Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM

Ilustrasi Contoh soal Matematika Dasar UM UGM

Hayo, siapa yang sudah nggak sabar buat jadi mahasiswa/mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM), nih? Atau elo salah satu calon mahasiswa/i yang sudah daftar buat ikutan ujian tulis atau Ujian Mandiri (UM) UGM?

Menurut portal resmi UGM, pihak mereka menyebutkan kalau setidaknya menerima sebanyak 3.805 pendaftar UM UGM di tahun 2021 kemarin, lho. Untuk di tahun 2022 ini, kemungkinan akan meningkat lagi.

Tapi, tenang! Walaupun pendaftarnya semakin banyak, elo nggak perlu khawatir. Keberadaan gue di sini mau membantu elo buat melewatkan ujian tulisnya UGM, nih. 

Yap! Pas banget! Kali ini, gue punya beberapa contoh soal Matematika dasar UM UGM buat jadi pembelajaran elo mengikuti ujian. 

Nggak perlu takut bakal pusing atau bingung, contoh soal di bawah ini juga bakal ada penjelasannya, kok. 

Yuk, kita belajar bareng-bareng ngebahas Matematika dasar buat ujian tulis UGM di sini!

Apa Itu Matematika Dasar dalam UM UGM?

Oke, jadi apa itu materi Matematika dasar dalam UM UGM? Seperti yang elo tahu, salah satu materi yang perlu elo pelajari dalam mengikuti ujian mandiri UGM yaitu Matematika dasar. 

Kira-kira, apa saja yang dipelajari dalam Matematika dasar, ya? Nah, materinya ini nggak jauh-jauh dari pembelajaran elo di sekolah, kok.

Contoh soal matematika dasar UM UGM ini seputar turunan, peluang, sampai statistika.

Hayo … masih pada ingat sama materi-materi tersebut, nggak? Kalau elo sudah mulai lupa, boleh banget cek penjelasan materinya di sini, ya. 

Baca Juga: 15 Jurusan yang Jarang Diminati di UGM, Ada Incaran Kamu? 

Persebaran Topik Matematika Dasar UM UGM

Jadi, gimana buat persebaran topik matematika dasar UM UGM? Kurang lebih, ini yang bakal elo temukan di ujian nantinya.

Persebaran topik Matematika dasar UM UGM
Persebaran topik Matematika dasar UM UGM (Arsip Zenius)

Nah, itu dia persebaran topiknya.

Baca Juga: Kumpulan Rumus Matematika Lengkap dengan Keterangannya 

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM Lengkap dengan Pembahasan

Dari persebaran topik di atas, kita coba bahas beberapa soalnya, yuk!

Topik: Suku Banyak

Yap! Salah satu topik yang bakal ketemu dengan elo nantinya yaitu suku banyak. 

Contoh Soal:

  1. Diberikan suku banyak Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 489 . Nilai suku banyak untuk x=3 adalah ….

A. 28

B. 10

C. 46

D. 64

Jawaban dan pembahasan:

Cara substitusi:

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 490

Cara skema:

20-31
x=361845
261546

Jadi, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas yaitu C.

2. Hasil kali Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 491 dan Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 492 adalah …. 

A.Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 493  

B. Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 494

C.Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 495  

D. Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 496

Jawaban dan pembahasan:

Dari soal di atas, dicari:

f(x).g(x)

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 497 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 498 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 499 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 495  

Yap! Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu C.

Pelajari Juga: Materi Suku Banyak 

Topik: Trigonometri

Kalau ngomongin tentang trigonometri, mungkin elo langsung keingat sama sin, cos, tan. Iya nggak, sih? Sama! Gue juga selalu ingat ketiga hal itu kalau bahas trigonometri.

Nah, pada contoh soal Matematika dasar UM UGM nantinya, elo bakal ketemu sama topik trigonometri yang membahas tentang hubungan setiap sudut dan sisi di segitiga. 

Kayak apa contoh soalnya, ya? Yuk, lihat di bawah ini!

Contoh Soal:

  1. Jika cos a = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 501 maka Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 502

A. Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 503 

B. Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 504 

C. Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 505 

D. Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 506 

Jawaban dan pembahasan:

Diketahui, cos a = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 501 =Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 508

=Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 509  

Terus, kita bisa cari nilai trigonometri positifnya, deh.

sin a = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 510 

cos a = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 511 =Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 512  

Ilustrasi segitiga dalam contoh soal Matematika dasar UM UGM
Ilustrasi segitiga dalam contoh soal Matematika dasar UM UGM (Arsip Zenius)

Maka,Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 502

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 514 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 515 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 516 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 517

Jadi, jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas yaitu A.

2. Jika tan x=2, maka Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 518 …. 

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Jawaban dan pembahasan:

Diketahui: tan x = 2 = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 519 = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 520

Pythagoras miring= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 521  

Ilustrasi segitiga dalam soal trigonometri nomor 2
Ilustrasi segitiga dalam soal trigonometri nomor 2 (Arsip Zenius)

Sehingga nilai:

sin x = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 522  

cos x = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 523 

Maka, Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 524 Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 525

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 526  

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 527 

Jadi, nilai Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 524 3. 

Jawaban yang benar yaitu C.

Keterangan: Dua soal mengenai trigonometri di atas muncul di UM UGM tahun 2019 kode 934 dan 633.

Baca Juga: Materi Trigonometri, Rumus Sin Cos Tan & Pembahasannya 

Topik: Persamaan Kuadrat

Contoh soal Matematika dasar UM UGM lainnya yang juga bakal muncul di ujian yaitu persamaan kuadrat.

Nah, persamaan kuadrat ini merupakan sebuah persamaan yang pangkat tertingginya itu dua. Sesuai namanya ya, kuadrat itu kan dua. Jadi, pangkat maksimalnya pun dua dengan rumus Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 529

Mungkin elo udah nggak asing sama topik ini, tapi kira-kira gimana contoh soal Matematika dasar UM UGM dalam persamaan kuadrat, ya?

Contoh Soal:

  1. Jika salah satu akar persamaan Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 530 , adalah 2, maka akar yang lain adalah ….
  1. -2
  2. -12
  3. -4
  4. 10

Jawaban dan pembahasan:

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 530

= 4h + 10-12+ = 0

= 4h = 2

h = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 532 

Setelah mendapatkan h-nya, kita bisa masukin ke soal persamaan di atas.

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 530

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 534 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 535 

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 536 

Yap! Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu B.

2. Hasil kali dari himpunan penyelesaian persamaan kuadrat Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 537 adalah ….

A. 8

B. 6

C. -8

D. -6

Jawaban dan pembahasan:

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 538

= Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 539 

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 540= 4 

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 541 = 2 

Dengan demikian, hasil kali dari himpunan penyelesaian persamaan kuadrat tersebut adalah Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 540Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 541 = 2×4 = 8.

Jawaban dari persamaan kuadrat di atas yaitu A, 8.

Pelajari Juga: Teori Persamaan Kuadrat 

Topik: Barisan dan Deret

Terbagi ke beberapa macam, kali ini gue bakal bahas barisan dan deret aritmatika untuk penjelasan contoh soal Matematika dasar UM UGM buat elo. 

Simpelnya, barisan dan deret yang dimaksud di sini yaitu baris angka dari kiri ke kanan. Berikut beberapa contoh soal barisan dan deret yang bisa elo pelajari.

Contoh Soal:

  1. Rumus suku ke-n yang menyatakan pola bilangan 4, 7, 10, 13, … adalah ….

A. Un = 3n+1

B. Un = 3+1

C. Un = -3n +1

D. Un = 3n-1

Jawaban dan pembahasan:

Rumus mencari barisan dan deret aritmatika:

Un = a+(n-1)b

Keterangan:

a = suku awal

b = perbedaan setiap suku

Diketahui:

a = 4

b = 3

Un = a+(n-1)b

      = 4+(n-1)3

Un = 3n+1 

Jawaban yang paling tepat yaitu A.

2. Diketahui: barisan aritmatika 2,5,8, …, lalu jumlah 10 suku pertama barisan aritmatika tersebut adalah ….

A. 150

B. 151

C. 152

D. 155

Jawaban dan pembahasan:

Diketahui: barisan aritmatika 2,5,8 ….

Ditanya: Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 544 

Jadi, penjelasannya:

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 545

b = 5-3 = 8-5 = 3

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 546= a + (10-1)b = 2+9(3) = 29

Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 547 = Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 548 (2+29) = 5(31) = 155

Yap! Jawaban yang benar yaitu D.

Baca Juga: Barisan dan Deret Aritmatika, Rumus Hingga Penerapannya 

Topik: Nilai Mutlak

Contoh soal Matematika dasar UM UGM terakhir yang bakal gue bahas ini yaitu topik mengenai nilai mutlak.

Ada yang masih ingat sama materinya? Nah! Nilai mutlak ini merupakan nilai positif yang didapat dari jarak suatu bilangan ke angka 0.

Yap! Jadi, nilai mutlak ini selalu ada di angka 0 atau lebih, intinya di garis positif, ya. Gue punya dua contoh soal nilai mutlak yang bisa elo pelajari.

Contoh Soal:

  1. Pernyataan berikut tentang nilai mutlak yang paling tepat adalah ….

A. |-5|=5

B. |-2|=-2

C. |-1|=-1

D. |-3|=-3

Jawaban dan pembahasan:

Definisi nilai mutlak adalah Contoh Soal Matematika Dasar UM UGM 549

Sehingga, hasilnya pun akan selalu positif. Jadi, jawaban yang paling tepat yaitu A.

  1. Himpunan penyelesaian dari |3x|+1=7 adalah ….
  1. {-2, 2}
  2. {-3, 3}
  3. {3, -2}
  4. {2, 3}

Jawaban dan pembahasan:

|3x|+1=7

|3x| = 7 – 1

|3x| = 6

Ingat definisi mutlak, maka diperoleh:

3x= 6, maka x= 2

-3x= 6, maka x= -2

Jadi, himpunan penyelesaian dari persamaan tersebut adalah 2 dan -2. Jawabannya yaitu A.

Baca Juga: Nilai Mutlak 

Gimana nih, contoh soal Matematika dasar UM UGM di atas? Gue harap, contoh soalnya bisa membantu elo buat ngelatih kemampuan ngerjain ujian tulisnya nanti, ya. 

Oh iya, kalau elo masih mau latihan lebih banyak buat ngerjain contoh soal Matematika dasar UM UGM, Zenius juga punya soal lainnya, lho. Penasaran? Elo bisa langsung klik banner di bawah ini, ya! 

CTA banner belajar contoh-contoh soal UM-UGM

Sambil belajar, Zenius juga punya tips buat elo yang mau ikutan ujian UGM, nih. Apa saja tipsnya? Yuk, simak video di bawah ini!

Reference:

UGM Terima 3.805 Calon Mahasiswa Jalur CBT-UM – Universitas Gadjah Mada (2021)

Bagikan Artikel Ini!