tujuan perundingan linggarjati

Latar Belakang dan Hasil Perundingan Linggarjati – Materi Sejarah Kelas 11

Hai, Sobat Zenius! Di artikel ini kita akan mengupas tuntas tentang rangkaian Perjanjian Linggarjati, mulai dari latar belakang, tujuan, dampak, hingga contoh soal materi Sejarah Kelas 11 ini. 

Dapat dikatakan perjanjian ini merupakan salah satu momen bersejarah di mana Indonesia mengalami titik pertama keberhasilan diplomasi. Nah, langsung aja yuk kita bahas.

Apa Itu Perundingan Linggarjati?

Perundingan Linggarjati merupakan perundingan yang membahas kemerdekaan Indonesia di mana melibatkan dua negara, yakni Indonesia dan Belanda. Perundingan Linggarjati diselenggarakan di Kota Linggarjati, Jawa Barat, Indonesia. 

latar belakang perundingan perjanjian linggarjati
Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan. (Dok. Wikimedia Commons)

Perjanjian ini ditandatangani pada tanggal 15 November 1946 dan perundingannya berlangsung sejak tanggal 11 November 1945. Namun, Perjanjian Linggarjati baru sah ditandatangani oleh kedua pihak pada 25 Maret 1947. 

Lantas, bagaimanakah latar belakang Perjanjian Linggarjati? Yuk, ikuti terus!

Perundingan Linggarjati adalah bagian dari perjuangan diplomasi kemerdekaan Indonesia. Untuk membaca peristiwa perjuangan diplomasi lainnya, baca artikel berikut: Perjuangan Diplomasi dalam Mempertahankan Kemerdekaan.

Latar Belakang Perjanjian Linggarjati

Perjanjian Linggarjati berawal sejak Jepang menetapkan “status quo” di Indonesia sehingga menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dan Belanda yang ditandai dengan peristiwa 10 November 1945. 

Pada tanggal 7 Oktober 1946, Indonesia melakukan perundingan di Kantor Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta. Perundingan ini pun menghasilkan kesepakatan gencatan senjata pada tanggal 14 Oktober dan dilanjutkan perundingan di Linggarjati pada tanggal 11 November 1946.

Latar belakang terjadinya Perjanjian Linggarjati.
Persetujuan gencatan senjata dan dilanjutkan Perundingan Linggarjati. (Dok. Wikimedia Commons)

Dalam perundingan tersebut terdapat beberapa tokoh yang hadir untuk mewakili pihak masing-masing. Wakil Indonesia dalam Perundingan Linggarjati adalah Sutan Syahrir, Susanto Tirtoprodjo, Mohammad Roem, dan AK Gani.

Sementara itu, di pihak Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn, F de Boer, Max Van Poll, dan HJ Van Mook. 

Lord Killearn yang berasal dari Inggris pun bertindak sebagai mediator dalam perundingan ini. 

Lantas, bagaimanakah hasil Perundingan Linggarjati? Nah, berikut ini adalah isinya:

  1. Belanda mengakui secara de facto atas wilayah Jawa, Sumatera, dan Madura.
  2. Pemerintah Belanda dan Indonesia sepakat membentuk RIS atau Republik Indonesia Serikat pada 1 Januari 1949.
  3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni Indonesia-Belanda dengan pesertanya RIS, Nederland, Suriname Curacao dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.

Berikut ini adalah peta hasil Perundingan Linggarjati nih, guys! Pada gambar tersebut terlihat kalau Indonesia hanya mendapatkan pulau Jawa, Sumatera, dan Madura saja sedangkan sisanya milik Belanda. 

Peta wilayah Indonesia menurut Perjanjian Linggarjati.
Peta wilayah Indonesia menurut Perjanjian Linggarjati. (Arsip Zenius)

Well, meskipun sudah ditandatangani akan tetapi Belanda menyatakan bahwa ia tidak lagi terikat dengan Perjanjian Linggarjati pada tanggal 20 Juli 1947. Lalu, keesokan harinya pada tanggal 21 Juli 1947 terjadilah Agresi Militer Belanda I di Sumatera Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

So, dapat disimpulkan kalau rangkaian Perjanjian Linggarjati berlangsung dengan tidak mulus karena Indonesia dan Belanda tidak menemukan kesepakatan.

Sebelum kita lanjut bahas materi Sejarah ini, download dulu yuk aplikasi Zenius. Elo bakal bisa dapet akses ke berbagai fitur belajar secara gratis plus ribuan video materi dan latihan soal. Tinggal klik gambar di bawah ini aja!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Dampak Perundingan Linggarjati

Apa akibat dari Perjanjian Linggarjati bagi Indonesia? Satu hal yang pasti adalah dampaknya membuat wilayah Indonesia menjadi lebih kecil dari seharusnya. 

Wilayah Indonesia yang diakui Belanda dalam Perundingan Linggarjati yakni pulau Jawa, Sumatera, dan Madura saja. Ini berarti Indonesia harus kehilangan wilayah sisanya yang amat luas. Hal ini pun banyak menimbulkan pro-kontra di beberapa pihak. 

Banyak partai politik seperti PNI dan Masyumi yang menentang hasil perjanjian tersebut. Mereka menganggap kalau Perundingan Linggarjati merupakan bukti melemahnya Indonesia. Bahkan, Sutan Syahrir yang saat itu menjabat sebagai perdana menteri juga dikecam sebagai penjual negara. 

Tak hanya pihak internal saja (Indonesia), namun pihak eksternal (Belanda) juga keberatan dengan isi Perjanjian Linggarjati. Saat itu, Belanda menganggap bahwa wilayah sisanya (selain pulau Jawa, Sumatera, dan Madura) akan dijadikan sebuah negara federal.

Namun, Indonesia tidak menganggap demikian. Indonesia berpikir wilayah sisanya akan dibiarkan saja dan tidak perlu dibentuk menjadi negara federal. Hingga akhirnya, hal ini pun berujung pada Agresi Militer Belanda I. 

Bagaimana proses dan dampak terjadinya Agresi Militer Belanda I? Baca selengkapnya di artikel berikut: Latar Belakang dan Tokoh Agresi Militer Belanda I.

Contoh Soal Perundingan Linggarjati

  1. Berdasarkan Perjanjian Linggarjati, salah satu wilayah yang diakui oleh Belanda adalah….

A. Bali
B. Papua
C. Madura
D. Sulawesi
E. Kalimantan

Jawaban:

Rangkaian Perjanjian Linggarjati yang ditandatangani pada 25 Maret 1947 tersebut menghasilkan beberapa poin dan pasal, yaitu: Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura. Belanda harus meninggalkan wilayah Republik Indonesia selambat-lambatnya tanggal 1 Januari 1949.

Jadi, jawabannya adalah C.


Contoh Soal Perundingan Linggarjati

Masih mau lanjut ngerjain contoh soal tentang rangkaian Perundingan Linggarjati? Kerjakan gratis di website Zenius. Kamu hanya perlu login (atau daftar dulu) untuk mengaksesnya.


Setelah menyimak materi tentang tujuan, definisi, dan latar belakang Perundingan Linggarjati di atas, ternyata perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan itu tidak semudah yang dibayangkan, ya. Indonesia harus melewati berbagai perjanjian dan perundingan alot terlebih dahulu.

Nah, kalau elo masih penasaran dengan kelanjutannya, elo bisa nonton videonya di aplikasi Zenius. Yuk, lanjut belajar dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Latar Belakang dan Hasil Perundingan Linggarjati - Materi Sejarah Kelas 11 9

Originally Published: February 18, 2022 
Updated by: Arum Kusuma Dewi

Bagikan Artikel Ini!