya sih asal lo tau CARA BELAJAR YANG EFEKTIF & TEPAT SASARAN.

Maksudnya 'efektif' adalah jangan kelamaan bingung nyari sumber bahan belajar yang tercecer dimana-mana, minjem buku anak SMA-lah, beli buku cetak anak SMA di toko buku-kah, fotokopi latihan soal dari bimbel ini-itu, dsb. Kalo cara lo mulai ngumpulin bahan kayak gitu, ya jelas aja lo mikir...

"belajarnya mulai darimana sih? kok bahannya banyak banget!?"

Inget, waktu yang lo punya terbatas, jadi walaupun materinya banyak... pastikan usaha lo juga harus efektif! Jangan kelamaan ngulik sumber bahan belajar yang belum tentu tepat sasaran, apalagi sepotong-sepotong dari berbagai sumber yang belum tentu runut dan komplit.

Nah, di zenius.net kita udah susun urutan belajar SBMPTN lo secara RUNUT & LENGKAP, baik TKPASaintek maupun Soshum. Dari mulai materi penjelasan setiap topik SBMPTN, latihan soal setiap topik bahasan, latihan soal campuran, sampai try out soal SBMPTN dari tahun 2002-2015. Semua udah kita desain betul-betul khusus untuk belajar SBMPTN. Pokoknya lo udah gak perlu lagi pinjem catetan anak SMA, belajar ngulang dari buku cetak ratusan halaman, atau fotokopi dari sana-sini. Lo cukup belajar di zenius.net dengan disiplin dan konsisten, gua yakin lo bisa dapet sumber persiapan belajar SBMPTN yang jauh lebih efektif dan tepat sasaran. Berikut gua akan sedikit bahas untuk 3 kategori ujian SBMPTN, yaitu TKPA, Saintek, dan Soshum:

TES BIDANG STUDI DASAR TKPA

Banyak peserta SBMPTN (terutama anak SMA) yang ngeremehin materi TKPA alias belajarnya cuma setengah-setengah (bahkan ada juga yang gak belajar sama sekali), terus akhirnya nyesel karena point mereka justru ancur berantakan di materi yang harusnya bisa jadi 'lumbung nilai'. Masalahnya, banyak peserta SBMPTN yang ngeremehin TKPA & jarang latihan soal/try out. Akibatnya pas ujian: banyak kena jebakan soal, gak teliti baca soal, gak taktis waktu jawab soal, kelamaan ngulik soal tanpa nyadar kalo waktu yang dikasih dikit banget, banyak soal yang gampang tapi gak kesentuh karena udah waktunya keburu udah selesai, dsb. Okay, intinya sih buat lo anak SMK: jangan sampai lo kepeleset di materi yang harusnya bisa jadi kesempatan bagus buat lo untuk mendulang point sebanyak-banyak! Sekarang belajar bahan TKPA dari mana? Tenang, kita udah sedian komplit bahan belajar lo semuanya, tinggal tengok aja link di bawah ini:

1. TPA / Tes Potensi Akademik

2. Matematika Dasar

3. Bahasa Indonesia

4. Bahasa Inggris

TES BIDANG SAINTEK (IPA)

Tes bidang saintek ini lo ambil kalo lo mau masuk jurusan kuliah yang bernuansa IPA, seperti jurusan teknik, mipa, informatika, arsitektur, dll. Terdiri dari mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi:

TES BIDANG SOSHUM (IPS)

Tes bidang soshum ini lo ambil kalo lo mau masuk jurusan kuliah yang bernuansa IPA, seperti jurusan hukum, ekonomi, ilmu politik, hubungan internasional, dll. Terdiri dari mata pelajaran ekonomi, sosiologi, sejarah, geografi:

 ****

Nah, lo bisa mulai belajar dengan berpatokan pada link ke pembahasan materi dan soal SBMPTN di atas. Inget, walaupun lo udah gua bantuin buat dapet sumber materi yang tepat, tapi lo harus tetap belajar dengan konsisten yak! Okay, demikianlah sedikit petuah dari gue buat para anak SMK yang lagi mau berjuang mendapatkan kursi di universitas, khususnya di jalur SBMPTN. Moga-moga sedikit sharing dan tips dari gue bisa bermanfaat buat lo semua. Sampai ketemu di artikel blog berikutnya!

SMK BISA! SMK KOMPETITIF! SMK SIAP KULIAH!! *tinju ke udara*

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol sama Glenn tentang persiapan SBMPTN untuk anak SMK, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya. Untuk kamu anak SMK yang lagi fokus belajar untuk persiapan SBMPTN, zenius sangat merekomendasikan untuk baca beberapa tips berikut :

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Surya

    Gue bnget nih alumni smk teknik mesin tpi passion di dunia perkuliahan
    Semoga lulus SBMPTN 2016 Amin

    • Semangat belajar terus yang konsisten yak! 🙂

  • putra

    Kak, untuk sbmptn 2016 nanti itu pakai kurikulum yang mana ya? soalnya saya lulusan 2015 yang masih pakai KTSP, terus apakah video di zenius udah di update kak?

    • video zenius sudah diupdate dgn bahan materi K13 maupun KTPS. Berdasarkan obrolan dgn para tutor yg betul2 membedah materi K13 & KTSP sih, materi SBMPTN gak akan terlalu jauh berbeda dengan sebelumnya. Video materi pembahasannya yang tersedia di zenius.net bisa dibilang sudah cukup mewakili semua materi yang diperlukan.

      • putra

        ok makasih

  • Heryan Cahya Febriansyah

    ih horor ya ternyata cuma satu persen yang masuk snmptn. tapi di smk gue yang lolos snm ada 9 orang. lumayan juga kalo dari 27 anak XD

    • perlu diingat bahwa angka 1% itu diambil dari survei yang diadakan akun Info_SNMPTN yang terdiri dari 1931 responden, jadi bukan dari ratusan ribu peserta SNMPTN scr langsung.. Tapi berdasarkan jumlah sampelnya sih, harusnya emang gak akan jauh dari 1%.

      • Heryan Cahya Febriansyah

        iya sih.. tetep aja snm gabisa dijadiin harapan pertama. apalagi anak smk 😐

  • eigengrau

    Bang gua kan kelas 2 smk. Gua maunya masuk fsrd. Dan gua searching itu ternyata masuk soshum. Tapi gua dah terlanjur bimbel ipa. Terus minjem zenius kaka gua yg ipa. Jadi gua drop dan bingung apa gua harus belajar lagi dari awal apa cari jurusan lain di kuliahan?

    • Sebetulnya kalo sejak awal lo ikutin saran zenius utk fokusin dulu ke TKPA (TPA, Matdas, Bhs Indo, Bhs Inggris). Gak akan jadi masalah kalo di tengah jalan ini lo pindah dari saintek ke soshum. Sekarang ini persiapan TKPA-nya udah mateng belom? kalo belum mateng, mending fokus di situ aja dulu. Nanti kalo mau kejar di Saintek/Soshum jadi msh bisa sambil mikir2 lagi apakah mau tetap ambil FSRD (soshum) atau mau ambil jurusan yg saintek.

  • umimarfa

    Bisa kok bisa kuliah anak SMK, ane lulusan SMK yang males aja bisa apalagi lu pade

    • Andre Saputra

      lolos dimana kak?

      • umimarfa

        unsoed hehe

  • Ayo anak SMK Elo pasti bisa 🙂

  • Cara supaya mulai serius belajar? Mungkin bisa dimulai dari hal yang sederhana dulu, yaitu berhenti menyibukan diri utk hal-hal yg gak relevan dengan belajar - kemudian fokuskan waktu kamu untuk belajar. Actually, it's about how much you see the importance of going to college. Kalo lo merasa kuliah itu memang penting, harusnya lo udah bisa menentukan sendiri mana yang perlu diprioritas untuk saat ini.

    Kalo ada waktu, coba baca artikel ini deh, moga2 bisa jadi insights >> https://www.zenius.net/blog/10475/marshmallow-eksperimen-self-control

    • uki fany

      Ok bang semoga 😀

  • Redi Sunarta

    bisa aja lu bang buat gue semangat lagi ! 🙂

  • Resky_ Adhi

    Bisa kok anak SMK masuk univ, gue juga pengguna zenius belajarnya sih cuma 3 bulan, dan kadang masih enggak serius juga, tapi Alhamdulillah soal biologi yang enggak di pelajarin di smk masuk semua ke kepala. Dan sekarang gue udah jadi bagian dari Fisika UNHAS 2015 🙂 gue yakin kalian yang memang pengen benar2 serius belajarnya pasti bisa tembus ptn-ptn top.

    • Andre Saputra

      kak blh minta pc nya? mau nanya2 cara belajar biologi nya,saya anak smk juga nih

  • Yogi M A

     
    Izin share yah bang >_< motivate banget heheheh 😀

  • Nico Jeremi

    Akhirnya blog yg kayak gini gua tunggu2. Sedikit cerita bang gua sih dari awal udh salah masuk sekolah (SMK) yg jelas dikira ortu gua, gua pngn lngsng kerja padahal pngn bngt kuliah.Nah di kls 3 skrng gua lgi galau sm frustasi bngt, soalnya gua di judge/di omongin sm bokap + keluarga besar gua buat ke swasta ternama aja kalau ga dapet PTN. Tp gua gamau gua tolak mentah-mentah, soalnya gua selalu renungin diri "KENAPA GUA DIMASUKKIN KE SMK KALAU UJUNG-UJUNGNYA SWASTA LAGI" (gua TK-SMP dulu di sekolahin di swasta jg) nah itu yg gua ga terima sama sekali walaupun ekonomi ortu diatas rata-rata.
    Nah usaha gua sekarang sih cuman bimbel di daerah gua dan itu jg gua salah masuk jurusan, awalnya gua gatau masuk kuliah sesuai jurusan IPA/IPS jadinya gua pilih IPA soalnya gua di SMK teknik akibatnya gua ga ngerti sama sekali soal FISIKA KIMIA MAT-PEM Biologi.
    Yah disini gua minta saran bang kalau gagal tahun ini, gua rencana pngn ngulang lagi selama 1 tahun bisa dibilang kelas alumni yg kyk di zen dan pngn bener2 dapettin PTN yang gua favoritkan. Kira-kira menurut lu gimana bang?

    • Halo Nico, kalo misalnya lo gagal tahun ini, bisa banget kok ikut program alumni Zenius-X 2016-2017. Tapi daftarnya jangan kelamaan ya, begitu pengumuman SBMPTN keluar, biasanya zenius-x lgs kebanjiran pendaftar dan bisa langsung penuh dalam waktu beberapa hari doang.

      • Nico Jeremi

        iyaa saya juga tau harus cepet-cepettan daftar soalnya ada saudara masuk alumni zen angkatan 2014-2015 tembus ke ITS bang. btw makasih infonya.

        • Andre Saputra

          punya pc line atau apa gak? gw jg smk tkj nih,minat juga ke zenius-x

          • Nico Jeremi

            pc line siapa bro ? gua ? ada kok "ncojrmi_" (ga pakai tanda kutip)

    • Resky_ Adhi

      wah cerita lo kurang lebih sama dengan gue, gue setahun yang lalu juga orangnya IDEALIS banget, gue TK, SMP sama SMK di swasta, cuman SD doang gue yang enggak swasta, itupun gue harus pindah 3 kali sampe lulus SD, ini bukan karena gue nakal yah tapi kerjaan ortu gue yg pindah-pindah jadinya gue harus ngikut juga. Dari kecil sampe SMK gue enggak pernah pilih sekolah, semuanya perintah orang tua, awalnya sih gue pengennya masuk SMA, tapi seperti yang sudah-sudah, gue ngikut ortu lagi, pas kelas 3 gue terobsesi banget masuk ITB, secara anak SMK teknik yah ITB lah primadonanya, gue beli tuh buku SBMPTN, belajar sendiri, disaat temen-temen SMK gue asik dengan kegiatannya di luar kelas, gue malah asik kerja-kerja soal TPA, gue sadar pelajaran fisika, kimia, biologi kita kalah jauh banget sama anak SMA, jadinya gue fokusin belajar TPA. Nah dulu gue juga rencananya kalo enggak lulus ptn pengen ngulang tahun depan, secara gue orang nya IDEALIS banget, pokoknya harus ITB. sementara guru gue sendiri aja bilang klo enggak lulus ITB, yah gue masih bisa masuk TEL-U, kebetulan gue SMK telkom jadi yah masuk TEL-U agak gampang. tapi gue enggak mau. sekarang gue udah kuliah walapun bukan di ITB tapi gue belajar bahwa jadi idealis itu bagus kalo kita bisa kontrol sikap kita itu, tapi klo sikap idealis itu tidak bisa kita kontrol bisa bahaya juga. pilihan lo nganggur setahun sah-sah aja biar lo fokus buat berjuang SBMPTN, tapi ingat HARUS FOKUS, karena sia-sia banget klo lo sampe enggak fokus dan gagal lagi di jurang yang sama, dan ingat klo lo gagal pelajarin kesalahan lo, terus usaha biar enggak salah lagi.

      • Nico Jeremi

        wah bener sih kata lu bang jngn terlalu jadi IDEALIS banget, harus seimbang sama sikap kita yang buat dapettin tujuan yg di cita-citakan, kalau ga serius buat 1 tahun sama aja bohong. Tapi udah bener-bener banget prinsip buat 1 tahun nanti, kalau memang ga lulus tahun ini. hahaha, btw thks cerita lu bang

  • Rocher Kiroiko Senko

    kak, klo nilai rapot pas pasan, trs alfa rada banyak buta warna pula. apa masih ada harapan masuk PTN?

    • Ari Candra Arista

      1. Nilai raport pas-pasan
      Nilai raport akan dilihat apabila kamu mengikuti SNMPTN. Jadi kalo nilaimu pas-pasan itu pengaruh. Kalo di SBMPTN, nilai raport ga dilihat, tergantung score yang kamu raih pas ujian nanti.

      2. Buta warna
      Ada beberapa jurusan yang mensyaratkan ga boleh buta warna, seperti beberapa jurusan teknik dan kesehatan. Kalo ga ada syarat tersebut, meski kamu buta warna, itu ga mempengaruhi penilaian kok.

  • Puti

    Kak, saya mau nanya. Ketika belajar untuk SBMPTN lebih baik fokus ke satu disiplin ilmu baru mempelajari disiplin ilmu lainnya atau mempelajari semua tanpa ada spesialisasi? Lebih efektif yang mana ya kak? Terima kasih 🙂

    • kalo belajar sesuatu yang baru/asing. Lebih baik fokus ke 1 dulu. Misalnya dlm waktu sebulan ada 4 minggu:

      Minggu pertama : belajar TPA
      Minggu kedua : belajar bahasa inggris
      Minggu ketiga : belajar matematika dasar
      Minggu keempat : belajar bahasa indonesia

      Jadi selama seminggu pertama lo fokus TPA aja sepanjang minggu. Jangan nyampur2 belajarnya hari ini TPA, besok math, besok biologi, nanti kamu pusing otaknya kebanyakan informasi baru yang masuk.

  • Dyah

    Langsung ngedown ngeliat persentase yg lolos snmptn buat smk cuma 1% apalg temen gw sejurusan banyak bgt yg ngarepin snmptn. >,<

    Curcol aja kak. Gw udh jd member zenius tapi susah banget nyari waktu luang buat sekedar fokus nonton 1 video. Pasti ada aja halangannya. Keperluan lain terutama skrg gw dikejar2 kepsek, ketiduran, parahnya sakit. Kadang gw sedih sendiri klo udh begini. Mimpi kegedean, usahanya sedikit. 🙁

  • March

    Yang si Ellan gua penasaran, dia baru bener2 belajar dari bulan Mei, waktunya padahal mepet & gak nyampe 1 bulan dari SBMPTN, tapi bisa tembus psikologi UI
    Itu gimana ya dulu ngatur belajarnya? Penasaran gua, hehe

    Mungkin yang bersangkutan atau siapalah bisa ngasih info, hehe

    • bisa langsung tanya aja ke akun twitternya, di atas udah gw cantumin.

  • Susi Arifani

    Kak mau tanya dong klo aku pengenya ke ptk (pariwisata) trus belajar di zenius bisa?
    Mulai dr skrg apakah bisa?
    Sedangkan tes bulan april

    • Coba kamu cari tau materi ujian ke pariwisata ada materi apa saja, kalo materinya bhs inggris, matematika, dan tpa... harusnya bisa belajar di zenius.net juga

      • Susi Arifani

        Lhaa klo belajar b.ingg di zenius pake kategori yang mana kak?
        aku bru member reguler

  • Muhammad Sopyan

    anak SMK jangan terlalu khawatir. yg penting kalian belajarnya sungguh-sungguh, jangan pantang menyerah dan bener. anak SMK juga ada kok beberapa yang masuk ITB. yaaa lumayan lah. salah satunya gue nih, skrg di FTMD ITB.

    • Chandra Hamdani

      wihhh... salam kenal kak 🙂
      sya juga ini lgi PKL di ITB di comlabs
      boleh nanya-nanya gak SBMPTN gak kak?

      • Muhammad Sopyan

        Boleh chandra. lanjutin di line aja ya... id: mochsoppyy

  • Juragan Coding

    zen kalo gw smk jurusan tkj/komputer nanti SBNMPTN gw soal nya saintek atau soshum ya?

  • Chandra Hamdani

    meskipun baru kelas 2 SMK tapi harus belajar dari sekarang..

    I CAN DO IT

    • Good, yang konsisten yak semangatnya!

  • Widya Nurhayati

    Wajib kudu di bookmark nih artikelnya ahaha..
    Fix gue jadi lebih termotivasi lagi buat belajar bang ><
    Emang bener kata lo belajar itu kuncinya disiplin sama konsisten.
    Dan yang penting hal yang harus dilakuin itu keluar dari zona nyaman :')
    Yap gue ngerasain itu dan lagi berusaha juga buat keluar dari zona nyaman..
    Semoga aja tahun ini gue bisa tembus SBMPTN 2016 !! Aamiin 😀
    Semangatt kawan-kawan! Semangat anak SMK BISAA! 😀

  • almah

    kak, saya alumni smk 2015, tahun ini mau ikut sbmptn 2016 kalo kita mulai belajar materinya baru sekarang masih sempat nggak sih masalahnya banyak banget gimana ya? terus gimana yah ngatur waktunya?, kadang juga saya susah buat bisa bener2 fokus

  • Kak Glen, maaf OOT. Mau koreksi, ini video pembahasan soal matipa no. 3 kyaknya ada yg salah ya. Itu yg saya kotakin -4*2k kan seharunya -8k, di situ Sabda nulisnya -6k.
    Link: https://www.zenius.net/c/399/soal-persamaan-kuadrat-matematika-ipa

    • oh iya, nanti coba dikasih note di videonya ya.

  • ANISA

    saya kelas 11 jurusan TKJ, iya sepertinya saya baru sadar kalo ternyata passion saya bukan diSMK semakin kesini saya malah semakin semangat buat memperbaiki nilai raport agar bisa masuk di SBMPTN bukannya semangat buat memperbaiki nilai priduktif saya yg semakin amburadul agar nilai hasil UK saya nanti membaik, tapi sekarang saya sangat ingin masuk TEKNIK INFORMATIKA di ITB dan sya ketir2 soalnya passin saya dan orang tua sangat berbeda sekali, harapan saya saya bisa masuk di TI ITB/ HI BRAWIJAYA

    • tidak perlu khawatir kalo passion kamu berbeda dengan passion orangtua. setiap orang punya jalan hidup masing2, kamu punya jalan hidup yg akan kamu jalani. semoga berhasil ya.

      • ANISA

        oke terimakasih 🙂

    • Andre Saputra

      katanya gak ada passion di TKJ,tapi kok mau masuk informatika? itu kan masih sejenis

      • Sinta Septining Kusuma Dewi

        Bener tuh kata ka andre, kalau masuk IT siapin mentalnya. Kalau memang kamu ngerasa passion nya pas di smk tkj aja udah gak ada. Gimana ntar pas kuliah ? . karna materi It tuh bukan cuman nyangkut komputer doang, sama jaringan ada materi awal ya kayak bahasa logika gitu. Jadi siapin deh. Kalau emang bener bener mau masuk IT, apalagi ITB. Itu sih pendapat aku doang

      • ANISA

        tapi kalo diTKJ gurunya ngasih matrei gak spesifik banyak sekali yg harus dipahami, jadinnya bingung dan jarak darirumah ke sekolah 30menit lumayan jauh, kalo mau masuk kuliah gak sesuai jurusan dari smk gak diizinin orang tua

        • Andre Saputra

          ya kamu pikirin lagi passion kamu dimana,dan bujuk ortu buat pengertian deh,masih ada waktu 1 tahun lagi kok.

  • Laila Khairina

    Maaf nih kak sebelumnya komentar oot di sini.
    Kenapa ya video zenius di zenius.net misalnya Penjelasan SBMPTN 2015 Biologi gak bisa dibuka? Tapi kalau video lain misalnya SMA Kelas X Biologi bisa dibuka? Anehnya video untuk soal nomor 45 bisa dibuka kalau udah sign out, tapi video lain jelas gak bisa dibuka karena ada warning belum premium member. Kalau udah sign in, video nomor 45 itu gak bisa dibuka, begitu juga video nomor berikutnya. Video-video lain yang tergolong baru gak bisa dibuka juga. Please aku udah coba segala macam browser dan update flash player, tapi tetep gak bisa..

    • utk hal2 teknis seperti ini, sumber masalahnya bisa jadi macem2. bisa jadi krn OS kamu, update flash, html5, atau browser, dll. Sebaiknya kamu coba konsultasi lgs ke customer service zenius di zenius.net/cs

  • Fahri Tri Setio

    kak, boleh kasih saran ga ? kalo ada pembahasan materi baru kalo bisa ada pesan masuk via email. Saya iseng2 buka kategori SMA eh ada UN SMK, wah saya seneng banget tapi itu h-1 sebelum try out matematika di sekolah. Tapi alhamdulillah soal bisa ke jawab 95%. Sarannya sih itu saja. Salam Pejuang SBMPTN 2016 dari SMK 😀

  • Paramita Rohadi

    Lagi menjelajah blog. Ternyata nemu artikel ini, jadi teringat tahun lalu perjuangan belajar anak SMK buat SBMPTN emang gak main-main belajar dari jam 8 pagi ampe jam 5 sore (istirahat pas jam 12 ama jam 3) selama satu bulan plus dibantu ugha ama video dari zen. Apalagi gue alumni SMK pariwisata yang belajar materi di sekolah cuma seiprit. Ibaratnya cuma 0.001% materi dari sekolah yang keluar di sbm. Integral, fungsi, sosiologi, ama sejarah kaga dipelajari di sekolah. Paling cuma ekonomi itu juga cuma separuh dari materi SMA. Alhamdulillah lolos PTN.

    Saran aja sih, setelah lo lolos PTN jangan kira perjuangan lo bakal berakhir. Lo bakal memasuki dunia kampus yang warbiyasah (sampe gue gak tau harus ngomong gimana) 😀 . Tar juga pada ngerasain 😀

    • Andre Saputra

      lolos dimana kak?

    • Susi Arifani

      Smk pariwisata mana kak?
      aku jga pariwisata nih. Sharing dong. Boleh minta cp?

      • Paramita Rohadi

        Ngobrol ngobrol aja di twitter aku @paramitasr 😉

        • Susi Arifani

          Id line gak ada kak?

    • thanks banget atas sharingnya Paramita, pasti bs jd inspirasi buat yg lain 🙂

  • Christin Rizky

    tengs pke bgt bang glenn inspirasi dri kk2 alumni bwt gue smngt truss plus gmeteran? kbtulan gua ank smk yg taqwa kpd TYME dan rjin mnabung(?) :v lu gk hnyaa liat masalh pljar dri sisi sma aja tpi tiba2 pas gua buka zen blog ada artikel khusus bwt smk hadir *-* yessss bner2 Tuhan mempertemukan jodoh gue(zenius mksdnya:v)yg tau isi hati dn kbutuhan gue? :v brawal dri iseng2 doang tpi skrng jd pantengin zenius siang dn mlm,,asa kpikirn klw ktinggln infoo d zen(lebay):v wlaupun bnyak bgt kndala yg gue hdpin utk dpetin cd zen-_____-, kta ortu gua gk boleh krn ortu gue blum prnh dngr yg namanya produk zenious dan zen itu blum trknal? aduhh -_-ssh sih klw brdbat sma ortu yg udh kurang ngrti sosmed(sorry)n klw udh biacarain uang jd weh uang gk ckup beli produk paket 2.0 tpi gua cri cra lain gue gk di izinin beli,, gue keukeuh beli yg cdnya yg trpisah2(wlaupun sbnrnya bsa d blg mnding paket 2.0 ktimbang beli cd stu prstu)ya mau gmna lg, trpksa uang thr christms d rkning gua habisin, bomad dh krn kn gua sndiri yg udh trjun dan ngerasain lngsung khasiat zenius.net :v gua sngja jg gk beli 2.0 krn ada kaosnya ada kwkwkw tkut ortu curiga :v gpp kn bang glenn gk slhh kn gk slh??pliss jgn slahin aq 🙁 kwkwk sorry jd crht pnjng bgt bang glen :v

  • Magel Heronanda

    Kak,mau tanya nih soal SBMPTN... Saya anak SMK Jurusan TKJ,niatnya mau lanjut Teknik Informatika ITB... nah itu ngambil test buat SBMPTNnya harus IPC ka? atau cuman Saintek aja?

    • Resky_ Adhi

      setau sy klo emang cuman pengen ngambil jurusan teknik informatika yah saintek aja tapi klo daftarnya campur ada jurusan sosial yah ngambil ipc, misal pilihan pertama STEI ITB, pilihan kedua HI UGM

      • Magel Heronanda

        oke,terima kasih ka... H-82 nih ka hehe... Do'ain semoga masuk hehe

    • cukup ambil paket ujian yang saintek saja.

      • Magel Heronanda

        oke,terima kasih ka

  • Sinta Septining Kusuma Dewi

    Jalur manditi aku udah pernah ikutan ka di unpad bandung tp sayangnya buat D3, untuj S1 nya gak dibuka. Syaratnya cuman transkip nilai.
    Kira kira yg tahn 2013 lulusnya busa ikutan sbmptn gak ? Apalagi ngambilnya komputer sama psikologi tentang saintrk ? Cukup gak ya 4 bulan belajar dehgan materi sma ?/

    • setau gw SBMPTN itu hanya bs diikuti oleh maksimal lulusan 2 tahun sblmnya. Jadi SBMPTN 2016 cuma bs diikuti lulusan SMA thn 2016, 2015, dan 2014 (utk lulusan thn 2013 sudah tdk bisa ikut). Kalo kamu mau kuliah, kamu tetap bisa mengikuti jalur lain yaitu Ujian Mandiri yg diselenggarakan masing2 universitas.
      Masalah cukup waktunya atau nggak, itu penjelasannnya agak panjang, sudah pernah gw tulis di sini >> https://www.zenius.net/blog/7405/kapan-mulai-belajar-sbmptn

      • Sinta Septining Kusuma Dewi

        Oh iya deh ka, ntar aku coba mudah mudahan bisa.
        Aku juga udah kuliah tp di univ swasta

        • Sinta Septining Kusuma Dewi

          Sebelumnya makssih ka

  • Halvyansyah Nurdin

    Om, Gw anak smk lulusan tahun kemarin yg tembus jalur SBM. tapi... gw salahnya milih univ yg gg terlalu gw kenal alias cuma ikut2an temen dan hasilnya BOOM, gw g tau itu univ yg baru aja jadi negeri dan gw juga setengah hati dan g betah menempuh ilmu di sana. coz, sebenernya dari awal gw g mau di sana :v. nah yg jadi main topic nya, apakah gw yg udah masuk di univ negeri ini masih punya kesempatan buat ikut SBM tahun ini ato enggak? mohon pencerahannya om :'(

    • kalo lulusan anak thn kemarin (2015) masih bisa mengikuti SBMPTN thn 2016

  • Nadia Putri Palupi

    Haha pas banget nih artikelnya kak, sedih banget sempet nyesel juga masuk smk , dulu emang saya ga minat kuliah karna faktor ekonomi dan kemustahilan anak smk masuk univ negri gitu waktu baca artikelnya kayanya dapet banget feelnya tapi kebawwah-keawah anak smk negri semua , gaada contoh yang smk swasta sukses gitu kak ? hihi ,But i'll try my lucky chance with zenius. wish me luck ya kak wkwk

  • ANISA

    kalau sekarang saya kelas 11 bisa tidak saya menggunakan program zenius untuk persiapan masuk ptn tahun depan?

  • Andre Saputra

    Di zenius-x ada alumni smk yg ambil program IPA gak? gw rencananya sih kalo ga lolos PTN mau ke zen-x,tapi takut jadi minoritas disana...

  • Asep Supriyadi

    Bang saya lulusan smk tahun 2014, pengen belajar di zenius buat sbmtpn taun ini, gimana caranya ya? 2 tahun ga nyentuh buku, ga tau harus mulai dari mana.

  • Refri A. Srigama

    Kak Gleen , aku bukan anak SMK -.- tapi mau nnya kalo mau daftar snmptn tahun ini mending anak ipa ngambil jalur saintek aja ya ??

  • bell

    ka, saya anak SMK Multimedia. kira kira kaloikut SBMPTN ngambil tes dibagian apa ya ?

    • Andre Saputra

      tergantung mau ambil jurusan apa

  • Dewi Defuneo

    Mau tanya ini startnya dari mana ya bingung banget nih harus mulai baca yg mana dulu, aku lulusan smk jurusan akuntansi mau ambil jurusan agronomi

  • Rimba Rindani

    Bang Glenn, gue anak kls 12 Smk jurusan Multimedia dan pengen banget masuk kuliah jurusan Ilmu komunikasi. Yg jadi masalahnya, sekitar sebulan lagi kan udah Sbmptn sedangkan gue blm belajar materinya. Menurut lu mendingan gue nekat ambil kesempatan sebulan belajar atau mending tahun depan sbmptn nya?

  • Wira Sukma

    Yeah, perkenalin dulu nih, nama gue Wira Sukma, secara, selanjutnya mau menempuh suatu PTN. Tujuan awal ya di Jakarta. IYKWIM :v Latar belakang, di Teknologi Komputer, SMK ambil jurusan Teknik Komputer Jaringan. Dan perkuliahan ambil apa? Masa Teknik Mesin :v ya Fakultas Teknik Komputer. Yang pastinya rumpun IPA SMA. Dan bahkan hanya satu-satunya Fak. Tek. Kom di Indonesia, hanya ada di Jakarta yg udah gue sebutin diatas.
    Dari psikologi, drop. Mengapa? sejauh mata memandang, materi begitu jauh. konflik antara materi SMA dan SMK dengan perbandingan 20 : 1.
    Memang benar, kata siapa anak SMK gak bisa masuk PTN favorit? ada beberapa masukan dari gue secara yang akan mau mengikuti SBMPTN 2016 :
    1. Jangan mau kalah. Kita sama-sama manusia yang makanannya nasi, semua oleh Sang Maha Pencipta diberikan kemampuan yang setara. Maka, tanyakan pada diri kita. Mau sukses atau tidak? Mau, silahkan lanjut. Tidak, mending jangan.
    2. Gue punya sahabat anak SMA yang sama mengikuti SBM 2016. Tapi dia mengeluh karena dia merasa tidak mampu. Secara spontan, gue berkata : "Ada yang lebih semangat dari semangat. Ada yang lebih terpuruk dari terpuruk. Maka, bersyukurlah. Belum tentu orang lain seperti kita. Mungkin, bila aku menjadi kamu, aku akan lebih bersyukur karena hanya bisa mengulang beberapa materi untuk persiapan SBM. Tapi aku lebih bersyukur pada diri aku sendiri yang dari SMK yang bisa memulai, menambah materi SMA dari awal. Itu adalah ilmu baru padaku. Bila dari SMK lebih semangat dari SMA, maka mengapa tidak dari SMA lebih semangat lagi untuk belajar?"
    3. Yang paling berpengaruh, ialah motivation. Antara tujuan, dan apa yang membuat kamu bisa berdiri hingga kini. Apa motivasi kamu. Apa cita-citamu. Bukannya ane sombong ya. Tujuan ane apa? Lolos SBM 2016, Lolos ke PTN, ambil program fast-track, selama 5 mendapat 2 gelar; S1 dan S2. Ane pengen dapetin S.T. dan M.T. Dan S3 di luar negeri ambil Dr.Eng dan Ph.D. Apa motivasinya? ya cita" ane yang ane sebutin tadi diatas. Tujuannya buat apa? pengen jadi Profesor Muda di umur 20, dan menjadi Menteri Kominfo. Aamiin O:)
    4. Kamu tau, f(x) antara Manusia dengan Tuhan? Mengapa tidak ketika sembari berusaha, diiringi dengan doa?
    5. Secara, gue bukan endorses dari zenius yaks :v Gue belajar dengan zenius semenjak maret, menjelang SBM sekitar 2 setengah bulan lagi. 1 ID berdua dengan sahabat ane yg SMA, ane siang sampai sore, dia sore sampai malam. Kenapa ane rekomen bgt pakai zenius? dengan melihat kondisi ortu gue yang pas"an bgt, zenius pas bgt. Isi materi yang sangat berkualitas, bahkan kini ane mampu belajar dari otak fresh jam setengah 7 sampai jam 12 malam, sleeping, dan berdoa jam 2 malam. Wow, amazing! Ane hampir memahami seluruh materi untuk UN SMK TKP. Dan sekarang mau persiapan belajar menuju TPA, lalu SAINTEK 😉

    Pesan dari ane kepada seluruh anak SMK sejagat raya dan seluruh antek-anteknya, i love you all, brader. kita sama anak SMK. Kita sama. Kita sama. Kita sama. Ingat, hanya pendidikan yang membedakan. Tapi tujuan? Kita sama. Kamu susah? Kita sama! Aku mudah? Kenapa kamu tidak mudah saja? Kita sama! 🙂

  • Alan

    malam zen 🙂 minta pendapatnya ni , gw kelas 11 skrg 2 bulan lg gw naik kelas 12 ni (iya kalo naik) , gw baru mau mulai ngejar pelajaran anak SMA dri kelas 10 , nah gw takut gak bakal terkejar karena waktu luang itu gak banyak x.x , jdi gima ni saran nya zen , apakah gw lngsung lompat ke sbmptn aja atau ngejar materi anak sma satu2 dri kelas 10-12 ?

  • Muhammad Habib

    Saya salah satu murid SMKN 1 kelas X jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik
    Nah gua rencana mau masuk ITS jurusan teknik elektro, sehari hari gua pelajarin tuh Matdas, Fisika, Kimia pokoknya yg berhubungan dg IPA, apakah tes SNMPTN itu berhubungan dg pelajaran saya? Apa bedanya dg SBMPTN?
    Saya takut jika ada tes yg berhubungan dg Ips, karna dalah satu pelajaran IPS yg gua pelajari cuma Sejarah, gimana bang? Apa kalo mau masuk teknik itu harus pelajari soshum juga sbg tes masuk nnti?

    • Andre Saputra

      kalo mau masuk teknik soalnya IPA aja kok,dan SNMPTN itu seleksi pake nilai raport,sedangkan SBMPTN pake tes tulis

  • sarah waas

    Ka mau tanya, saya anak SMK akuntasi dan terpaksa masuk situ karena org tua. Saya sudah menemukan diri saya di ilmu komunikasi/PR gituu ka dan kalo smk ittu jarang ada info ttg snm/sbm tp saya udah ikut snm kemarin dan saya mau ikut sbm, kira2 cukup ga yah waktu kurang dr sebulan untuk belajar soshum? Ka jawab ya ka, jawab juga gimana cara mau belajar di zenius.net coba jelasin langkah2nya makasih:)

  • Syara Rosdiana Shalehah

    kak, saya juga anak smk saya mau banget beli voucher zenius, tapi waktu pelaksanaan sbmptn kurang dari 2 minggu lagi, kira2 keburu gak? soalnya saya masih baru kenal zenius 🙁

  • Rivaldo Simanjuntak

    Bagaimana peluang untuk anak SMK jurusan Animasi? Jurusan apakah yg serumpun/lebih cocok untuk jurusan saya di ptn? makasih...

  • Atika Pramesti Setiawani Novem

    ka mau tanya yg bertubi-tubi nih 😀
    kak kalau mau beli vocer dimana ?
    kalau beli itu harus jadi member ya ?
    gimana cara jadi membernya ?
    kak kalau misalkan aku smk nya cuma jurusan farmasi tapi kalau ikut SBMPTN misal milih jurusan kedokteran bisa gk kak ?
    makasih ka harap di bales ya kak soalnya aku pengen tau dari dulu sampe sekarang gk bisa kejawab tuh pertanyaan terakhir 😀

  • Helmi Setya

    Kak.., mau tanya untuk soal umpn sama sbmptn sama gak??

  • Nur ErnisyahS

    ka mau nanya sebaiknya, klo kami terutama anak SMK mempelajari soal-soal sbmptn dimulai dari kelas X atau pas kelas XII ?

  • Agung Hanifianto

    SMK ku, SMK SMAK Bogor banyak juga yg diterima PTN lewat SBMPTN hehe... setiap tahunnya selalu lebih dari 10 orang, ada yg bimbel, les intensif, ada juga yg pake ZENIUS... Bahkan ada yg masuk FTI ITB, keren deh.... dan kebetulan saya anak smk dan berhasil masuk Tekim ITS melalui SNMPTN 2016 hehe.... semoga menjadi inspirasi

    • Agung Hanifianto

      oiya aku sendiri pake zenius utk OSN fisika utk SMK (dulu OSTN) dan persiapan SBMPTN hehe... enak pake zenius, gampang ngertinya

  • Frisna Pranbudiantika

    kak saya anak smk yg bru aja naik ke kls 3, saya bngung nih antara belajar buat UN apa buat SBMPTN ? mohon solusi nya

  • ◐ㅅ◐

    gua anak SMK jurusan perbangkan, nilai gua setiap tahun naik ikut organisasi dll gua sekarang baru naik kelas 3 tapi ngeliat kakak kelas yang kemaren baru lulus dari ratusan tidak ada yang keterima lewat jalur snmptn gua down jujur aja bang... gua langsung beli buku sbmptn dan belajar pelajaran SMA gua galau karna gua ngerti, hanya beberapa materi dan itu juga gak banyak jadinya buku yang gua beli jadi sia-sia dan gua liat link zenius gua mau coba zenius.net dari beberapa bulan lalu tapi gua binggung harus mulai dari mana, dan waktu gua tinggal beberapa bulan lagi di kelas 3 gua mau nyoba sbmptn, minta saran bang gua harus mulai dari mana pakek zenius.net thanks!!

  • Aditya Gilang Gumelar

    Mas nanti kalo misal nya udah beli voucher gitu. itu ada masa aktif atau gima sih. Masih gak paham sama pemakaian nya.

  • Yulianto Pambudi

    Salam dari anak SMK yg baru lolos ujian SBMPTN 2016
    Semangat buat anak SMK! 😀

  • kyungsky

    Untuk persiapan sbm 2017 dimulai kapan ya kak?? Pembahasan soal yg tersedia masih sampai tahun 2015

  • Dedi

    Apakah SMK Jurusan Pemasaran bisa ikut SNMPTN Jurusan Akuntansi ?

  • liya

    maaf kak mau nanya kalo anak smk jurisan multimedia itu bisa gak masuk kuliah yang jurusannya sastra korea??terimakasih

  • Robiah S

    ka aku kelas 12smk dan inshaallah mau nerusin kuliah. aku mau pesen paket buat sbmptn itu gimana? pilihan nya ada kelas 12sma. aku pilih nya itu?

  • Sofyan Bagus Kristanto

    Bang gue masih di tahun ke 4 masa smk gue dalam artian masih magang di industri, btw gue anak teknik gambar bangunan dan masih pengen perdalam lagi masalah sipil.
    Atur waktu belajar yang efektif gmn ya bang? Secara senin-sabtu praktek industri di proyek yang jam kerjanya kadang sampe malem..
    Mohon bantuannya makasih

  • Frhngm

    bang , mau nanya dong untuk bisa masuk univ telkom apa aja yang dibutuhin untuk anak smk teknik seperti saya

  • badawi

    Admin mo nanya zenius.net itu ada aplikasinya ga/ bisa di download ga

  • Walidz

    kak video https://www.zenius.net/c/382/self-concept yang 1 dan 2 nya gak ada sih

  • Walidz

    kak kok video https://www.zenius.net/c/382/self-concept yang 1 dan 2 nya kgk ada?

  • fikri mubarok

    Bang glenn gw anak smk jurusn teknik kendaraan ringan, tpi gw pngen kuliah jrusan teknik komputer, ktanya klo msuk univ trus ngambil jrusn yg nggk sesuai rumpun jrusn waktu smk itu pluang diterimanya sngat kecil. Apa itu benar? & gmna solusinya. Terimakasih

  • Wadhil

    Hallo kak Ardi 🙂 saya Wadhil dari Batam dan InsyaAllah saya bertekad mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2017. Saya seorang siswa SMK Negeri dengan kejuruan Usaha Perjalanan Wisata (PARIWISATA) rencana saya, saya akan daftar di UGM di bidang Ilmu Komunikasi karena passion terbesar saya adalah dibidang itu. Dalam benak saya, saya rasa kejuruan saya berhubungan dengan bidang tersebut karena ada pelajaran di bidang kejuruan saya yaitu Public Relation. Yang menjadi pertanyaan saya kak, bolehkah saya mengambil jurusan tersebut atau kakak ada solusi? dan materi zenius apa yang harus saya pelajari untuk SBMPTN 2017 jurusan Komunikasi mohon bimbingannya kak Ardi 🙂 mohon feedbacknya yah kak. Ini email saya muhammadwadhilismail1999@gmail.com salam hangat kak 🙂

  • Project STRS

    Om glenn, saya siswa smk kls 12 multimedia yg insyallah lulus tahun ini(2017). Dan saya bingung apakah fokus ke un atau sbmptn. Dan rencana saya ingin masuk arsitek. Apakah sayang harus berfokus ke un atau sbmptn secara kalo dipeljari duaduanya malah bingung dengan materi yang berbeda. Dan cara untuk masuk arsitek itu tes sbmptn yg Tkpa atau saintek? Terima kasih.

  • Banana Split

    kak tanya dong, sini masih kelas 2 smk jurusan multimedia, pengennya nanti mau masuk kuliah jutusan kelautan. nah disana butuh fisika kimia,sedangkan di smk gk ada kak. kalau mau ikut zenius dari nol lewat mana kak ya ?

  • ricky samuel

    kak saya ini pelajar smk pertambangan tapi saya binggung bisa kah saya masuk kuliah karna jurusan smk saya minim yang diterima di perkuliahan

  • Vcs 17

    Wahh jadi semangat ikut SBMPTN 2017 ini ? aku anak SMK Akuntansi, dan ingin kuliah ngambil jurusan Sistem komputer.. karena aku sendiri bukan tipe orang yang mau dikekang.. apalagi oleh kerjaan.
    Makasih yah kak Zenius.. ?

  • Yolian Habsari

    Kak saya mau tanya kalo saya dr smk farmasi jd bisa masuk di fakultas kedokteran? Apa harus mengikuti kejar paket? Trs bisa msk ke universitas negeri?

  • Maria Angeline

    Gua anak smk farmasi , tapi akhir2 ini gua denger is Kalo ptn ga nerima anak smk. sakit hati dedek dengernya. Sekolah hampir 12 jam tapi ga bisa masuk ptn. Emang bener yaa?

  • Listi

    saya anak smk kimia industri, saya pngeen banget msuk jurusan tekkim di salah satu PTN, tapi kata org2 itu susah masuk ke jurusan tekkim . saya jadi ragu .

  • Rizqy Ardiyansyah

    Apa aja nij yang harus di beli CD nya kalo mau/bisa lulus sbmptn??

  • Gue dlu jurusan TKJ (komputer jaringan) Sbmptn lulusnya di unsyiah FKH. Jauh banget banting stirrnya. Rezeki disitu.