Cerita anak di hari pertama sekolah.

Hari Pertama Sekolah (Episode 1) – Cerita Tiga Sekawan

Setelah liburan sekolah berakhir, ZenKids akan bertemu dengan tahun ajaran baru. Apa persiapan yang ZenParents lakukan menjelang hari pertama sekolah anak?

Sebagai orang tua, ZenParents pasti ingin mengantar anak di hari pertama sekolah. Tidak hanya sampai depan gerbang saja, tapi juga menyaksikan langsung kegiatan anak bersama teman barunya.

Imbauan pemerintah dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah.
Pemerintah mengimbau orang tua untuk menemani anak di hari pertama sekolah. (Arsip Zenius)

Tapi, bagaimana jika ZenParents tidak bisa mendampingi anak di hari pertama sekolah? Apakah anak bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru?

Hal inilah yang dirasakan oleh Gika, anak perempuan manis yang harus pindah sekolah. Kepergian Mama ke Jepang membuat Gika menghadapi hari pertama sekolah seorang diri. Bagaimana ceritanya?

Video Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah tidak hanya berlaku untuk anak yang baru pertama kali masuk satuan pendidikan, tapi juga bagi mereka yang baru saja naik kelas, pindah dari kelas kecil ke kelas besar, dan atau baru saja pindah sekolah untuk memulai tahun ajaran baru.

Seperti halnya Gika yang baru saja pindah sekolah ke Kota Cibiner, karena sang Mama mendapat tugas penelitian ke Jepang. Sehingga, Gika terpaksa tinggal bersama neneknya dan mendaftar di sekolah baru. Di hari pertama sekolah, Gika berangkat seorang diri menggunakan sepatu roda. Kejadian apa saja yang dialaminya di sekolah?

ZenParents bersama ZenKids bisa tonton cerita Gika melalui video di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Sikap Toleransi dan Cara Mengajarkannya Kepada Anak

Cerita Gika di Hari Pertama Sekolah

Bagaimana, Ayah dan Ibu sudah selesai menonton video Gika di hari pertama sekolah? Yuk, kita bahas sedikit ceritanya.

Di hari pertama sekolah, Gika memperkenalkan diri ke teman-teman barunya di depan kelas.
Gika memperkenalkan diri di hari pertama sekolah. (Arsip Zenius)

Awalnya, Gika merasa takut untuk berangkat ke sekolah tanpa didampingi Mama. Apalagi, ini adalah hari pertamanya di sekolah baru. Tapi, berkat nasihat nenek, Gika kembali bersemangat untuk sekolah. 

Di sekolah, Gika bertemu dengan banyak teman baru. Salah satunya Maji yang ingin sekali berteman dekat dengan Gika. Tapi, tingkah lakunya yang jahil kepada Olis, siswa peringkat 1 di sekolah, membuat Gika berpikir dua kali untuk berteman dengannya.

Cerita Gika di hari pertama sekolah yang bertemu Maji, anak periang dan punya bakat menggambar.
Maji, si periang yang jago gambar di sekolah Gika. (Arsip Zenius)

Sampai suatu ketika, Olis membalas keisengan Maji dengan menguncinya di ruang laboratorium. Gika pun membantu Maji untuk bisa keluar melalui ventilasi udara.

Melihat apa yang dilakukan Olis ke Maji, Gika ingin membantunya. Dia membuat Olis penasaran pada balon yang tidak bisa dipecahkan menggunakan jarum. Sayangnya, saat Olis menusukkan jarum ke balon, balon tersebut justru meledak dan mengeluarkan serbuk putih tepat di depan wajahnya.

Olis, peringkat 1 di sekolah, yang terkena jebakan Gika saat memecahkan balon dengan jarum.
Wajah Olis terkena serbuk putih dari pecahan balon. (Arsip Zenius)

Mengetahui hal tersebut, Ibu Guru akhirnya menasihati Gika. Gika pun sadar bahwa perbuatannya salah dan tidak akan mengulanginya.

Cerita Gika di hari pertama sekolah berakhir. Sejak kejadian itu, Gika dan Maji akhirnya berteman.

Wah, seru sekali ya, cerita dari Gika dan teman-temannya. Tidak hanya menghibur, cerita Gika juga mengajarkan nilai dan pengetahuan yang baru untuk ZenKids, lho. Apa saja, ya?

Baca Juga: 6 Aplikasi Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak

Belajar dari Cerita Gika dan Teman-temannya

Dari cerita Gika, ZenKids bisa belajar banyak hal baru. Mulai dari cara membaca waktu, menghitung dan memanfaatkan benda sekitar, sampai beradaptasi dengan lingkungan.

Di awal video, nenek Gika menjelaskan perbedaan antara waktu dan jam. Pengetahuan ini sangat penting untuk anak Ayah dan Ibu, mengingat cara membaca waktu menjadi hal dasar yang perlu diketahui anak. Contohnya, untuk mengungkapkan kapan waktu berangkat dan pulang sekolah, atau mencatat jadwal pelajaran.

Sebelum berangkat sekolah, nenek Gika menjelaskan perbedaan antara waktu dan jam.
Nenek Gika menjelaskan perbedaan waktu dan jam. (Arsip Zenius)

Selain itu, anak bisa belajar cara memanfaatkan benda di sekitarnya. Hal ini ditunjukkan oleh Maji saat berusaha keluar dari ruang laboratorium. Dari Maji dan Gika, anak bisa mengetahui cara mengukur benda menggunakan penggaris dan menjumlahkan hasilnya.

Dengan menonton video Gika, ZenKids juga bisa mengetahui bagaimana harus bersikap selama di sekolah, baik kepada guru maupun teman. Sebagai siswa, sudah seharusnya anak menaati peraturan dan mendengarkan nasihat guru. Sementara, sebagai teman, sudah seharusnya anak saling membantu dan menghargai satu sama lain.

Baca Juga: Contoh Aturan Belajar saat di Rumah

Video Gika di hari pertama sekolah merupakan rangkaian Cerita Tiga Sekawan dari ZeniusLand. Lewat video-video menarik lainnya, anak Ayah dan Ibu bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan menemukan pesan moral di dalamnya.

Penasaran dengan ZeniusLand? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya dengan klik gambar di bawah ini!

Belajar Rasa Main ZeniusLand

ZenParents, semoga cerita Gika dan teman-temannya bisa menghibur sekaligus memberikan pengetahuan baru ke anak, ya.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

Hari Pertama Sekolah (Episode 1) - Cerita Tiga Sekawan 17
Hari Pertama Sekolah (Episode 1) - Cerita Tiga Sekawan 18

Referensi

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah – Kemendikbud (2016)

Panduan Pelaksanaan Hari Pertama Masuk Sekolah – Kemendikbud (2018)

Bagikan Artikel Ini!