Contoh Soal UM UGM – Biologi

Contoh soal UM UGM Biologi

Halo, Sobat Zenius!

Wah, ngumpul lagi nih sama para pejuang ujian mandiri (UM) Universitas Gadjah Mada (UGM). Apa kabar? Sudah pada siap buat menempuh ujiannya belum, nih?

Kalau elo salah satu calon mahasiswa UGM yang lagi persiapan mengikuti ujiannya, tenang! Tujuan gue di sini mau membantu kematangan persiapan elo ujian. 

Dari berbagai mata pelajaran yang diujikan di UM, elo bakal ketemu sama Biologi di bidang saintek. Nah, kira-kira gimana saja contoh soal UM UGM Biologi, ya? 

Yuk, kita bahas semuanya di sini!

Baca Juga: Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya 

Apa Itu UM UGM Biologi?

Sebelum gue bahas contoh soalnya, sebenarnya apa itu UM UGM Biologi? Simpelnya, elo bakal ketemu sama soal-soal Biologi di kelompok ujian Saintek pas ngerjain UM UGM.

Materinya pun nggak jauh berbeda sama yang sudah elo pelajari di sekolah, kok. Nah, ini gue punya persebaran topik Biologi dalam UM UGM, nih.

Persebaran topik UM UGM Biologi
Persebaran topik UM UGM Biologi (Arsip Zenius)

Seperti yang elo lihat dari gambar di atas, pembahasannya akan seputar ekologi, anatomi tumbuhan, sampai makhluk hidup. Yap! Ngomongin soal Biologi, kayaknya nggak jauh-jauh dari pembahasan makhluk hidup, ya.

Makanya, kali ini gue bakal mengupas tuntas contoh soal UM UGM Biologi yang bisa jadi bahan pelajaran elo.

Yuk, kita bahas semuanya!

Baca Juga: Contoh Soal UM UGM dan Pembahasan – Saintek Lengkap 

Contoh Soal UM UGM Biologi

Berikut kelima contoh topik yang akan muncul dalam UM UGM mata pelajaran Biologi.

Topik: Klasifikasi Makhluk Hidup

Contoh soal UM UGM Biologi pertama yang akan gue bahas yaitu klasifikasi makhluk hidup. Berdasarkan namanya, materi ini menjelaskan tentang pengelompokkan makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Pengelompokkan ini dilakukan karena Bumi memiliki setidaknya 8,7 juta spesies organisme yang harus didata secara sistematis.

Contoh Soal:

  1. Perhatikan gambar organisme-organisme di bawah ini. 
Keempat organisme yang berbeda-beda
Empat organisme berbeda (Arsip Zenius)

Organisme yang kemungkinan memiliki kekerabatan yang dekat ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 3

B. 1 dan 2

C. 2 dan 3

D. 3 dan 4

 Jawaban dan pembahasan:

Hewan yang ditunjuk nomor 1 adalah jangkrik, nomor 2 adalah kumbang, nomor 3 adalah belalang, dan nomor 4 adalah kupu-kupu.

Nah, kekerabatan antar makhluk hidup itu bisa dilihat dari kemiripan bentuk tubuhnya atau kemiripan karakteristik lainnya. Jadi, kekerabatan paling dekat itu ditunjukkan oleh jangkrik dan belalang.  

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat yaitu A.

2. Berdasarkan sistem klasifikasi 3 domain, makhluk hidup yang tidak memiliki inti sel, tidak memiliki peptidoglikan pada dinding selnya, dan hidup di tempat yang ekstrim termasuk ke dalam domain ….

A. archaea

B. bacteria

C. monera

D. eukarya

Jawaban dan pembahasan:

Sistem klasifikasi 3 domain terdiri dari domain archaea, prokarya, dan eukarya. makhluk hidup yang tidak memiliki inti sel, tidak memiliki peptidoglikan pada dinding selnya, dan hidup di tempat yang ekstrim dikelompokan kedalam domain archaea.

Domain prokarya berisi makhluk hidup yang tidak memiliki inti sel tapi punya dinding sel dengan peptidoglikan. Domain eukarya berisi makhluk hidup yang memiliki inti sel.

Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu A.

Elo bisa belajar lebih lanjut tentang pengklasifikasian makhluk hidup dan taksonomi di Metode Klasifikasi dan Binomial Nomenklatur, ya. 

Topik: Ekologi

Topik kedua dalam pembahasan contoh soal UM UGM Biologi kali ini yaitu ekologi. Hayo … masih pada ingat nggak nih, ekologi itu apa, sih?

Dalam Biologi, ekologi merupakan ilmu mengenai interaksi antara suatu organisme dengan lingkungan sekitarnya. Nah, relasi itu tuh bisa memengaruhi planet Bumi secara keseluruhan isinya. 

Terus, bahasan apa saja yang bakal dikupas di contoh soal UM UGM Biologi? Yuk, simak!

Contoh Soal: 

  1.  Kepunahan orangutan diprediksi dapat mendorong kerusakan ekosistem hutan hujan tropis di habitatnya. Hal ini terkait dengan peranan orangutan sebagai agen penyebar biji.

Hukum ekologi yang paling tepat terkait peristiwa ini adalah ….

A. everything is connected to everything else

B. everything must go somewhere

C. nature knows best

D. there is no such thing as a free lunch

Jawaban dan pembahasan:

Four laws of ecology
Four laws of ecology (Arsip Zenius)

Jadi ingat, semua dalam ekosistem itu saling terhubung. Maka dari itu, jawabannya yaitu A.

2. Berikut ini, manakah tingkatan yang bukan bahasan utama dalam ekologi?

A. komunitas

B. organ

C. populasi

D. biosfer

Jawaban dan pembahasan:

Ekologi secara umum bahas tingkatan yang lebih tinggi dari individu, mulai dari populasi sampai biosfer. Sedangkan organ kan adanya di dalam tubuh individu, jadi dibahasnya via anatomi-fisiologi.

Jadi, jawabannya yaitu B.

Baca Juga: Ekologi dan Ruang Lingkupnya – Materi Biologi Kelas 10 

Topik: Biokimia

Contoh soal UM UGM Biologi selanjutnya yang akan gue bedah yaitu materi mengenai biokimia. 

Seperti namanya, biokimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang kandungan zat-zat kimia yang ada pada makhluk hidup seperti hewan hingga tumbuhan.

Contoh Soal:

  1. Monomer karbohidrat manakah yang merupakan penyusun dari RNA?

A. deoksiribosa

B. galaktosa

C. ribosa

D. glukosa

Jawaban dan pembahasan:

Galaktosa dan glukosa udah hampir pasti bisa dicoret dari jawaban. Karena keduanya walaupun masuk ke dalam monomer gula, yaitu Monosakarida, tapi jumlah atom C nya ada 6, dan masuk ke dalam grup Heksosa.

Glikogen apalagi, dia masuk ke dalam polisakarida yg ga mungkin jadi komponen polimer lain seperti DNA atau RNA

Pilihan tinggal dua, Deoksiribosa dan Ribosa. Kalau tau singkatan RNA itu apa, pasti langsung dapat jawabannya.

RNA = Ribonucleic acid

DNA = Deoxyribonucleic acid

Yap! Jadi, jawabannya yaitu C, Ribosa.

2.  Amilase adalah enzim yang dapat memecah pati. Tetapi enzim ini tidak dapat digunakan untuk memecah selulosa. Mengapa amilase tidak dapat digunakan untuk memecah selulosa?

A. ikatan antara monomer monosakarida pada selulosa lebih kuat

B. enzim ini tidak dapat memecah selulosa karena selulosa berbentuk heliks

C. monomer monosakarida pada selulosa membentuk ikatan yang berbeda dibandingkan dengan monomer monosakarida pada pati

D. pati terbuat dari glukosa sementara selulosa terbuat dari fruktosa

Jawaban dan pembahasan:

Kata kunci di soal ini adalah Amilase. Dan akhiran -ase adalah sistem penamaan enzim, dan diletakkan setelah nama substratnya. Jadi Amilase adalah enzim untuk mencerna Amilum atau zat pati menjadi komponen-komponen monosakaridanya, yaitu alfa glukosa.

Enzim bersifat spesifik, hanya bekerja pada substrat tertentu. Amilase bekerja pada Amilum, sedangkan Selulase bekerja pada Selulosa. Alasannya? karena bentuk molekul Amilum atau Pati berbeda dengan Selulosa. Dan perbedaan bentuk tersebut diakibatkan oleh molekul penyusun yg berbeda serta ikatannya.

Pati –> dipecah oleh Amilase –> Alfa Glukosa

Selulosa –> dipecah Selulosa –> Beta Glukosa

Nah, jadi jawabannya yaitu C.

Topik biokimia juga tersedia versi video dari penjelasan tutor, lho. Kalau mau tahu lebih lanjut, elo boleh klik di sini, ya. 

Topik: Genetik dan Pembelahan Sel

Dalam contoh soal UM UGM Biologi selanjutnya, gue bakal membahas topik tentang genetik dan pembelahan sel. 

Jadi, tubuh manusia ini sebenarnya punya 40 triliun sel di dalamnya dengan setidaknya 20 jenis berbeda. Nah, sel di dalam tubuh ini akan melakukan pembelahan seperti membelah diri agar membentuk sel baru.

Berikut contoh soalnya.

Contoh Soal:

  1. Di bawah ini yang merupakan struktur DNA adalah….

A. polinukleotida dengan rantai double helix dan ikatan hidrogen

B. polinukleotida dengan rantai single helix tanpa ikatan hidrogen

C. mononukleotida dengan rantai double helix dan ikatan hidrogen

D. mononukleotida dengan rantai single helix tanpa ikatan hidrogen

Jawaban dan pembahasan:

DNA merupakan polinukleotida yang memiliki struktur double helix. Jadi, DNA itu terdiri dari rantai ganda panjang yang berpilin. Nah, rantai ganda ini dihubungkan dengan ikatan hidrogen. Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu A.

2. Dalam menganalisis jumlah basa – basa yang berbeda dalam sampel DNA, hasil manakah yang konsisten dengan aturan perpasangan basa?

A. A + G = C + T

B. A = C

C. A + T = G + T

D. A = G

Jawaban dan pembahasan:

Aturan chargaff menyebutkan bahwa basa nitrogen yang menyusun DNA, jumlah dari Adenin (A) akan sama dengan jumlah Timin (T) begitu pula dengan jumlah Guanin (G) akan sama banyak dengan jumlah Sitosin (C).

  • A = T
  • G = C

Sehingga jumlah dari A + G = T + C atau A + C = T + G akan selalu konsisten

Jadi, jawabannya yaitu A.

Baca Juga: Pembelahan Sel – Pengertian, Macam-Macam, dan Fungsinya 

Topik: Evolusi

Di dalam materi Biologi, ada yang namanya evolusi yang berarti perubahan. Evolusi di sini terbagi menjadi dua, yaitu divergen dan konvergen.

Evolusi divergen merupakan perbedaan spesies yang memiliki nenek moyang yang sama. Contohnya, evolusi anjing domestik yang mirip dengan anatomi serta genetik serigala.

Sedangkan evolusi konvergen merupakan perbedaan spesies yang memiliki nenek moyang yang berbeda, tetapi memiliki kebiasaan yang mirip dengan spesies lainnya.

Contoh Soal: 

  1. Dalam studi evolusi, sayap kelelawar dengan sirip paus menunjukkan adanya evolusi divergen. Berdasarkan informasi tersebut, maka kelompok hewan berikut yang memiliki nenek moyang yang sama adalah….

A. protochordata awal

B. vertebrata awal

C. chordata awal

D. tetrapoda awal

Jawaban dan pembahasan:

Jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas yaitu D. Kenapa? Soalnya, tetrapoda awal merupakan jenis spesies binatang yang memiliki empat kaki untuk fungsi berbeda-beda. Keempat kaki itu berfungsi untuk berjalan, berenang, hingga terbang.

Ciri-ciri empat kaki tersebut ada di spesies hewan vertebrata darat seperti unggas, mamalia, amfibi, dan yang lainnya. Salah satu cara mengelompokkan hewan ke tetrapoda ini bisa dilihat dari struktur tungkai hewan tersebut.

Untuk struktur tungkai sayap kelelawar dan sirip paus ini sama-sama memiliki tulang lengan atas, bawah, hingga jari jemari. Berdasarkan struktur tersebut, kedua spesies tersebut termasuk ke evolusi divergen dengan kelompok tetrapoda awal.

[Soal UM UGM Biologi tahun 2018]

Topik: Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan

Seperti namanya, contoh soal UM UGM Biologi yang bakal gue kupas kali ini yaitu mengenai anatomi dan fisiologi tumbuhan.

Simpelnya, di sini elo belajar tentang sel, jaringan, organ, sampai tumbuhan yang meliputi daun, batang, akar, buah, hingga biji.

Selain itu, materi ini juga menjelaskan tentang organ tumbuhan atau bagian tubuh dari tumbuhan yang memiliki fungsi khusus.

Gimana contoh soalnya? Ini dia.

Contoh Soal: 

  1. Karakteristik berikut yang memiliki oleh Spirogyra adalah ….
  1. berbentuk filamen tidak bercabang

2. kloroplas berbentuk pita

3. kloroplas memiliki pirenoid

4. kloroplas berbentuk spiral

A. (1), (2), dan (3) benar

B. (1) dan (3) benar

C. (2) dan (4) benar

D. semuanya benar

Jawaban dan pembahasan:

Jadi, spirogyra merupakan alga berbentuk filamen tanpa cabang berdasarkan penelitian dari morfologi selnya. Selnya ini berbentuk panjang seperti benang dan mengandung sel kloroplas berbentuk pita dan spiral atau berputar di dalam sel.

Lalu, kloroplas Spirogyra juga memiliki pirenoid atau fungsi penting dalam proses pembentukan glukosa menggunakan energi cahaya. 

Maka dari itu, jawaban dari pertanyaan di atas benar semua, D.

[Soal UM UGM Biologi tahun 2018]

Pelajari Juga: Morfologi Tumbuhan 

Akhirnya, selesai juga pembahasan kita tentang berbagai contoh soal UM UGM Biologi, nih. Dari seluruh soal di atas, gue harap kemampuan elo di bidang Biologi semakin mumpuni, ya.

Belajar contoh-contoh soal UM-UGM

Oh iya, kalau elo masih mau latihan lebih banyak buat ngerjain contoh soal Matematika dasar UM UGM, Zenius juga punya soal lainnya, lho. Penasaran? Elo bisa langsung klik banner di bawah ini, ya! 

Nah, sambil elo belajar ngerjain soal-soalnya, Zenius juga punya salah satu video yang cukup ringan tentang hewan, nih. Lumayan, bisa menyegarkan otak elo dari latihan soal yang bikin pusing. Yuk, simak video di bawah ini!

Bagikan Artikel Ini!