teks ceramah

Konsep dan Struktur Teks Ceramah – Materi Bahasa Indonesia Kelas 11

Halo, Sobat Zenius! Elo suka bingung nggak, sih, kalau diminta buat ceramah oleh orang lain, entah itu saat di lingkungan rumah atau sekolah. Nah, supaya nggak bingung lagi, gue mau mengajak elo semua buat membahas materi teks ceramah bahasa Indonesia kelas 11, nih!

Ngomong-ngomong soal ceramah, pasti elo sudah pernah melihat orang yang sedang ceramah, bukan? Entah itu melihatnya dari televisi, media sosial, maupun secara langsung.

Misalnya saja, saat presiden sedang berceramah di suatu acara kenegaraan atau saat kepala sekolah berceramah ketika upacara sekolah.

Nah, di saat seperti itu penting sekali, nih, memahami konsep dan struktur dari materi ceramah kelas 11. Sebab, dengan memahami teks ceramah dapat membantu kita untuk menyampaikan isi pesan-pesan terhadap pendengar.

Maka dari itu, yuk, kita pelajari materi teks ceramah ini. Siapa tau di masa depan elo jadi presiden, kan? Hehe.

📌 Artikel ini merupakan bagian dari ragam teks dalam Bahasa Indonesia. Untuk mempelajari jenis teks yang lain, baca artikel berikut: Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia dan Penjelasannya.

Konsep Berceramah

Konsep dan Struktur Teks ceramahCeramah
Sumber: unsplash

Sobat Zenius, kali ini kita akan membahas mengenai konsep dari teks ceramah. Sebelum membahasnya lebih jauh, elo sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan teks ceramah itu? Oke, mari kita bahas pengertiannya dahulu, ya!

Jadi, teks ceramah adalah teks yang berisi suatu pemberitahuan atau penyampaian informasi di depan khalayak umum dengan tujuan untuk meyakinkan dan menambah wawasan para pendengar. 

So, bicara mengenai teks ceramah, maka kita harus memahami konsep dari berceramah itu sendiri. Sobat Zenius, tahu gak kalau ceramah itu sebenarnya termasuk ke dalam public speaking? 

Yap, ini dikarenakan saat berceramah, elo akan berkomunikasi di depan banyak orang. Oh iya, komunikasi di sini sedikit berbeda dengan komunikasi yang biasa kita lakukan, nih! 

Pasalnya, komunikasi yang biasa kita lakukan adalah komunikasi yang bersifat dua arah. Misalnya, saat kita curhat dengan seseorang, nah pasti kedua belah pihak akan saling berbicara dan mendengarkan, bukan?

Sementara itu, kalau ceramah lebih bersifat komunikasi satu arah dan lebih dominan si penceramah. Nah, karena ceramah bersifat satu arah, maka Sobat Zenius penting sekali, nih, untuk memahami dasar-dasar dari ceramah. Lantas, apa sih dasar-dasarnya? 

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, gue mau ngasih tahu elo buat download aplikasi Zenius dari sekarang, ya!

Di sana, ada materi teks ceramah yang bisa elo akses dalam bentuk video pembelajaran, lho! Nggak cuman itu, elo juga bisa memakai fitur ZenBot untuk menyelesaikan soal-soal Kimia, Fisika, dan Matematika!

Penasaran? Yuk klik banner di bawah ini untuk download! Gratis!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan elo sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Untuk memahami dasar-dasar public speaking, ada tiga hal yang harus kalian perhatikan. 

Konsep dan Struktur Teks Ceramah
Ilustrasi dasar public speaking (Dok. Zenius)

1. Listener (Pendengar)

Tujuan dari pembicara adalah pendengarnya dapat mengerti pesan yang ingin kita sampaikan, sekaligus berdampak terhadap pendengarnya. Maka dari itu, elo harus memperoleh sebanyak mungkin informasi mengenai pendengar kalian sebelum ceramah. 

2. Speaker (Pembicara)

Saat menjadi pembicara, sebaiknya kita menganalisis dahulu siapa pendengar kita serta memahami materi yang ingin kita sampaikan. 

3. Feedback (Umpan Balik)

Meskipun ceramah bersifat satu arah, pendengar sebenarnya tidak pasif saat menerima pesan. Biasanya, pendengar akan menunjukan feedback berupa non verbal, seperti menganggukan kepala, tersenyum, mengerutkan dahi, dll.

“Lalu, kenapa, sih, kita harus belajar teks ceramah?”

Seperti yang kita ketahui, saat ini, banyak sekali berita provokasi negatif maupun hoax yang tersebar luas. Nah, dengan memahami teks ceramah ini, akan membantu Sobat Zenius untuk menghindari hal-hal seperti itu!

Contoh Soal Konsep Berceramah

  1. Selain membantu penyerapan kalsium, vitamin D berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D menjadikan sel-sel kekebalan tubuh lebih aktif dalam melawan benda asing yang masuk. Salah satu cara mendapatkan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar 10-15 menit. 

Teks di atas dapat dikategorikan sebagai teks ceramah karena ….

A. berisi provokasi untuk berjemur sebagai langkah pencegahan virus korona

B. berisi informasi terkini dan dibutuhkan oleh masyarakat luas

C. berisi fakta yang dapat dipertanggungjawabkan

D. berisi pengetahuan umum yang bermanfaat

E. berisi nasihat untuk berjemur

Jawaban: C

Pembahasan: Di dalam teks tersebut berisi manfaat, fungsi, dan bagaimana cara mendapatkan vitamin D. Dengan begitu, teks tersebut dapat dikategorikan sebagai teks ceramah karena berisi informasi dan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Struktur Teks Ceramah

Well, sekarang Sobat Zenius pasti sudah memahami tentang konsep ceramah, bukan?

Kalau begitu, sekarang waktunya kita masuk ke materi selanjutnya yaitu struktur teks ceramah. Ngomong-ngomong penting gak sih kita menggunakan struktur teks ceramah?

So, elo pernah nggak melihat penceramah yang gugup saat berbicara, bahkan lupa dengan isi materinya? Nah, hal tersebut tentu saja tidak baik, bukan?

Pasalnya, ketika gugup, pendengar akan sulit memahami isi ceramah yang ingin disampaikan. Oleh karena itu, penting sekali yang namanya struktur teks ceramah, nih, Sobat Zenius!

Struktur teks ceramah sendiri berfungsi membantu kita agar tidak gugup dan tidak lupa dengan materi yang ingin disampaikan.

Lantas, apa saja struktur teks ceramah? Nah, coba elo perhatikan gambar di bawah ini! 

Konsep dan Struktur Teks Ceramah
Ilustrasi struktur teks ceramah (Dok. Zenius)

1. Pengenalan Isu 

Di dalam bagian pengenalan isu, Sobat Zenius harus mampu memperkenalkan serta memberi gambaran umum terkait topik yang akan dibahas. 

Contohnya, saat kepala sekolah ceramah, ia ingin mendisiplinkan para siswanya sehingga dapat memberikan gambaran mengenai isu kedisiplinan terlebih dahulu di dalam teks ceramahnya. 

2. Rangkaian Argumen

Pada bagian rangkaian argumen, buatlah argumen-argumen yang dapat membuat pendengar elo terbawa suasana. 

Jangan lupa di setiap argumen yang elo berikan harus disertai dengan fakta, ya! Misalnya, menambahkan sumber penelitian. 

3. Penegasan Kembali

Nah, di bagian terakhir ini, elo dapat menegaskan kembali isu dan fakta yang sudah dijelaskan sebelumnya. Oh iya, jangan lupa untuk memberikan saran serta pesan-pesan, ya! 

Oke, biar makin paham, kita lanjut ke contoh soal, ya!

Contoh Soal Struktur Teks Ceramah

  1. Hidup tanpa sebuah prinsip akan membuat kita mudah terpengaruh. Dengan memiliki prinsip, kita menjadi manusia yang terarah dan bertujuan jelas. Hidup hanya sekali, hiduplah yang berarti. Tidak perlu perbuatan besar agar hidup kita punya manfaat atau berarti bagi sesama. Cukup lakukan hal-hal kecil, namun berarti banyak. Perlakuan kecil yang membekas dalam benak orang lain.

Kutipan ceramah di atas termasuk bagian struktur ….

A. pengenalan isu karena berisi gambaran umum ceramah.

B. rangkaian argumen karena menjelaskan permasalahan yang diangkat dalam ceramah.

C. penegasan kembali karena berisi solusi dan penguatan.

D. rangkaian argumen karena menjelaskan pendapat yang disertai fakta.

E. penegasan kembali karena berisi pendapat dan permasalahan yang diangkat.

Jawaban: C

Pembahasan: Di dalam teks tersebut terdapat kalimat penegasan dan ajakan sehingga dapat dikategorikan sebagai struktur teks ceramah ‘penegasan kembali’.

Well, itu dia penjelasan mengenai rangkuman materi ceramah kelas 11. Oh iya, jika ingin tahu lebih banyak lagi mengenai materi yang satu ini, Sobat Zenius juga bisa, lho, belajar lewat video pembelajaran dari ZenTutor!

Lewat video pembelajaran, materi tentu saja akan dikemas dengan sangat menarik disertai dengan contoh soal dan pembahasan yang semakin membuat elo mudah dalam memahaminya.

Klik banner di bawah ini buat aksesnya, ya!

Konsep dan Struktur Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 17

Lalu, buat Sobat Zenius yang mau mengasah otak dengan belajar ribuan contoh soal dan pembahasan dari setiap mata pelajaran, elo juga bisa, lho, berlangganan paket Aktiva Sekolah Zenius dari sekarang!

Nggak cuman contoh soal, elo juga bisa mendapatkan kesempatan ikut ujian try out sekolah serta mengakses ribuan video premium lainnya dari Zenius.

Yuk, berlangganan sekarang juga!

Konsep dan Struktur Teks Ceramah - Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 18

Originally published: November 9, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!