gerak lurus beraturan glb zenius education

Gerak Lurus Beraturan (GLB) – Definisi, Rumus, dan Contohnya

UTBK makin dekat nih, elo udah paham belum sama yang namanya gerak lurus beraturan alias GLB? Yuk kita bahas dari pengertian, rumus, grafik, serta contoh GLB.

Gue masih ingat, beberapa bulan yang lalu, gue nyoba nyetir pertama kali seumur hidup gue. Elo bisa tebak nggak apa yang terjadi?

mobil bergerak lurus beraturan
Ilustrasi mobil bergerak lurus beraturan. (Arsip Zenius)

Waktu itu gue nyetir di jalanan lurus panjang yang sepi banget, bisa buat ngebut dikit tuh. Namun, berhubung gue takut nyetir, gue stabil di kecepatan 10km/jam doang.

Wkwkwkwk … bisa kebayang ya, Sobat Zenius. Manusia jalan kaki aja bisa 5-9 km/jam. Mobil yang gue kendarai kalah sama orang lari lho.

Selama beberapa menit, kakak gue yang ikut mendampingi udah sabar-sabar aja, gue nggak mempercepat laju, dan nggak melambat juga. 

Ya, anggap aja masih membiasakan diri. Akhirnya gue makin percaya diri, dan berani melaju sedikit lebih kencang.

Nah, Sobat Zenius, ketika gue mengendarai mobil dengan kecepatan konstan 10 km/jam, mobil gue sedang bergerak lurus beraturan.

Wah, maksudnya gimana tuh? 

Oke, di artikel kali ini, gue bakal bahas yang namanya gerak lurus beraturan atau GLB. Jadi, buat elo yang lagi ingin belajar GLB entah untuk ujian Fisika atau persiapan UTBK, stay tune!

Mari kita mulai dengan membahas pengertian GLB.

Apa itu GLB atau Gerak Lurus Beraturan

Simpelnya, gerak lurus beraturan alias GLB adalah gerak benda dengan kecepatan konstan. Konstan di sini berarti tetap dan nggak berubah.

Perlu diingat, bahwa bendanya harus bergerak lurus ya. Kalau ada suatu benda yang bergerak melingkar, walau dengan kecepatan konstan, itu bukan GLB namanya.

Gue pernah menemukan pertanyaan mengapa GLB mempunyai percepatan nol

Itu karena benda bergerak lurus dengan kecepatan tetap, yang berarti, nggak ada pertambahan maupun penurunan kecepatan,  kayak pas gue belajar nyetir tadi.

Makanya, percepatan atau acceleration (a) gerak lurus benda tersebut nol.

Nah, itulah pengertian GLB. Untuk memperdalam pemahaman kita akan dasar teori GLB, kita bahas berbagai ciri GLB yuk.

Ciri-Ciri GLB

Andaikan elo melihat suatu benda bergerak. Gimana ya cara elo tahu apakah benda tersebut bergerak lurus beraturan atau nggak?

Elo bisa coba melihat syarat GLB. Apabila benda yang elo lihat memenuhi ciri-ciri GLB di bawah ini, berarti benda tersebut memang sedang bergerak lurus beraturan.

  • Berada di sebuah lintasan lurus.
  • Kecepatan benda konstan (tetap)
  • Percepatan sama dengan nol (a=0)

Gimana, jelaskah sifat-sifat GLB di atas? Sekarang, kita lanjut ke rumus GLB ya.

Rumus GLB

Sejatinya, ada tiga komponen utama rumus GLB yaitu kecepatan (v), perpindahan (s atau x) dan selang waktu (bisa dalam jam maupun detik).

Terkadang penulisan simbol pada rumus GLB di buku-buku sekolah itu sedikit berbeda, seperti di bawah ini.

Rumus GLB
Rumus GLB. (Arsip Zenius)

Sebagai catatan, jarak tempuh dan waktu tempuh dapat dihitung dari mengurangi waktu atau posisi akhir dengan waktu atau posisi awal, seperti ini.

Pembahasan Rumus GLB
Pembahasan Rumus GLB. (Arsip Zenius)

Sobat Zenius, penulisan GLB itu nggak melulu dalam bentuk rumus aja lho, bisa juga digambarkan dengan grafik. Selanjutnya, kita bahas grafik GLB yuk.

Baca Juga: Gerak Melingkar – Materi Fisika Kelas 10

Grafik GLB

Dengan rumus GLB yang udah elo pelajari tadi, ada tiga macam grafik GLB yang bisa terbentuk, yaitu grafik posisi-waktu, grafik kecepatan-waktu, dan grafik percepatan-waktu. Kayak gimana tuh?

Grafik Posisi-Waktu

Grafik di bawah ini menggambarkan hubungan antara posisi dan waktu pada GLB.

Grafik GLB posisi-waktu
Grafik GLB posisi-waktu. (Arsip Zenius)

Dari situ, Sobat Zenius bisa lihat, seiring dengan berjalannya waktu, posisi benda yang bergerak akan berubah, sesuai dengan rumus yang bisa dilihat di situ.

Untuk mencari x atau posisi, elo hanya perlu menambahkan posisi awal (Xo) dengan hasil perkalian kecepatan dengan waktu.

Grafik Kecepatan-Waktu

Grafik GLB kecepatan-waktu
Grafik GLB kecepatan-waktu. (Arsip Zenius)

Elo bisa lihat di situ garisnya lurus horizontal. Itu karena kecepatan pada GLB konstan alias nggak berubah.

Jadi, seiring berjalannya waktu (t), kecepatan (v) gerak benda ya segitu-segitu aja.

Grafik Percepatan-Waktu

Grafik GLB percepatan-waktu
Grafik GLB percepatan-waktu. (Arsip Zenius)

Untuk grafik GLB yang percepatan-waktu, garisnya lurus horizontal di a=0 aja, karena ingat, nggak ada percepatan dalam GLB.

Nah, Sobat Zenius, kita udah mempelajari pengertian, ciri-ciri, rumus, serta grafik GLB. Sekarang, waktunya kita mengaplikasikan ilmu yang udah kita timba tadi dengan melihat contoh-contoh kasus GLB.

Contoh GLB

Contoh GLB dalam Kehidupan Sehari-hari

Kira-kira apa aja benda di dunia ini yang bergerak lurus beraturan? 

Salah satu contoh GLB yang stabil adalah gerak bulan yang mengitari bumi dan planet yang mengitari matahari.

Selain itu, berbagai kendaraan yang bergerak dengan kecepatan konstan pun juga bisa jadi contoh GLB.

Namun, kendaraan pasti berubah-ubah kan ketika bergerak? Awalnya diam lalu mulai bergerak, baru deh bisa bergerak dalam kecepatan stabil. Hingga akhirnya, melambat dan berhenti.

Nah, ketika sebuah kereta, misalnya, bergerak dengan laju konstan, kereta tersebut bisa menjadi contoh GLB.

Tapi, ketika kereta tersebut sudah mau berhenti dan melambat, kereta itu nggak bergerak lurus beraturan, melainkan bergerak lurus berubah beraturan (GLBB).

Nanti kita bahas juga ya apa perbedaan GLB dan GLBB.

Contoh Soal GLB dan Pembahasan

Berikut ini beberapa contoh soal GLB dan pembahasannya.

Sebuah becak di Surabaya berhasil menempuh 60 km dalam 3 jam dengan kecepatan konstan. Kecepatan becak tersebut adalah ….

Untuk menjawab soal ini, kita perlu menggunakan rumus kecepatan GLB yang sudah kita temui tadi, yaitu v=s/t.

Nah, kita tinggal masukan saja jarak tempuh (s) dan membaginya dengan waktu tempuh (t). Sehingga, model matematikanya sebagai berikut.

v=60 km/3 jam

v= 20 km/jam

Yang termasuk peristiwa gerak lurus beraturan adalah ….

Hal yang perlu elo ingat ketika menjawab soal ini adalah ciri-ciri GLB itu sendiri. Apakah gerak pada peristiwa yang disebutkan memiliki laju lurus dan nggak mengalami percepatan?

Kalo jawabannya iya untuk dua-duanya, maka peristiwa tersebut termasuk GLB.

Sebutkan contoh gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari hari ….

Kalo ini, Sobat Zenius tinggal sebutkan berbagai contoh kendaraan seperti kereta api, pesawat, mobil, sepeda, dan lain sebagainya, yang sedang bergerak konstan tanpa percepatan.

Contoh lain, bisa juga Sobat Zenius ambil dari contoh sebelumnya, seperti revolusi bulan dan planet ya.

Grafik gerak lurus beraturan yang benar adalah ….

Untuk menjawab soal ini, elo tinggal memahami dan mengingat tiga bentuk grafik GLB yang sudah kita bahas tadi. Inilah tiga grafik GLB yang benar.

Tiga grafik GLB
Tiga grafik GLB. (Arsip Zenius)

Apa Perbedaan GLB dan GLBB

Jadi, apa kunci perbedaan GLB dan GLBB? Kuncinya adalah … percepatan.

Singkatnya, kalau pada GLB percepatan nggak ada, pada GLBB ada yang namanya percepatan.

Nah, kalo Sobat Zenius mau belajar lebih lanjut soal GLBB, silahkan baca artikel di bawah ini ya.

Baca Juga: Rumus GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) Beserta 4 Contoh Soal

*********

Oke, Sobat Zenius. Itulah pembahasan singkat mengenai gerak lurus beraturan alias GLB. Apabila elo ingin mempelajari GLB dengan lebih dalam dan asyik, coba deh tonton video persiapan UTBK Zenius dan akses soal-soalnya.

Gerak Lurus Beraturan (GLB) - Definisi, Rumus, dan Contohnya 9

Pastikan elo login akun Zenius elo ya supaya bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca Juga: Rumus Gerak Relatif dan Transformasi Galileo

Bagikan Artikel Ini!