Ini dia Cara Membantu Anak Belajar

6 Cara Memaksa Diri untuk Serius Belajar

Tipe pembelajar seperti apakah kamu? Apakah kamu hanya belajar saat sudah dekat-dekat ujian saja atau tipikal yang mencicil belajar dari jauh-jauh hari? Kegiatan belajar memang membosankan bagi sebagian orang dan kadang harus dipaksa. Sebenarnya bagaimana cara memaksa diri untuk serius belajar? Apakah memang hanya bisa dipaksa dengan dihadapkan pada ujian saja atau ada cara lain? 

Ternyata, ada kok tips memaksa diri untuk belajar secara serius tanpa harus menunggu ujian. Penasaran? Nah, simak uraian di bawah ini yaa. 

Cara Memaksa Diri untuk Serius Belajar

1. Fokus 

Satu hal yang harus kamu miliki pertama kali adalah fokus. Pusatkan fokusmu ke belajar, meski harus memaksa diri. Hindari hal-hal yang dapat menjadi pengganggu misalnya jauhkan handphone dari jangkauanmu untuk sementara waktu. Matikan saja bunyi notifikasi supaya kamu tidak teralihkan saat tengah belajar. 

2. Gunakan Meja Belajar

Apakah di rumahmu ada meja belajar? Kalau ada, kamu bisa manfaatin itu untuk tempatmu fokus belajar serta membangun mood. Memang belajar bisa dilakukan di mana saja tapi ada baiknya kamu menghindari tempat yang bisa menggodamu untuk bersantai misalnya di kasur atau di kursi malas. Karenanya ada baiknya kamu lebih memilih meja belajar sebagai tempat belajar atau setidaknya gunakan kursi yang tidak berpotensi membuatmu berleha-leha.

cara memaksa diri untuk serius belajar
Foto oleh fotografierende dari Pexels

3. Persiapkan Semua yang Kamu Butuhkan

Benda apa saja yang harus ada saat kamu belajar? Apa saja yang kamu butuhkan untuk membuat dirimu nyaman? Siapkan semua yang kamu butuhkan supaya saat kamu fokus belajar kamu tidak harus meninggalkan fokusmu karena misalnya kamu lupa menyiapkan rautan pensil atau benda-benda lainnya. 

4. Koordinasi dengan Orang Rumah 

Agaknya akan kurang menyenangkan jika saat kamu tengah fokus belajar ibumu datang dan memintamu untuk mengantarkannya ke swalayan. Kamu bisa kehilangan fokus atau bahkan kamu bisa kehilangan mood belajar? Demi menghindari hal-hal seperti itu, alangkah lebih baiknya jika kamu koordinasikan dulu niat belajar seriusmu dengan keluarga di rumah. 

5. Selesaikan Dulu Segala Urusan 

Ada pakaian yang belum dicuci atau ada kucing yang belum diberi makan? Selesaikan dulu semua urusan yang harus diselesaikan. Tujuannya supaya saat kamu sedang asyik-asyiknya belajar tidak ada pikiran kalau masih ada urusan yang belum selesai. Ingat, kamu harus mempertahankan fokusmu!

6. Self Reward

Setelah berhasil memaksa dirimu untuk terus belajar secara fokus, ada baiknya kamu memberikan dirimu penghargaan. Penghargaan di sini tidak harus yang wah tetapi bisa juga yang sederhana misalnya setelah berhasil belajar secara serius selama 2 jam kamu mengapresiasi dirimu dengan bermain game favoritmu selama beberapa waktu. Bisa juga penghargaan lain seperti memakan makanan kesukaan atau semacamnya. Intinya, buat dirimu nyaman dan siap untuk sesi belajar serius berikutnya. 

bermain game bentuk self reward
Source: Unsplash

Belajar secara serius bisa dipaksakan kok. Dengan belajar secara serius, harapannya kamu bisa menyerap materi yang ada dengan lebih baik lagi. Cara memaksa diri untuk serius belajar di atas bisa kamu coba terapkan. 

Kamu bisa memulainya secara perlahan misalnya untuk percobaan pertama kamu fokus di bagian koordinasi dengan orang rumah. Bisa jadi kan mereka kaget saat mendapati kamu tiba-tiba jadi rajin belajar padahal sebelumnya dikenal sebagai orang yang malas sekali belajar. Selamat mencoba!

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Tips Belajar UTBK SBMPTN

Tips Belajar di Rumah

Bagikan artikel ini: