materi bahasa inggris sd present continuous tense

My Dad’s Home in the Wild (Present Continuous Tense) – Materi Bahasa Inggris SD

Halo, Bapak dan Ibu Guru, sedang mengerjakan tugas apa hari ini?

Di perbincangan sehari-hari, kita pasti sering menanyakan atau menjelaskan hal-hal yang terjadi pada saat itu juga. Contohnya, saat kita sedang mengajar, menulis, atau berlari.

Dalam bahasa Inggris, untuk menyatakan sesuatu yang sedang berlangsung pada masa sekarang membutuhkan suatu tenses, yaitu present continuous tense. Nah, tenses ini menjadi salah satu materi dasar yang perlu dipelajari saat membuat kalimat bahasa Inggris.

Ketika dihadapkan dengan tenses, tak sedikit siswa yang merasa kebingungan. Karena, banyak banget rumus atau pola kalimat yang harus diingat. Belum lagi penggunaan setiap tenses-nya dalam percakapan juga berbeda-beda.

Supaya siswa nggak merasa kesulitan, Ready2Run punya video yang bisa membantu Bapak dan Ibu Guru dalam menyampaikan materi.

Video Materi Present Continuous Tense

Present continuous tense dekat banget dengan aktivitas sehari-hari kita. Karena itu, Ready2Run dari DLA (Digital Learning Associates) menyajikan video materi berlatar tempat di rumah.

Lindy sedang mengunjungi ayahnya saat liburan sekolah
Lindy sedang mengunjungi rumah ayahnya di daerah Botswana. (Dok. Ready2Run DLA)

Berbeda dari rumah-rumah biasanya, dalam video, kita bisa melihat rumah ayah Lindy yang berada di wilayah taman satwa. Jadi, rumahnya dikelilingi oleh hewan liar seperti gajah, zebra, sampai singa.

Biar langsung terbayang bagaimana kondisi rumah ayah Lindy, Bapak dan Ibu Guru bisa menonton dan membagikan video materinya di bawah ini.

Transkrip Video “My Dad’s Home in the Wild”

Untuk memudahkan Bapak dan Ibu Guru, berikut adalah transkrip dari video di atas.

Lindy Meet my dad. He’s not like most dads. He loves animals. More than most dads.

He lives here. It’s an animal park in Botswana. For my dad, the park is his garden. He has a very, very, very big garden.

I’m Lindy. I’m a student. I live and study in South Africa. I’m on holiday this week, and I’m visiting my dad. This is not my first time in Botswana.

My dad has a new house now. This is the house. It’s very hot here, so the house doesn’t have walls. It has this mesh so that animals don’t come in.
KimOver here! 
LindyThanks, Dad!

This is the study. My dad works here. He makes films about animals in this room! And through here is the kitchen…

Oh! We have a visitor! There’s an elephant at the door! Remember, my dad likes animals.

When I visit we eat here. My dad loves this tree. Over here is the garage. My dad has two cars to drive around the park.

Hey Dad, wait up!

My dad has many neighbours. Lions, elephants, hyenas and more! We’re driving to see them. 
It’s late and the house is far. Tonight I’m sleeping in dad’s car. It makes a nice bedroom, don’t you think?

Goodnight!

Wah, ternyata rumah ayah Lindy benar-benar ada di tengah hutan satwa, ya! Bahkan, ada seekor gajah yang “bertamu” ke rumahnya saat Lindy sedang datang.

gajah hutan satwa
Materi tentang present continuous tense dengan mengambil latar hutan satwa. (Dok. Ready2Run DLA)

Nggak hanya melihat rumah ayah Lindy yang sebenarnya, siswa juga bisa belajar tentang present continuous tense dari video di atas. Coba perhatikan kata-kata yang disampaikan Lindy dalam video. Di antaranya,

  • I’m visiting my dad.
  • We’re driving to see them.
  • Tonight I’m sleeping in dad’s car.

Dengan ketiga kalimat di atas, Lindy menjelaskan sesuatu yang sedang berlangsung pada saat itu. Sehingga, penggunaan present continuous tense diperlukan dalam kalimat.

Nggak hanya itu, video materi Ready2Run itu juga mengenalkan siswa pada kosakata rumah dalam bahasa Inggris. Contohnya, garden, garage, kitchen, dan study room.

Download Materi Present Continuous Tense

Jadi, bagaimana Bapak dan Ibu Guru? Materi dari Ready2Run di atas sangat lengkap, ya? Pembelajaran bahasa Inggris tentang present continuous tense pastinya jadi lebih menyenangkan.

Nggak hanya video, Ready2Run juga menyiapkan materi pendukung berupa Student Pack dan Teacher Guide. Semuanya bisa diakses secara mudah dan gratis, lho.

Student Pack dilengkapi penjelasan materi, gambar, dan latihan soal. Sementara, Teacher Guide berisi panduan yang bisa memudahkan Bapak dan Ibu Guru dalam mengajar materi ke siswa.

Tertarik untuk memanfaatkan materi-materi dari Ready2Run DLA? Langsung saja klik tombol di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!