Rumus Persen

Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan)

Artikel ini membahas tentang rumus persen. Pelajari cara menghitung rumus persen disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Hi guys! Kali ini kita bakalan ngebahas tentang rumus persen. Pertama-tama, apa sih persen itu? Yaa, mungkin temen-temen udah tau dan pasti lu pernah lihat kan di toko baju ada tuh tulisan “Diskon 20%” atau versi inggrisnya kaya “Sale 50% off”. Gua rasa temen-temen yang pakai online shop pasti ga akan asing pas lihat tanda “Diskon 75% + Gratis Ongkir” yang ga pernah gagal menghabisi uang jajan satu minggu hehehe.

Et, tunggu dulu yaa temen-temen, sebelum lanjut belanja mending kita pelajarin dulu rumus persen disertai gunanya. Selesai baca artikel ini gua harep temen-temen bisa belanja dengan bijak.. Eh maksudnya bisa ngitung diskon di olshop… Sorry, salah lagi, maksud gua biar temen-temen bisa ngerjain soal-soal mat yang berhubungan sama persen!! Kalau bisa ngitung diskon mah anggep aja bonus, jadi dibaca artikelnya sampai habis ya guys!

Persen

Persen adalah makanan berbahan dasar gula.. Salah deh itu mah permen. Jadi guys persen atau persentase menurut KBBI adalah bagian dari keutuhan atau yang diperkirakan, dinyatakan dengan angka persen atau perseratus. Karena itu, untuk menyatakan pecahan dari seratus, digunakanlah simbol persen (%). Jadi kalau ada tulisan diskon 50%, itu maksudnya harganya dikurangi Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan) 49 dari harga aslinya. Maka dari itu, sering juga kan diskon 50% disebut diskon setengah harga?

Rumus Persen
Dok: Pexels

Terus gunanya persen apa sih? Yang jelas aplikasi persen itu luas banget guys, nggak cuma buat ngitungin diskon harga barang. Udah pada punya rekening bank belom lu? Kalau udah, bunga yang lu dapet di rekening lu tuh hitungannya make persentase (yang ditentukan bank lu) yang dikalikan ke jumlah tabungan tersebut. Biasanya sih persen dipakai buat menganalisis data-data juga, Jadi penting banget guys belajar persen, jadi bekal lu deh nanti di masa depan.

Rumus Persen

Oke langsung aja to the point, rumus persen yang paling mudah bisa kita lihat di rumus berikut ini:

Persentase (%) = Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan) 50 X 100%

Dari rumus tersebut kita menghitung jumlah persen dari angka-angka yang tersedia dalam soal matematika. Penting untuk diingat, jangan sampai lupa dalam mengalikan 100%, inget ya kalau angkanya benar tapi tidak pakai simbol %, hasilnya sama aja salah guys (berbicara dari pengalaman). Kalau gitu kita langsung gas aja ke contoh soal dan pembahasan soal persentase yang ga kalah banyak macemnya!

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Sebanyak 32 siswa kelas 6 SD Rumah Siput bisa berenang sedangkan sisa 18 orang lainnya tidak bisa berenang. Berapa persentase siswa kelas 6 SD Rumah Siput yang bisa berenang dan yang tidak bisa berenang?

Pembahasan.

Diketahui:

Siswa yang bisa berenang: 32

Sisa yang tidak bisa berenang: 18

Ditanya: Persentase siswa yang bisa berenang dan tidak bisa berenang

Jawab:

Jumlah semua siswa SD Rumah Siput: 32 + 18 = 50

Persentase siswa yang bisa berenang: Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan) 51 x 100 % = 64% 

Persentase siswa yang tidak bisa berenang: Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan) 52 x 100% = 36%

Jadi 64% siswa kelas 6 SD Rumah Siput bisa berenang sementara 36% lainnya tidak bisa berenang. 

Contoh Soal 2

Rino berjualan manga dengan modal Rp 50.000, dan mendapatkan keuntungan sebesar Rp20.000. Berapakah persentase keuntungan dari penjualan mangga Rino?

Diketahui: 

Modal awal: 50.000

Untung: 20.000

Ditanya: Persentase untung

Jawab:

Persentase untung: Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan) 53 x 100% = 40% 

Jadi persentase keuntungan penjualan mangga Rino adalah 20% dari modal awal.

Contoh Soal 3

Abdul menabungkan uangnya di suatu bank dengan jumlah Rp50.000.000. Setiap bulan Abdul mendapatkan bunga sebesar 0,3 persen dari jumlah tabungannya. Berapakah nilai bunga yang diberikan oleh bank kepada Abdul pada bulan berikutnya? 

Pembahasan: 

Diketahui:

Jumlah tabungan: 50.000.000

Persentase bunga: 0,3%

Ditanya: Jumlah bunga bulan berikutnya

Jawab:

Jumlah bunga = (Jumlah tabungan) x persentase bunga bank 

Jumlah bunga = 50.000.000 x 0,3%

Jumlah bunga = 50.000.000 x Rumus Persen (Beserta Contoh dan Pembahasan) 54

Jumlah bunga = Rp150.000 per bulan

Jadi jumlah bunga Abdul di bank pada bulan berikutnya ada Rp150.000

Gimana, gimana, gimana? Ga gitu susah kan guys? Jangan lupa komentar pendapat kalian ya tentang rumus persen, siapa tau mau diskusi matematika. Dicek juga materi-materi matematika Zenius berikut yang masih ada hubungannya dengan si persen ini ya!

Mengubah Pecahan ke Bentuk Persen, Desimal & Sebaliknya 

Persen Massa Larutan

Persen Ionik