FMIPA UB Zenius Education

Info Perkuliahan dan Daftar Jurusan di FMIPA UB

Sobat Zenius, kalau elo baca artikel tentang FMIPA UB ini, gue yakin elo pasti salah satu dari orang-orang yang menurut gue hebat banget. Kenapa? Soalnya elo tertarik buat belajar lebih dalam tentang matematika dan sains.

Beuh, gue jadi inget waktu zaman SMA kalau udah ketemu mata pelajaran matematika dan sains, bawaannya ngantuk melulu. Soalnya menurut gue susah banget buat mencerna materinya. Untungnya, ada temen gue yang di mata gue juga hebat, sama kayak elo–yang mau mengajari gue dengan sabar.

Temen gue itu cita-citanya jadi dokter dan baru-baru ini dia selesai menempuh kuliah kedokteran. Karena itu, dulu gue sempat berpikir kalau udah demen sama matematika dan sains, ujung-ujungnya paling kuliah kedokteran atau nggak teknik gitu.

Tapi ternyata, ilmu sains yang kita kenal sejak SMA juga bisa dipelajari saat kuliah, lho, termasuk dengan masuk Fakultas MIPA UB. 

Gue pengen banget bantu elo gali informasi tentang itu, makanya gue tulis artikel ini buat elo.

Jangan lupa catat hal-hal yang penting, ya!

Sejarah FMIPA UB

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB) merupakan salah satu fakultas di UB atau yang sering juga disebut dengan UNIBRAW. Fakultas ini udah ada “tanda-tanda” kehidupannya dari tahun 1980-an, tapi program MIPA baru dibuka pada tahun 1987.

Kemudian pada tahun 1993, program tersebut ditingkatkan menjadi Fakultas MIPA dengan 4 jurusan: Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Sampai sekarang, ditambah dengan Jurusan Statistika, FMIPA UB punya 5 jurusan dengan 8 program studi S1.

Akreditasi FMIPA UB

Gimana dengan peringkat akreditasi Fakultas MIPA UB? Tenang aja, tentu udah bagus, dong. Rinciannya bisa elo lihat di tabel berikut ini:

Daftar jurusan, program studi, dan akreditasi FMIPA UB
Daftar jurusan, program studi, dan akreditasi FMIPA UB (Arsip Zenius)

Kampus Universitas ini terletak di kota yang terkenal dengan apelnya. Di mana, hayo? Yup, di Malang! Siapa tahu nanti elo perlu, berikut gue cantumkan alamat dan nomor telepon Fakultas MIPA UB:

Jl. Veteran, Malang 65145 Jawa Timur, Indonesia
Ph. +62341-554403, +62341-551611
Fax +62341 554403
Whatsapp: +6281138818800

Nah, kira-kira segitu dulu sih, sekilas tentang Fakultas MIPA UB. Tapi nggak cukup dong, kalau cuma itu. Kita lanjut bahas satu per satu jurusan dan program studi yang ditawarkan di fakultas ini, yuk!

Baca Juga: Tips Masuk dan Jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UB

Jurusan di FMIPA UB

Sebelumnya, gue udah tunjukkan 4 jurusan atau departemen di FMIPA UB beserta program studinya yang bisa elo pilih ketika mendaftar nanti. 

Sekarang, gue mau bahas tentang masing-masing program studinya. Yuk, kita caw!

Program Studi S1 Biologi UB

Konsep Biologi terus berkembang, dan kita butuh orang-orang yang bisa mendukung pelestarian keanekaragaman hayati dan kesejahteraan manusia. Dengan bergabung di program studi ini, elo diharapkan bisa jadi lulusan yang kompeten buat ikut terlibat dalam pengembangan Biologi modern.

Di program studi ini, elo akan dapat serangkaian mata kuliah wajib dan juga mata kuliah pilihan/enrichment program yang bisa elo ambil di semester 5 dan 6. Enrichment program-nya ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dengan bidang minat meliputi Tumbuhan, Hewan, Ekologi, Mikrobiologi, dan Biomedik.

Prospek kerja yang terbuka buat elo juga luas, lho. Elo bisa jadi peneliti, kerja sebagai tenaga ahli di industri atau di instansi pemerintah, jadi bio-entrepreneur, atau bisa juga habis lulus dari sini, elo lanjut ke pendidikan pascasarjana.

Program Studi S1 Fisika UB

Jurusan Fisika Universitas Brawijaya punya tujuan buat berkontribusi dalam pengembangan ilmu-ilmu terapan di bidang medis dan lingkungan.

Nah, as time goes, sumber daya manusia di FMIPA UB serta sarana dan prasarananya makin oke aja nih. Supaya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, Jurusan Fisika UB membuka 3 program studi: S1 Fisika, S1 Instrumentasi, dan S1 Teknik Geofisika.

Selama perkuliahan di jurusan ini, elo akan mendapat mata kuliah wajib dan pilihan. Mata kuliah pilihan bisa mulai elo ambil dari semester 2, sesuai dengan konsentrasi/peminatan yang elo pilih. Pilihan konsentrasinya ada Fisika Medis dan Biofisika, Fisika Bahan, serta Fisika Komputasi dan Pemodelan.

Program Studi S1 Instrumentasi UB

Sesuai namanya yaitu “instrumen” atau “peralatan”, program studi ini akan mengajak elo mendalami Fisika dan aplikasinya dalam berbagai peralatan yang mendukung aktivitas manusia. Contoh peralatannya itu, ya, seperti teknologi-teknologi di sekitar kita yang terus mengalami kemajuan.

Jadi, setelah lulus dari sini, elo akan punya bekal pengetahuan dan keterampilan tentang sistem pengukuran, pengendalian, dan pemahaman tentang mekanisme kerja peralatan. Bisa aja elo nanti ikut merancang alat kesehatan atau bikin sistem sensor deteksi dini bencana. Keren banget, kan?

Program studi ini juga mengharuskan elo mengambil mata kuliah wajib dan juga mata kuliah pilihan yang bisa elo mulai ikuti dari semester 3, karena untuk semester 1 dan 2, mata kuliahnya udah dipaketin.

Program Studi S1 Teknik Geofisika UB

Nah, kalau di program ini, elo akan belajar ilmu terapan di bidang lingkungan, khususnya lapisan bawah permukaan bumi baik yang padat maupun cair. Program Studi S1 Teknik Geofisika di UB tertantang oleh kebutuhan pengembangan sumber daya alam yang terkandung di dalam bumi serta mengatasi krisis energi.

Selain itu, dari sini elo juga bisa belajar untuk mengatasi permasalahan terkait bidang-bidang air tanah, mitigasi bencana, geologi struktur, maupun geoteknik.

Di samping mata kuliah wajib, nantinya elo akan bisa memilih untuk fokus ke bidang minat yang elo mau, antara lain Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi, Kegunungapian, Eksplorasi Geothermal, Eksplorasi Sumber Daya Alam, Kebencanaan, Gempa Bumi dan Tektonik, serta Geoteknik dan Lingkungan.

Lulusan program studi ini, elo bisa berkecimpung di bidang ilmu pengairan, sipil, planologi, mitigasi bencana alam/geologi, bahan tambang, dan lain-lain.

Program Studi S1 Kimia UB

Selanjutnya, buat elo yang ingin terjun ke bidang pendidikan dan riset kimia, elo bisa gabung ke program studi ini. Di sini, elo akan belajar konsep dan pengembangan riset berbasis bahan alam untuk diimplementasikan di dunia industri. 

Sama seperti program studi lainnya, elo juga harus mengikuti semua mata kuliah wajib. Nanti di semester 5 (setelah mengumpulkan 80 SKS), elo akan bisa mulai mengambil mata kuliah pilihan dari berbagai bidang minat antara lain Kimia Analitik, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Fisik, dan Biokimia.

Lulusan program ini bisa menjadi seorang pengendali mutu di laboratorium, peneliti, wirausahaan yang mempertimbangkan kelestarian lingkungan, atau jadi pendidik.

Program Studi S1 Ilmu Aktuaria UB

Elo rajin nabung, nggak? Atau suka banget mengelola keuangan elo dengan sangat berhati-hati? Kalau iya, barangkali elo bisa mempertimbangkan masuk ke program studi yang berada di bawah Jurusan Matematika UB ini.

Elo akan belajar tentang pengelolaan risiko keuangan dengan menggunakan berbagai teori matematika, peluang, statistika, ekonomi, keuangan, dan komputasi.
Kebayang nggak sih, nanti kalau udah lulus elo bisa jadi apa?

Elo bisa kerja di perusahaan asuransi, investasi, perbankan, atau jadi analis keuangan maupun analis data. Profesi-profesi ini lagi on-demand banget, lho!

Program Studi S1 Matematika UB

Ini dia program studi yang cucok abis buat elo yang suka hitung-hitungan! Program studi ini akan mengasah pemahaman elo tentang teori dan prinsip-prinsip Matematika. Nggak sampai di situ aja, elo juga akan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dan penerapan Matematika.

Di samping mengambil mata kuliah wajib sebanyak 101 SKS dan sisanya (supaya bisa memenuhi syarat kelulusan 144 SKS), elo bisa ambil mata kuliah pilihan yang ditawarkan.

Program Studi S1 Statistika UB

Last but not least, FMIPA UB juga menawarkan Program Studi S1 Statistika. Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang berhubungan dengan statistika, lho. Mulai dari ekonomi, rekayasa, hingga sensus penduduk. Makanya, kehadiran sosok-sosok profesional di bidang ini sangat dibutuhkan.

Elo akan belajar tentang ini melalui berbagai mata kuliah wajib dan pilihan yang ditawarkan. Mata kuliah pilihan bisa elo ambil mulai dari semester 3, ya!

Fiuh, ternyata banyak juga, ya, yang bisa dibahas mengenai jurusan di FMIPA UB! Jadi, elo udah menentukan pilihan elo, belum? Program studi mana yang paling sesuai sama minatelo? Dipikirkan baik-baik, ya!

Syarat Masuk FMIPA UB

Karena akreditasinya bagus, nggak heran kalau peminat FMIPA UB juga banyak. Berdasarkan informasi yang gue dapat, berikut daya tampung FMIPA UB jalur SBMPTN. Untuk jalur lainnya, gue belum ada, tapi kira-kira ini bisa menunjukkan seberapa banyak peminat fakultas ini.

Daya tampung SBMPTN FMIPA UB
Daya tampung SBMPTN FMIPA UB (Arsip Zenius)

Selain melalui jalur SBMPTN, elo juga bisa masuk ke FMIPA UB dengan melalui SNMPTN (undangan) atau SMUB (Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya). Jadi kalau elo belum lolos SNMPTN dan SBMPTN, elo bisa coba jalur SMUB dengan menggunakan nilai rapor.

Mungkin elo juga bertanya-tanya, memangnya passing grade FMIPA UB itu berapa, sih? Well, gue sendiri juga belum bisa kasih informasi pastinya, karena dari passing grade dari tahun ke tahun itu berbeda-beda, tergantung tingkat persaingan dari tahun tersebut.

Tapi, kalau mau, elo bisa coba menghitung skor UTBK supaya lebih ada gambaran mengenai passing grade di tahun ini, ya!

Biaya Kuliah di FMIPA UB

Kita udah sampai di bagian akhir yang mau gue bahas, nih! Biaya kuliah tentu jadi bahan pertimbangan penting juga ketika elo menentukan mau melanjutkan studi di mana. Nah, berikut udah gue siapkan infografis yang memuat informasi tentang biaya kuliah di FMIPA UB, baik elo masuk dari jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun SMUB.

Biaya kuliah  jalur SNMPTN dan SBMPTN FMIPA UB
Biaya kuliah jalur SNMPTN dan SBMPTN FMIPA UB (Arsip Zenius)
Biaya kuliah  jalur SMUB FMIPA UB
Biaya kuliah jalur SMUB FMIPA UB (Arsip Zenius)

Baca Juga: Info Perkuliahan dan Jurusan di Fakultas Pertanian UB

Penutup

Sobat Zenius, udah cukup banyak informasi seputar perkuliahan di FMIPA UB yang udah gue bagi ke elo. Gimana, tertarik buat join sama fakultas ini? Semangat ya, mempersiapkan diri buat terjun ke dunia kuliahnya!

Kalu elo lagi nunggu pelaksanan UTBK 2022 gelombang 2, yuk siap-siap dengan playlist belajar UTBK dari Zenius. Langsung klik aja link di bawah ini, ya!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Setelah UTBK, akan masih ada ujian mandiri di berbagai kampus. Tentunya buat jaga-jaga, elo juga perlu mempersiapkan diri untuk itu. Ikut try out Zenius aja supaya elo makin terbiasa nemuin berbagai tipe soal. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

try out ptn zenius

Baca Juga: Info, Syarat Masuk, dan Daya Tampung Fakultas Teknik UB

Referensi

Biaya Pendidikan Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri Tahun 2021 – Seleksi Mahasiswa Universitas Brawijaya

Departemen dan Program Studi – Fakultas MIPA Brawijaya

Jalur Seleksi Nasional SBMPTN – Seleksi Mahasiswa Universitas Brawijaya

Pengumuman Tentang Seleksi Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya 2022 – Seleksi Mahasiswa Universitas Brawijaya

Program S1 – Departement of Biology Brawijaya

Program Sarjana Kimia – Department of Chemistry Brawijaya

Program Studi S1 Matematika – Departemen Matematika Brawijaya

Program Studi Sarjana Aktuaria – Departemen Matematika Brawijaya

Program Studi di Jurusan Fisika – Jurusan Fisika Brawijaya

Sarjana Statistika (S1) – Department of Statistics Brawijaya

UKT Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021 – Seleksi Mahasiswa Universitas Brawijaya

Bagikan Artikel Ini!