manfaat bersepeda

5 Manfaat Bersepeda Tiap Hari, Berapa Kalori Terbakar?

Ada banyak manfaat bersepeda, salah satunya menjaga kesehatan tubuh. Belakangan ini, bersepeda jadi primadona baru seiring merebaknya pandemi COVID-19. Kalau kamu perhatiin, jadi banyak banget orang-orang berkendara pakai sepeda, termasuk buat pergi ke kantor. Olahraga ini memang terbilang seru dan bisa gak kerasa capek saking fun-nya. Selain itu, kesadaran akan pentingnya menjaga stamina tubuh bikin masyarakat mencari aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain punya manfaat yang besar, bersepeda termasuk olahraga ringan lho. Intensitasnya kalau disesuaikan masih aman buat lansia, termasuk mereka yang punya gangguan persendian. Orang-orang yang pernah mengalami cedera juga masih bisa menjadikan bersepeda sebagai olahraga pilihan.

Apa Aja Sih Manfaat Bersepeda?

Buat mencapai manfaat terbaik, kamu butuh setidak-tidaknya bersepeda selama tiga puluh menit setiap hari. Segudang manfaat bersepeda didapat dari kerja organ kardiovaskular selama aktivitas menggowes. Karena itu, jantung menjadi organ tubuh yang sangat diuntungkan dari kegiatan bersepeda. Olahraga ini juga memperkuat tubuh bagian bawah seperti kaki dan pinggul.

5 Manfaat Bersepeda Tiap Hari, Berapa Kalori Terbakar? 9

Selain itu, apa lagi sih manfaat bersepeda? Ada enam manfaat bersepeda yang penting kamu ketahui, berikut ulasan selengkapnya.

Membantu diet

Salah satu manfaat bersepeda ada untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Kamu lagi mengatur pola makan? Bersepeda wajib masuk ke daftar rutinitas harianmu! Bersepeda tiap hari minimal satu jam dapat membakar 400 kalori tubuh, setara dua piring nasi putih. Efektif banget buat menurunkan berat badan.

Selain membakar banyak kalori, bersepeda juga membantu meningkatkan laju metabolisme dan membangun otot. Dengan meningkatnya metabolisme, semua kerja tubuh jadi kian lancar dan maksimal. Kalau kamu baru pertama kali memulai bersepeda, pilih jalur bersepeda yang datar. Kalau medannya menanjak seperti jalur di pegunungan, bisa-bisa kamu ngos-ngosan duluan dan jadi kapok bersepeda deh.

Menjaga kesehatan jantung

Banyak penelitian mengungkap bersepeda dapat menjaga kesehatan jantung. Salah satu riset terbitan The BMJ pada 2017 menemukan orang yang bersepeda ke tempat kerja mengalami peningkatan fungsi kardiovaskular. Selain itu, mereka berisiko 46% lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Selain meningkatkan kesehatan jantung, peneliti juga menemukan manfaat bersepeda dapat mengurangi risiko kanker.

Menjaga kesehatan paru-paru

Manfaat bersepeda lainnya yakni dapat menjaga kesehatan organ pernapasan. Untuk mencapai manfaat ini, kamu perlu bersepeda sekitar 170 – 250 menit tiap minggu. Durasi ini dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru supaya berfungsi dengan baik. Manfaat tersebut bisa didapat baik untuk mereka dengan kondisi paru-paru sehat ataupun terkena gangguan sebelumnya.

Baca Juga:

Sering Lupa? Ini 8 Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Mengatasi Stres di Sekolah Untuk Anak dan Orang Tua

6 Cara Memaksa Diri untuk Serius Belajar

Satu lagi yang gak kalah penting. Bersepeda juga bisa menjaga imun tubuhmu. Penting banget untuk menjaga daya tahan tubuh saat virus menular masih menyebar di sekitar kita. Selain asupan vitamin, olahraga juga wajib jadi rutinitas harianmu.

Merangsang saraf motorik

Salah satu manfaat bersepeda yakni merangsang saraf motorik di sistem saraf pusat. Di pelajaran Biologi kamu udah belajar soal Sistem Koordinasi kan? Sesuai namanya, sistem koordinasi memerintahkan organ-organ tubuh untuk bekerja sama dalam mendukung fungsi tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Sistem koordinasi terdiri dari sistem saraf, sistem indera, dan sistem endokrin.

Nah, bersepeda dapat meningkatkan aktivitas di daerah motorik di sistem saraf pusat, serta mengaktifkan korteks serebral. Efeknya, kerja motorik dapat lebih optimal dan menjaga keseimbangan dengan lebih baik. Karena itu, para ahli merekomendasikan bersepeda untuk pasien dengan gangguan keseimbangan dan masalah berjalan.

Menjaga kesehatan mental

Dari tadi bahas kesehatan fisik aja ya? Gimana dengan manfaat bersepeda buat kesehatan mental? Menurut kajian U.S. Department of Health and Human Services dalam Physical Activity Guidelines for Americans terbitan 2018, bersepeda secara teratur dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Seperti yang kita tahu, cemas dan depresi merupakan kondisi mental yang amat dekat dengan keseharian.

Tugas dan kerjaan menumpuk, belum lagi masalah lain di lingkup keluarga, pergaulan, menjadi masalah yang gak terpisahkan dari hidup kita. Aktivitas berolahraga jadi pelarian terbaik buat meredakan stres. Jadi, selain menguntungkan sistem saraf kita, manfaat bersepeda yang lain yakni mampu mengurangi kadar hormon kortisol penyebab stres.

Kerja hormon ini menjadi salah satu bagian dari sistem endokrin. Kortisol dihasilkan di kelenjar adrenal yang juga menghasilkan hormon kortikosteroid yang berfungsi untuk mengatur metabolisme, fungsi seksual, kekebalan, dan keseimbangan garam dan air di dalam tubuh. Selain itu, ada juga hormon katekolamin yang fungsinya untuk mengatasi tekanan fisik dan emosional. 

Dengan berkurangnya kortisol, tingkat stres juga bisa berkurang. Karena itu, bersepeda sangat efektif buat mengurai keruwetan pikiranmu. Yuk, ambil sepedamu. Jangan duduk terus depan laptop, oke? Be safe and stay healthy!

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini