Belajar Semua tentang Makanan dalam Jurusan Tata Boga 17

Belajar Semua tentang Makanan dalam Jurusan Tata Boga

Sobat Zenius, siapa yang di sini punya hobi masak? Nah, masak nggak cuma bisa jadi hobi aja, loh! Bahkan, ada sekolahnya sampai ke perguruan tinggi!

Kali ini, kita bakal bahas seputar jurusan tata boga. Kita akan membahas tentang apa itu jurusan tata boga, mata kuliah yang akan dipelajari, universitas yang punya jurusan tata boga, hingga prospek kerja dari lulusan tata boga.

Langsung aja meluncur!

Apa Itu Jurusan Tata Boga?

Jurusan tata boga adalah program studi yang mempelajari penyajikan makanan dengan memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan gizi.

Di jurusan tata boga ini, elo akan belajar berbagai aspek tentang industri makanan dan minuman. Beberapa hal yang elo pelajari adalah teknik memasak, bahan pangan, hingga manajemen operasional restoran.

Elo juga akan menjelajahi berbagai aspek kuliner di dalam jurusan tata boga. Menariknya, jurusan tata boga ini seperti penggabungan antara seni, ilmu, hingga kreativitas kuliner.

Jurusan ini akan membawa elo ke perjalanan keanekaragaman budaya serta cita rasa. Menarik banget, ya, perjalanan di jurusan tata boga ini!

Baca juga:

Download Kampus 101: Panduan Jurusan dari Zenius

Jurusan Tata Boga Cuma Masak-Masak?

Kalo ngomongin jurusan tata boga, pasti kita langsung kepikiran masak-masak doang, ya? Eits, jangan salah! Jurusan tata boga itu lebih dari sekadar masak.

Elo tentu akan mendapat mata kuliah seputar pengelolaan makanan dan minuman, tapi elo juga akan belajar pengetahuan lainnya yang masih relevan. Di antaranya mengenai gizi, bahan pangan, bahkan sampai pengelolaan konsumen.

Jadi, elo bakal dapet banyak pengetahuan lain dengan masuk jurusan ini!

Baca juga:

Seluk-Beluk Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Mata Kuliah Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga ini punya banyak mata kuliah menarik. Yuk, simak penjelasan beberapa mata kuliah ini biar elo makin kebayang!

mata kuliah jurusan tata boga
Mata Kuliah Jurusan Tata Boga. (Arsip Zenius)

Baca juga:

Info Lengkap Kuliah Jurusan Gizi Kesehatan UGM

Mikrobiologi Pangan

Guys, mikroba nggak selalu membawa kerugian untuk makanan. Sebaliknya, mikroba bisa punya peranan penting dalam pangan, terutama dalam proses pengawetan pangan. Contohnya adalah pada proses pembuatan yogurt dan keju.

Nah, di mata kuliah mikrobiologi pangan, elo akan belajar tentang mikroorganisme, pertumbuhan mikroba, dan hubungannya dengan makanan, gizi, hingga kesehatan.

Elo juga akan belajar seputar cara-cara pengendalian mikroorganisme agar menjamin keamanan pangan. Beberapa kehidupan mikroorganisme yang akan dipelajari yaitu bakteri, kapang, dan khamir.

Dekorasi Hidangan

Siap-siap untuk memadukan jiwa seni dengan ilmu kuliner elo di mata kuliah dekorasi hidangan! Seperti namanya, mata kuliah ini akan mengajarkan pembuatan food decoration untuk berbagai kesempatan dan fungsi. Jadi, elo akan diajak untuk mengasah kreativitas sembari memahami presentasi makanan.

Elo akan belajar berbagai teknik, strategi, alat, hingga bahan yang bisa membuat suatu makanan lebih indah. Untuk membuat presentasi makanan yang menawan, akan dipelajari juga penggunaan warna, tekstur, dan komposisi yang seimbang. 

Dengan pada kreativitas, tangan terampil, dan imajinasi, mata kuliah ini mengajarkan elo untuk menjadi ahli dalam seni menghidupkan rasa dan estetika di piring.

Teknologi Pengolahan Patiseri

Selain memasak hidangan sehari-hari, di jurusan tata boga elo juga akan belajar membuat pastry, loh! Di mata kuliah teknologi pengolahan patiseri atau pastry, elo bisa belajar membuat, mengkreasikan, dan menyajikan berbagai macam pastry.

Elo akan belajar macam-macam teknik, bahan, hingga alat dalam membuat pastry. Misalnya bagaimana mengontrol suhu, waktu, dan tekstur agar mendapat hidangan yang sempurna. Elo akan membuat pastry dari berbagai daerah, mulai dari Indonesia, Asia, hingga kontinental.

Mata kuliah pengolahan pastry ini penting banget bagi elo yang tertarik dengan tren perkembangan pastry. Elo akan jadi lebih paham cara menciptakan pastry yang memikat mata dan menggugah selera melalui kreativitas dan keterampilan teknis. Mata kuliah ini bisa banget jadi dasar kalau elo mau jadi ahli dalam seni pastry! 

Baca juga:

Info Kuliah dan Jurusan Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Perguruan Tinggi dengan Jurusan Tata Boga

Di Indonesia, ada banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tata boga. Elo bisa memilih perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS)!

Perguruan Tinggi Negeri yang Memiliki Jurusan Tata Boga
Perguruan Tinggi Negeri yang Memiliki Jurusan Tata Boga. (Arsip Zenius)
Perguruan Tinggi Swasta yang Memiliki Jurusan Tata Boga
Perguruan Tinggi Swasta yang Memiliki Jurusan Tata Boga. (Arsip Zenius)

Baca juga:

Mengenal Jurusan Komunikasi: Info Universitas dan Prospek Karirnya

Prospek Karir Jurusan Tata Boga

Kalau elo kira lulusan dari jurusan tata boga cuma bisa jadi chef, elo salah besar! Jurusan ini punya beberapa prospek karir yang menarik! Apa aja, ya?

Prospek Karir Jurusan Tata Boga
Prospek Karir Jurusan Tata Boga. (Arsip Zenius)

Chef atau Koki

Prospek karir yang satu ini pasti udah nggak asing untuk elo. Chef adalah prospek karir utama dari jurusan tata boga. Tugas chef adalah memasak makanan dengan baik untuk bisa disajikan kepada pelanggan. 

Menariknya, chef nggak harus selalu bekerja di restoran. Chef bisa juga bekerja di hotel, katering, atau menjadi personal chef.

Oh iya, jenis chef pun beragam, lo. Ada roast chef (rotisseur), fish chef (poissonnier), sauce chef (saucier), hingga vegetable chef (entremetier). Dijamin, jadi chef nggak akan ngebosenin!

Konsultan Gizi dan Pangan

Setelah lulus dari jurusan tata boga, elo juga bisa bekerja di konsultan gizi dan pangan. Konsultan gizi dan pangan bertugas untuk menciptakan dan mengelola program diet dan gizi yang seimbang.

Cakupan pekerjaan dari konsultan gizi dan pangan bermacam-macam. Mulai dari mengelola rencana pangan secara berkelanjutan, melakukan penilaian gizi, hingga menerjemahkan ilmu gizi ke dalam praktik kuliner.

Makanya, dalam konsultan gizi dan pangan, mungkin elo akan ketemu dengan lulusan-lulusan dari jurusan kesehatan, seperti jurusan gizi. Menarik, ya!

Baca juga:

Jurusan Desain Banyak Banget! Apa Bedanya, Ya?

Food Stylist (Ahli Penyajian Makanan)

Kalo elo suka banget dengan dekorasi hidangan, elo bisa memilih karir jadi food stylist setelah lulus. Food stylist bertugas untuk menata visual hidangan agar lebih menarik dan menggugah selera. 

Selain terlibat dalam aspek hidangan, food stylist biasanya juga akan terlibat dalam aspek fotografi atau videografi. Pekerjaan ini biasanya dibutuhkan untuk di restoran, buku resep, hingga social media.

Pokoknya, tugas elo adalah bikin suatu hidangan jadi tampak lebih menawan!

Food Entrepreneur

Lulusan tata boga juga bisa jadi pengusaha, loh. Elo bisa mengembangkan usaha di bidang food and beverage. Pilihannya bermacam-macam, mulai dari jasa katering, toko kue, kafe, hingga restoran.

Nah, untuk mengejar karir sebagai food entrepreneur, elo tentu juga harus mengasah ilmu bisnis dan manajemen elo. Elo juga perlu kreatif dalam mengembangkan bisnis.

Nah, peluang karir sebagai entrepreneur ini menarik, karena elo bisa memiliki usaha sendiri sambil tetap mengaplikasikan ilmu-ilmu tentang makanan dan minuman yang udah elo pelajari sewaktu kuliah.

Baca juga:

Pendidikan Vokasi Itu Apa, Sih? Cari Tau Lebih Jauh, Yuk!

Udah Yakin dengan Jurusan Ini? Atau Mau Cari Tau yang Lain?

Gimana, apakah jurusan tata boga ini adalah jurusan yang paling pas buat elo? Atau masih belum yakin dan pengen cari tau lebih banyak?

Kalo elo mau explore jurusan lain, Zenius siap nemenin elo!

Ada Kampus 101 dari Zenius yang bisa bantu elo explore lebih banyak jurusan. Langsung cobain dengan klik banner di bawah ini untuk download panduan jurusan secara gratis.

Yuk, yuk, yuk, puas-puasin explore jurusan dan pilih yang paling tepat untuk elo!

Belajar Semua tentang Makanan dalam Jurusan Tata Boga 18

Penulis: Nadira Armatia Alifah

Bagikan Artikel Ini!