Contoh Teks Ceramah (Arsip Zenius)

Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Hai Sobat Zenius, kali ini gue akan ajak elo belajar materi Bahasa Indonesia tentang teks ceramah. Elo akan belajar tentang ciri kebahasaan, cara menganalisis dan membuatnya, nggak lupa bakal ada contoh teks ceramah Bahasa Indonesia kelas 11.

Jam 11 malem baru pulang, ke mana aja?

Kalau makan langsung dicuci sekalian piringnya, biar nggak numpuk di wastafel.

Handuk habis dipakai bukannya dijemur, malah di kasur.”

Pernah nggak elo denger emak atau bapak elo ngomong gitu di rumah, dan elo cuma bisa bilang dalam hati, “Aduh…ceramah lagi…ceramah lagi…”

Eiitss, btw, elo yakin kalau kalimat-kalimat di atas itu bener-bener ceramah? Emang, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan ceramah?

So, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Jadi, ketika emak atau bapak lagi bete nih di rumah dan ngomel-ngomel, itu belum disebut ceramah. Karena, ceramah adalah menyampaikan informasi di depan khalayak umum, alias orang banyak, yang bertujuan untuk meyakinkan pendengar dan menambah wawasan pendengar dalam melakukan sesuatu.

Oke, kali ini, gue Citra, bakal ngebahas tentang teks ceramah. Setelah elo tahu tentang apa itu ceramah, gue bakal ngajak elo untuk menyelam lebih dalam tentang gimana cara nyusun teks ceramah yang bener, sampai tips jitu buat jadi penceramah yang menarik, antirese, dan anti-boring.

Yuk, kita mulai!

Ciri Kebahasaan Teks Ceramah

Ada beberapa ciri kebahasaan teks ceramah, antara lain:

Kata dan Frasa Sapaan

Dalam teks ceramah, elo perlu menggunakan kata dan frasa sapaan. Seperti namanya, kata dan frasa sapaan digunakan buat menyapa seseorang, baik tunggal maupun jamak. Dalam hal ini ya…audiens yang mau elo kasih ceramah.

Ada tiga bentuk kata dan frasa sapaan, antara lain:

  1. Kata dan frasa sapaan kekerabatan

Ada beberapa kata dan frasa sapaan kekerabatan, seperti Pak, Bu, Dik, Kak, Nek, Saudara. Biasanya, saudara digunakan untuk hadirin yang banyak.

Contoh:

“Saudara/Hadirin yang berbahagia…”

“Bagaimana kabarnya, Bu, Pak?”

  1. Kata dan frasa sapaan gelar/kehormatan

Jenis ini bisa elo gunakan untuk menyapa orang yang memiliki kedudukan terhormat, seperti Dok, Prof, Paduka, Tuan Putri.

Contoh:

“Peserta seminar ini sangat antusias ya, Prof?”

  1. Kata dan frasa sapaan nama orang/benda

Elo bisa memanggil sesuai nama orangnya, hewan, atau benda mati yang mau disapa.

Contoh:

“Halo, Dilan. Iya, kamu, yang ada di pojokan.”

Kalimat Persuasif

Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah adalah kalimat-kalimat ajakan atau persuasif.Di dalam teks ceramah, elo perlu menggunakan kalimat persuasif.  Apa sih, kalimat persuasif itu?

So, kalimat persuasif adalah kalimat yang isinya mengajak dan mengimbau orang lain untuk melakukan sesuatu. Biasanya, elo mungkin menemukan kalimat persuasif dalam iklan-iklan di TV, poster, brosur, caption posting-an selebgram yang lagi ngendorse, atau bahkan di video YouTube.

Namun, kalimat persuasif nggak hanya melulu elo temuin di situ-situ aja. Elo juga bakal nemuin kalimat persuasif di dalam teks ceramah. Karena, di dalam teks ceramah, ada ajakan dan seruan untuk melakukan sesuatu.

Kalimat persuasif di dalam teks ceramah ditandai dengan kata “Ayo”, “Mari”, “Marilah”, “Yuk”, dan kata ajakan lainnya.

Contoh:

  • Maka dari itu, marilah kita dukung reboisasi supaya tanah longsor dapat dihindari.
  • Ayo kita mulai dari diri sendiri untuk mencintai lingkungan, agar menjadi contoh untuk orang lain.
  • Marilah kita sama-sama menyaksikan video berikut ini.

Penggunaan kata ganti

Sebenarnya, ini bonus aja buat elo. Tapi, ini penting buat elo ketahui sebelum bikin teks ceramah.

Suatu hari kelas elo dapat apresiasi dari sekolah sebagai kelas paling bersih dan dapat hadiah. Sebagai perwakilan, ketua kelas elo diberi kesempatan buat ngasih wawasan ke seluruh siswa tentang kebersihan kelas. Saat pembukaan, ketua kelas elo bilang…

Saya mewakili kelas XI IPA 1 mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari sekolah. Kita berterima kasih kepada bapak kepala sekolah dan para guru yang telah memberikan penilaian positif terhadap kelas kita…

Menurut elo, ada yang salah nggak sama apa yang diucapin ketua kelas elo di atas?

Yakin nggak ada?

Elo tahu nggak sih, kalau sebenarnya penggunaan kata “kita” di atas itu salah. Yang benar adalah menggunakan “kami”.

Kok bisa?

So, “kami” adalah kata ganti yang hanya mencakup pembicara dan orang lain yang ada di pihaknya. Sedangkan, “kita” mencakup pembicara, pendengar, dan pihak lain.

Itu sebabnya, ketua kelas elo seharusnya bilang, “Kami berterima kasih kepada bapak kepala sekolah dan para guru yang telah memberikan penilaian positif terhadap kelas kami…”

Karena, “kami” yang ketua kelas elo wakilin adalah dirinya sendiri dan teman-teman kelasnya yang udah berusaha buat menjaga kebersihan kelas. Sedangkan, “kita” itu termasuk kepala sekolah, para guru, dan semuanya yang dengerin ceramah ketua kelas elo saat itu. Jadinya aneh kan, kalau kepala sekolah dan para guru berterima kasih kepada dirinya sendiri?

Intinya, ketika elo mau nulis teks ceramah, pastikan elo harus bener-bener merhatiin kata ganti yang tepat, termasuk seperti contoh di atas, biar nggak salah tangkap.

Udah nggak sabar ya ke bagian contoh teks ceramah kelas 11, tapi aplikasi Zeniusnya udah dipake belum nih. Download dulu deh buat elo yang belum dan nikmati akses gratis ke ribuan video belajar, fitur asyiknya kayak ZenBot dan Zencore. Penasaran? Yuk download sekarang!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Hal Penting dalam Menganalisis Teks Ceramah

Sebelum tahu langkah-langkah menganalisis teks ceramah, elo perlu ngerti dulu, apa sih yang paling penting untuk menganalisisnya?

Coba bayangin. Ketika elo nonton video ceramah tokoh besar di YouTube. Ketika nonton video tersebut, pancaindra elo akan bekerja, terutama mata dan telinga. Elo melihat dan mendengar tokoh tersebut nyampain pesan yang disampaikan.

Apa yang ditangkap oleh mata dan telinga elo kemudian disalurkan ke otak, hingga akhirnya elo menyimpulkan dan merumuskan pesan yang elo terima. Itulah yang dinamakan persepsi.

Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 41
Persepsi penting dalam menganalisis teks ceramah. (Foto: Zenius Education)

Yap, persepsi penting banget buat menganalisis teks ceramah. Dari persepsi ini lah, kita sebagai pendengar memutuskan untuk memilih tindakan mana yang akan kita lakukan dari pesan yang disampaikan penceramah.

Ada tiga faktor yang mempengaruhi persepsi, untuk dapat menganalisis teks ceramah dengan tepat, yaitu:

  1. Objek yang diamati, seperti teks ceramah atau penceramahnya langsung. Misalnya, ketika elo dari awal udah nggak suka sama penceramahnya, pada akhirnya elo akan menganggap bahwa apa yang diomongin itu basi.
  2. Reseptor, tepatnya gimana otak dan pancaindra memproses informasi. Ketika otak memproses informasi dari penceramah, elo akan secara sadar menerima pesan yang elo mau.
  3. Perhatian. Kalau elo nggak merhatiin sungguh-sungguh teks ceramah yang elo baca, atau apa yang diomongin penceramah, proses menerima informasi juga nggak akan sempurna.

Jadi, ketiga hal itu mempengaruhi banget ketika elo menganalisis teks ceramah. Dengan kata lain, persepsi sangatlah penting untuk menganalisis teks ceramah, tergantung proses penerimaan pesannya kayak gimana dan gimana elo menafsirkannya.

Cara Menganalisis Teks Ceramah

Dalam menganalisis teks ceramah, elo harus menentukan dua hal, yaitu:

  1. Tema. Tentukan dulu tema dari isi teks ceramah yang lagi elo baca.
  2. Pokok-pokok. Tentukan apa aja pokok-pokok dalam teks ceramah tersebut.

Terus, gimana caranya nentuin pokok-pokoknya?

Tentukan hal-hal yang bermanfaat. Setiap orang tentunya akan beda-beda menentukannya, kembali lagi…karena setiap orang punya persepsi yang berbeda. Yang penting, fokus sama hal-hal yang menurut elo bermanfaat dalam teks ceramah tersebut.

Sedangkan, pokok-pokok itu adalah hal yang bikin kita responsif dan menangkap dengan baik.

Udah paham kan langkah-langkah menganalisis teks ceramah? Cuma ada dua kok, tentukan tema dan pokok-pokok yang menurut elo bermanfaat. Okay?

Cara Membuat Teks Ceramah

Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 42
Ilustrasi membuat teks ceramah. (Dok. Freepik)

Setelah elo tadi belajar tentang langkah-langkah menganalisis teks ceramah, saatnya kita beralih ke tips membuat teks ceramah.

Misalnya nih, elo sebagai juara 1 pidato bahasa Inggris tingkat nasional (aminin aja sih ini) diminta guru elo buat ngasih ceramah ke seluruh siswa sekolah elo buat numbuhin semangat belajar bahasa Inggris. Gimana cara elo bikin teks ceramahnya?

Caranya, elo perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Mengetahui audiens/pendengar

Dalam kasus elo, audiensnya adalah seluruh siswa di sekolah elo, yang notabene beda tipis usianya. Ketika elo udah tahu siapa audiensnya, kasih pancingan dalam teks ceramah elo yang related alias nyambung dengan mereka.

Karena anak-anak zaman sekarang pada demen sama boyband BTS, elo bisa pakai contoh seperti berikut.

Contoh:

“Ngomong-ngomong, nih, temen-temen pada tahu RM BTS kan?”

2. Menentukan topik yang bersifat aktual

Apa yang mau elo omongin harus bener-bener terjadi, lagi hangat-hangatnya, dan terbaru. Otomatis, antusiasme orang akan semakin naik.

Misalnya, elo kan udah mancing tuh dengan RM BTS. Sangkutin aja dengan kemampuannya dalam berbahasa Inggris, prestasi terbarunya terkait kemampuan bahasa Inggrisnya, atau elo juga bisa ngarahin ke cara-cara RM BTS belajar bahasa Inggris, dan pentingnya belajar bahasa Inggris.

3. Menyusun kerangka ceramah

Ada tiga hal penting dalam menyusun kerangka ceramah, yaitu:

Struktur ceramah. Dalam struktur ceramah, elo perlu:

  • Memberikan pengenalan isu topik yang akan dibahas.
  • Memaparkan rangkaian argumen. Elo harus ngasih pendapat dan argumen yang disertai fakta, agar informasi yang elo sampaikan valid.
  • Menegaskan kembali argumen dan fakta. Elo bisa ngasih kesimpulan, penguatan, saran, dan solusi topik yang dibahas.

Maksud dan tujuan. Elo harus tahu maksud dan tujuan dari ceramah yang akan elo sampaikan.

Tersusun secara logis. Pastikan informasi yang akan elo sampaikan nggak loncat-loncat, maju-mundur. Apa yang akan elo omongin harus runtut agar mudah dipahami.

4. Melakukan riset

Banyak-banyakin riset tentang topik yang akan elo bahas. Elo bisa riset dari koran, buku, atau internet. elo juga bisa riset tentang istilah-istilah keren saat ini yang nyambung sama topik elo.

5. Hasil final teks ceramah

Susun bahan-bahan yang udah elo dapetin dari riset menjadi teks yang utuh dan runut. Jadi deh, tinggal siap-siap ngomong di depan banyak orang!

Tips Jadi Penceramah yang Nggak Ngebosenin

Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 43
Ilustrasi ceramah. (Arsip Zenius)

Udah paham kan cara bikin teks ceramah? Sekarang, gimana caranya buat menjadi penceramah yang anti-boring di depan khalayak ramai?

1. Lafalkan dengan jelas

Artikulasi a i u e o harus jelas di telinga publik. Elo bisa melatih kemampuan pelafalan di YouTube atau platform lain. Ketika elo udah mampu melafalkan dengan baik, audiens pun akan enak dengernya. Sebaliknya, kalau suara elo kayak lagi nyoba obat kumur, audiens jadi males ndengerinnya.

2. Ucapkan dengan intonasi yang tepat

Intonasi berkaitan dengan naik-turunnya nada suara. Pastikan kalau intonasi elo sesuai dengan emosi topik yang elo bicarain. Misalnya, elo  nggak mungkin ngasih ceramah tentang semangat 17-an dengan intonasi yang datar. Sebaliknya, elo akan ngomong dengan nada yang penuh semangat.

3. Pasang sikap tubuh yang menarik

Elo perlu memperhatikan sikap tubuh (body language) agar ceramah elo menarik audiens. Usahakan untuk membawakan gerakan yang variatif, jangan diem aja kayak patung. Selain itu, sesuaikan body language dengan suasana. Body language punya pengaruh besar dan bisa membawa suasana. Jadi, jangan sampai lupain ini ya!

Sekarang yuk simak contoh teks ceramah kelas 11 di bawah ini.

Selamat pagi anak-anakku, Pada Senin pagi hari yang cerah ini, izinkanlah Bapak menyampaikan sedikit petuah untuk kalian semua. Tak lupa kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi nikmat sehat dan dapat berkumpul di lapangan ini tanpa suatu kekurangan apapun. 

Ceramah upacara kali ini akan membahas “Remaja dan Dunianya”. Anak-anakku, Usia remaja adalah usia yang sering membuat gelisah orang tua. Saat memasuki remaja, seseorang akan berpikir hal-hal baru yang dianggapnya tabu. Rasa penasaran itu membuatnya bertindak melakukan hal-hal yang dilarang. Sikap ingin tahu itu yang akhirnya menjerumuskan ke dalam pergaulan yang salah. Contohnya, tawuran, mencuri, dan hal lainnya.

 Fase ini, remaja berada dalam tahap stress dan strom, kebutuhan mereka harus dipenuhi oleh orang tuanya. Kondisi ini menyebabkan kelabilan emosi dan bertindak merugikan orang lain. Anak-anakku, kalian perlu membekali diri kalian dengan agama, pendidikan, dan pembentukan karakter yang kuat. Sebab, pembentukan karakter salah satu jembatan untuk menahan perbuatan kenakalan remaja dan menyongsong hari esok yang berseri. 

Kalian juga harus pintar dalam memilih teman bergaul dan lingkungan yang baik. Bentuklah ketahanan diri kalian agar tidak mudah terpengaruh jika bergaul dengan teman atau komunitas yang tidak sesuai harapan. Ikutilah juga berbagai kegiatan positif baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun lingkungan lainnya. Misalnya saja mengikuti komunitas olahraga bola basket, karang taruna, sepak bola, dan kegiatan kegiatan baik lainnya. Pilihlah bentuk kegiatan yang disukai agar tercipta kenyamanan dan menghindari kebosanan. 

Mari bersama-sama kita lawan kenakalan remaja dan kriminalitas yang terjadi terhadap remaja. Remaja hebat, remaja harapan bangsa. 

(https://tambahpinter.com/teks-ceramah/)

Biar lebih paham isi ceramah coba deh elo jelaskan inti dari ceramah di atas. Inti dari teks ceramah tersebut adalah agar muda dapat melakukan hal yang positif dan tidak terjebak kenakalan remaja.

Gue kasih lagi nih contoh soal beserta pembahasan tentang contoh teks ceramah Bahasa Indonesia kelas 11 berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan

Dalam konstelasi bahasa di Indonesia dapat disaksikan bahwa selain terdapat sejumlah kecil bahasa daerah yang menyeruak keluar dan tersebar di berbagai daerah lainnya, lebih banyak lagi bahasa-bahasa daerah yang bukan hanya terkucil dan terasing, melainkan diduga kuat pasti akan punah tanpa sempat tersimpan dalam dokumentasi sama sekali. 

Dalam kesempatan ini mohon agar saya diperkenankan untuk menyelundupkan suatu kasus yang berlangsung di daerah amat sangat terpencil, tetapi sangat termasyhur di seluruh dunia, sebuah pulau yang dikenal sebagai Pulau Komodo. Begitu rupa sehingga ketermasyhurannya itulah yang berkemungkinan membuat bahasa daerahnya berada di ambang kepunahan. 

(diadaptasi dari ceramah “Kebudayaan dalam Tusuk Gigi” oleh Seno Gumira Adjidarma dalam peringatan 51 tahun berdirinya Taman Ismail Marzuki)

Cuplikan ceramah tersebut membahas tentang ….

A. Fenomena kepunahan bahasa daerah

B. Daerah yang termasyhur di Indonesia

C. Penyebab punahnya bahasa daerah

D. Bahasa-bahasa di Indonesia

E. Daerah terpencil di Indonesia

Pembahasan

Setelah membaca kedua paragraf di atas, kita bedah dulu apa inti dari masing-masing paragraf.

Kita lihat dulu paragraf pertama. Inti dari paragraf tersebut adalah “bahasa daerah terancam punah tanpa terdokumentasi”.

Sedangkan, inti dari paragraf kedua adalah “bahasa daerah di Pulau Komodo di ambang kepunahan”.

Seperti yang kita tahu, Pulau Komodo adalah pulau yang yang banyak dikunjungi wisatawan. Semakin banyak wisatawan yang masuk ke Pulau Komodo, maka akan membuat posisi bahasa daerah di Pulau Komodo dan sekitarnya akan semakin terancam.

Dari situ, kita bisa lihat bahwa inti dari teks ceramah di atas membahas tentang kepunahan bahasa daerah di Indonesia.

Kita langsung aja cari kata kunci “punah” yang ada di ABC-an. Kata “punah” ada di A dan C. B, D, E, langsung coret aja.

Kalau A, fenomena bahasa daerah, tepat nggak? Tepat dong…Karena kalau C, penyebab punahnya bahasa daerah, teks tersebut nggak menjelaskan apa penyebab kepunahan bahasa daerah. Jadi, jawaban yang benar adalah: A. Fenomena kepunahan bahasa daerah.

Penutup

Nah, tadi gue udah menjabarkan materi terkait teks ceramah dan hal-hal penting di dalamnya, seperti ciri kebahasaan, cara menganalisis dan menyusun teks ceramah, sampai tips menjadi penceramah yang baik dan nggak ngebosenin.

Buat yang masih ingin belajar tentang teks ceramah ini bisa lanjut belajar dengan klik banner di bawah ini ya!

Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 44
Belajar lagi yuk!

Yuk ikut kelas bareng tutor di Live Class yang bisa elo dapetkan dengan langganan paket belajar Zenius. Dapetin juga akses ke video-video premium, try out ujian sekolah hingga rangkuman belajar yang bakal bantu elo banget. Beli paketnya sekarang dan raih diskon hingga 90%.

Cara Menganalisis dan Membuat Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 45
Beli sekarang juga!

Originally published: November 10, 2021
Updated by: Silvia Dwi

Baca juga artikel lainnya

Materi Bahasa Indonesia Kelas 11: Konsep dan Struktur Teks Ceramah!

Belajar Membuat Teks Ceramah dan Menjadi Penceramah yang Baik

Cara Menentukan Ide Pokok Dari Suatu Paragraf

Bagikan Artikel Ini!