Contoh Soal Fisika UTBK Saintek dan Pembahasan

Ilustrasi Persiapan Belajar UTBK Fisika

Halo Sobat Zenius, tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebentar lagi, nih. Gimana persiapan elo? Inget, ya, belajar untuk tes UTBK nggak cukup dengan mengikuti materi di sekolah aja. Gue sering banget menjumpai anak kelas 12 yang masih menggunakan cara belajar ini karena dianggap praktis. Toh, sama-sama tes? Eits, masa, sih?

Padahal, materi di sekolah cuma sebagian kecil dari soal-soal yang muncul di UTBK, lho. Makanya, yuk, ganti cara belajar elo supaya nggak nyesel pas deket-deket UTBK karena baru sadar kalau ternyata materi UTBK jauh lebih kompleks. 

Nah, ngomongin tentang materi UTBK, salah satu materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk mengukur kemampuan khusus di bidang saintek atau soshum.  Khusus buat artikel ini, gue akan ngajak elo kenalan dengan bentuk soal TKA Fisika dulu, ya. 

Tapi, sebelum itu, yuk, kenalan dulu apa itu TKA Fisika?

Apa Itu TKA Fisika?

Mendengar kata fisika, agaknya kita bisa membaginya menjadi dua tim, yaitu tim excited dan tim auto mules hahaha. Kalau elo tim mana, nih, Sobat Zenius?

Oh iya, tahu nggak, sih? Pada tes UTBK, terkadang ringkasan rumus fisika yang kita pelajari justru menyesatkan, lho. Iya, bakal menyesatkan kalau elo nggak paham betul maksudnya. Misalnya elo bertemu dengan satu soal, kalau elo hanya berpatokan pada rumus, bukannya nanya “konsep fisika apa, ya, yang berlaku di sini?” malah nanya, “Pakai rumus apa, ya?”.

Gue harap ini enggak terjadi di elo, ya, Sobat Zenius. Ingat, tes UTBK merupakan tes seleksi untuk menyaring putra putri terbaik untuk diterima di PTN. Nggak heran kalau bakal banyak soal-soal gocekan di tes ini. 

TKA Fisika merupakan salah satu tes yang diujikan di UTBK. Topik-topik yang diujikan meliputi listrik dan magnet, mekanika, getaran, gelombang, dan bunyi, zat kalor, fluida dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Panduan Belajar UTBK Fisika

Sebagai gambaran elo juga bisa cek sebaran topik TKA Fisika yang sering muncul di UTBK di bawah ini.

Sebaran Topik UTBK TKA Fisika Saintek

Persebaran Topik UTBK - TKA Fisika
Persebaran Topik UTBK – TKA Fisika (Sumber: Arsip Zenius)

Khusus buat elo, Zenius sudah merangkum sebaran topik UTBK – TKA Fisika di beberapa tahun ke belakang. Dan bisa elo lihat juga kalau ternyata topik listrik dan magnet menjadi topik langganan yang sering muncul. 

Gue harap sebaran topik ini bisa elo gunakan sebaik mungkin untuk mengatur strategi belajar menjelang tes UTBK, ya. 

Nah, setelah elo pahami materinya elo juga harus tahu bentuk soal yang sering muncul di UTBK  untuk gambaran. Yuk, simak contoh soalnya. Pastikan elo mencoba jawab juga, ya.

Topik: Listrik dan Magnet

Masuk ke topik pertama, topik ini menjadi topik yang paling sering muncul di UTBK beberapa tahun ke belakang. Berbeda dengan yang elo pelajari di sekolah, bahan di topik listrik dan magnet yang diujikan di UTBK lebih disederhanakan, nih.

Pada topik ini, elo perlu pahami secara mendalam terkait listrik statis, listrik DC, magnet, induksi elektromagnetik dan gaya lorentz, dan listrik AC.

Penasaran enggak dengan bentuk soalnya? Kalau iya, simak contoh soal di bawah ini, ya.

Contoh Soal 1

Contoh soal UTBK Fisika Saintek tentang dua buah sumber tegangan pada rangkaian
Rangkaian Sederhana dan Grafik Tegangan (Sumber: Arsip Zenius)

Dua buah sumber tegangan, dua buah hambatan identik dan sebuah amperemeter ideal disusun menjadi rangkaian sederhana seperti ditunjukkan pada gambar (a). Grafik antara arus yang terbaca pada amperemeter dan sumber tegangan ε 1 ditunjukkan oleh gambar (b). Jika tegangan pada sumber ε 1 = 0, beda tegangan antara titik b dan e pada rangkaian adalah ….

A. 3,5 volt

B. 3,0 volt

C. 2,5 vol

D. 2,0 volt

E. 1,5 volt

Jawaban dan pembahasan:

(1) Untuk mencari beda tegangan titik b dan e (Vbe) ketika nilai sumber tegangan ε 1= 0, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu sumber tegangan ε 2 dan nilai R. Perhatikan gambar (b), jika:

ε 1 = 0,5 volt —->I1 = 5 mA

ε 2 = 3 volt —-> I2 = 10 mA

(2) Kemudian, sederhanakan rangkaian pada gambar (a) untuk mencari hambatan pengganti. Untuk penyederhanaan rangkaiannya bisa elo lihat pada gambar di bawah ini.

Penyederhanaan Rangkaian Paralel pada Soal
Penyederhanaan Rangkaian Paralel pada Soal (Sumber: Arsip Zenius)

Sehingga, kita bisa mencari persamaan mencari hambatan pengganti pada rangkaian paralel dengan menggunakan rumus:

pembahasan soal listrik dan magnet

(3) Langkah berikutnya, adalah mencari Vaf. dengan menggunakan dua persamaan, yaitu ε 1 dan ε 2

pembahasan soal listrik dan magnet
pembahasan soal listrik dan magnet

Pelajari Juga: Video Materi UTBK TKA Fisika – Listrik dan Magnet

Contoh Soal 2

pembahasan soal listrik dan magnet

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan soal listrik dan magnet

Kedua contoh soal Fisika UTBK di atas merupakan soal yang pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021. Kalau masih bingung, elo juga bisa cek video pembahasan soal di atas di sini, ya. Pembahasan Soal UTBK Tahun 2021 – TKA Fisika. 

Topik: Mekanika 

Sobat Zenius, sadar nggak, sih, kalau materi fisika yang diujikan di tes UTBK konsep yang diujikan biasanya itu-itu aja? Misalnya pada topik mekanika, ujung-ujungnya, ya, pakai hukum Newton. 

Sebagai salah satu topik yang sering muncul di tes UTBK, yuk, intip seperti apa, sih, bentuk yang keluar di UTBK beberapa tahun ke belakang.

Contoh Soal 1

Suatu balok bermassa 2 kg yang berada pada suatu bidang datar licin mengalami dua gaya konstan seperti ditunjukkan gambar dengan  F=10 newton. Kecepatan pada saat t=0 sekon adalah 2 m/s ke arah kiri.

Gaya Konstan
Gaya Konstan (Sumber: Arsip Zenius)

Besar gaya normal yang bekerja pada balok (dalam satuan newton) dan percepatan balok (dalam satuan m/s2) berturut-turut sama dengan ….

A. 12 dan 3

B. 18 dan 6

C. 28 dan 3

D. 34 dan 6

E. 40 dan 3

Jawaban dan pembahasan:

(1) Diketahui, 

pembahasan soal mekanika

(2) Analisis gaya-gaya yang bekerja pada arah vertikal dan kita anggap sumbu y yang bergerak ke arah atas (+) dan yang bergerak ke arah bawah (-), sehingga:

pembahasan soal mekanika

(3) Sekarang sumbu x yang bergerak ke arah kanan (+) dan yang bergerak ke arah kiri (-) dan kita pakai hukum Newton II, sehingga:

pembahasan soal mekanika

Jadi, percepatan balok berturut-turut sama dengan C.  28 dan 3.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK TKA Fisika – Mekanika

Contoh Soal 2

Gerak lurus sebuah benda diperlihatkan oleh grafik posisi terhadap waktu seperti gambar di bawah. Kecepatan rata-rata benda tersebut antara t = 0 s dan t = 3 s adalah … m/s.

Gerak Lurus Benda
Gerak Lurus Benda (Sumber: Arsip Zenius)

A. 2,0

B. 2,7

C. 3,0

D. 3,3

E. 4,0

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan soal mekanika

Kedua contoh soal terkait topik mekanika di atas merupakan soal yang pernah muncul di UTBK tahun 2021, lho. Gimana, Sobat Zenius? Pada bisa ngerjain, dong?

Elo juga bisa coba kerjakan soal Tes Evaluasi – Mekanika, supaya makin terbiasa dengan penerapan topik mekanika ini.

Topik: Getaran, Gelombang, dan Bunyi 

Tanpa disadari, topik ini sebenarnya ada di sekitar kita, lho. Seperti dengan adanya getaran dan bunyi kita bisa mendengarkan suara melalui indra pendengar. Kemudian dengan adanya gelombang cahaya membuat kita bisa melihat benda-benda di sekeliling kita. Menarik, bukan?

Dan topik getaran, gelombang, dan bunyi juga merupakan salah satu topik yang sering muncul di tes UTBK, lho. Berikut contoh soal yang diambil dari beberapa tahun ke belakang. Coba elo kerjain juga, ya. 

Contoh Soal 1

pembahasan soal getaran, gelombang, bunyi

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan soal getaran, gelombang, bunyi

Kalau elo penasaran kenapa opsi lainnya salah, elo bisa cek Video Pembahasan UTBK TKA Fisika 2019 – Soal Nomor 14, ya.

Contoh Soal 2

pembahasan soal getaran, gelombang, bunyi
Sumber Bunyi A dan B
Sumber Bunyi A dan B (Sumber: Arsip Zenius)

A. 0,1

B. 0,2

C. 0,3

D. 0,4

E. 0,5

Jawaban dan pembahasan:

(1) Diketahui selisih frekuensi bunyi kedua sumber menurut O adalah  2/15f. Nah, ini bisa kita ubah juga menjadi bentuk seperti ini:

pembahasan soal getaran, gelombang, bunyi
pembahasan soal getaran, gelombang, bunyi
pembahasan soal getaran, gelombang, bunyi

Sehingga, jawaban yang tepat adalah E.0,5

Kedua contoh soal pada topik getaran, gelombang, dan bunyi di atas secara berturut-turut pernah muncul di soal UTBK tahun 2019 dan 2021, lho.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Fisika – Getaran, Gelombang dan Bunyi (GGB)

Topik: Zat dan Kalor 

Semua benda memiliki suhu yang berbeda-beda. Coba deh, elo bayangin kalau dua benda, A dan B memiliki suhu yang berbeda dan digabungkan, apa yang akan terjadi? Yup, suhu kedua benda tersebut akan menjadi sama karena kalor benda A akan diterima benda B atau sebaliknya.

Nah, topik ini juga menjadi salah satu topik yang sering muncul di UTBK, lho. Penasaran dengan bentuk soalnya? Yuk, simak dan kerjakan bersama-sama.

Contoh Soal 1

pembahasan soal zat dan kalor

Jawaban dan pembahasan:

(1) Untuk memudahkan memahami soal, berikut adalah ilustrasi mula-mula piston (gambar 1) dan ilustrasi saat piston ditekan (gambar 2)

Ilustrasi mula-mula piston
Ilustrasi mula-mula piston (Arsip Zenius)
Ilustrasi saat piston ditekan
Ilustrasi saat piston ditekan (Arsip Zenius)
pembahasan soal zat dan kalor
pembahasan soal zat dan kalor

Sehingga, jawaban yang benar adalah A.

Kalau elo masih bingung dan belum familiar dengan tipe soal di atas, elo bisa cek Video Pembahasan UTBK Fisika: Zat dan Kalor – Soal Nomor 9.

Contoh Soal 2

pembahasan soal zat dan kalor

Nah, kedua soal di atas merupakan soal-soal yang pernah muncul di UTBK tahun 2019 dan 2021, lho.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK TKA Fisika – Zat dan Kalor

Topik: Fluida 

Contoh Soal 1

Suatu selang mengalirkan gas dengan debit yang tetap. Gas yang keluar dari ujung selang itu mendorong sebuah balok yang diletakkan pada lantai licin. Tumbukan molekul-molekul gas dengan muka balok dianggap tumbukan lenting sempurna. Jika selang itu sekarang mengalirkan gas dengan debit yang sama, tetapi rapat massanya sepertiga rapat massa gas semula, percepatan balok menjadi ….

A. Seperempat kali semula

B. Sepertiga kali semula

C. Sama dengan semula

D. Dua kali semula

E. Empat kali semula

Jawaban dan pembahasan:

pembahasan soal fluida
pembahasan soal fluida
pembahasan soal fluida

Jadi, percepatan balok tersebut adalah B. sepertiga kali semula.

Contoh Soal 2

pembahasan soal fluida

Jawaban dan pembahasan: 

(1) Untuk lebih memahami soal tersebut, perhatikan ilustrasi di bawah ini:

Ilustrasi gelas ukur dengan ketinggian h
Ilustrasi gelas ukur dengan ketinggian h (Arsip Zenius)

Setelah gelas ukur dimasukkan batu, maka ilustrasinya akan menjadi sebagai berikut:

Ilustrasi gelas ukur setelah dimasukkan batu
Ilustrasi gelas ukur setelah dimasukkan batu (Arsip Zenius)
pembahasan soal fluida
pembahasan soal fluida

Kalau elo penasaran, kedua soal terkait topik fluida di atas merupakan soal yang pernah muncul di UTBK tahun 2019, lho.

Baca Juga: Tips Mengatur Strategi Belajar UTBK Tahun 2022.

Penutup

Gimana, Sobat Zenius? Pada berhasil jawab berapa soal, nih? Gue harap artikel ini bisa membantu elo untuk memberi gambaran soal-soal Fisika yang sering muncul di UTBK, ya.

Untuk membantu persiapan belajar, elo juga bisa cek informasi lengkap terkait UTBK di sini, ya. Mulai dari fundamental skills, materi, latihan soal, live class UTBK, sampai tryout kita kupas tuntas khusus buat elo.

Baca Juga: Siap UTBK 2022 dengan Try Out Online.

Yuk, persiapkan strategi belajar terbaikmu bareng Zenius yang pastinya buat elo cerdas beneran! Tetap semangat dan sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Zenius.

Selain itu, elo juga bisa kerjakan latihan soal lainnya, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

banner UTBK

Bagikan Artikel Ini!